Perbedaan Grafana vs Tableau: Pilih yang Mana?

Perbedaan Grafana vs Tableau
Perbedaan Grafana vs Tableau

Apa perbedaan Tableau vs Grafana? Diketahui keduanya merupakan tools untuk visualisasi dan analisis data. Baik Grafana maupun Tablet sama-sama menjadi pilihan para data analyst.

Karena bagaimanapun, data itu sangat penting dalam dunia bisnis. Dari data, kamu bisa tahu apakah penjualan yang terjadi mengalami keuntungan atau justru kerugian.

Sebelum menjelaskan mana yang lebih baik, sebaiknya kamu harus tahu terlebih dahulu perbedaan antara Grafana vs Tableau dalam dunia data.

Apa Itu Grafana?

grafana

Grafana adalah multi platform analitik dan aplikasi web visualisasi interaktif. Di dalamnya terdapat bagan dan grafik untuk web yang terhubung ke sumber data.

Selain itu, kamu dapat menggunakan Grafana untuk mengelola penyimpanan data melalui berbagai platform seperti Graphite, InfluxDB, Prometheus, dan Elasticsearch.

Grafana ada yang gratis dan ada yang berbayar. Grafana yang open source disebut sebagai Grafana Cloud sedangkan yang premium atau berbayar adalah Grafana Enterprise.

Kelebihan Grafana

Platform visualisasi data ini memiliki beberapa kelebihan sehingga cukup banyak orang yang menggunakannya yaitu:

1. Bersifat Open Source

Salah satu keuntungan menggunakan Grafana adalah sifatnya yang open source sehingga kamu bisa menggunakannya secara gratis. Bahkan siapapun bisa memodifikasinya sesuai keinginan.

Cek Konten Lainnya:
Install Grafana di Ubuntu, Windows, dan RHEL

Walaupun Grafana ada versi premiumnya, versi gratisnya sudah lebih dari cukup dan sudah memiliki fitur yang lengkap. Kamu dapat mengkostumisasi sesuai kebutuhan.

2. Terintegrasi dengan Berbagai Sumber Data

Jika kamu menggunakan Grafana, maka kamu dapat mengintegrasikannya dengan berbagai sumber data seperti InfluxDB, Elasticsearch, Prometheus, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan sistem integrasi ini membuat kamu dapat mengumpulkan dan menganalisis data dengan mudah dari berbagai sumber.

3. Visualisasi yang Jelas

Dalam melihat dan mengelola data tentu saja harus jelas supaya tidak salah. Jika kamu sampai memasukkan atau mengelola data yang salah tentu sangat berbahaya.

Beruntung Grafana memiliki tampilan visualisasi yang sangat jelas. Dengan tampilan jelas ini membuat kamu bisa memilih cara terbaik dalam menyajikan data.

Tidak hanya itu saja, terdapat juga dashboard interaktif. Kamu dapat menyesuaikannya sehingga bisa menganalisis data secara real time.

4. Dukungan Komunitas yang Kuat

Kamu tidak perlu khawatir jika kesulitan menggunakan Grafana, karena kamu bisa bertanya melalui komunitas. Nantinya pasti ada anggota yang membantu memberikan jawaban atas pertanyaanmu.

Komunitas Grafana tergolong besar dan aktif. Tersedia berbagai tema yang bisa membantu pengembangan.

Kekurangan Grafana

Selain memiliki kelebihan, Grafana juga memiliki beberapa kekurangan yaitu:

1. Sedikit Sulit untuk Pemula

Pemula sepertinya memerlukan waktu lebih lama untuk bisa menguasai penggunaan Grafana ini. Sebab, fitur-fiturnya yang terlalu kompleks.

Banyak fitur memang sangat membantu dalam mengelola data, tetapi di sisi lain banyaknya fitur ini membuat kamu sedikit kesulitan terutama jika sebelumnya belum pernah memakai sama sekali.

Kamu mungkin harus mempelajarinya sekitar satu bulan terlebih dahulu sebelum benar-benar bisa memanfaatkan tools tersebut.

2. Terlalu Bergantung Pada Sumber Data Eksternal

Sayangnya Grafana tidak bisa mengumpulkan data sendiri. Harus bergantung pada sumber data eksternal seperti  MySQL, Azure Monitor, dan Amazon CloudWatch. 

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu FAQ? Tujuan, Contoh & Cara Buatnya

Karena harus menggunakan data eksternal, membuat proses pengumpulan dan pemrosesan data menjadi sedikit lebih lama.

Apa Itu Tableau?

tableau

Tableau adalah platform data yang berfungsi untuk menyiapkan, menganalisis, dan berbagi data. Selain itu, dengan Tableau kamu dapat memecahkan masalah menggunakan data.

Beberapa fitur yang ada Tableau yaitu dashboard, scoreboard, Ad hoc analysis and queries, Toggle view and drag-and-drop, highlight, filter data, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Platform Tableau berawal dari  proyek ilmu komputer di Stanford pada tahun 2003 dan terus dikembangkan sampai saat ini. Kini, Tableau dikelola oleh perusahaan perangkat lunak visualisasi data asal Amerika Serikat yaitu Tableau Software, LLC

Kelebihan Tableau

Tableau mempunyai beberapa kelebihan yang harus kamu ketahui sebelum menggunakannya yaitu:

1. User Friendly

Tableau sangat mudah digunakan oleh siapa saja, termasuk itu seorang pemula. Tidak perlu seorang ahli programming untuk bisa memahami tools ini dengan cepat.

Tidak sekedar itu saja, dashboardnya juga mobile friendly. Jika tidak ada laptop atau PC, kamu masih bisa mengaksesnya dari ponsel atau tablet.

2. Bisa Mengelola Data Besar

Keunggulan selanjutnya dari Tableau adalah platform ini mampu mengelola data dalam jumlah yang besar. Meski jumlah baris data ada jutaan, hal tersebut tidak menjadi masalah besar.

3. Fleksibilitas Sumber Data

Tableau memiliki fleksibilitas sumber data. Platform ini bisa kamu hubungkan dengan berbagai sumber data, termasuk itu sumber data yang berbasis cloud.

Hal ini membuat proses pengelolaan data dapat dilakukan dengan semakin cepat dan mudah.

4. Pilihan Visual Interaktif

Software data ini memiliki tampilan visual yang sangat menarik dan interaktif. Pada Tableau, ada banyak tampilan visualisasi bergerak yang membuat kamu bisa memahami data dengan lebih mudah.

Cek Konten Lainnya:
Pusat Data Nasional Diretas, Ini Tanggapan Jagoan Hosting

Kekurangan Tableau

Sementara itu, beberapa kekurangan dari Tableau yaitu:

1. Biaya Lebih Mahal

Sama halnya seperti Grafana, Tableau ada yang gratis (open source) dan ada juga yang berbayar. 

Nah, untuk yang berbayar ini harganya sedikit lebih mahal daripada Grafana. Itulah yang membuat sebagian orang berpikir dua kali untuk menggunakannya.

2. Proses Bisa Menjadi Lebih Lambat

Proses pengelolaan data bisa saja lebih lambat terutama jika jumlah datanya sangat besar. Tapi, sebenarnya hal ini wajar dan bisa terjadi pada software data apapun.

Jadi, Mana yang Lebih Baik Tableau vs Grafana?

Keduanya sama-sama platform data terpopuler saat. Dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Untuk memilih antara Tableau vs Grafana kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing pengguna. Jika budget terbatas, kamu bisa memiliki Grafana karena harganya lebih murah.

Selain itu, Tableau cocok untuk laporan bisnis karena visualisasinya yang jelas. Sementara itu, Grafana lebih pas untuk laporan Teknologi Informasi.

Itulah dia perbedaan Tableau vs Grafana yang harus kamu ketahui. Dapatkan Grafana Siap Pakai di Produk VPS dari Jagoan Hosting.

Kamu bebas atur kebutuhan VPS kamu dan install langsung Grafana melalui VPS tersebut. Untuk layanan konsultasi, hubungi Jagoan Hosting sekarang juga.

FAQ

Apa itu analisis data?

Analisis data adalah proses mengolah, memeriksa, dan menginterpretasikan data mentah menjadi informasi berguna.

Apakah Tableau menggunakan bahasa pemrograman?

Tableau tidak menggunakan bahasa pemrograman, melainkan menggunakan bahasa kueri visual tersendiri yaitu  VizQL.

Apa bahasa pemrograman Grafana?

Grafana menggunakan bahasa pemrograman Go sebagai pendukung backend.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
kuliah online di luar negeri
Read More
Mau Kuliah Online di Luar Negeri? Bisa Banget! Ini Dia Situsnya
Kuliah Online di Luar Negeri- Selama pandemi Covid-19, banyak aktivitas dibatasi dan banyak orang harus menyesuaikan dengan teknologi…
mengamankan data perusahaan
Read More
7 Cara Mengamankan Data Perusahaan (Data Loss Prevention)
Di era digital seperti saat ini, data menjadi aset yang sangat berharga bagi perusahaan. Data-data tersebut dapat berupa…