Mengenal EasyPanel, Fitur dan Kelebihannya

EasyPanel
EasyPanel

Buat kamu yang masih baru dalam manajemen web, EasyPanel bisa menjadi pilihan control panel yang ideal. Panel yang satu ini menawarkan lebih banyak kemudahan dalam pengelolaan web server.

Meskipun sederhana, panel ini mumpuni dan bisa diandalkan. Bahkan sudah banyak pengguna yang memberikan ulasan positif karena terbantu oleh fleksibilitas dan kenyamanan penggunaan EasyPanel.

Mengingat pemilihan control panel berpengaruh signifikan bagi manajemen web, maka sebaiknya kamu mencermati dulu fitur dan fungsionalitas yang tersedia.

Apa itu EasyPanel?

easypanel

EasyPanel merupakan control panel server berbasis web yang memungkinkan kamu untuk menjalankan berbagai jenis aplikasi, termasuk Node.js, Ruby, Phyton, Java, dan PHP.

Kamu juga bisa menggunakan panel ini untuk membuat dan mengelola database untuk berbagai mesin database populer.

Memperkenalkan diri sebagai control panel generasi baru yang didukung oleh Docker, panel ini mampu menyederhanakan manajemen server web. Dengan EasyPanel, kamu bisa mengelola server tanpa harus menguasai command line.

Panel ini juga hadir dengan antarmuka yang intuitif dan berbagai fitur komprehensif. 

EasyPanel memungkinkan developer dengan berbagai tingkat pengalaman dan keterampilan teknis untuk bisa mendapatkan manfaat dari control panel. Panel ini terbilang mudah untuk digunakan dan memiliki fitur yang melimpah.

Cek Konten Lainnya:
Pakai Server Luar Negeri Aja Lah!

Fitur EasyPanel

Ada banyak fitur yang tersedia dan sangat bermanfaat bagi developer. Berikut beberapa fitur utama dari EasyPanel:

1. Control Panel Server Berbasis Web

Fitur ini memungkinkan kamu untuk bisa menjalankan dan mengelola aplikasi, database, dan sertifikat SSL dengan antarmuka yang user friendly.

2. Mendukung Berbagai Jenis Bahasa Pemrograman dan Framework

Panel ini memungkinkan menjalankan jenis aplikasi apa saja menggunakan Docker dan Cloud Native Buildpacks. Selain itu, panel ini juga mendukung banyak bahasa seperti Phyton, Ruby, Node.js, Java, dan banyak lagi.

3. Integrasi dengan Github

Integrasi ini memungkinkan kamu untuk menempatkan kode ke Github. Kemudian EasyPanel akan secara otomatis membangun dan mendeploy kode tersebut.

4. Sertifikat SSL Gratis

Tersedia juga sertifikat SSL gratis dan diperbarui secara otomatis dari Let’s Encrypt. Fitur ini memberikan lapisan keamanan bagi website untuk memastikan koneksi aman. Tersedia juga berbagai fitur keamanan bawaan yang bisa kamu akses dengan mudah.

5. Penggunaan Template Mudah

Tersedia banyak pilihan template siap pakai untuk menjalankan berbagai aplikasi populer seperti WordPress dan Django. Penggunaan template ini sangat mudah dan bisa kamu lakukan dalam hitungan detik.

6. Zero Downtime Deployment

Zero Downtime Deployment termasuk juga fitur yang patut jadi sorotan dari EasyPanel. Fitur ini membuat kamu bisa memperbarui aplikasi tanpa menimbulkan gangguan bagi pengguna website atau aplikasi.

7. Mencakup Konsol Web dan Log

Antarmuka web dari panel ini memungkinkan kamu untuk melakukan pengecekan log atau menjalankan perintah shell untuk aplikasi dan database.

Kelebihan EasyPanel

EasyPanel punya banyak kelebihan yang bisa menguntungkan pengguna. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kemudahan Penggunaan

Pertama, control panel ini memiliki antarmuka intuitif yang dirancang untuk memudahkan pengguna. Termasuk juga membantu pengelolaan web oleh developer pemula menjadi lebih mudah.

Kamu bisa mengakses fitur dan fungsionalitas panel melalui beberapa klik saja. Jadi, tidak perlu lagi memasukkan command line yang kompleks.

Mengutip dari Linode, EasyPanel mengatasi masalah kompleksitas dan kemungkinkan miskonfigurasi yang sering kali membayangi proses pengaturan virtual machine (VM) dan pemasangan software secara manual.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Data Center? Ini Tier dan Tips Memilihnya

2. Multi Workspace

Adanya multi workspace memungkinkan kamu untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa khawatir risiko crash. 

Pasalnya, setiap workspace mampu membuat beberapa project. Sementara itu, setiap project bisa menjalankan sejumlah aplikasi atau service yang berbeda.

3. Keamanan yang Handal

Sudah tersedia berbagai fitur keamanan bawaan yang bisa kamu andalkan, seperti backup otomatis, firewall, dan manajemen akses pengguna. Panel ini juga menyediakan sertifikat SSL gratis sebagai perlindungan dari berbagai ancaman cyber.

4. Custom Domain

EasyPanel menyediakan fitur custom domain yang bisa kamu gunakan pada panel secara umum maupun pada masing-masing aplikasi.

5. Gratis

EasyPanel bisa kamu gunakan secara gratis. Namun, terdapat beberapa batasan fitur untuk versi gratis.

Apabila perlu meningkatkan fungsionalitas, maka kamu bisa upgrade ke versi berbayar. Tersedia beberapa paket harga yang bisa kamu pilih menyesuaikan budget dan kebutuhan fitur tambahan.

6. Dokumentasi Lengkap

Tersedianya dokumentasi yang sangat lengkap bakal memudahkan penggunaan panel, mulai dari tutorial instalasi, hingga cara penggunaan. 

Hal tersebut karena komunitas yang berukuran besar dan integrasi lebih dari 110 aplikasi open source yang bisa diinstal dengan sekali klik.

Perbandingan EasyPanel dengan Control Panel Lain

Meskipun menawarkan banyak kelebihan, ada juga sejumlah kekurangan EasyPanel yang perlu kamu jadikan pertimbangan saat memilih control panel.

Kita bisa mengenali kekurangan tersebut dengan membandingkan control panel lain, sebagai berikut:

1. Kemudahan Penggunaan

EasyPanel hadir dengan antarmuka yang lebih sederhana daripada panel lain. Hal ini membuatnya menjadi control panel yang lebih mudah dipahami, sehingga ideal untuk pemula.

Panel ini cocok untuk blogger, pemilik bisnis skala kecil, dan pengembang yang lebih suka pengelolaan web tanpa konfigurasi kompleks.

2. Ketersediaan Fitur

Dari segi fitur, EasyPanel menyediakan semua fitur esensial yang wajib ada untuk pengelolaan server secara efektif. 

Namun, sebagai pendatang baru, ragam fiturnya masih kalah lengkap daripada control panel lain yang sudah hadir lebih dulu. Fitur-fiturnya juga belum sekomprehensif cPanel.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Proxy Server? Fungsi, Cara Kerja & Manfaatnya

Sebelum memilih control panel, sebaiknya kamu menyimak pembahasan lengkap perbandingan EasyPanel dengan cPanel.

3. Kinerja

Memiliki desain yang ringan, EasyPanel bisa berjalan dengan efisien. Bahkan panel ini mampu bekerja dengan optimal pada server dengan spesifikasi yang rendah. 

Panel ini memang fokus pada kesederhaan dan kemudahan penggunaan, sehingga menjadi opsi yang menarik bagi pengembang pemula.

4. Kustomisasi

Tingkat kustomisasi dari control panel ini cukup baik. Sehingga pengguna bisa melakukan penyesuaian berdasarkan kebutuhan spesifik masing-masing. Panel ini juga menyediakan pembaruan secara rutin.

5. Harga

EasyPanel kerap menjadi pilihan yang lebih hemat. Panel ini bahkan bisa kamu gunakan secara gratis. Selain itu, paket berbayar dari panel ini harganya relatif lebih terjangkau daripada kompetitor.

Hal ini tentunya menjadi kelebihan tersendiri saat kamu membandingkan dengan alternatif EasyPanel. 

Dapatkan VPS dengan Dukungan EasyPanel di Jagoan Hosting

VPS-Docker
VPS-Docker

Docker di VPS nggak perlu lagi jadi pekerjaan berat buat kamu. Dengan EasyPanel di VPS Docker Jagoan Hosting, segala sesuatunya jadi lebih gampang. Mulai dari instalasi, manajemen, hingga maintenance, semua bisa kamu atur hanya dengan satu panel

FAQ

Apa saja pertimbangan saat memilih control panel yang tepat?

Kamu perlu mempertimbangkan kebutuhan website, tingkat kemudahan penggunaan, kompatibilitas, dan tingkat keamanan. Ada baiknya untuk memperhatikan juga kustomisasi dan skalabilitas panel.

Bisa tidak pindah website dari cPanel ke alternatif lain?

Bisa. Umumnya, control panel menawarkan tool migrasi atau panduan untuk membantu proses transfer website.

Apakah semua fitur cPanel tersedia di panel alternatif?

Biasanya, tidak terdapat fitur yang benar-benar sama pada panel alternatif. Namun, tersedia fitur yang serupa. Sangat penting untuk mengecek ketersediaan fitur supaya tidak salah pilih panel.

Apa saja alternatif dari EasyPanel?

Beberapa alternatif recommended dari EasyPanel yaitu YunoHost, Heroku, CapRover, dan Sandstorm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
public cloud
Read More
Public Cloud: Definisi, Manfaat, Contoh dan Tipsnya
Mengaplikasikan cloud ke dalam bisnis tidak harus membuatmu merogoh kocek terlalu dalam. Ada jenis yang harganya terjangkau yaitu…
biaya server aplikasi
Read More
Inilah Biaya Harga Server Aplikasi di 2024
Dalam menjalankan bisnis online, penting untuk mempertimbangkan biaya server aplikasi. Peran jenis server ini telah menjadi makin krusial…