10+ Strategi Digital Marketing: Contoh dan Cara Membuat

strategi digital marketing

Kini, banyak banget orang-orang yang tertarik menjalankan bisnis, sehingga membuat persaingannya demikian ketat. Nah, supaya tetap bisa bersaing, kamu membutuhkan strategi digital marketing yang tepat, loh. 

Namun, sebenarnya kenapa sih digital marketing ini sangat penting? Apalagi, mungkin nggak sedikit di antara kamu yang berpikir bahwa digital marketing Ini adalah sebuah proses yang rumit. 

Meskipun demikian, ini tetap sangat worth untuk dijalankan dalam bisnis. Hal ini karena pemasaran yang tepat akan memberikan hasil yang baik terhadap bisnis, semakin meningkatnya angka penjualan.

Beberapa waktu belakangan ini semakin banyak juga orang-orang yang mempelajari tentang marketing. Termasuk strategi, serta kelebihan dan kekurangannya. 

Oke, kalau kamu sudah punya bisnisnya atau akan membangun bisnis, bisa simak aja langsung beberapa strategi berikut!

Pengertian Strategi Digital Marketing

Strategi digital marketing adalah rangkaian plan atau rencana untuk membangun eksistensi bisnis di dunia internet atau digital dengan menggunakan berbagai macam saluran digital, mulai dari media sosial, SEO, dan yang lainnya.

Sederhananya, kamu akan melakukan perencanaan bisnis dengan menggunakan media online supaya bisa mencapai tujuan bisnis. 

Adapun fungsi dan tujuan menggunakan marketing menggunakan media online seperti ini ialah untuk meningkatkan kesadaran tentang bisnis kamu dan dapat menarik pelanggan baru ke merek bisnis yang kamu tawarkan.

Ketika kamu mampu menemukan strategi yang tepat dan kuat, ini akan sangat membantu bisnis berkembang, dikenal oleh banyak orang, dan bisa mencapai tujuan digital tertentu. 

Sementara untuk kompleksitas strateginya sendiri tergantung kepada tujuan jangka panjang dan ukuran bisnis. 

Sebagai contoh, ketika kamu baru membangun bisnis, itu artinya kamu perlu melakukan berbagai macam percobaan di berbagai macam channel digital.

Hal ini bertujuan untuk melihat mana media ataupun channel yang kiranya paling efektif. 

Berbeda halnya dengan bisnis yang sudah terkenal. Pada umumnya, bisnis seperti ini cuma perlu fokus saja untuk mendatangkan pelanggan secara terus-menerus. 

Bisnis yang sudah besar juga biasanya akan menggunakan channel yang sama. Jika akan menambah channel baru, perlu pertimbangan yang matang.

Contoh Strategi Digital Marketing

Secara umum, terdapat beberapa contoh strategi digital marketing. Kamu bisa cobain beberapa contoh berikut, ya!

1.  Menerapkan SEO

Contoh yang pertama adalah dengan menerapkan SEO. SEO merupakan singkatan dari search engine optimization. 

Ini merupakan sebuah metode yang dapat membuat blog atau halaman situs bisnis kamu berada di halaman pertama pencarian Google.

Tujuan dari penggunaan SEO ini ialah mengarahkan lebih banyak orang ke situs bisnis yang kamu miliki. Salah penerapan SEO yang bisa kamu coba adalah lewat website. 

Cek Konten Lainnya:
Bagaimana Cara Kerja SEO? Tujuan dan Manfaatnya

Bagi kamu yang ingin mulai mengoptimalkan SEO, bisa buat websitenya terlebih dahulu, ya.  Pembuatan website membutuhkan domain dan hosting. Kamu bisa menggunakan layanan di Jagoan Hosting saja.

Jagoan Hosting merupakan salah satu penyedia layanan digital yang terkenal. Mulai dari layanan penyediaan domain, web hosting, hingga email bisnis. 

Dengan menggunakan layanan kami, kamu bisa melakukan optimasi SEO secara maksimal, untuk meningkatkan angka penjualan. Saat ini, sudah banyak sekali klien yang dimiliki Jagoan Hosting. 

Sekarang, giliran kamu untuk membangun website yang bagus, dan mengoptimalkan SEO bersama Jagoan Hosting.

2. Gunakan Social Media Ads

Contoh yang berikutnya adalah dengan menggunakan social media ads. Nggak ada salahnya kok untuk fokus menggunakan strategi digital marketing tanpa adanya bantuan iklan. 

Cuman,  nggak ada salahnya juga untuk memanfaatkan iklan media sosial, kan? Dengan menggunakan layanan iklan media sosial hasilnya bakalan terlihat lebih cepat. 

Saat ini, sudah cukup banyak alternatif yang bisa kamu pilih. Seperti Twitter ads, kemudian ada juga YouTube ads, Instagram ads, Facebook ads, sampai dengan Linkedin ads. 

Masing-masing layanan iklan media sosial tersebut mempunyai kelebihan serta kekurangan. 

Maka dari itu, kamu perlu cari tahu apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing media sosial yang ada, kemudian cocokan lagi dengan karakteristik target market kamu.

Kalau dari segi budgetnya sendiri, iklan di media sosial masih cukup terjangkau. Sehingga, bisa banget kamu sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dan budget yang ada. 

Namun, sudah bukan rahasia umum juga, bahwa semakin besar budget yang kamu keluarkan akan semakin besar pula potensi bisnis kamu berkembang. 

Hal ini karena jangkauannya akan lebih luas daripada iklan di media sosial dengan budget yang kecil.

3. Mengoptimalkan Platform-Platform yang Ada

Strategi Digital marketing berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan mengoptimalkan penggunaan semua platform platform yang ada. Ternyata, proses marketing yang bagus ialah yang mencoba ke berbagai macam platform.

Supaya bisa mengetahui mana platform yang paling efektif untuk mendatangkan dan meningkatkan angka penjualan. 

Dalam hal ini kamu bisa mencoba strategi marketing dengan menggunakan website, kemudian media sosial, sampai dengan e-commerce. 

4. Manfaatkan Email Marketing

Strategi pemasaran digital marketing berikutnya adalah dengan memanfaatkan email marketing

Walau terkesan agak jadul, tapi ini tetap recommended buat kamu coba. Email marketing masih tetap efektif sebagai pendorong kegiatan promosi diskon, dan jualan.

Hanya saja,  tingkat efektivitas metode satu ini tergantung kepada seberapa bagus copywriting yang kamu buat, dan seberapa menarik penawaran yang kamu tawarkan kepada calon konsumen.

Kamu perlu memperhatikan Kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan email marketing kepada calon konsumen. Jangan sampai membuat mereka merasa terganggu. 

Alih-alih mendapatkan konsumen baru atau pembelian, yang ada malah mengganggu konsumen dan membuat mereka tidak tertarik. 

Terlalu sering mengirimkan pesan, atau email akan membuat konsumen terganggu dan memilih unsubscribe channel kamu. Nggak mau, kan?

Cek Konten Lainnya:
16+ Cara Mudah Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog

5. Influencer Marketing

Sementara untuk contoh lainnya adalah bekerja sama dengan influencer marketing. Menariknya, influencer marketing sekarang tidak semuanya mempunyai rate card mahal. Ada juga kok yang rate card-nya tergolong kecil.

Dalam dunia influencer marketing ternyata sudah ada istilah makro, mikro, dan juga nano influencer. Nah,  jika kamu punya budget yang sangat pas-pasan, maka kamu bisa pilih yang nano influencer saja.

Nano influencer ini merupakan influencer dengan rate card yang paling kecil, tapi tetap cukup efektif untuk meningkatkan angka penjualan. 

Hanya saja, kamu memang dituntut untuk lebih selektif ketika menggunakan strategi digital marketing satu ini.  

6. Menggunakan Pay-Per-Click Advertising

Pay per click advertising adalah salah satu strategi digital yang juga bisa kamu gunakan. Model Marketing satu ini ialah pihak pengiklan akan membayar biaya tiap kali iklan mereka mendapatkan klik dari para pengunjung.

Biasanya, iklan ini terdapat di dalam halaman pencarian Google dengan menggunakan layanan Google ads. 

Pay per Click biasa disebut dengan PPC, tujuannya ialah untuk menjangkau orang-orang yang melakukan pencarian lewat layanan Google dengan menggunakan sebuah keyword. Misal, mencari keyword baju daster.

Dengan demikian, maka di halaman pencarian Google bakalan muncul iklan dari halaman yang kamu miliki. Ini adalah salah satu strategi marketing online yang sangat penting buat kamu pelajari.

7. Copywriting 

Strategi digital marketing berikutnya adalah dengan copywriting. Pernah mendengar istilah copywriting? 

Jadi, ini merupakan salah satu istilah yang sudah populer sejak beberapa tahun. Copywriting juga termasuk salah satu contoh strategi marketing online yang terkenal, loh. 

Nantinya, copywriting bakalan membantu kamu untuk mengoptimalkan kelebihan produk-produk yang kamu jual, supaya bisa menarik atensi dan juga minat dari calon konsumen. 

Di dalam konten copywriting harus berisi kalimat-kalimat yang menjual. Itulah yang membuat copywriting ini lebih sulit dibandingkan dengan konten-konten biasanya. 

Cara membuat strategi digital marketing satu ini bisa dengan memahami tahapan penting dalam pembuatan copywriting. Tahapan tersebut meliputi awareness, kemudian consideration, serta decision. 

Namun, jika kamu merasa kesulitan dalam proses pembuatannya, bisa banget kok gunakan jasa. Saat ini, sudah cukup banyak orang-orang yang menawarkan jasa pembuatan copywriting.

8. Bangun Branding di Media Sosial 

Media sosial merupakan salah satu tempat berjualan yang paling menarik dan efektif. Itulah kenapa kamu perlu melakukan branding di media sosial. Apalagi, branding ini bukan cuma sekedar memposting konten, loh. 

Namun, juga berkaitan dengan bagaimana kamu membangun hubungan dengan para audiens. 

Kemudian, seperti apa interaksi yang kalian bangun, bagaimana brand kamu mencitrakan diri kepada para penonton atau audiens. Beberapa hal tersebut menjadi kunci yang sangat penting saat branding.

Kamu perlu mencoba strategi digital marketing yang satu ini. Pelajari lagi bagaimana cara membangun branding yang baik. Kamu bisa berkaca dari branding brand besar di Indonesia.

9. Integrasikan Konten

Banyaknya media sosial yang ada membuat kamu harus mampu mengintegrasikan konten di semua media. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Rebranding? Fungsi, Tujuan & Tahapannya

Mulai dari halaman website sampai dengan media sosial. Mengintegrasikan konten ternyata bukan hanya sekedar bisa meningkatkan brand awareness. 

Melainkan juga bisa banget memperkuat identitas serta nilai-nilai perusahaan kamu di mata calon konsumen. Salah satu cara mengintegrasikan konten yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan konten pilar.

Dengan menggunakan cara satu ini, maka konten yang bakalan kamu produksi selaras dengan konsep yang sudah dibuat dari awal.

10. Video Marketing

Video dianggap mempunyai kemampuan yang sangat baik untuk menarik perhatian banyak orang terhadap sebuah produk. Maka dari itu, kamu bisa mencoba contoh strategi digital satu ini.

Buatlah video yang menarik, kreatif, dan juga unik. Nantinya, tinggal unggah videonya ke berbagai macam platform.

11. Call To Action (CTA)

Sementara contoh yang terakhir adalah call to action. Pemasaran yang satu ini adalah bagian dari strategi marketing yang lain, sih. 

Simpelnya, call to action merupakan sebuah upaya marketing yang menggunakan perintah ataupun ajakan persuasif yang mampu mendorong orang yang menerima pesan tertarik menggunakan jasa atau produk yang kamu tawarkan.

Call to action ini bisa menggunakan kalimat-kalimat yang kiranya menarik, dan kamu bisa mempelajarinya.

Cara Membuat Strategi Digital Marketing

Setelah memahami beberapa contoh strategi digital marketing di atas, Kamu perlu tahu bagaimana cara membuatnya. Secara umum, terdapat beberapa langkah yang perlu kamu lakukan. Adapun caranya ialah:

  • Tentukan dulu tujuan serta sasaran bisnis kamu.
  • Tentukan juga target audience secara jelas.
  • Buat framework strategi digital marketing. Framework strategi digital marketing ini merupakan gambaran atau proses pemasaran sebuah produk. Isinya adalah alur pemasaran yang kamu gunakan.
  • Pilih platform ataupun media pemasaran yang tepat dan sesuai.
  • Tentukan anggaran marketing.
  • Buatlah konten-konten yang berkualitas.
  • Kemudian promosikan konten yang sudah kamu buat.
  • Terakhir tinggal lakukan monitoring.

Demikian ulasan seputar strategi digital marketing yang perlu kamu pahami, semoga membantu, Sob!

Strategi Digital Marketing Lebih Maksimal dengan Website

Jagoan Hosting hadir untuk mewujudkan visi digitalmu. Tingkatkan strategi digital marketing dengan kekuatan website yang tak tertandingi.

Dengan Web Hosting dan Domain kami, buat fondasi yang kokoh untuk mengembangkan bisnis secara online.

Bangun kehadiran online yang kuat. Mulai dari membangun website yang menarik hingga memaksimalkan potensi bisnis, Jagoan Hosting adalah mitra yang kamu butuhkan.

Tingkatkan strategi digital marketingmu hari ini dengan Jagoan Hosting.

FAQ

Apa tujuan dari digital marketing?

Digital marketing bertujuan untuk menciptakan konten yang relevan dan lebih personal untuk calon pelanggan.

Apa itu digital tools?

Digital tools merupakan alat canggih yang memungkinkan kamu untuk menganalisis data secara mendalam.

Apa itu digital funnel? 

Digital funnel merupakan konsep untuk menggambarkan perjalanan konsumen, mulai dari proses sampai menjadi pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
ecommerce
Read More
Pengertian E-commerce, Contoh dan Bedanya dari E-business
Kamu suka berbelanja secara online? Pasti sudah tidak asing dengan istilah e-commerce. Singkatnya, e-commerce adalah ‘pasar’ di dunia…
Tools Social Media
Read More
10+ Tools Social Media Terbaik Untuk Digital Marketer
Bagi para social media marketer, penting untuk menguasai tools social media yang akan digunakan untuk menarik pelanggan. Anda…