Apa itu Acronis Backup? Ketahui Fitur dan Kelebihannya

Acronis Backup
Acronis Backup

Mencegah kehilangan data dan berbagai bentuk kerusakan bisa kamu lakukan dengan backup data secara rutin. Salah satu solusi backup yang banyak dimanfaatkan untuk layanan cloud website dan aplikasi adalah Acronis Backup.

Backup sendiri bertujuan untuk memastikan setiap data yang pengguna miliki bisa melakukan pencadangan sewaktu-waktu. Sehingga, suatu saat dapat dipulihkan kembali untuk meminimalisir data hilang.

Nah, karena jenis pencadangan yang banyak dipakai adalah Acronis Backup. Maka, kali ini kami akan membahasnya secara lengkap untuk kamu pada artikel di bawah ini.

Manfaat Menggunakan Acronis Backup

Melakukan pencadangan data merupakan langkah efektif untuk melakukan pencegahan hilang dan rusaknya informasi. Biasanya, sistem ini berguna untuk menyalin data dan menyimpannya di lokasi berbeda.

Acronis sendiri punya banyak sekali manfaat yang bisa pengguna rasakan secara signifikan. Tidak hanya berperan sebagai media pencadangan saja, tetapi ada manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan, seperti:

1. Meminimalisir Hilangnya Data

Ketika kamu menggunakan layanan pencadangan data, maka akan meminimalisir potensi hilang dan rusaknya sebuah data. Karena, pencadangan ini sendiri bersifat melindungi.

Dengan melakukan pencadangan, kamu akan lebih cepat untuk mengembalikan data yang hilang atau rusak. Caranya cukup sederhana, ambil saja dari layanan backup yang kamu miliki.

Cek Konten Lainnya:
Ciri Website Terkena DDoS dan Cara Mengatasinya

Hal ini bisa mengurangi dampak negatif dari operasi bisnis ataupun data pribadi kamu.

2. Fleksibilitas Lebih Baik

Selanjutnya, pengguna yang memakai Acronis Backup akan melakukan pengujian pada lingkungan staging ataupun production tanpa harus mengambil risiko kehilangan data penting.

Apabila pengujian tersebut mendapatkan hasil yang tidak diinginkan, maka pengguna selalu dapat dengan mudah memulihkan data kembali ke kondisi awal.

3. Dapat Memulihkan Data dengan Cepat dan Efisien

Kemudian, manfaat lain yang bisa kamu rasakan adalah kemungkinkan memulihkan data secara cepat dan efisien. Jika dalam kondisi darurat, pencadangan data ini akan membantu kamu untuk melakukan pemulihan dengan sistem yang cepat.

4. Memiliki Keamanan Terhadap Serangan Cyber

Terakhir, manfaat dari pemakaian Acronis Backup Server adalah adanya perlindungan pada data cadangan. Contohnya seperti enkripsi yang memastikan data cadangan semakin sulit untuk diretas.

Bahkan, jika hal buruk terjadi seperti data dicuri, ketika kamu mempunyai pencadangan data, social engineering dari penyerang akan minim dampak karena kamu sudah memiliki pencadangan data yang bisa kembali sewaktu-waktu.

Fitur Acronis Backup

Sob, apakah kamu memutuskan menggunakan Acronis Backup? Jika benar, maka kamu bisa menikmati beberapa fitur menarik seperti:

1. Kemampuan Perlindungan Data Secara Lengkap

Pertama, fitur yang sangat dinantikan oleh penggunanya adalah perlindungan. Pasalnya, Acronis mampu melakukan pencadangan disk penuh dengan perlindungan seluruh sistem termasuk aplikasi dan data.

Selain itu, alat pencadangan ini memungkinkan kamu untuk backup cloud dan lokal, virtual machine, hingga pencadangan mobile.

2. Mampu Memulihkan Data dengan Cepat

Fitur lain yang sangat menggiurkan adalah kemampuannya dalam memulihkan data secara cepat dan andal. Mulai dari pemulihan granular (file dan aplikasi), bare-metal (seluruh sistem dari perangkat keras), hingga Acronis active protection.

3. Memiliki Sistem Keamanan Terdepan

Berikutnya, keamanan adalah fitur paling jadi pertimbangan mengingat pentingnya data yang akan di backup. Pemakaian sangat memungkinkan untuk melindungi data dengan enkripsi tingkat militer.

Bahkan dalam perlindungannya terdapat lapisan pengamanan pada ekstra akun, dapat juga menyimpan cadangan pada penyimpanan cloud secara terisolasi dan memastikan data aman serta tidak rusak.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu UTM Link? Fungsi dan Cara Buatnya

4. Mudah Digunakan dan Fleksibel

Terakhir, Acronis Backup memiliki kontrol manajemen yang terpusat. Selain itu, penggunaan antarmuka pun intuitif sehingga pemakaiannya pun sangat mudah, utamanya bagi pengguna.

Ada penjadwalan otomatis sesuai kebutuhan pengguna serta sistem pelacakan cadangan data untuk memantau kesehatan sistem.

Kelebihan Acronis backup

Digunakan hampir oleh setiap perusahaan terkenal, Acronis Backup memiliki banyak sekali kelebihan yang menguntungkan penggunanya, antara lain:

1. Fleksibel untuk Digunakan Berbagai Macam Perusahaan

Mempunyai sistem pencadangan yang lengkap dan tepat, Acronis merupakan salah satu cloud yang bisa digunakan oleh berbagai macam perusahaan tanpa adanya batasan dari sistem.

Setiap perusahaan dapat melakukan pengelolaan pada sistem data internal untuk mereka kelola sendiri. Alat ini juga dijalankan dengan prinsip Hybrid dan penyerahannya dilakukan secara penuh menggunakan fasilitas Acronis-hosted.

2. Memberikan Kemudahan bagi Pengguna Layanan

Sistem yang Acronis miliki sudah sesuai dengan standar regulasi. Apalagi platform satu ini sudah lengkap dengan sistem interface menggunakan 18 bahasa.

Keberadaan fasilitas ini tentunya memudahkan pengguna, baik karyawan maupun konsumen perusahaan. Bahkan, pengaturan tingkatan dan juga biaya penyimpanan serta proteksi bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah, loh.

3. Menawarkan Keamanan Data yang Optimal

Menawarkan sistem pengamanan data yang berkualitas tinggi, Acronis Data Cloud memberikan proteksi data secara optimal pada perusahaan pemakainya.

Fitur dari Acronis Active Protection dari platform satu ini bertujuan untuk melindungi data perusahaan dari berbagai macam ancaman peretas ataupun serangan ransomware.

4. Punya Banyak Produk Pilihan

Menjadi salah satu platform backup yang memikat banyak perusahaan, Acronis Backup menawarkan tiga layanan berbeda yaitu Acronis Backup Cloud, Acronis File Cloud, dan Acronis Disaster Recovery Cloud.

Seluruh produk dari Acronis memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing untuk sistem keamanan data perusahaan. Mulai dari fungsinya sebagai rekam cadang, pemulihan saat terjadi kerusakan, hingga pertukaran data.

Cek Konten Lainnya:
Semi Dedicated Hosting Indonesia dengan Performa Terbaik

5. Memberikan Layanan yang Praktis dan Efektif

Layanan dari Acronis tidak membutuhkan langkah panjang yang rumit. Kamu bisa menikmati platform ini dengan beberapa langkah saja, prosesnya pun mudah.

Ada banyak sekali fitur yang menguntungkan dan tersedia langsung untuk perusahaan gunakan. Selain itu, kamu juga bisa menikmati layanan gratis selama 30 hari percobaan.

Pentingnya Melakukan Backup Pada Server

Melakukan Backup Server menjadi hal penting baik untuk individu ataupun organisasi karena beberapa alasan, antara lain:

  • Dapat melindungi dari kehilangan data dan meminimalisir kerusakan hardware serta serangan siber.
  • Memastikan kelangsungan bisnis berjalan lancar. Pasalnya, downtime server akan menyebabkan hilangnya produktivitas, oleh karena itu restore akan membantu kamu untuk mendapatkan data kembali.
  • Meningkatkan keamanan data dari ancaman siber.
  • Mematuhi persyaratan untuk pencadangan data dari perusahaan.
  • Membuat ketenangan pikiran karena tidak lagi takut dan khawatir data tiba-tiba hilang ataupun rusak.

Dapatkan Acronis Backup di Jagoan Hosting

acronis backup

Nah, demikianlah beberapa informasi penting seputar Acronis Backup yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum menggunakannya. Jika tertarik, kamu bisa dapatkan lisensi Acronis Backup di Jagoan Hosting.

Tidak hanya menawarkan harga terjangkau, Jagoan Hosting juga akan memberikan pelayanan sampai platform bisa kamu gunakan dengan baik dan lancar. Yuk, beli sekarang!

FAQ

Apa Tujuan dari backup data?

Untuk memastikan bahwa data penting milik pengguna aman jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada perangkat keras ataupun terserang virus.

Apa penawaran yang diberikan oleh Acronis sebagai layanan pencadangan data?

Kemampuan untuk membuat data tetap aman, terlindungi, dapat melakukan pemulihan, optimasi, serta manajemen terintegrasi mulus dalam satu platform sederhana.

Berapa harga Acronis Backup?

Cukup mahal, tergantung kebutuhan. Untuk skala tinggi dengan lisensi 1 tahun harga penawarannya berkisar Rp15 Jutaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
proxy server
Read More
Apa itu Proxy Server? Fungsi, Cara Kerja & Manfaatnya
Berbagai kasus cyber crime dunia maya membuat pengguna internet harus makin waspada. Penggunaan Proxy Server bisa menjadi pilihan…
membuat server ujian online dengan VPS
Read More
Cara Membuat Server untuk Ujian Online menggunakan VPS
Permasalahan yang sering ditemui untuk menerapkan ujian berbasis online atau CBT (Computer Based Test) yaitu menyiapkan server. Harga…