Mengenal CloudLinux OS, Fitur dan Kelebihannya

CloudLinux OS
CloudLinux OS

Website kamu sering mengalami down karena lonjakan trafik? Mungkin inilah saatnya beralih ke sistem operasi yang lebih bagus seperti CloudLinux, Sob. OS yang satu ini kerap direkomendasikan karena terkenal lebih stabil dan kuat. 

Bukan cuma itu, ada banyak fitur praktis seperti PHP Selector hingga SecureLinks yang membuat website terjaga keamanannya. Sampai saat ini sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan OS ini. 

Kamu yang belum pernah mendengarnya bisa cek dulu seperti apa sistem, fitur, hingga kelebihan dan kekurangannya. 

Apa Itu Cloudlinux?

cloudlinux

Sederhananya, CloudLinux adalah sistem operasi berbasis Linux yang bisa memudahkan pengguna mendapatkan kontrol lebih baik dari server mereka. Sudah ada sejak 2010 sehingga tidak heran jika saat ini sudah dimanfaatkan ribuan host. 

Teknologinya mengandalkan Kernel yaitu LVE atau Lightweight Virtual Environment. LVE ini menawarkan lapisan virtualisasi yakni dengan lapisan enkapsulasi pada setiap akun yang mengakses website. 

Hal inilah yang menjadikannya lebih stabil ketika ada lalu lintas web mengalami lonjakan. Jadi, apakah website kamu sering mengalami lonjakan trafik? Jika iya, maka sistem operasi ini bisa jadi alternatif yang baru. 

Fitur-Fitur yang Tersedia di CloudLinux 

Ketika memilih sistem operasi server ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan mulai dari keamanan, skala hingga tujuan web. Demi mengetahui apakah OS ini cocok dengan kebutuhanmu maka beberapa fitur perlu diperhatikan. 

Cek Konten Lainnya:
VPS Bulanan Murah: Info Menarik Buat Yang Lagi Cari VPS Murah

Berikut ini fitur CloudLinux yang nantinya bisa kamu dapatkan:

1. LVE 

Teknologi ini terintegrasi dengan server, PAM (Pluggable Authentication Modules), dan tingkat database untuk mencegah penyalahgunaan. Caranya dengan mempertahankan overhead serendah mungkin. 

Berkat teknologi ini, server dapat mengatasi batas sumber daya sehingga tidak mengalami down ketika trafik naik berlebihan. LVE memiliki tampilan dashboard yang mudah dipahami sehingga memudahkan pengaturan. 

Salah satu fitur keamanan yang tersedia dengan teknologi kernel tingkat tinggi dengan tujuan mencegah serangan tautan simbolis atau symlink. Berkat fitur ini, website akan terhindar dari serangan untuk menipu web Apache. 

Fitur ini bisa membantu agar peretas tidak dapat membaca file sensitif seperti /etc/passwd. 

3. CageFS

Termasuk fitur keamanan lain yang juga memiliki fungsi terbaik. CageFS merupakan sistem file virtual untuk setiap pengguna yang unik merangkum pengunjung. Tujuannya untuk mencegah pengguna melihat informasi sensitif satu sama lain. 

Selain itu, CageFS juga bisa mencegah serangan besar seperti informasi kartu kredit atau mendaftar dan menyalahgunakan skrip lama. 

4. MySQL Governor 

Selain LVE, CloudLinux juga menggunakan MySQL Governor yaitu fitur untuk memantau penggunaan MySQL. Selama ini, MySQL selalu menjadi PR besar bagi shared hosting dan menjaganya tetap stabil sangat sulit. 

Kehadiran MySQL Governor akan membantu melacak penggunaan CPU dan disk IO secara real time dan membatasi kueri. Hal ini bisa membuat sistem selalu tahu apa yang sedang terjadi pada lalu lintas web. 

5. Hardened PHP 

Sejauh ini, ada hampir 85% situs PHP yang tidak didukung oleh komunitas PHP.net. Kehadiran Hardened PHP akan membantu mengamankan versi PHP lama yang tidak didukung lagi. 

Contohnya, 4.4.9, 5.1, 5.2, 5.3, 5.4, 5.5, 5.6, 7.0, 7.1, 7.2. Hardened PHP akan mengamankan semua versi PHP lama. 

6. PHP, Python, Ruby Selector 

Selama menggunakan CloudLinux kamu bisa dengan bebas memilih versi PHP, Python, dan Ruby.  Tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan, jika ingin PHP, ada sekitar 120 ekstensi yang bisa kamu gunakan. 

Cek Konten Lainnya:
Network Tier 1 dan Data Center Tier 4 di Jagoan Hosting, Apa Maksudnya?

Sedangkan untuk Python, tersedia alt-python27 2.7.9, alt-python33 3.3.2, alt-python34 3.4.1, dan alt-python35 3.5.4. Kamu juga bisa memilih Ruby versi 1.8, 1.9, 2.0, dan 2.1. 

Apapun yang kamu pilih akan bisa menginstal modul tambahan ke aplikasi. Jadi, pastikan untuk memilih dengan tepat.  

7. PHP X-Ray

Fitur yang bertujuan untuk membantu performa ini fungsinya adalah untuk mengidentifikasi masalah kinerja. Adanya PHP X-Ray akan memudahkan kamu untuk mendapatkan informasi terperinci mengenai kinerja yang bermasalah. 

Beberapa masalah kinerja yang akan terdeteksi berhubungan dengan plugin lambat, kueri database lambat, fungsi, dan panggilan eksternal yang lambat. Selain itu, PHP X-Ray juga terintegrasi dengan LVE manager untuk memberikan tampilan terperinci. 

8. Mod-Lsapi

Fitur performa lainnya yang tersedia adalah Mod-Lsapi yang merupakan cara cepat untuk menyajikan halaman PHP. Mod-Lsapi akan memberikan layanan lebih cepat dibandingkan dengan Apache. 

Kelebihannya adalah sudah kompatibel dengan MPM Worker dan Event serta tidak membutuhkan penyetelan. Bekerja sebagai pengganti drop-in untuk SuPHP, FCGID, RUID2, dan ITK. 

9. Monitoring secara Sentral 

Terakhir, CloudLinux juga sudah memiliki fitur Pemantauan Terpusat untuk memudahkan memantau server. Tampilan pantauannya juga terperinci seperti performa server (RAM, CPU, disk), koneksi Apache, MySQL hingga suhu perangkat. 

Begitu juga pantaian dari jumlah pengguna, waktu kerja CPU untuk VM dan sumber daya per pengguna (RAM, CPU, IO hingga CPU MySQL). Adanya monitoring secara sentral ini akan mempercepat deteksi kemacetan performa. 

Kelebihan Menggunakan CloudLinux 

Mengenal semua fitur yang tersedia, kamu tentu sudah bisa menebak apa saja kira-kira kelebihan yang bisa didapatkan. Berikut ini rincian kelebihan CloudLinux:

1. Kompatibilitas yang Baik 

Ada banyak panel kontrol yang bisa digunakan pada sistem operasi ini seperti DirectAdmin, cPanel dan Plesk. Oleh karena itu, kamu bisa dengan mudah mengintegrasikannya ke infrastruktur tanpa harus mengubah panel kontrol lagi. 

Cek Konten Lainnya:
Ini Daftar 5 Data Center yang ada di Indonesia 

2. Kinerja yang Lebih Lancar

Tidak perlu takut lagi dengan server down karena adanya teknologi LVE yang akan meningkatkan kinerja akun lain pada server. Kestabilan ini akan mendukung kinerja website menjadi lebih lancar. 

3. Keamanan yang Terjamin 

Kelebihan lainnya adalah adanya keamanan yang cukup tinggi sehingga peretas tidak bisa menyerang akun dalam server. Semua data-data penting akan aman dan kamu bisa fokus pada pengembangan website. 

Meskipun banyak kelebihan, tetapi ada pula kekurangan CloudLinux yang perlu kamu ketahui. Kamu perlu biaya tambahan untuk lisensi, harus belajar lagi dengan antar muka unik dan membuat tergantung karena sulit beralih ke OS lainnya. 

Ingin Menggunakan CloudLinux OS, pilih Jagoan Hosting Aja!

Sadar akan kelebihan dan fitur lengkapnya yang menarik, kamu bisa beralih ke sistem operasi ini. Kamu bisa memilih VPS dengan dukungan OS CloudLinux dari Jagoan Hosting. 

Kamu bebas custom spesifikasi dan ada banyak pilihan paketnya dengan harga murah. Aktivasinya pun instan sehingga website atau aplikasi kamu bisa langsung berjalan. Jadi, tunggu apalagi pilih Jagoan Hosting untuk VPS kamu, sekarang!

FAQ

Apakah CloudLinux aman? 

Ya, sistem operasi ini dilengkapi dengan CageFS, HardenedPHP dan SecureLinks. 

Apa fungsi dari PHP X-Ray?

Fungsinya adalah mengidentifikasi masalah kinerja dengan informasi terperinci. 

Apa fungsi dari website monitoring? 

Fungsinya adalah untuk memantau waktu pembukaan halaman utama domain dan kesalahan yang terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
docker vs vm
Read More
Perbedaan Docker vs VM, Pilih yang Mana?
Docker vs VM dari dua teknologi ini, mana yang lebih baik? Keduanya sangatlah diperlukan untuk mengelola dan menjalankan…
tools monitoring server
Read More
10+ Tools Monitoring Server Terbaik, Siap Awasi Performa
Tools monitoring server memiliki peran penting dalam mengelola sebuah server. Fungsinya tidak lain untuk mengawasi berbagai aspek seperti…