Beda aaPanel vs cPanel, Pilih yang Mana?

aaPanel vs cPanel
aaPanel vs cPanel

Tidak henti-hentinya artikel ini akan memberikan kamu informasi seputar alternatif control panel selain cpanel supaya opsi yang kamu punya semakin beraneka raga.

Kalau sebelumnya sudah membahas runcloud dan webuzo maka sekarang yang dibahas adalah aapanel.

Mari simak perbandingan aapanel vs cpanel di bawah ini menurut paparan dari website resmi aapanel  : 

aaPanel vs cPanel : Perbandingan Dari Masing-Masing Kelebihan Aspek Teknis Mereka

Kelebihan cPanel

1. User Interface yang Ramah Terhadap Segala Kalangan

Salah satu faktor yang menyebabkan cPanel cukup populer karena memang user interface yang didesain sederhana sehingga mudah dimengerti oleh pemula sekalipun. Ini nampak dari tata letak kontrol panel dan sistem navigasinya yang berkarakter intuitif. Memampukan user untuk mengoperasikan hosting tanpa ribet. 

2. Mempunyai Fitur yang Lengkap

Kelebihan lainnya yang juga tidak kalah mantap dari cPanel yaitu menawarkan sekumpulan fitur yang komprehensif untuk menangani segala aktivitas dalam hosting website seperti : 

  • Mengelola email dan domain
  • Mengelola administrasi database
  • Mengonfigurasi server website

3. Kompatibilitas yang Luas

cPanel mendukung untuk kamu integrasikan dengan berbagai macam sistem operasi termasuk linux dan windows. Keserbabisaan semacam ini yang membuatnya memiliki fleksibilitas yang tinggi sehingga disukai oleh user yang berskala individu maupun perusahaan. 

Cek Konten Lainnya:
E-Learning: Penjelasan, Manfaat & Rekomendasi Contohnya

Fleksibilitas tersebut menyebabkan control panel ini bisa terhubung secara mulus dengan berbagai jenis lingkungan server dan proses pemindahan data yang lebih mudah.

4. Dukungan Komunitas yang Besar

Oleh karena cpanel rilis lebih dahulu sejak tahun 1996 maka jelas lebih banyak orang yang sudah familiar dengan control panel tersebut . Dengan demikian dalam perbandingaan aaPanel vs cPanel, yang terakhir ini memiliki dukungan komunitas yang sudah jauh lebih besar dan settle.

Oleh karenanya kamu tidak perlu khawatir saat mengalami kesulitan dalam pengoperasiannya. Dalam komunitasnya sudah menyediakan banyak dokumentasi, tutorial, dan grup diskusi sehingga peluangmu menemukan solusi juga lebih besar. 

Kelebihan aaPanel

aapanel

1. Berukuran Ringan Sehingga Tidak Makan Banyak Sumber Daya

Dalam aaPanel vs cPanel, kamu akan temukan keunggulan dari yang disebut pertama dalam segi ukurannya yang lebih ringan. Tidak banyak mengonsumsi sumber daya server sehingga performa server akan lebih terjaga begitu pula dengan kecepatan dan responsivitas website.. 

Selain itu juga menguntungkan bagi user yang perangkat komputernya masih belum masuk ke dalam kategori high specification

2. User Interface yang Didesain Sederhana

Dari segi interface pada aaPanel vs cPanel, aaPanel pun juga tidak kalah bagusnya. Ia telah menyediakan desain dan tata letak yang intuitif untuk menjamin baik itu pemula maupun yang sudah pengalaman dapat mengoperasikannnya dengan baik. Jadi kamu tidak akan sampai mengalami kesulitan saat berusaha memahami sistem navigasinya.

3. Fokus Pada Keamanan

Walaupun masih tergolong control panel baru, kamu tidak usah cemas mengenai masalah proteksi keamanan. Alasannya karena dalam aaPanel telah memiliki sistem dan tools yang memadai untuk memberikan penjagaan secara menyeluruh pada website maupun server dari ancaman apapun. 

Ini dapat kamu lihat dari fitur-fitur keamanannya yang meliputi : 

  • Instalasi sertifikat keamanan
  • Konfigurasi firewall
  • Pemindaian malware

4. Instalasi Cukup Dengan 1 Klik

Katakan selamat tinggal pada proses instal aplikasi yang ribet untuk keperluan pembuatan website. aaPanel akan menyederhanakan segala sesuatunya buat kamu lewat fitur satu klik. 

Cek Konten Lainnya:
Hosting dan VPS dengan Dukungan Anti DDoS

Jadi aplikas-aplikasi populer seperti WordPress, Joomla, atau Magento akan dapat langsung hadir secara kilat dalam sistem website-mu. Tidak pusing-pusing memahami petunjuk manual atau menguasai keahlian teknis yang mendalam.

aaPanel vs cPanel : Perbandingan Dari Segi Cost Pemakaian

Cost Pemakaian cPanel

1. Biaya Lisensi

Untuk memakai cPanel, kamu memerlukan lisensi untuk setiap server tempat ia diinstal. Biaya lisensi dapat bervariasi tergantung pada jenis lisensi dan penyedia hosting. 

Biasanya, penyedia hosting menawarkan opsi lisensi yang berbeda, seperti berlangganan bulanan atau tahunan, dengan harga yang bervariasi berdasarkan jumlah akun atau domain yang ingin kamu kelola.

Kamu bisa berlangganan lisensi cpanel murah hanya di Jagoan Hosting.

2. Biaya Pembuatan Akun

Beberapa penyedia hosting mengenakan biaya tambahan untuk setiap akun cPanel yang dibuat dalam panel kontrol. Nominalnya dapat bervariasi tergantung pada penyedia hosting dan paket hosting yang kamu pilih. 

Dengan demikian apabila kamu mengelola beberapa situs web atau klien, biaya tambahan untuk pembuatan akun ini dapat menambah biaya keseluruhan.

3. Add-on Opsional

cPanel menawarkan add-on dan plugin tambahan yang dapat meningkatkan fungsionalitas panel kontrol. Namun untuk add-on tambahan maka kamu perlu menambahkan biaya lagi. 

Add-on ini dapat mencakup fitur seperti alat keamanan lanjutan, solusi cadangan, atau utilitas optimasi situs web. Jumlah yang harus kamu bayarkan dalam hal inibervariasi tergantung pada add-on spesifik dan model lisensinya.

Cost Pemakaian aaPanel

1. Tidak Dikenakan Biaya Apapun

Salah satu perbandingan utama dari aaPanel vs cPanel pada segi biaya adalah aaPanel tersedia secara gratis. Panel kontrol ini dapat diunduh dan diinstal tanpa biaya lisensi atau biaya awal. Ini membuat aaPanel menjadi pilihan menarik bagi individu atau bisnis dengan anggaran terbatas.

2. Biaya Penyedia Hosting

Terlepas instalasi aaPanel bisa diinstal  gratis, kamu tetap perlu mempertimbangkan biaya yang terkait dengan layanan hosting.

Penyedia hosting kurang lebihnya pasti akan mengenakan biaya tergantung untuk paket hosting yang mereka sediakan seperti  sumber daya server, penyimpanan, bandwidth, dll. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu SSD NVME? Definisi dan Perbedaannya dengan SATA

Dengan demikian penting untuk membandingkan secara teliti pada setiap penyedia hosting. Tujuannya adalah menemukan harga dan paket terbaik yang sesuai dengan kebutuhan spesifik kamu.

3 Add-on Opsional

Sebagaimana dalam cPanel,  pada aaPanel pun jika kamu butuh fitur tambahan maka pasti harus menambah biaya. Nominalnya tergantung pada fitur spesifik dan model harga yang ditetapkan oleh developer.

Buat VPS Berbasis cPanel Maupun aaPanel Sekarang Juga  

Dalam aaPanel vs cPanel semua punya poin plusnya masing-masing semua tergantung kebutuhan. Kalau kamu butuh fitur yang lebih lengkap untuk keperluan bisnis maka cPanel yang paling sesuai untuk itu. 

Apapun nanti pilihanmu, segera dapatkan VPS indonesia dengan dukungan aaPanel dan cPanel di VPS Hosting dari Jagoan Hosting

FAQ

1. Mana yang lebih mudah digunakan, aaPanel atau cPanel?

aaPanel biasanya dianggap lebih mudah digunakan untuk pemula karena antarmuka yang sederhana dan fokus pada tugas-tugas dasar manajemen server. cPanel, meskipun juga ramah pengguna, menawarkan lebih banyak fitur yang mungkin memerlukan sedikit lebih banyak pembelajaran.

2. Apakah aaPanel atau cPanel lebih baik untuk manajemen server?

Jika Anda mencari solusi yang gratis dan open-source dengan fitur dasar, aaPanel mungkin lebih baik. Namun, jika Anda membutuhkan solusi yang lebih komprehensif dan didukung dengan baik, cPanel adalah pilihan yang lebih kuat, meskipun dengan biaya tambahan.

3. Bagaimana aspek keamanan di aaPanel dibandingkan dengan cPanel?

aaPanel: Menyediakan fitur keamanan dasar seperti firewall, sertifikat SSL, dan backup. Namun, sebagai platform open-source, keamanan bergantung pada konfigurasi manual dan pembaruan yang tepat.

cPanel: Menawarkan fitur keamanan yang lebih canggih dan terintegrasi, termasuk proteksi DDoS, manajemen SSL yang lebih kuat, dan alat backup otomatis yang lebih lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Cara Install Moodle LMS di Server Linux
Read More
Cara Install Moodle LMS di Server Linux
Learning Management System atau LMS sudah sangat umum digunakan untuk membuka pendidikan online dan memudahkan pengajar dan pelajar…
Perbedaan Web Server dan Web Hosting
Read More
Ini Perbedaan Web Server dan Web Hosting
Mengenal perbedaan web server dan web hosting merupakan langkah penting di dunia IT, terutama saat ingin membuat website.…