Website tidak Muncul di Pencarian Google? Ini Sebab & Solusinya

Website tidak Muncul di Pencarian Google_ Ini Solusinya
Website tidak Muncul di Pencarian Google_ Ini Solusinya

Bagi kamu yang mempromosikan bisnis lewat website tentu ingin ia muncul dalam pencarian google dengan peringkat yang sebagus mungkin. Peringkat yang semakin bagus maka akan semakin mudah ditemukan pengunjung.

Namun sayang harapan tidak selalu sesuai realita di mana yang terjadi justru website tidak muncul di pencarian google.

Kalau kamu sedang mengalami masalah ini maka berikut informasi yang dibutuhkan yaitu terkait penyebab dan bagaimana mengatasinya.

Penyebab Website Tidak Muncul di Google

Berikut merupakan beberapa kemungkinan mengapa website tidak muncul di pencarian google yaitu : 

1. Dari Pihak Google Sendiri yang Memang Belum Mengindeks Website Kamu

Bisa jadi website-mu belum muncul karena sistem algoritma google yang belum melakukan indeks. Supaya kamu tahu kira-kira website tersebut sudah diindeks ataukah belum maka silakan masuk ke dalam situs : yourwebsite.com. 

2. Website-mu Masih Terlalu Baru

Kamu tidak usah heran apabila website tidak muncul di pencarian google apabila baru membuat. Kurang lebih membutuhkan waktu 1 bulan menunggu sampai bisa muncul. 

Jadi di fase ini walaupun kamu sudah mengusahakan segala sesuatunya dengan cepat tapi proses pengindeksan google pasti memakan waktu yang lama.

Tugasmu sekarang hanya duduk manis menunggu. Akan lebih baik lagi kalau kamu menggunakan waktu ini untuk mempelajari lebih dalam soal algoritma google. 

Cek Konten Lainnya:
Bahasa Pemrograman Termudah? Yuk, Mulai dengan JavaScript!

3. Website Kamu Masih Belum Teroptimasi Dengan Baik Dalam Proses Crawling Mesin Pencari

Apabila website sudah diindeks oleh google berdasarkan kategori tertentu maka akan masuk ke bagian crawling. 

Dalam proses ini sistem akan memberikan penilaian berdasarkan beberapa parameter seperti : ada tidaknya meta deskripsi, densitas kata kunci, kualitas konten, dll. Jadi pastikan kamu sudah mengoptimasi hal-hal yang diperlukan sebaik mungkin.

4. Kata Kunci yang Kamu Pakai Terlalu Kompetitif

Dalam parameter SEO yang berhubungan dengan kata kunci, tentu kamu ingin memakai kata kunci yang populer yang sering dipakai oleh pengunjung. Harapannya semakin populer maka akan semakin tinggi peluang website-mu ditemukan dalam kolom mesin pencari.

Namun perlu kamu ingat bahwa kata kunci tersebut juga telah dipakai oleh perusahaan-perusahaan yang mungkin bahkan lebih besar daripada kamu. Website perusahaan-perusahaan semacam ini biasanya sudah memiliki otoritas yang kuat. 

Dengan demikian untuk perusahaanmu yang masih baru jelas tidak akan bisa bersaing. Sampai kapanpun website tidak muncul di pencarian google kalau kamu masih pakai kata kunci tersebut.

5. Website Sudah Disingkirkan Oleh Google

Website-mu sudah terbilang lama tapi tiba-tiba tidak muncul dalam halaman pencarian? Hati-hati mungkin sistem google suah menghapusnya karena kamu menyalahi aturan mereka. Misalnya karena memakai kata kunci dalam jumlah berlebihan sehingga dianggap spam atau karena konten website-mu menyebarkan misinformasi. 

Berikut merupakan 3 cara yang biasanya google lakukan untuk menyingkirkan suatu website : 

  • Deindeks : google memblokir website-mu sepenuhnya dari sistem sehingga kini domain website-mu tidak bisa lagi masuk dalam indeks. 
  • Penalti : halaman atau domainmu masih ada tapi tidak bisa dicari lewat kolom pencarian. Hukuman tersebut bisa dikenakan secara otomatis melalui algoritma atau secara manual oleh staf google.
  • Sandbox : traffic website-mu tiba-tiba menurun secara drastis tanpa alasan yang jelas
Cek Konten Lainnya:
4 Cara Menghapus Akun Instagram secara Permanen & Lupa Password

Cara Mengatasi Website Tidak Muncul di Google

Website tidak muncul di pencarian google adalah sebuah kondisi yang tidak menguntungkan. Namun tenang saja masih ada beberapa solusi yang dapat kamu lakukan lewat beberapa strategi SEO ini : 

1. Rutin Melakukan Audit SEO

Algoritma google itu bisa sewaktu-waktu berubah-ubah sehingga parameter penilaian SEO-nya pun akan berubah. Oleh karena itu meskipun merepotkan, sebagai langkah agar website muncul di google search kamu wajib rutin mengaudit SEO. Tujuannya agar tetap relevan  dengan perubahan algoritma. 

Adapun beberapa aspek yang perlu kamu perhatikan saat audit SEO antara lain 

2. Tentukan Kata Kunci yang Sesuai dan Pakai Dalam Jumlah yang Proporsional

Terkait kata kunci, website tidak muncul di pencarian google yang disebabkan oleh faktor tersebut kemungkinan karena : 

  • Kata Kunci yang Tidak Tepat

Ketidaktepatan ini entah itu karena kamu pakai pemilihan kata yang tidak umum dipakai oleh pengunjung atau karena kata kunci yang terlalu padat persaingannya. 

Bahkan ada pula dijumpai konten yang memakai keyword tidak relevan dengan topik yang dibahasnya.

Percuma saja walaupun kata kunci itu mungkin bisa menarik traffic tapi bounce rate-mu kemungkinan akan tinggi karena pengunjung merasa kontenmu hanya clickbait. 

  • Bermasalah Dalam Pemakaian Kata Kunci 

Masalah di sini maksudnya adalah berdasarkan jumlah kata kunci yang kamu pakai dalam kontenmu. Jika jumlahnya terlalu sedikit maka sistem indeks google tidak akan bisa membacanya. Sementara jika terlalu banyak keyword maka justru sistem akan menganggap kontenmu adalah spam dan akan langsung menyingkirkannya. 

Salah satu parameter yang sistem mesin pencari untuk menilai kualitas website-mu juga tergantung backlink-nya. Istilah ini menunjuk pada seberapa banyak website lain yang mencantumkan link website-mu sebagai sumber referensi konten mereka. 

Semakin banyak yang mencantumkan maka penilaiannya juga semakin bagus karena algoritma menganggap memang website-mu berkredibilitas tinggi. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu React JS? Fitur, Kelebihan dan Cara Kerjanya

Oleh karenanya bisa jadi website tidak muncul di pencarian google karena pesaingmu dalam kata kunci yang sama sudah memiliki privilege backlink. Tapi kamu tidak perlu berkecil hati, kamu pun bisa memperolehnya dengan : 

  • Menjaga kualitas konten selalu konsisten dengan pembahasan yang berbobot dan dapat dipertanggungjawabkan
  • Menjalin koneksi dengan sesama pembuat konten untuk saling membantu dalam mencantumkan link website. 

Begitulah tadi kira-kiranya penyebab website tidak muncul di pencarian google  dan bagaimana solusi menyelesaikannya. Terpenting di sini adalah kamu wajib menjaga kualitas kontennya dahulu karena itu yang akan pertama kali dilihat oleh pengunjung saat masuk ke dalam website-mu. 

FAQ

1. Bagaimana cara memastikan website saya diindeks oleh Google?

  • Periksa Indeksasi: Gunakan Google Search Console untuk memeriksa apakah website kamu diindeks oleh Google.
  • Submit Sitemap: Kirimkan sitemap XML ke Google Search Console.
  • Gunakan Alat Inspeksi URL: Di Google Search Console, gunakan alat Inspeksi URL untuk memeriksa status indeksasi halaman tertentu.

2. Apa itu Google Search Console dan bagaimana cara menggunakannya?

Google Search Console adalah alat gratis dari Google yang membantu pemilik website memantau dan mempertahankan kehadiran mereka di hasil pencarian Google. Untuk menggunakannya:

  • Daftar dan verifikasi kepemilikan website kamu.
  • Kirimkan sitemap XML.
  • Gunakan laporan untuk memantau kinerja dan status indeksasi.

3. Bagaimana cara meningkatkan kualitas konten website saya?

  • Relevansi: Pastikan konten kamu relevan dengan topik yang dicari pengguna.
  • Kualitas: Tulis konten yang informatif, bermanfaat, dan bebas dari kesalahan.
  • Panjang Konten: Buat konten yang mendalam dan komprehensif.
  • Penggunaan Kata Kunci: Gunakan kata kunci yang tepat dan relevan dengan bijaksana.
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara monetisasi blog
Read More
10+ Cara Monetisasi Blog yang Hasilkan Cuan Jutaan
Awalnya, penggunaan suatu blog hanya untuk berbagi cerita saja. Namun saat ini, banyak yang memanfaatkannya sebagai ladang memperoleh…
cara mendapatkan pengunjung blog yang banyak
Read More
16+ Cara Mudah Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog
Dengan makin ketatnya persaingan, para blogger berlomba-lomba mencari cara mendapatkan pengunjung blog yang banyak. Saat ini ada banyak…