Kenaikan Biaya Admin Tokopedia Seller di 2024 dan Solusinya

Biaya Admin Tokopedia Seller di 2024
Biaya Admin Tokopedia Seller di 2024

Tahukah kamu kalau ternyata biaya admin Tokopedia sudah mengalami kenaikan pada tahun 2024? Tercatat, biaya tersebut tidak hanya naik sekali, melainkan dua kali.

Biaya admin memang menjadi hal yang patut setiap penjual perhatikan ketika ingin memulai berjualan di Tokopedia. Biaya admin atau lebih terkenal dengan biaya layanan adalah biaya yang harus terbayar oleh penjual setiap transaksinya.

Alasan berlakunya biaya admin di e-commerce tidak lain untuk menutupi operational cost seperti untuk marketing, infrastruktur, dan customer service. Bukan tidak mungkin lagi biaya ini dapat naik, termasuk Tokopedia pada tahun ini.

Jadi, berapakah biaya admin di Tokopedia saat ini? Lalu apa bagaimana dampak dan solusi untuk mengatasinya? Artikel ini akan membahas secara rinci tentang biaya admin di salah satu e-commerce terbesar di Indonesia itu.

Mengenal Tingkatan Seller dan Grup Produk di Tokopedia

Sebelum mengetahui berapa biaya admin seller Tokopedia, patut kamu ingat bahwa seller di Tokopedia terbagi menjadi tiga tingkatan, Sob. Ketiganya adalah Regular Merchant, Power Merchant, dan Power Merchant Pro.

Selain ketiga itu, ada juga tingkatan Official Store. Tetapi tingkatan tersebut khusus untuk perusahaan resmi dan pemegang hak brand yang sah dan sudah terverifikasi oleh pihak Tokopedia.

Selain itu, Tokopedia membagi setiap produk menjadi lima kategori grup. Setiap kategori ini memiliki biaya admin yang berbeda-beda berdasarkan produk yang terjual.

Cek Konten Lainnya:
Branding UMKM: Ini Tips dan Strategi Brandingnya

Berikut adalah cakupan contoh jenis barang dari setiap grup di Tokopedia:

  • A: Buku, alat dapur, alat rumah tangga elektronik, smartphone dan tablet, kamera, peralatan ibu dan bayi, mainan, stationery, olahraga, craft, olahraga, dan pertukangan.
  • B: fashion (khusus pria, anak & bayi, serta muslim), gaming, kesehatan, film dan musik, perawatan hewan, dan komputer serta laptop.
  • C: fashion wanita, pertukangan, otomotif, smartphone dan tablet, kecantikan, komputer dan laptop, properti, dan logam mulia.
  • D: fashion wanita, fashion muslim, dan kecantikan.
  • E: otomotif dan smartphone serta tablet.

Biaya Admin Tokopedia Jadi Berapa Tahun 2024?

Selanjutnya, mari ketahui biaya admin untuk seller tokopedia saat kenaikan pertama pada 1 Mei 2024 terlebih dahulu. Kenaikan tersebut berlaku pada seller tingkatan Power Merchant dan Merchant Pro.

Saat itu, biaya layanan mengalami kenaikan dalam kisaran 2 persen sampai 6,5 tergantung kategori dan jumlah produk yang terjual. Secara spesifik, berikut adalah ringkasan biaya admin toko Tokopedia untuk setiap grup pada 1 Mei 2024:

  • A: 6,5 persen per produk terjual
  • B: 5,5 persen per produk terjual
  • C: 4,5 persen per produk terjual
  • D: 3,1 persen per produk terjual
  • E: 2,0 persen per produk terjual

Namun, biaya ini mengalami kenaikan tepat pada 16 September 2024 pukul 00:00 WIB. Bahkan, Tokopedia tidak mengkategorikan produk ke dalam grup A-E, melainkan kategori jenis produk secara spesifik di laman resminya.

Maka dari itu, berikut adalah fee Tokopedia seller untuk setiap kategori produk per 16 September 2024:

  • Elektronik: 1-10 persen per produk terjual (naik dari 1-6,5 persen)
  • Fashion: 4,25-10 persen per produk terjual (naik dari 4-6,5 persen)
  • FMCG: 4,25-10 persen per produk terjual (naik dari 4-6,5 persen)
  • Gaya hidup: 2,50-10 persen per produk terjual (naik dari 4-6,5 persen)
  • Lainnya: 1-10 persen per produk terjual (naik dari 1-6,5 persen)
Cek Konten Lainnya:
10 Tips Agar Jualan Online Laris, Dijamin Ampuh bagi Pemula!

Sekali lagi biaya admin tersebut hanya khusus untuk seller tingkat Power Merchant dan Power Merchant Pro. Maka, Regular Merchant yang sudah memiliki lebih dari 50 order pada tanggal 1 Mei juga akan terkena biaya ini.

Solusi Kenaikan Admin Seller Tokopedia bagi Online Shop

Kenaikan biaya admin di Tokopedia tentu menjadi kekhawatiran untuk pelaku online shop. Jadi, bagaimana solusi untuk mengatasinya? Berikut adalah beberapa solusi yang bisa kamu terapkan, Sob:

  • Optimalkan harga produk: Pastikan untuk menyesuaikan harga produk supaya margin keuntungan tetap stabil. Jangan lupa juga sesuaikan harga produk dengan harga pasar.
  • Terapkan operasional secara efisien: Coba untuk terapkan cara demi mengurangi biaya operasional seperti biaya produksi dan biaya pengiriman.
  • Fokus pada peningkatan volume penjualan: Kamu bisa lebih berfokus pada peningkatan volume penjualan. Tujuannya, agar pendapatan tersebut bisa menutupi total biaya admin yang harus kamu bayar.
  • Perkuat loyalitas pelanggan: Fokus untuk memastikan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas berpeluang besar untuk loyal dan membeli lebih banyak, sehingga pendapatan dapat meningkat.
  • Manfaatkan fitur promosi Tokopedia: Kamu bisa pakai fitur promosi dari Tokopedia, misalnya diskon biaya admin. Tujuannya tidak hanya untuk menarik pelanggan, tetapi juga bisa menutupi biaya admin.

Itulah pembahasan biaya admin Tokopedia pada tahun 2024 dan solusi untuk menghadapinya. Pastikan untuk selalu cek kategori produk untuk menyesuaikan dengan harga yang akan kamu terapkan.

Lelah dengan kenaikan biaya admin? Kamu bisa membuat online shop-mu sendiri. Namun, kamu butuh hosting provider yang terpercaya dengan keamanan, kecepatan, dan keandalannya.

Tentu saja, kamu bisa membangun web toko online dengan hosting dan domain dari Jagoan Hosting. Dengan lebih dari 160 ribu klien sudah puas, nikmati layanan hosting kami dengan kualitas kelas dunia!

Cek Konten Lainnya:
7 Cara Mengamankan Data Perusahaan (Data Loss Prevention)

Solusi kenaikan admin seller, bisa membangun web toko online pake hosting dan domain dari Jagoan Hosting!

FAQ

Mengapa biaya admin Tokopedia dan e-commerce mengalami kenaikan?

Naiknya biaya admin di Tokopedia dan e-commerce lain demi menutupi biaya operasional yang meningkat seperti infrastruktur, marketing, dan customer service.

Kenaikan biaya admin di Tokopedia berlaku untuk tingkatan merchant apa saja?

Sejauh ini, biaya admin baru di Tokopedia hanya berlaku untuk merchant tingkatan Power Merchant dan Power Merchant PRO.

Apakah Jagoan Hosting bisa membantu membuat web online shop?

Tentu saja. Serahkan pada kami untuk membangun web online shop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
website freelance
Read More
25+ Website Freelance Indonesia dan Luar Negeri Terbaik
Mencari tambahan sekarang bukan lagi hal yang sulit. Pasalnya, ada banyak sekali website freelance yang bisa kamu manfaatkan…
cara membuat website perusahaan
Read More
Cara Membuat Website Perusahaan untuk Company Profile
Bukan rahasia lagi kalau salah satu upaya meningkatkan brand bisnis adalah dengan cara membuat website perusahaan. Apalagi dengan…