12+ Aplikasi Email Marketing Terbaik di 2024

aplikasi email marketing

Aplikasi email marketing membuat pengiriman pesan promosi dan kampanye marketing jadi jauh lebih mudah. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi bisnis, terutama karena email promosi terbukti efektif untuk menarik pelanggan.

Namun, mengingat adanya ratusan tool email marketing di pasaran, memilih aplikasi yang tepat merupakan hal yang menantang. 

Nah, buat membantu kamu memilih, berikut sudah kami rangkumkan daftar aplikasi email marketing yang recommended. Simak lebih lanjut, yuk, Sob.

Aplikasi Email Marketing Terbaik

Mengecek setiap platform email serta menganalisis fitur-fitur yang tersedia pasti bakal memakan waktu lama. Alih-alih melakukan tindakan tersebut, maka ada baiknya kamu mempertimbangkan email marketing software terbaik berikut:

1. ActiveCampaign

Rekomendasi pertama, yaitu tool bernama Active Campaign. Aplikasi ini disebut sebagai tool otomasi email marketing yang memiliki paling banyak fitur. Selain itu, harganya juga termasuk yang paling terjangkau.

ActiveCampaign juga merupakan salah satu aplikasi email yang paling mudah untuk digunakan. Sehingga termasuk platform yang paling populer di antara bisnis kecil.

Fitur unggulan dari platform ini adalah visual marketing automation builder. Fitur tersebut menyediakan opsi kustomisasi untuk menyusun sekuens marketing yang efektif dengan mengkombinasikan email, SMS, notifikasi, dan pesan situs.

Platform ini juga memberikan jaminan kualitas layanan dan keamanan. Namun, ActiveCampaign tidak cocok untuk tim marketing berukuran besar. 

2. HubSpot

Email marketing tools dari HubSpot menyediakan semua fitur yang kamu butuhkan untuk menjalankan pemasaran. 

Selain fitur lengkap, aplikasi ini juga menawarkan banyak layanan gratis, seperti 2.000 email per bulan, 10 aktif list, dan pelaporan. 

HubSpot juga menyediakan plugin WordPress yang memungkinkan kamu untuk mengirim email, mengecek analitis, membuat form, dan mengelola kontak langsung dari admin WordPress.

Jika kamu perlu upgrade, maka tersedia psi penambahan tool HubSpot untuk CRM, otomasi marketing lengkap, customer service, dan banyak lagi. Sayangnya, versi berbayar dari HubSpot memiliki tarif layanan yang lebih mahal daripada aplikasi lain.

Cek Konten Lainnya:
5 Keuntungan Otomasi untuk Bisnismu, Sebuah Kemudahan di Tengah Situasi Pandemi

3. Brevo

Brevo menawarkan berbagai tool yang kamu butuhkan dalam platform email transaksional, meliputi tingkat pengiriman yang kuat, API yang tangguh, dan keamanan reputasi pengirim.

Melansir dari Venture Harbour, tingkat pengiriman Brevo mencapai lebih dari 99,9%.

Layanan email dari Brevo unggul dalam hal kesederhanaan dan harga yang terjangkau. Sehingga cocok untuk siapa saja, mulai dari bisnis rintisan, entrepreneur, dan freelancer. 

Aplikasi ini juga memiliki fitur otomasi standar layaknya email marketing suite. Sedangkan dari segi kekurangan, Brevo memiliki template yang terkesan membosankan serta pelaporannya terbatas pada statistik dasar.

4. Constant Contact

Bagi kamu yang masih pemula dalam email marketing, maka Constant Contact bisa jadi pilihan tool yang tepat.

Constant Contact kerap menjadi pilihan pertama bagi bisnis dan marketer. Platform email ini bisa kamu gunakan dengan sangat mudah.

Selain itu, tersedia juga berbagai fitur untuk memperlancar email marketing, meliputi template email teroptimasi mobile, tool otomasi marketing, dan fitur event marketing. Platform ini juga mendukung kampanye marketing multi kanal.

Constant Contact memiliki kekurangan berupa editor email yang mendasar dan pilihan template terbatas. Selain itu, aplikasi ini memasang harga yang terbilang mahal. Meskipun begitu, kamu bisa coba dulu menggunakan versi free trial selama 60 hari.

5. MailerLite

Ingin pakai email marketing automation tools, tapi budget terbatas, Sob? 

Kalau begitu, kamu bisa mempertimbangkan pakai MailerLite. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengirim hingga 12.000 email per bulan secara gratis. 

Ketersediaan fitur MailerLite juga cukup lengkap, sehingga memadai untuk keperluan berbagai bisnis dari berbagai industri. Penggunaannya pun tidak sulit dan cocok untuk pemula.

Kamu bisa upgrade ke versi berbayar apabila jumlah subscriber sudah lebih dari 1.000. Harga versi berbayar dari MailerLite termasuk yang paling murah di antara tool email marketing.

6. Mailchimp

Keunggulan utama dari Mailchimp yaitu tampilan yang user friendly. Aplikasi ini bisa jadi pilihan tepat untuk bisnis yang tumbuh dengan pesat.

Versi gratis Mailchimp sudah mencakup landing page builder, segmentasi daftar, pemetaan perjalanan pelanggan, retargeting ads, dan A/B testing. Mailchimp juga memberikan berbagai tips yang membantu bagi pengguna.

Jika kamu perlu upgrade email marketing, maka bisa memilih salah satu opsi berbayar Mailchimp. Sayangnya, Mailchimp menuntut biaya yang tinggi bagi bisnis yang perlu solusi jangka panjang.

Cek Konten Lainnya:
Ingin Menggunakan Software Akuntansi Manufaktur? Perhatikan 6 Fitur Ini

7. GetResponse

Bagi bisnis kecil yang mencari solusi untuk berbagai masalah marketing, GetResponse bisa jadi pilihan ideal. Platform ini bersifat multifungsi, bisa kamu pakai untuk email marketing, website builder, dan pembuatan webinar.

GetResponse juga menyediakan berbagai fitur lengkap untuk menunjang kebutuhan email marketing, meliputi otomasi email marketing, pembuatan email yang mudah, dan analitik.

Versi gratis dari GetResponse hanya bisa kamu gunakan dalam 30 hari. Setelah itu, kamu harus upgrade ke versi berbayar. 

Kekurangan GetResponse terletak pada desain template email yang terbilang sederhana dan kurang modern. 

8. ConvertKit

ConvertKit merupakan aplikasi email marketing yang ideal untuk bisnis dan karir yang memprioritaskan pembangunan komunitas, seperti content creator dan blogger.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat desain atau kustomisasi email dari template yang sudah tersedia. 

Terdapat juga berbagai fitur tambahan yang menunjang kebutuhan creator, seperti pilihan template yang banyak, segmentasi audiens, dan autoresponder campaign,

9. Sender

Cari email marketing software gratis? Maka, kamu wajib pertimbangkan Sender. 

Aplikasi ini menawarkan layanan email marketing gratis yang mencakup 2.500 subscriber dan 15.000 email per bulan. Selain itu, kamu bisa mendapatkan akses penuh ke fitur kelas bisnis, seperti otomasi dan segmentasi audiens.

Opsi upgrade layanan dari Sender juga tidak mahal, kok. Sehingga bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin hemat budget.

Namun, aplikasi ini tidak menyediakan banyak template email yang menarik. Fitur otomasi dari Sender juga tidak memiliki alur kerja bawaan.

10. Klaviyo

Salah satu tips memilih tools untuk email marketing adalah tersedianya fitur otomasi. Nah, Klaviyo unggul dalam hal kustomisasi otomasi.

Aplikasi ini fokus untuk membantu kamu membangun dan menjalankan strategi multi kanal untuk email dan SMS. Penggunaan Klaviyo banyak membantu toko online untuk meningkatkan penjualan.

Klaviyo memiliki editor email yang mudah digunakan. Selain itu, sudah tersedia juga template responsif yang siap pakai.

11. AWeber

Platform marketing email yang satu ini termasuk ramah untuk pemula. AWeber memiliki editor yang mudah digunakan. Selain itu, tersedia juga banyak pilihan template dan bantuan desain oleh AI (Artificial Intelligent).

Tools ini memudahkan kamu untuk berhubungan dengan pelanggan dalam skala besar. Ada juga fitur otomasi email yang bisa membuat marketing lebih efisien.

12. Drip

Drip memungkinkan kamu untuk melakukan pemasaran otomatis berdasarkan tindakan pengguna. Tool ini memiliki opsi segmentasi yang lebih maju, sehingga memastikan kamu untuk dapat mengirimkan pesan promosi pada waktu yang tepat.

Cek Konten Lainnya:
7 Hal ini Buktikan Bahwa Email Marketing Masih Berpengaruh Besar bagi Bisnis

Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan dengan mudah. Bagian dashboard analitik Drip juga sangat bermanfaat.

Menawarkan fitur yang lengkap, Drip memasang harga yang mahal. Aplikasi ini juga punya kekurangan dari segi tool kustomisasi desain.

13. Mailmodo

Mailmodo merupakan tool email marketing yang ditenagai oleh AMP. Tool ini terkenal unggul dalam pembuatan email survei, kuie, dan email interaktif.

Penggunaan Mailmodo membantu kamu untuk memberikan pengalaman interaktif layaknya menggunakan browser dalam email. Aplikasi ini juga menyediakan fitur lengkap, seperti segmentasi dan otomasi marketing.

Maksimalkan Email Marketing dengan Email Profesional

email bisnis

Pernah merasa email marketing kamu kurang efektif? Saatnya upgrade ke Email Hosting dari Jagoan Hosting!

Bayangkan setiap email yang kamu kirim menggunakan nama domain sendiri, terlihat lebih profesional dan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Dengan Jagoan Hosting, kamu bisa mewujudkannya dengan mudah.

Kenapa memilih Email Hosting dari Jagoan Hosting?

  • Keamanan Tinggi: Lindungi data dan privasi email kamu dengan sistem keamanan berlapis.
  • Profesionalisme: Tingkatkan citra bisnis kamu dengan email yang menggunakan nama domain sendiri.
  • Dukungan 24/7: Tim support kami siap membantu kamu kapan saja.
  • Kemudahan Akses: Akses email kamu dari mana saja, kapan saja dengan berbagai perangkat.
  • Integrasi Mudah: Sinkronkan email kamu dengan berbagai platform email yang kamu gunakan.

Jangan tunggu lagi! Mulailah maksimalkan email marketing kamu dengan Email Hosting dari Jagoan Hosting sekarang juga!

FAQ

Kenapa bisnis perlu menggunakan layanan email marketing?

Ada berbagai alasan penggunaan email marketing, salah satunya yaitu karena email terbukti sebagai kanal pemasaran yang efektif.

Fitur apa saja yang penting dalam aplikasi email marketing?

Pastikan untuk memilih platform yang memungkinkan kamu mengirimkan email marketing dan transaksional. Selain itu, pertimbangkan adanya fitur otomasi marketing CRM terintegrasi, dan multi kanal.

Bagaimana cara mulai email marketing?

Kamu bisa memulai strategi email marketing dengan menentukan tujuan dan memilih aplikasi email marketing yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
ide nama perusahaan
Read More
90+ Ide Nama Perusahaan yang Bagus & Cara Buatnya
Apakah kamu ingin membuat perusahaan baru? Pastikan kamu memperhatikan nama perusahaan dengan baik. Kali ini, kita akan membahas…
bisnis digital
Read More
Apa itu Bisnis Digital? Contoh, Konsep, dan Strateginya
Seperti yang sudah kita ketahui bersama, saat ini banyak sekali orang yang menjalankan bisnis digital. Ya, digitalisasi bisnis…