7+ Cara Menulis Blog untuk Pemula & Dapat Uang

cara menulis blog

Banyak jalan yang bisa kamu tempuh jika ingin menghasilkan uang. Salah satunya bisa dengan menulis di blog pribadi. Namun, cara menulis blog hingga mendapatkan uang punya seni tersendiri. 

Ada metode yang perlu kamu pahami, Sob. Begitu juga dengan upaya-upaya tertentu yang bisa membuat blog kamu bisa menjadi ‘mesin uang’ dengan hasil yang begitu menggiurkan. 

Hanya membutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam waktu yang tidak sebentar, sisanya tinggal menikmati hasil saja. Biar lebih jelas, izinkan kami menuliskan semua caranya buat kamu. 

Cara Menulis Blog untuk Pemula

Membuat blog sebenarnya tidak hanya berguna untuk dapat uang. Tapi, juga menjadi penyalur hasrat yang besar atas minatmu terhadap tulisan. Namun, jika tujuan kamu memang uang, begini caranya: 

1. Tentukan Nama dan Niche yang Sesuai Keahlian

Langkah pertama yakni waktu yang pas untuk pemilihan nama dan juga niche blog kamu, Sob. 

Nama blog ini sebaiknya berkaitan dengan tema dan topik umum yang nanti akan kamu tulis. Jika ingin menulis tentang bisnis, maka harus ada kaitannya dengan bisnis. 

Saat pembahasan dominannya tentang kesehatan, sebaiknya gunakan nama dengan idiom yang populer dalam dunia kesehatan. Bisa juga jika ingin membuat blog dengan nama pribadi jika sekaligus ingin branding diri. 

Kemudian, setelah nama sudah kamu kantongi, sebaiknya pilih niche yang pas dan menjadi bidang keahlianmu. 

Google begitu mempertimbangkan tingkat keahlian dari seseorang dalam setiap konten. Gunanya untuk dapat authority dari Google karena kamu telah menulis banyak topik sesuai dengan niche utama. 

Ranking websitemu akan lebih mudah naik jika menggunakan cara ini. 

2. Buat Blog

Cara jadi penulis blog biar dapet uang selanjutnya tentu langsung bikin blog itu sendiri. Silakan cek nama domain yang tersedia, beli hosting dari Jagoan Hosting biar performa blog lebih baik, dan lainnya. 

wordpress blog

Kamu bisa memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan blog pemula. Bisa pilih Shared Hosting agar tak terlalu mahal dan memang peruntukannya bagi orang yang baru saja belajar ke dunia blog. 

Jika memang kelebihan budget, bisa pakai VPS/Virtual Private Server yang cukup kompleks dan rumit, tapi performanya oke punya. Namun, kamu perlu lebih banyak belajar melakukan konfigurasinya jika pakai VPS. 

3. Belajar Riset

Kami tak mau berpanjang-panjang soal cara pembuatan blog karena hampir semuanya membahas itu. Tapi, kami ingin kamu benar-benar memahami bagaimana cara menulis blog yang tepat untuk memperoleh manfaat besar dari sana. 

Cek Konten Lainnya:
Google Ads Library (Transparency): Manfaat & Cara Pakainya

Yap, inti dari setiap tulisan adalah penyajian atas hasil riset yang kamu lakukan. Riset secara mendalam atas setiap tulisan akan membentuk sudut pandang berbeda dari tulisan kebanyakan yang telah tersebar. 

Dan ini juga menjadi nilai plus. Semakin dalam risetmu, maka data yang kamu kantongi semakin banyak. Hasilnya, kamu akan memperoleh perspektif yang lebih lengkap atas tulisan yang bakal dihasilkan. 

4. Belajar Memilih Keyword

Menulis artikel dengan keinginan sendiri mungkin menyenangkan. Tapi, kamu harus ingat bahwa ada pihak lain yang harus disenangkan. Siapa itu? Tentu saja mesin pencari yang nanti akan memberimu kesempatan untuk dapat uang. 

Bagaimana cara menyenangkan mesin pencari? Bisa dengan memilih keyword yang pas untuk blog kamu. Intinya, tulisanmu seperti penari yang tengah dinilai oleh ‘juri’ yang bernama mesin pencari. 

Caranya tentu saja dengan memilih keyword yang pas. Udah banyak, kok tipsnya. Misalnya, melihat kata kunci atau keyword milik pesaing, mencari keyword baru pakai keyword seed, menentukan metrik dari keywordnya, dan banyak lagi. 

Masih banyak yang bisa kamu pelajari dalam mencari keyword untuk blog dan tidak bisa kami tuliskan semua di kesempatan ini. 

5. Temukan Gaya Bahasamu Sendiri

Menulis blog menghasilkan uang itu bisa loh dengan menemukan gaya bahasamu sendiri. Apalagi jika tipe artikel dan nichemu benar-benar ingin memuaskan pembaca. 

Dengan gaya bahasa yang sesuai dengan karaktermu sendiri, maka kamu bisa lebih enjoy dan lancar dalam menulis. 

Selain itu, ada poin unik yang juga kamu tawarkan dari blog yang baru saja dibuat. Ini bisa menjadi pembeda dari artikel lain yang gaya bahasa serta ‘nada’-nya sama dan membosankan, Sob. 

Tapi, bebas. Mau bahasa formal, semi-casual, atau bahkan casual sekalipun, jika memang ada audiens yang sesuai dengan gaya bahasamu, mereka akan semakin minat untuk terus datang ke blog tersebut. 

6. Tulis Konten yang Manfaatnya Besar bagi Pembaca

Ini underrated sih caranya. Tapi, cara menulis blog untuk dapet uang yang paling mudah adalah menulis konten yang manfaatnya besar buat para pembaca. 

Misalnya, audiensmu adalah orang-orang yang tertarik untuk memulai bisnis. Nah, cara memberi mereka manfaat bukan dengan menulis ‘Tips memulai bisnis’. Tapi, bisa lebih menjelaskan apa bisnis yang paling memungkinkan untuk mereka. 

Kamu bisa menuliskan berbagai macam ide yang tersedia dan bahkan yang jarang terpikirkan. 

Kemudian, kamu juga bisa merinci setiap ide bisnis yang kamu tulis dengan membuat artikel baru yang membahas khusus tentang ide bisnis tersebut. 

Bisa tentang apa yang harus dipersiapkan, modalnya berapa, jika ada franchise-nya maka sediakan reviewnya, keuntungannya, dan semua hal yang mungkin audiensmu butuhkan. Semakin banyak manfaat yang kamu beri, semakin banyak pula uangmu. 

7. Tingkatkan SEO Blog

Cara menulis artikel blog untuk dapat uang, berbeda dengan menulis untuk curhat dan juga bersenang-senang. 

Cek Konten Lainnya:
Inilah Framework untuk Backend Terbaik di 2024

Jika ingin dapat uang dari blog, maka tingkatkan SEO dari blog itu sendiri. Kamu bisa pakai dua metode yakni SEO off-page dan on-page. 

SEO off-page adalah cara untuk memberi tahu mesin search engine soal pendapat pengunjung tentang blog kamu. Biasanya berhubungan dengan backlink atau link building yang bisa meningkatkan visibilitas dari blog. 

Cara menulis blog untuk dapat uang bisa dengan meningkatkan SEO on-page atau usaha untuk meningkatkan SEO dari segi konten agar muncul di halaman terbaik. 

Bisa dengan membuat artikel SEO Friendly, pakai keyword yang pas, riset mendalam, membubuhkan internal link, dan banyak lagi. 

8. Pahami Cara Monetisasi

Nah, ini yang paling penting. Kamu harus mampu memahami berbagai cara untuk monetisasi blog. Adapun cara yang tersedia seperti: 

  • Pendapatan dari Ads/iklan
  • Afiliasi
  • Mengadakan event
  • Recurring income/membership program
  • Jasa dan layanan
  • Jualan produk
  • Donasi dan sejenisnya

Tips Menulis Artikel Blog

Selain mempelajari cara menulis blog, ada baiknya sekilas memperhatikan tips penulisan artikel di blog. Mau tahu tips menulis blog? Sini cek: 

1. Tetap Fokus dengan Tujuan Awal

Menentukan fokus di awal itu penting, utamanya agar kamu bisa konsisten menulis di blog sesuai dengan tujuan awal. 

Saat fokus dan mengambil topik yang berkaitan dengan tema utama, maka websitemu akan sering menjadi prioritas untuk topik terkait. 

Kamu mungkin menang dari blog lain yang sering menulis sembarangan tanpa fokus. Pengelolaan blog jauh lebih mudah dengan metode ini. 

Latihanmu menulis juga akan semakin mudah karena fokus temanya sudah tersedia. Topik pembahasan bakal selalu ada, tulisanmu bakal padat dan penuh informasi. 

Inilah yang sebenarnya menjadi cara menulis blog yang pas untuk menghasilkan artikel berkualitas. 

2. Bikin Rencana Intensitas Posting

Belajar menulis artikel blog artinya juga harus belajar perencanaan. Apa yang direncakan? Salah satunya yakni intensitas posting. 

Ukurlah kemampuanmu kira-kira berapa artikel yang bisa kamu produksi setiap hari. Jika hanya bisa satu, maka setiap hari satu post. 

Jika dua hari sekali, maka itu yang bisa kamu jadwalkan. Intinya teratur post dan selalu terjadwal. Semakin banyak yang bisa kamu tulis setiap hari, maka semakin baik juga kualitas blog kamu di mata mesin pencari. 

3. Konsisten Menulis

Yup, ini menjadi tips penting untuk siapa saja yang mulai ingin menghasilkan uang dari blog. 

Ada seorang blogger yang membagikan ceritanya di Quora dan berkata bahwa dalam satu hari, paling tidak ia menulis sebanyak 12 artikel untuk blognya. Meskipun nampak melelahkan, hasilnya sesuai dengan usaha menulisnya setiap hari. 

4. Tidak Sekadar Rewrite

Menulis ulang, sebenarnya sah-sah saja yakni menulis suatu informasi berdasarkan gaya penulisan dan bahasa sendiri. 

Tapi, lama-kelamaan kebiasaan rewrite ini akan memicu kemalasanmu untuk tidak berupaya menghasilkan kalimat-kalimat dan susunan kata yang menarik sendiri. 

Terbiasa rewrite, akan membuat kualitas dari tulisanmu begitu-begitu saja. Seolah tidak ada perkembangan dan mandeg di tempat. 

Cek Konten Lainnya:
Pengertian Gateway, Fungsi, dan Cara Kerjanya pada Jaringan

Jika begitu, bukan tidak mungkin pembaca akan bosan karena isi artikelmu punya tingkat kemiripan yang tinggi dengan sumber lain yang mungkin sudah dulu ada. 

Cara menulis blog yang bener itu baca lebih banyak referensi dulu. Setelah itu, barulah kamu menuangkan hasil riset dan data yang tersedia ke dalam tulisan dengan gaya bahasa yang kamu punya. 

Awalnya mungkin susah, tapi lama-kelamaan kamu bakal terbiasa menulis dan merasa bahwa menulis tanpa rewrite tidak kalah mudahnya. 

5. Bubuhkan Gambar dan Visual agar Menarik

Sebenarnya, kamu sudah bisa merasakan ini sendiri. Bahwa membaca tulisan yang tidak ada visual dan gambar menariknya sama sekali sangat membosankan. 

Atas hal ini, maka sebaiknya atasilah dengan cara menambahkan gambar, grafik, infografis, dan ragam visual lainnya untuk membuat blog pribadimu menjadi semakin ciamik, Sob!

Selain enak ketika dipandang, hadirnya visual dan gambar yang menarik akan membuat pembaca jauh lebih gampang jika ingin memahami maksud dari artikel kamu. 

6. Sering-sering Blogwalking

Bisa blogwalking menjadi salah satu manfaat manfaat menulis di blog. Dengan menulis di blog, kamu bakal tahu bahwa tak sedikit orang yang juga menjalani hari dengan menggarap blog atau profesinya sama dengan kamu sebagai blogger.

Selain tahu itu, blogwalking juga berguna untuk pemicu inspirasi. Ambillah nilai-nilai baik dari setiap blog yang kamu temui. 

Misalnya, di blog A ada infografis. Nah, kamu juga bisa menggunakannya di blog pribadi agar semakin menarik untuk semua audiensmu. 

Itulah cara menulis blog plus tips terbaiknya jika ingin menghasilkan uang lebih dari sana. 

Segera Luncurkan Blogmu dan Mulai Menulis

Punya banyak ide menulis tapi belum punya platform untuk mengekspresikannya? Kini saatnya kamu memulai blogmu sendiri dengan web hosting dan beli domain dari Jagoan Hosting.

Dengan Jagoan Hosting, kamu mendapatkan:

  • Kecepatan dan Keamanan: Hosting yang cepat dan aman untuk memastikan blog kamu selalu online dan terlindungi.
  • Kemudahan Penggunaan: Platform yang user-friendly sehingga kamu bisa fokus menulis tanpa ribet teknis.
  • Dukungan Pelanggan 24/7: Tim support kami siap membantu kapan saja kamu butuh.
  • Harga Terjangkau: Paket hosting terjangkau dan domain yang sesuai dengan budgetmu.

Jangan tunda lagi, mulailah menulis blogmu sekarang dengan Jagoan Hosting!

FAQ

Bagaimana cara menulis di blog?

Bisa dengan mulai membuat blog, memilih niche, nama, dan mulai rutin mengisinya secara terjadwal. 

Apakah ada platform pembuat blog yang gratis?

Ada. Kamu bisa mencoba WordPress, Tumblr, Blogger, Medium, Wix, dan Webs. 

Apa blog gratis bisa menghasilkan uang?

Bisa, selama kamu punya audiens dan traffic yang tinggi, bukan mustahil mendapatkan uang dari blog gratisan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
tools AI SEO
Read More
10+ Rekomendasi Tools AI untuk SEO Terbaik
Kamu sudah tahu belum,sob kalau sekarang mengoptimasi SEO pada konten website jadi lebih mudah? Itu semua berkat kehadiran…
mendapatkan uang dari blog
Read More
10+ Cara Mendapatkan Uang dari Blog di 2024
Apakah blog bisa menghasilkan uang? Pertanyaan ini sering muncul karena tak sedikit orang yang mengaku sukses lewat dunia…