Cara Membuat Website di Canva dengan Mudah

Cara Membuat Website di Canva dengan Mudah
Cara Membuat Website di Canva dengan Mudah

Kini, kamu sudah bisa membuat website dengan menggunakan Canva. Selain mudah, prosesnya juga tergolong cepat. Lantas, bagaimana cara membuat website di Canva? Bagi kamu yang tertarik, bisa banget simak ulasan kami sampai selesai. 

Canva sendiri merupakan salah satu platform desain grafis yang terkenal. Ia digunakan oleh berbagai kalangan untuk kepentingan-kepentingan yang berbeda. 

Sehingga, juga sangat mungkin jika kamu pengen menggunakannya untuk membuat website. 

Apalagi, website telah menjadi salah satu media pemasaran yang cukup efektif belakangan ini, kan? Bahkan, website juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan penghasilan dari berbagai sumber. 

Nah, daripada semakin penasaran, kamu bisa langsung pahami beberapa cara berikut ini, ya!

Cara Membuat Website di Canva

Tahukah kamu, bahwa hasil pembuatan website menggunakan Canva tergolong sangat menarik. Bahkan, tidak kalah dengan pembuatan web menggunakan layanan lain. Jika ingin punya web yang menarik, lakukan tahapan-tahapan di bawah!

1.  Mendaftar atau Masuk ke Canva

Cara membuat website di Canva pertama ialah mendaftar atau masuk ke dalam aplikasi atau websitenya mereka. Untuk yang pertama kali menggunakan Canva, bisa daftar dulu. 

Sementara jika kamu sudah pernah menggunakannya, silakan langsung login. Kabar baiknya, kamu bisa masuk hanya dengan menggunakan akun Gmail atau akun yang lain. 

Cara masuk atau daftarnya bisa dengan membuka aplikasi atau pergi ke dalam situs canva.com. Nantinya, tinggal ikuti instruksi masuk atau daftar yang muncul pada layar.

Cek Konten Lainnya:
14+ Aplikasi Pembuat Website Gratis Terbaik Tanpa Coding

2. Pilih Template

Begitu berhasil login, kamu bakalan dibawa ke halaman utamanya mereka. Lanjutkan dengan memilih template website sesuai keinginan. Kabar baiknya, Canva punya segudang template desain website yang dapat kamu pilih. 

Desain template yang mereka sajikan juga sangat beragam. Cara mencari dan memilih template adalah dengan mengklik menu pencarian. 

Kemudian, ketik kata kunci berupa ‘website’, bisa juga ‘situs web’, ‘website blog’, atau keyword yang senada lainnya. Dengan demikian, kamu akan melihat hasilnya muncul. 

Scroll saja sampai menemukan template yang pas. Jika sudah menemukan template desain yang sesuai, klik pada template tersebut. Hal ini supaya sistem membawa kamu ke halaman yang baru. 

3. Sesuaikan Template

Di halaman yang baru, kamu tinggal sesuaikan template. Menariknya, terdapat banyak fitur Canva website yang bisa banget kamu gunakan. Mulai dari fitur mengganti teks, gambar, dan yang lainnya. 

Bukan hanya itu, karena di Canva kamu bisa menyesuaikan tata letak halaman juga, loh. Sesuaikan saja templatenya dengan keinginan. 

4. Tentukan Tata Letak Halaman

Cara membuat website di Canva yang berikutnya adalah dengan menentukan tata letak halaman. Kalau kita perhatikan, menentukan tata letak halaman termasuk bagian yang cukup penting saat membuat desain website. 

Pihak Canva memungkinkan para penggunanya untuk menentukan tata letak sesuai kebutuhan para pengguna. Nantinya, pilih saja opsi tata letak yang sudah tersedia. Apabila ingin yang lebih menarik, bisa buat sendiri, ya. 

5. Pilihan Font, Warna, dan Tambahkan Elemen yang Interaktif

Apabila sudah membuat tata letak halaman, cara berikutnya adalah dengan memilih font, warna dan menambahkan elemen. Nggak bisa kita pungkiri, bahwa memilih font dan warna untuk kepentingan website gampang-gampang susah. 

Dalam hal ini, kamu perlu menyesuaikan font dan warnanya dengan berbagai aspek. Identitas yang akan kamu bangun, misalnya. Silakan pilih jenis font dan warna yang tepat. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Struktur Data? Pengertian, Jenis dan Manfaat

Supaya lebih menarik, kamu dapat menambahkan elemen-elemen interaktif. Seperti gambar animasi, kemudian tombol, formulir kontak, dan yang lainnya. Tenang, karena di Canva sudah tersedia elemen-elemen interaktifnya, kok.

6. Lihat Hasilnya dan Uji Web

Sebelum menggunakan desain yang sudah kamu buat, pastikan kalau kamu melakukan preview serta uji website. Aplikasi Canva menghadirkan fitur preview yang memungkinkan kamu untuk melihat tampilan web sebelum dipublish. 

Saat melakukan preview dan uji web, pastikan kalau semuanya sudah bagus dan berfungsi secara optimal, ya. 

7. Simpan dan Gunakan

Tahapan membuat website di Canva yang terakhir adalah dengan menyimpan desain dan menggunakan atau mempublikasikannya. 

Selain menyediakan fitur preview, pihak Canva juga menyediakan fitur untuk mempublish web menggunakan domain yang kamu punya. 

Kalau belum punya domain, bisa publish menggunakan subdomain Canva saja, atau langsung beli domain di Jagoan Hosting. Dengan membeli domain di Jagoan Hosting, kamu bakalan mendapatkan banyak keuntungan. 

Seperti mendapatkan domain dengan kualitas terbaik, proses pemesanan mudah, langsung aktif, harga terjangkau, dan yang pasti tidak salah pilih. 

Hal ini karena Jagoan Hosting adalah layanan terpercaya dan telah banyak digunakan oleh individu atau perusahaan besar. Dapatkan domain terbaik hanya di Jagoan Hosting. 

Kelebihan Membuat Website dengan Canva

Sebagai salah satu layanan desain yang terkenal, aplikasi Canva punya segudang kelebihan. Termasuk kelebihan saat membuat website menggunakan layanan tersebut. 

Apa saja sebenarnya kelebihan membuat website dengan Canva? Secara umum, terdapat beberapa kelebihan yang bisa kamu nikmati. Seperti banyaknya desain website Canva dengan tampilan yang beragam. 

Kemudian, ada banyak fitur-fitur yang bisa digunakan, banyak elemen interaktifnya, tampilan super simple, bisa kamu pakai secara gratis, proses pembuatan mudah, bisa digunakan via aplikasi atau website, dan yang lainnya. 

Semua kelebihan tersebut akan membantu kamu untuk menciptakan sebuah desain yang keren, menarik, dan terkesan profesional. 

Cek Konten Lainnya:
29+ Template Blog WordPress Gratis dan Responsive

Kekurangan Membuat Website di Canva

Selain punya segudang keunggulan, layanan satu ini juga pasti punya beberapa kekurangan, kan? Tidak ada layanan yang sepenuhnya sempurna. 

Tidak semua fitur, template, dan elemen di Canva tersedia secara gratis. Apabila tertarik menggunakan semua layanan yang tersedia, kamu bisa upgrade ke akun yang premium. 

Demikian ulasan seputar beberapa cara membuat website di Canva yang perlu kamu tahu dan pahami.

Buat Website Lebih Profesional

Kamu ingin website yang benar-benar profesional, bukan sekadar template standar yang semua orang bisa pakai. Dengan Web Hosting dan Domain dari Jagoan Hosting, kamu bisa membangun website yang unik, yang mencerminkan identitas bisnismu.

Jangan hanya puas dengan desain yang terbatas. Waktunya kamu naik level dengan web profesional yang buat pengunjung terkesan sejak pertama dengan Jagoan Hosting.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan Canva online?

Canva online merupakan sebuah platform desain grafis dan komunikasi visual yang berbasis online, dan sangat terkenal di Indonesia. Layanan ini sudah rilis sejak tahun 2013, dan masih tetap eksis sampai saat ini.

Apakah membuat desain di dalam aplikasi Canva bisa mendapatkan uang?

Ya, kamu bisa mendapatkan uang dengan membuat desain di Canva. Caranya adalah dengan menjadi kontributor. Desain grafis yang kamu unggah akan diberikan royalti oleh pihak Canva, yaitu ketika digunakan oleh para pengguna.

Apa saja fitur yang tersedia di Canva?

Ketika menggunakan Canva, kamu dapat menggunakan segudang fitur mereka. Seperti template, jenis font, warna font, fitur menambahkan gambar, elemen, menghapus background foto, dan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Cara Membuat Website Kursus Online dengan WordPress
Read More
Cara Membuat Website Kursus Online dengan WordPress
Membuat website kursus online kamu sendiri, Kenapa tidak? Membuat kursus online adalah salah satu cara terbaik mendapatkan uang…
template website html dan css
Read More
21+ Template Website HTML dan CSS Gratis
Memiliki website untuk promosi tidak serta merta audiens akan langsung percaya pada bisnismu begitu saja. Mereka juga akan…