20+ Contoh Content Marketing yang Keren untuk Bisnis

contoh content marketing

Di zaman pemasaran digital seperti sekarang, konten kreatif menjadi kunci strategi pemasaran yang sukses. Terlebih, banyak contoh content marketing yang bisa menjadi inspirasimu, Sob!

Pemasaran konten memang menantang karena kamu butuh ide segar setiap hari. Agar menghasilkan dampak sesuai tujuan, kamu perlu belajar dari konten-konten yang telah sukses sebelumnya. Simak artikel ini sampai habis ya!

Apa Itu Content Marketing?

Content marketing merupakan upaya pemasaran menggunakan konten untuk menarik prospek baru dan menjaga mereka tetap menjadi leads. 

Jenisnya termasuk semua bentuk pesan untuk menarik, mengedukasi, mempersuasi, dan menginspirasi calon pelanggan. Tujuan dari content marketing bukan cuma mendapatkan penjualan langsung tapi juga pengenalan merek yang kuat.

Jenis pemasaran ini bisa disampaikan lewat blog, newsletter, e-book, forum/papan diskusi, studi kasus, video, saluran media sosial, dan banyak platform lainnya.

Manfaat Content Marketing

Sebagai strategi pemasaran, konten marketing berfungsi untuk hal-hal sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kesadaran Merek

Nggak ada yang bakal beli produkmu kalau mereka nggak tahu kamu jualan. Upaya content marketing kamu bakal membantu berkomunikasi dengan orang lain bahwa kamu punya solusi atas masalah mereka. 

2. Menambah Followers di Media Sosial

Content marketing dan social media marketing saling berkaitan. Setiap bisnis pasti memiliki media sosial untuk membantu pemasaran mereka. 

Melalui pembuatan konten secara konsisten, banyak penonton yang engage dengan kontenmu. Dengan begitu, followers akan bertambah. Penambahan followers juga akan berkontribusi terhadap peningkatan kepercayaan konsumen lain.

3. Meningkatkan Retensi dan Keterlibatan

Kalau kamu berhasil membuat seseorang dateng ke situs kamu, pastinya mau dong mereka stay cukup lama? 

Punya konten berkualitas membantu situsmu menjadi sumber informasi yang dibaca orang yang akan membuat mereka kembali lagi setiap membutuhkannya.

Namun, pastikan juga website milikmu kredibel dan user friendly. Manfaatkan layanan Jagoan Hosting untuk membangun website yang cepat dan nyaman bagi pengunjung!

4. Meningkatkan Konversi dan Penjualan

Konten punya kekuatan buat mendorong penjualan dan menghasilkan pendapatan. Semakin banyak waktu yang kamu habiskan untuk membuat konten dan menumbuhkan audiens, kamu akan melihat jumlah penjualan yang lebih tinggi.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Email Marketing? Manfaat, Kelebihan dan Jenisnya

Contoh Content Marketing

Berikut ini 20+ contoh pemasaran melalui konten di berbagai platform: 

1. Konten Marketing Tokopedia Seller Story

Tokopedia punya Tokopedia Seller Story. Konten ini merupakan rangkaian video yang ceritain perjalanan seller-seller di Tokopedia yang menginspirasi. 

Lewat konten ini yang merupakan bagian dari campaign #MulaiAjaDulu, Tokopedia ingin membuat audiensnya semangat untuk memulai usaha apa aja. Dengan kata lain, para seller yang ada di video Seller Story harapannya bisa menginspirasi orang lain.

2. Konten YouTube GoJek

Gojek pasti sudah nggak asing lagi. Ini merupakan aplikasi jasa transportasi online yang banyak dipakai di Indonesia. Salah satu contoh content marketing menarik bisa kita lihat pada channel YouTube GoJek.

Unggahan konten video di channel YouTube GoJek mayoritas dikemas dengan konsep cerita yang seru, relevan, dan bikin ketawa. Strategi ini ternyata ampuh karena nggak jarang video mereka jadi viral di media sosial. 

3. Daftar Putar Spotify Wrapped

Spotify Wrapped adalah salah satu kampanye pemasaran konten yang paling sukses dari aplikasi streaming musik Spotify. Di akhir tahun, pengguna Spotify mendapatkan ringkasan seru tentang semua musik yang mereka dengarkan sepanjang tahun itu. 

Ringkasan itu diuraikan berdasarkan genre, tahun, artis, dan sebagainya, ditampilkan dengan grafis berwarna cerah. Kampanye ini jadi tren di media sosial setiap tahun.

4. Content Marketing TikTok DuoLingo yang Ikonik

Kamu mungkin kenal DuoLingo sebagai situs web dan aplikasi yang membantu pengguna belajar bahasa baru. Yang unik dari DuoLingo adalah maskotnya yang berupa burung hantu hijau.

Meskipun banyak video nggak menyebutkan produk dan layanan, akun ini mampu membuat konten lucu yang membantu meningkatkan kesadaran merek DuoLingo.

5. Event Canva Design School

Sekolah Desain Canva merupakan contoh dari content marketing yang menarik. Event ini memberikan nilai tambah kepada pengguna. 

Caranya dengan mengajarkan mereka membuat gambar dengan pengalaman desain minimalis, tanpa perangkat lunak yang rumit. 

Salah satu kampanye pemasaran ini membuat Canva semakin terkenal. Harapannya pengguna dapat terus menggunakan Canva karena kemudahan fiturnya.

6. Konten YouTube Koleksi Crunchyroll

Crunchyroll adalah perusahaan AS yang menyiarkan anime ke seluruh dunia. Salah satu cara pemasaran Crunchyroll adalah melalui YouTube melalui saluran Crunchyroll Collections-nya. 

Crunchyroll Collections menyajikan klip dan video kompilasi dari momen-momen yang sangat dicari dari anime populer. Jenis pemasaran konten ini melibatkan penonton sehingga dapat mendorong penonton untuk berlangganan layanan streamingnya.

7. Konten Pengadaan Klub Anime Amazon Prime

Contoh content marketing yang bisa menjadi inspirasi berasal dari Amazon Prime. Amazon Prime merupakan layanan streaming yang menampilkan berbagai anime.

Pada waktu itu, perusahaan membentuk Klub Anime. Klub ini memberikan rekomendasi anime berdasarkan genre dan membahas berbagai topik yang sering disebut dalam anime. 

Semua anime yang disebutkan tersedia untuk ditonton di Amazon Prime. Dengan begitu klub ini dapat mendorong penonton untuk berlangganan layanan streaming tersebut.

Cek Konten Lainnya:
Jasper AI: Tools Canggih untuk Produksi Konten Artikel

8. Konten TikTok The Washington Post

TikTok The Washington Post mengambil pendekatan komedi terhadap sejarah, berita, dan politik. Kontennya menarik bagi 1,4 juta pengikutnya. Akun ini juga menautkan ke situs web The Washington Post.

Berkat postingannya yang unik, akun TikTok The Washington Post berhasil menarik engagement para penontonnya.

9. Konten YouTube “You Suck at Cooking”

“You Suck at Cooking” merupakan saluran YouTube lucu yang menunjukkan cara memasak makanan simpel. Lambat laun, akun ini juga mempromosikan buku masak milik pembawa acara. 

Humor, konsep random, dan lelucon membantu saluran ini menonjol dari YouTube channel sejenis.

10. Content Marketing “Click to Tweet”

Kamu tentu sering ingin mengomentari sesuatu tanpa repot bukan? Nah, perusahaan ini menanamkan tombol “Click to Tweet” yang secara otomatis membagikan kutipan secara efektif. 

Fitur ini memudahkan setiap orang untuk berinteraksi dan membagikan pendapat kamu dengan cara mengutip langsung.

11. Penawaran Konten Townsend Security

Contoh content marketing adalah penawaran konten. Salah satu cara yang terbukti untuk mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan adalah menawarkan sesuatu yang bernilai sebagai imbalan atas informasi kontak mereka (yaitu alamat email). 

Pengunjung yang memberikan emailnya akan memperoleh konten-konten informatif setiap minggu melalui email mereka.

12. Content Marketing Free Product

Produkmu seharusnya menjadi pemasaran terbaik. Cara yang efektif untuk memberikan value produk kepada pelanggan adalah dengan membuat tools gratis yang sejalan dengan produk dan/atau layanan. 

Kalau kamu bisa membuat pengguna gratis tertarik, inilah peluang untuk memberi penawaran agar pengguna berlangganan pada tools berbayar.

13. Contoh Content Marketing di Instagram

Postingan Instagram berupa carousel dengan cerita yang menyentuh hati pengguna dapat menjadi strategi content marketing yang menarik. Kamu bisa menggunakan pendekatan copywriting tertentu agar konten tersebut sampai kepada pengguna.

14. Reels yang Mendidik

Selain postingan caroussel, Instagram juga andal dalam fitur Reels. Kamu bisa membuat konten reels yang mendidik atau mengedukasi penonton. 

Harapannya dengan konten seperti ini, penonton dapat mengikuti akun Instagram milikmu atau aksi lain sesuai tujuan pemasaranmu.

15. Infografik yang Menarik

Sebagian dari kita lebih suka membaca grafik daripada membaca teks panjang. Itulah sebabnya, konten infografik bisa menjadi contoh content marketing menarik.

Infografik menggabungkan informasi dalam format visual yang menarik sehingga lebih mudah dipahami dan diingat oleh audiens. Kamu bisa membuat infografik yang berkaitan dengan produk atau layanan. 

16. Konten Review Produk melalui Video

Video review produk adalah cara yang efektif untuk memperkenalkan produkmu kepada calon konsumen. Kamu bisa menampilkan produk dari berbagai sudut dan memberikan demo langsung tentang cara penggunaannya. 

Saat membuat video, pastikan untuk mempertahankan kreativitas dan keunikanmu agar menarik perhatian penonton. Tapi, yang nggak kalah penting yakni menjaga agar konten tetap informatif tentang produk yang kamu review. 

17. Contoh Artikel Content Marketing

Kalau kamu lagi mencari pendekatan klasik dalam mempromosikan produk, menulis artikel informatif menjadi pilihan tepat. Artikel ini bisa membahas tentang produk atau layanan yang kamu tawarkan. 

Cek Konten Lainnya:
9+ Cara Trending di YouTube, Yuk Coba Tips Ampuhnya!

Kamu bisa menjelaskan fitur-fitur produk dengan rinci, memberi contoh penggunaan, serta tips untuk memaksimalkan manfaat produk. Dengan begitu, artikel informatif bisa membangun kepercayaan dan ketertarikan terhadap merekmu.

18. Konten Foto yang Menggugah 

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk visual yang senang mengonsumsi konten foto yang menarik. Mulai dari makanan enak sampai mobil mewah yang menjadi impian, contoh content marketing tersebut bisa menarik perhatian followers.

Karena foto sangat penting, kamu bisa memaksimalkan foto produkmu. Fotolah produk dengan konsep yang unik, tapi juga tetap mencirikan karakter produk.

19. Konten Testimoni Pelanggan

Calon pelanggan cenderung lebih percaya pada konten yang berasal dari testimoni pelanggan sebelumnya daripada bentuk konten pemasaran lainnya. Apalagi kalau video testimoni yang diunggah mendapat respons positif dari para penontonnya.

Keberadaan konten semacam ini juga dapat membantu dalam meningkatkan citra merek tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk keperluan branding.

20. Content Marketing Live Video

Contoh content marketing yang menarik nggak jauh-jauh dari konten berbentuk video seperti live. Survey membuktikan bahwa konsumen lebih milih melihat video langsung daripada membaca posting blog.

21. Konten Giveaway

Agar postingan nggak monoton, marketer sering mengadakan giveaway untuk mempertahankan interaksi dengan followersnya. Contoh giveaway dapat berupa pemberian produk gratis atau tiket kursus online gratis.

Pada konten giveaway, cantumkan persyaratan seperti wajib follow, like, konten, tag teman, dan share ke story. Selain postingan menjadi interaktif, harapannya konten seperti ini dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan terhadap merek bisnis.

Itulah berbagai contoh content marketing dan jenis atau tipe konten yang bisa kamu contoh. Semoga dapat menjadi inspirasi untuk membuat konten yang kreatif, unik, dan menarik!

Maksimalkan Aktivitas Content Marketing dengan Website

Bayangkan websitemu menjadi pusat perhatian dengan konten yang menarik dan mudah diakses. Pengunjung bertambah, konversi naik, dan brand semakin dikenal.

Dengan Web Hosting dan Domain dari Jagoan Hosting, kamu dapat mewujudkan website yang profesional dan handal.

Dapatkan hosting yang cepat, domain yang unik, dan layanan yang mendukung kesuksesan bisnismu. Tingkatkan content marketing sekarang dan raih kesuksesan online bersama Jagoan Hosting!

FAQ

Apakah contoh content marketing tersebut efektif?

Konten marketing seringkali menjadi gerbang awal untuk membuat prospek masuk menjadi calon pelanggan. Efektif tidaknya tergantung cara kamu mengemas konten, pastikan unik dan menyentuh penonton, ya!

Mengapa konten marketing perlu bersifat edukatif?

Loyalitas, membangun hubungan jangka panjang, dan retensi pelanggan adalah tiga komponen penting. Mengedukasi pelanggan dapat mendorong mereka membuat keputusan yang terinformasi.

Bagaimana cara kita mengukur pengaruh konten terhadap penjualan?

Kamu bisa menggunakan tools analisis konten yang tersedia. Pada setiap platform ada tools yang melaporkan statistik konten seperti jumlah klik link, kunjungan profil, dan sebagainya. Analisis data tersebut untuk mengukur pengaruh kontenmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara membuat website toko online
Read More
Cara Membuat Website Toko Online: 8 Langkah Mudah!
Cari tahu tentang cara membuat website toko online akan sangat menguntungkan bagi siapa pun. Khususnya bagi yang ingin…
meningkatkan brand awareness
Read More
21+ Ide Meningkatkan Brand Awareness untuk Bisnis
Berbicara mengenai bisnis walaupun tujuan utamanya adalah keuntungan tapi bukan berarti kamu hanya mengutamakan konten hard selling. Tidak…