Mengenal Microsoft Clarity, Fitur dan Cara Pakainya

microsoft clarity
microsoft clarity

Tidak mau kalah dari google lewat google analytics-nya, Microsoft pun telah meluncurkan tools yang mereka beri nama microsoft clarity.

Untuk masalah kualitas tentunya kalau sudah berada di bawah naungan salah satu  perusahaan raksasa ini, tidak perlu kamu ragukan.

Dengan demikian cukup layak sebagai salah satu opsi buat kamu yang sedang membutuhkan tools analytics.

Namun tentunya akan lebih afdol kalau kamu berkenalan dulu seperti apa detail-detail yang ada di dalam sini 

Apa Itu Microsoft Clarity?

Menegaskan kembali paragraf pembuka, bahwa microsoft clarity adalah salah satu tools untuk keperluan SEO yang memampukan kamu untuk melakukan analisis terhadap bagaimana karakteristik orang-orang yang mengunjungi website-mu selama ini dan juga perilaku apa yang cenderung mereka tunjukkan. 

Salah satu contoh hasil analisis berdasarkan karakteristik di sini adalah memetakan pengunjung berdasarkan kategori jenis kelamin, rentang umur, usia, dsb.

Sedangkan dari segi perilaku menyajikan data-data yang berupa total klik, berapa lama pengunjung mengakses website, seberapa dalam mencari informasi, bounce rate, dll. 

Fitur Microsoft Clarity

Untuk menjalankan fungsinya sebagai sebuah tools SEO dengan optimal, microsoft clarity ditunjang oleh berbagai fitur berikut sebagaimana dilansir oleh visualsp

1. Fitur HeatMaps

Fitur yang fungsinya memberikan gambaran kepada kamu di area mana dalam websitemu, pengunjung biasanya melakukan klik dan scroll. Dari sini kamu akan bisa membedakan mana area yang engagement nya tinggi dengan yang rendah sehingga lebih akurat untuk melakukan perbaikan. 

Cek Konten Lainnya:
Hosting Dedicated IP Terbaik dengan Performa Tinggi

2. Fitur Perekaman Sesi

Microsoft clarity terasa semakin  mantap kamu pakai karena terdapat fitur untuk menunjukkan rekaman langsung saat pengunjung sedang akses website. Jadi seolah-olah di sini kamu menyelami langsung pengalaman navigasi mereka baik itu yang sifatnya buruk maupun yang bagus sekalipun. 

Selain itu lewat perekaman sesi, kamu pun dapat menyaksikan langsung jika ternyata sempat ada user yang mengalami gangguan seperti bug ataupun eror ketika mengakses. 

3. Fitur Analisis Funneling 

Fitur berikut bermanfaat supaya kamu melihat dengan jelas bagaimana perkembangan pengunjung setelah mengenal brand perusahaan lewat website tersebut. Apakah berhasil membuat mereka yang awalnya masih “orang asing” kemudian berubah menjadi “pelanggan setia” ataukah sekedar numpang lewat semata?

Dengan mencermati posisi dari pengunjung tersebut akan amat membantu kamu meningkatkan kualitas marketing demi menghasilkan konversi pengunjung yang lebih baik. 

4. Fitur Rage Click

Sistem akan menunjukkan bila ada pengunjung yang secara terus menerus dengan cepat melakukan klik pada suatu bagian website. Bisa jadi terindikasi ada masalah di situ. 

Kelebihan Microsoft Clarity

Selain fitur-fitur luar biasa di atas, microsoft clarity menurut cypress north masih mempunyai berbagai kelebihan lainnya semacam : 

1. Akses Cuma-Cuma

Ya, kamu tidak salah lihat, tools ini benar-benar gratis, tanpa keluar uang sepeser pun. Kamu tinggal masuk ke website resminya lalu membuat akun melalui akun microsoft, google, maupun facebook.  Bila sudah mendaftar maka sudah bisa memulai project yang ingin kamu kerjakan.  

2. Mudah Diinstal

Tenang saja. dalam menginstal microsoft clarity  ke perangkat laptop/PC-mu sendiri, tidak akan serumit yang kamu bayangkan. Tersedia berbagai macam opsi supaya kamu dapat menginstal kode tracking ke dalam website. Masih ditambah petunjuk untuk instalasi manual atau melalui platform pihak ketiga semacam Google Tag Manager. 

Cek Konten Lainnya:
5 Manfaat Pembelajaran Daring Berbasis WhatsApp, Efektifkah?

3. Fitur Filter yang Superior 

Clarity akan membuat kamu menyaring-data yang telah dikumpulkan perekam dan heatmap menurut kategori-kategori di bawah ini : 

  • Tipe perangkat
  • Negara
  • Sumber lalu lintas website, dll.  

Bahkan filter di sini bisa pengunjung kustomisasi sendiri menciptakan parameter filter yang lebih detail. 

4. Metriks UX yang Bermanfaat 

Demi semakin menjamin website-mu memberikan pengalaman akses yang menyenangkan kepada pengunjung, microsoft clarity juga telah dilengkapi metriks engagement. Metriks ini akan mengidentifikasi di bagian mana dalam website, pengunjung mengalami gangguan atau kesulitan saat berinteraksi dengan elemen tertentu.  

Identifikasi itu sistem tunjukkan melalui beberapa keterangan ini : 

  • Rage Click

Menerangkan adanya percobaan klik secara berlebihan dalam tempo yang cepat pada suatu elemen dalam website. Kemungkinan besar pengunjung mengalami frustrasi karena tombol untuk mengakses suatu elemen sedang rusak. 

  • Dead Clicks 

Berbeda dengan sebelumnya yang memperoleh klik secara berlebihan, indikator ini mengarah pada elemen yang tidak memperoleh interaksi sama sekali dari pengunjung. Dari sini kamu sebagai developer punya tugas untuk mengubahnya lebih menarik. 

  • Quick Backs

Kondisi ketika seseorang baru masuk ke halaman tertentu tapi langsung kembali lagi ke halaman sebelumnya. Ini dapat menjadi gejala kalau halaman yang pengunjung masuki tidak sesuai ekspektasi pengunjung, mungkin dianggap clickbait.

5. Dukungan Tim yang Memadai 

Menemui kesulitan saat mengoperasikan microsoft clarity? Atau mungkin ada fitur yang tidak kamu tahu? Jangan risau karena microsoft clarity siap menyediakan bantuan lewat tim support yang selalu siap siaga 24 jam selama 7 hari penuh. 

Kekurangan Microsoft Clarity

Tentunya sebagai tools yang masih buatan manusia, clarity pun tidak lepas memiliki kelemahan-kelemahan semacam : 

1. Kurangnya Dokumen yang Terperinci Saat Melakukan Trouble Shooting Google Analytics 

Microsoft memang menyediakan panduan online yang berguna untuk memulai dengan Clarity. Sayangnya saat pertama kali memulai proses pengaturan, dokumentasi tersebut tidak berisi informasi terperinci tentang pengaturan Google Analytics

Cek Konten Lainnya:
Cheap Dedicated Hosting Server dengan Performa Handal

Seiring berjalannya waktu terlihat jenis-jenis panduan makin banyak tapi masih saja  banyak informasi tentang pemecahan masalah atau kesalahan umum.

2. Tombol Filter yang Belum Terlalu Efektif

Semisal kamu ingin melihat data heatmap dari negara selain di region Amerika Utara jadi tentu kamu tidak ingin ada USA, Meksiko, dan Kanda di sini. Untuk melakukan itu kamu masih harus memberi centang secara manual satu per satu. Jelas sangatlah tidak efektif karena membuang waktu dengan percuma.  

FAQ

1. Bagaimana cara menginstal Microsoft Clarity di situs web saya?

  • Daftar Akun: Daftar untuk akun Microsoft Clarity di situs web resmi Clarity.
  • Dapatkan Kode Pelacakan: Setelah mendaftar, kamu akan menerima kode pelacakan yang unik.
  • Tambahkan Kode ke Situs Web: Tambahkan kode pelacakan ke setiap halaman di website kamu sebelum tag penutup </head>.
  • Verifikasi: Verifikasi bahwa kode pelacakan telah terpasang dengan benar dengan memeriksa dasbor Clarity untuk data yang masuk.

2. Apa perbedaan antara Microsoft Clarity dan Google Analytics?

Microsoft Clarity: Fokus pada rekaman sesi dan heatmaps untuk memahami interaksi pengguna secara mendalam.

Google Analytics: Menawarkan analisis data yang lebih luas dan mendalam dengan metrik dan dimensi yang lebih banyak untuk melacak performa situs web.

Kedua alat ini dapat digunakan secara bersamaan untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang perilaku dan kinerja website.

3. Apakah Microsoft Clarity mempengaruhi kinerja situs web?

Microsoft Clarity dirancang untuk memiliki dampak minimal pada kinerja website. Kode pelacakannya ringan dan dioptimalkan untuk meminimalkan waktu muat halaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Cara Membuat Website Kursus Online dengan WordPress
Read More
Cara Membuat Website Kursus Online dengan WordPress
Membuat website kursus online kamu sendiri, Kenapa tidak? Membuat kursus online adalah salah satu cara terbaik mendapatkan uang…
cara inspect element
Read More
Cara Inspect Element di Berbagai Browser, Cepat dan Mudah!
Kamu mungkin pernah melihat website yang tampilannya bagus dan penasaran dengan unsur penyusunnya. Jika ingin tahu, sebenarnya sangat…