Cari Open Source ERP? Ini Rekomendasi Softwarenya

Open Source ERP
Open Source ERP

Lagi nyari open source ERP yang punya banyak modul dan fitur untuk memenuhi kebutuhan spesifik bisnis? Kamu bisa pakai software ERP open source yang paling recommended untuk bisnis pada artikel ini.

Sebenarnya ada banyak pilihan software ERP dengan open source yang populer di dunia bisnis. Namun, beberapa fitur terkadang tidak sesuai kebutuhan bisnis. Oleh karena itu, software ERP ini bisa menjadi alternatif.

Aplikasi ERP sumber terbuka tak hanya fleksibel dan bisa menyesuaikan kebutuhan bisnis, tetapi juga lebih murah dan efisien. Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa itu Open Source ERP?

ERP (Enterprise Resource Planning) bersifat terbuka menjadi pilihan paling tepat untuk bisnis atau perusahaan yang ingin punya kendali atas data mereka. Kamu juga bisa memodifikasinya sesuai kebutuhan bisnis, Sob.

Open source ERP adalah suatu program komputer dengan arsitektur software open source untuk mengelola operasional bisnis, seperti keuangan, produksi, pembelian, sumber daya manusia, dan operasional lainnya.

Bagi kamu yang punya bisnis atau usaha kecil hingga menengah yang ingin pakai ERP, software sumber terbuka menjadi solusi untuk menghemat biaya lisensi.

Hal ini memungkinkan kamu mengakses kode sumber tanpa perlu berbayar alias gratis. 

Namun, ada juga vendor yang menawarkan biaya langganan untuk sejumlah fitur tambahan sesuai kebutuhan spesifik bisnis.

Meski begitu, software ini menawarkan akses dan fleksibilitas tinggi bagi bisnis kamu yang ingin terintegrasi dengan fitur pengelolaan bisnis dengan sumber terbuka.

Cek Konten Lainnya:
Ini Beda Odoo vs SAP: Pilih yang Mana?

Keunggulan Web ERP Open Source

Setiap bisnis punya proses yang unik. Itulah sebabnya, ERP bisa kamu modifikasi sesuai kebutuhan. Selain itu, keunggulan open source ERP juga bisa berjalan pada sistem kolaboratif. Keunggulan lainnya sebagai berikut: 

1. Modular

ERP sumber terbuka punya sifat modular, yang mana setiap modul punya fungsi tertentu. Modul tersebut mencakup produksi, penjualan, keuangan, inventaris, dan lainnya yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

2. Kustomisasi

Berhubung software ERP bersifat terbuka, ini memungkinkan kamu menyesuaikan sistem ERP dengan sistem perusahaan. Hal ini bisa memudahkan kamu melakukan kustomisasi sistem agar memenuhi kebutuhan.

3. Integrasi

Open source ERP bisa terintegrasi dengan sistem atau program software lainnya. Hal ini tentu menjamin kelancaran arus data perusahaan, termasuk meminimalisir kesalahan dan kebutuhan entri data perusahan.

4. Skalabilitas

ERP sumber terbuka punya skalabilitas yang tinggi, hal ini memungkinkan kamu mengubah modul dan fitur sesuai dengan berkembangnya bisnis. Jadi, kebutuhan bisnis bisa terpenuhi sesuai perkembangannya.

5. Kolaborasi

ERP sumber terbuka memungkinkan kamu berkolaborasi dengan pengguna lain dan komunitas di seluruh dunia. Misal kolaborasi membuat ekstensi baru, perbaikan bug, produksi modul, dan pemutakhiran secara berkala.

Kamu bisa coba aplikasi Odoo yang sudah siap pakai dari JagoanHosting untuk mendapatkan berbagai keunggulan ini. 

Manfaat Memakai Aplikasi ERP Open Source

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan aplikasi atau software ERP sumber terbuka dalam bisnis. Manfaatnya sebagai berikut: 

1. Efisiensi Biaya Bisnis

Penggunaan software open source ERP dalam jangka panjang bisa meningkatkan efisiensi biaya bisnis. Dengan sistem ERP sumber terbuka, fungsi IT tidak lagi butuh staf khusus dan tim besar untuk mengelola sistem.

Kebutuhan perusahaan bisa terlayani oleh satu sistem ERP saja. Bahkan, sebagian besar ERP sumber terbuka bisa memakai data base dan sistem operasi yang bebas lisensi sehingga lebih hemat biaya operasional.

Cek Konten Lainnya:
6 Teknik Menjadi Sales Online Jagoan

2. Efektivitas Perencanaan dan Pelaporan

ERP sumber terbuka bisa membantu identifikasi kelebihan dan kelemahan bisnis. Sistem ERP juga bisa membantu memudahkan kamu membuat perencanaan yang tepat guna mengurangi kelemahan bisnis.

Selain itu, penerapan ERP sumber terbuka juga bisa membantu kamu mendapatkan pelaporan bisnis terperinci dan interaktif. Hal ini memungkinkan kamu melakukan pemeriksaan lewat dashboard terpadu pada sistem.

3. Visibilitas Lebih Besar

Penggunaan software ERP yang bersifat terbuka memungkinkan kamu mendapat visibilitas besar. Artinya, kamu bisa mengakses semua data penting dengan lengkap sehingga memudahkan pengelolaan operasi bisnis.

Sebagai contoh, dengan ERP kamu bisa menjaga stok barang agar tetap memadai. Jika stok barang menipis, maka kamu bisa mengontrol stok penjualan agar tetap bisa memenuhi kebutuhan masyarakat luas.

4. Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Fitur software open source ERP memungkinkan pengguna meningkatkan kualitas pelayanan. Dengan sistem data terpusat, ini memungkinkan tim customer service membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Selain itu, ERP sumber terbuka juga memungkinkan pemilik bisnis meningkatkan retensi. Pemilik bisnis bisa menawarkan pengalaman operasional yang personalisasi kepada para pelanggan dengan fitur ERP yang ada.

5. Efisiensi Operasional Bisnis

Penggunaan ERP sumber terbuka bisa membantu kamu meningkatkan efisiensi waktu dan biaya untuk operasional bisnis setiap harinya. Hal ini bisa memungkinkan kamu hemat biaya pengeluaran secara efisien.

ERP sumber terbuka bisa mengotomatisasi berbagai operasi yang tidak diperlukan. Selain itu, software ERP sumber terbuka juga mampu meringkas sejumlah tugas pekerjaan sehingga kamu bisa fokus pada tugas inti.

Nah, buat kamu yang sedang mencari ERP open source untuk kebutuhan bisnis dan efisiensi biaya operasi bisnis, maka hubungi Jagoan Hosting. Silakan konsultasikan kebutuhan kamu dengan Customer Service.

Rekomendasi Software ERP yang Open Source

Penggunaan software ERP sumber terbuka bisa menjadi solusi untuk menghemat biaya operasi bisnis. Namun, saat mencari ERP sumber terbuka tidak boleh asal karena tidak semua cocok dengan kebutuhan bisnis.

Cek Konten Lainnya:
Apa Saja Jenis-Jenis Iklan? Yuk, Lihat Contohnya di Sini!

Sebagai rekomendasi, kamu bisa pilih software open source ERP yang fleksibel dan terjangkau bernama Odoo. Odoo bisa digunakan untuk mengintegrasikan berbagai proses bisnis dalam satu sistem operasi.

Selain open source, Odoo juga punya banyak modul yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan bisnis. Contohnya modul akuntansi, penjualan, pembelian, manufaktur, website builder, e-commerce, CRM, dan lainnya.

Odoo adalah software ERP cloud open source yang bisa kamu kustomisasi dan diintegrasikan dengan software lain. Jika dibandingkan dengan open source lainnya, biaya kustomisasi dan implementasi sangat terjangkau.

Itulah sebabnya, Odoo adalah solusi ERP sumber terbuka yang fleksibel, terjangkau, dan akses yang mudah. Dengan berbagai modul ditawarkan, software ERP ini bisa membantu perusahan hemat biaya operasional.

VPS Hosting Odoo

Jadi, buat kamu yang sedang mencari open source ERP yang efisien dan banyak pilihan modul, kamu bisa gunakan aplikasi Odoo. Aplikasi Odoo siap pakai tersedia di VPS Odoo dari Jagoan Hosting. Yuk, order sekarang juga, Sob!

FAQ

Apakah Odoo open source gratis?

Odoo adalah software open source gratis untuk edisi komunitas. Sedangkan untuk perusahaan menawarkan aplikasi tambahan, infrastruktur, dan layanan profesional yang sifatnya tidak gratis alias berbayar.

Bagaimana cara kerja Odoo ERP open source?

Odoo merupakan sistem ERP sumber terbuka yang tersedia di cloud yang terdiri dari berbagai modul untuk bisnis. Modul Odoo bisa terintegrasi satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan operasional bisnis sehari-hari.

Apa saja modul Odoo ERP open source?

Odoo memiliki pilihan modul yang cukup beragam, yakni terdiri dari modul investasi, penjualan, pembelian, karyawan, CRM, project, akuntansi, keuangan, dan modul lain yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
analisis pasar
Read More
Apa itu Analisis Pasar? Tujuan, Metode & Langkahnya
Analisis pasar adalah langkah penting yang harus dilakukan sebelum mulai menjual produk. Sebagai langkah krusial, kita bisa mengetahui…
Read More
6 Alasan Utama Mengapa Website Penting untuk Bisnismu?
Mungkin banyak dari kalian bicarakan sebelumnya, website itu apa? untuk apa? dan memang fungsinya apa? toh bisnis atau…