10 Modul yang Harus Ada di Sistem ERP

Modul di Sistem ERP
Modul di Sistem ERP

Kamu tentu sudah paham kalau layanan yang menyediakan software ERP itu sangat banyak jadi risiko salah pilih juga besar.

Supaya hal itu tidak sampai terjadi maka salah satu faktor yang perlu kamu perhatikan adalah pada modul ERP. Berikut merupakan jenis-jenis modul ERP dan penjelasannya yang wajib ada dalam software: 

1. Akuntansi 

Modul ERP pertama yang wajib ada tentu saja adalah akuntansi karena berkaitan dengan inti utama dalam perusahaan yaitu pengelolaan keuangaan. 

Mengelola catatan keuangan secara manual tidak hanya memakan waktu tetapi juga rentan terhadap kesalahan sehingga harus makan waktu lagi untuk perbaikannya.

Laporan keuangan yang tertunda semacam ini dapat menghambat pengambilan keputusan tepat waktu dan mempengaruhi operasi bisnis.

Dalam hal ini modul akuntansi membuat sistem yang otomatis untuk melakukan pencatatan dan perhitungan keuangan seperti :  

  • Pemantauan buku besar umum
  • Mengelola akun hutang dan piutang
  • Melakukan konsolidasi keuangan
  • Menghasilkan laporan keuangan yang komprehensif.

2. Manajemen Inventaris 

Pelacakan inventaris yang tidak efisien dapat menyebabkan masalah seperti kelebihan dan kekurang stok, dan berpotensi menyebabkan konsumen tidak puas.

Mengelola inventaris di beberapa lokasi semakin memperumit ini dan meningkatkan kemungkinan kesalahan dalam melacak level stok.

Oleh karena itulah dalam hal ini modul ERP manajemen inventaris menyelesaikan masalah ini lewat fungsinya untuk  :  

  • Memantau pergerakan stok
  • Mengelola titik pemesanan ulang
  • Meminimalkan biaya penahanan inventaris. 
Cek Konten Lainnya:
Mengenal Odoo ERP, Fitur, Kelebihan dan Cara Pakainya

3. Manajemen Hubungan Pelanggan Bisnis 

Salah satu kendala yang sering terjadi dalam bisnis terkait pelayanan konsumen adalah : 

  • Data pelanggan yang tidak tersusun dengan sistematis
  • Layanan konsumen yang tidak konsisten
  • Strategi pemasaran yang tidak efektif. 

Jika tidak segera ditangani akan menimbulkan masalah yang lebih serius semacam : ketidakpuasan pelanggan, penurunan loyalitas pelanggan, dan hilangnya pendapatan.

Terkait hal itu Modul ERP Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) hadir untuk mengintegrasikan fungsi penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan ke dalam satu sistem. Ini semua berkat adanya fitur seperti : 

  • Otomatisasi tenaga penjualan 
  • Tiket dukungan pelanggan
  • Alat pemasaran digital memungkinkan komunikasi 
  • Layanan yang dipersonalisasi.

4. Manajemen Sumber Daya Manusia 

Kegiatan HR seperti perekrutan, pengelolaan catatan karyawan, dan kepatuhan terhadap undang-undang ketenagakerjaan sering dilakukan secara manual.

Hal ini jelas tidak efisien karena berisiko mengurangi produktivitas tenaga kerja dan pengawasan kinerja karyawan. 

Itulah mengapa kamu sangat membutuhkan modul ERP Manajemen Sumber Daya Manusia (HRM) menawarkan tools canggih untuk menangani semua aspek fungsi HR di atas.

5. Pengadaan Proses

Pengadaan konvensional sering mengalami ketidakefisienan, seperti persetujuan manual yang lambat dan pelacakan kinerja vendor yang tidak memadai.

Masalah ini dapat menyebabkan gangguan dalam rantai pasokan dan meningkatkan biaya pembelian.

Modul ERp pengadaan akan menyederhanakan kompleksitas aktivitas pembelian. Untuk mengotomatisasi berbagai tugas :

  • Termasuk pemilihan vendor
  • Manajemen kontrak
  • Pemrosesan pesanan pembelian,
  • Penjadwalan pembayaran.

6. Manajemen Proyek

Keterlambatan proyek dan biaya berlebihan sering terjadi karena perencanaan proyek yang tidak memadai. Misalnya karena alokasi sumber daya yang kurang, dan tidak adanya pemantauan proyek secara real-time. Masalah ini dapat membahayakan keberhasilan proyek dan mempengaruhi kemampuan bisnis untuk memenuhi harapan klien.

Modul ERP manajemen proyek merupakan solusi menanganinya. Ia menjadi aset penting untuk perusahaan konstruksi dalam mengelola proyek yang kompleks. Modul ini mencakup alat untuk penjadwalan, alokasi sumber daya, manajemen anggaran, dan evaluasi risiko.

Cek Konten Lainnya:
Apa Sih Server Monitoring Itu? dan Toolsnya

7. Manajemen Penjualan 

Tim penjualan sering menghadapi masalah seperti : 

  • Manajemen lead yang tidak terorganisir 
  • Tindak lanjut yang tidak konsisten, 
  • Pandangan yang tidak jelas tentang pipeline penjualan
  • Tidak adanya sistem data yang terpusat dapat menyebabkan interaksi pelanggan yang tersebar
  • Kurangnya wawasan tentang tren penjualan.

Untungnya ada modul ERP manajemen penjualan yang akan menyederhanakan dan meningkatkan proses penjualan.

Ia akan bantu kamu menghasilkan lead hingga menutup transaksi dan mengelola akun pelanggan. Sistem ini juga mengotomatisasi tugas-tugas seperti pemrosesan pesanan, pelacakan pelanggan, dan pemantauan kinerja.

8. Manajemen Gudang 

Masalah umum dalam manajemen gudang termasuk data inventaris seringkali tidak akurat dan tata letak yang tidak efektif yang memperlambat waktu pengambilan. Akibatnya jadi kesulitan dalam mengelola pengembalian. Masalah ini dapat meningkatkan biaya operasional dan mempengaruhi kepuasan pelanggan.

Modul ERP gudang akan membantu mengelola operasi mulai dari penerimaan barang hingga penyimpanan dan pengiriman. Fitur penting yang ada di dalam sini meliputi pemilihan zona, dan metode penanganan material yang efektif yang mengurangi kesalahan dan meningkatkan produktivitas.

9. Manajemen Rantai Pasokan 

Dalam divisi manajemen rantai pasokan sering terjadi kendala di mana :  

  • Perubahan permintaan yang tidak dapat diprediksi
  • Ketidakefisienan dalam manajemen inventaris dan transportasi, 
  • Kolaborasi yang lemah di antara pihak manajemen . 

Kendala yang akan menyebabkan meningkatkan biaya dan mengurangi kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar.

Terkait masalah ini kamu memerlukan erp logistik modul. Ia mampu menawarkan solusi lengkap untuk menangani seluruh rangkaian aktivitas rantai pasokan. Modul ini mencakup manajemen pemasok dan vendor, prediksi permintaan, perencanaan pengadaan, dan manajemen transportasi.

10. Manufaktur Produksi 

Dalam sektor produksi, menghadapi mesin yang sering down, pemakaian sumber daya yang tidak maksimal, dan quality control yang buruk jelas tidak menguntungkan. Khusunya berdampak buruk pada ]meningkatkan biaya produksi dan kualitas produk.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Latency? Penyebab, dan Cara Menghitungnya

Modul erp produksi akan menjadi kunci  membantu bisnis dengan seluruh proses produksi. Mulai dari perencanaan dan penjadwalan hingga eksekusi dan analisis. Modul ini membantu dalam mengelola desain produk, perencanaan produksi, operasi di lantai produksi, dan kontrol kualitas.

Dapatkan Server ERP Berkualitas di Jagoan Hosting

VPS Hosting Odoo
VPS Hosting Odoo

Kamu bingung mau dapatkan software ERP dengan modul ERP yang terjamin kualitasnya? Segera pilih Server ERP dengan dukungan Odoo hanya di VPS Hosting Odoo dari Jagoan Hosting 

FAQ

1. Apakah modul ERP dapat disesuaikan dengan kebutuhan khusus bisnis saya?

Ya, sebagian besar modul ERP menawarkan opsi kustomisasi untuk memenuhi kebutuhan spesifik bisnis. Namun, penting untuk bekerja sama dengan penyedia ERP untuk memastikan bahwa kustomisasi tidak mengganggu fungsionalitas inti sistem.

2. Bagaimana modul ERP membantu dalam pengambilan keputusan bisnis?

Modul ERP menyediakan data yang terpusat dan real-time yang membantu manajemen dalam membuat keputusan yang lebih baik dan berbasis data. Dengan akses mudah ke laporan dan analitik, perusahaan dapat merespons lebih cepat terhadap perubahan pasar dan meningkatkan strategi bisnis mereka.

3. Apakah ada risiko dalam menggunakan modul ERP?

Seperti halnya teknologi lainnya, penggunaan modul ERP memiliki risiko seperti ketergantungan pada satu sistem, biaya implementasi yang tinggi, dan kebutuhan akan pelatihan yang cukup untuk karyawan. Namun, manfaatnya sering kali jauh melebihi risiko jika sistem diimplementasikan dan dikelola dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
marketing channel
Read More
Apa Itu Marketing Channel dan Jenis-Jenisnya Lengkap
Pemasaran adalah tonggak utama dalam sebuah bisnis sehingga membutuhkan marketing channel terbaik. Digitalisasi ekonomi memainkan peran penting dalam…
saas paas iaas
Read More
Mengenal Saas, Paas, dan Iaas dalam Cloud Computing
Keberadaan Cloud Computing menjadi salah satu teknologi yang sangat membantu dalam dunia bisnis. Cloud computing menawarkan kemudahan dimana…