Belajar Cyber Security Mudah dari Nol dengan 6 Langkah

belajar cyber security

Belajar cyber security mungkin terlihat memiliki setiap langkah cukup rumit sehingga bisa saja menakutkan bagi beberapa orang. Ternyata, terdapat cara mudah untuk mempelajarinya secara otodidak bagi pemula.

Faktanya, banyak perusahaan mengincar calon karyawan yang memiliki keahlian cyber security. Tentu saja, hal ini tidak mengherankan mengingat Indonesia menjadi negara dengan kasus cyber crime tertinggi.

Memang, tidak dapat terbantahkan lagi bahwa lemahnya cyber security bisa menyebabkan berbagai kerugian akibat cyber crime. Mulai dari pencurian identitas, pemerasan, sampai hilangnya data penting bagi perusahaan.

HOSTING MURAH FITUR MELIMPAH
PALING WORTH IT SE INDONESIA!
MULAI 15RIBUAN SAJA
LANGSUNG DAPATKAN BANYAK FITUR MEWAH INI
  • Garansi Uang Kembali
  • Garansi Harga
  • Garansi Backup
  • GRATIS DOMAIN
  • GRATIS ELEMENTOR PRO
  • Unlimited Inodes/File
  • Unmetered Bandwidth
  • Unlimited Addon
  • Unlimited Database
  • Unlimited Sub Domain
  • Unlimited Email
  • SSL GRADE A
  • Website Cepat & Aman
  • Support 24/7
  • Instalasi Cepat Sekali Klik

Bagi yang ingin memulai belajar cyber security otodidak, ini saat yang tepat, Sob! Ketahui tahapan yang tepat untuk mengetahui tahap dalam mempelajari cyber security beserta manfaatnya.

Apa Itu Cyber Security?

Sebelum membahas cara mempelajarinya, mari ketahui apa itu cyber security dan manfaatnya. Cyber security adalah teknologi dan proses untuk melindungi jaringan dan gawai dari serangan cyber.

Bisa dikatakan bahwa cyber security menjadi cara untuk melindungi jaringan dan gawai dari berbagai ancaman. Ancaman tersebut berupa spammer, cyber criminal, dan hacker.

Serangan cyber tersebut dapat berupa phishing, kebocoran data, pencurian identitas, serangan ransomware, dan pemerasan. Tidak heran, satu saja serangan cyber dapat membuat individu atau perusahaan sangat rentan.

Cek Konten Lainnya:
Ini 10 Aplikasi Edit Video PC & untuk Android Terbaik, Mudah!

Saat sebuah serangan cyber terjadi, terdapat banyak risiko. Pasalnya, data penting perusahaan berpotensi menjadi target bagi pelaku. Misalnya, sebuah ransomware mengenkripsi dan membocorkan jutaan data rahasia pada publik.

Kamu mungkin pernah mendengar kasus tersebut. Pasalnya, banyak kasus kebocoran data terjadi di Tanah Air dan itu memicu kekhawatiran bagi publik.

Inilah mengapa cyber security menjadi penting bagi segala institusi, mulai dari perusahaan, rumah sakit, bank, militer, hingga layanan pemerintah. Melihat maraknya kasus seperti ini, tidak mengherankan skill cyber security menjadi banyak incaran.

Kabar baiknya, kamu bisa belajar cyber security gratis! Beberapa universitas dan platform menyediakan materi cyber security secara cuma-cuma.

Spesialisasi Cyber Security

Jika ingin berkarier dengan skill cyber security, sangat penting untuk mengetahui setiap spesialisasinya. Terdapat setidaknya sembilan spesialisasi cyber security sebagai berikut:

  • Akses sistem kontrol dan metodologi.
  • Keamanan telekomunikasi dan jaringan.
  • Praktik manajemen keamanan.
  • Model dan arsitektur keamanan.
  • Hukum, investigasi, dan etika.
  • Aplikasi dan pengembangan sistem keamanan.
  • Kriptografi (Cryptography)
  • Keamanan operasi komputer.
  • Keamanan akses fisik.

Cara Belajar Cyber Security Mudah dari Nol

Setelah mengetahui pengertian dan spesialisasinya, saatnya untuk mengetahui setiap tahap cara mempelajari cyber security secara otodidak. Sebagai pemula, kamu bisa menerapkan setiap tahap sebagai berikut:

1. Belajar Bahasa Pemrograman

Pertama, bahasa Pemrograman menjadi elemen penting bagi siapapun yang ingin terjun ke ranah cyber security. Pasalnya, pemahaman bahasa pemrograman akan memudahkan dalam pembelajaran setiap elemen lain dalam skill cyber security.

Berikut ini adalah beberapa bahasa pemrograman yang wajib kamu ketahui saat belajar menjadi cyber security:

  • C: Untuk menyelesaikan tugas seperti pemprosesan gambar, kriptografi, dan jaringan soket.
  • C++: Untuk proses Nmap dan pemetaan jaringan.
  • Phyton: Untuk membuat sistem deteksi serangan cyber berupa penyusupan, menganalisis malware, dan mengirim paket TCP pada mesin.
  • PHP = Untuk menangkis serangan hacker.
  • SQL: Untuk mengekstrak data yang tersimpan dan memodifikasinya di dalam database.
  • JavaScript: Untuk memahami cara kerja hacker dalam menyusup ke dalam web dan aplikasi.
Cek Konten Lainnya:
Apa itu IP Public? Fungsi dan Bedanya dengan IP Private

2. Belajar Analisis dan Antisipasi Risiko

Mempelajari bahasa pemrograman akan sangat membantu kamu untuk mengukur potensi cyber crime. Tujuannya agar kamu dapat menerapkan langkah antisipatif.

Selain itu, hal ini juga berkaitan dengan langkah kedua dalam belajar cyber security, yakni mempelajari analisis dan antisipasi risiko. Lebih tepatnya, kamu harus memiliki kemampuan analisis berbagai serangan cyber.

Setelah itu, kamu juga perlu memiliki kemampuan antisipasi terhadap risiko ancaman terhadap serangan cyber. Apabila kedua kemampuan dimiliki, kamu akan mampu membuat data perusahaan terjaga dengan baik.

3. Pahami Cloud

Selanjutnya, kamu wajib mempelajari layanan cloud. Ini karena banyak sekali perusahaan yang mengandalkan layanan cloud untuk menyimpan data.

Ironisnya, layanan cloud terkenal sangat rentan terkena serangan hacker. Tidak heran terdapat banyak kasus kebocoran data yang meresahkan publik. Oleh karenanya, kamu perlu mengerti layanan cloud sebagai langkah awal mempelajari cyber security.

4. Pahami Enkripsi

Tahap selanjutnya adalah memahami enkripsi. Enkripsi adalah elemen penting dalam mempelajari cyber security. Tentu saja, enkripsi merupakan proses pembuatan susunan teks menjadi susunan yang hanya dapat terbaca oleh sistem.

Tujuan dari enkripsi adalah untuk mengamankan data dari pihak tidak bertanggung jawab. Maka dengan itu, kamu wajib mempelajarinya agar data sensitif dapat terlindungi.

5. Ikuti Kursus dan Dapatkan Sertifikasi

Langkah terakhir dalam tahapan belajar cyber security adalah mengikuti kursus. Seperti yang sudah terungkap sebelumnya, cukup banyak institusi yang menyediakan kursus cyber security gratis. Maka, kamu bisa mengandalkannya.

Kamu bisa mengikuti kursus dari penyedia sertifikasi yang kredibel. Apapun kurikulumnya, pastikan kamu bisa mendapatkan sertifikasi agar memudahkan untuk mendapat pekerjaan di bidang cyber security.

Beberapa sertifikasi cyber security terkenal di antaranya CompTIA Security+, CompTIA CSA+, dan Cisco CCNA.

6. Ikuti Lomba dan Dapatkan Feedback

Sebenarnya langkah ini menjadi opsional agar kamu bisa mendapatkan tanggapan agar bisa berkembang. Namun, ini bisa menjadi nilai plus bagi kamu saat melamar ke sebuah perusahaan.

Cek Konten Lainnya:
Lakukan Otomasi Chat Sekarang, Tanggapi Pelanggan Dengan Lebih Cepat

Coba untuk ikuti kontes cyber security untuk menguji seberapa kemampuan kamu. Nantinya, kamu akan mendapat penilaian dari profesional tentang apa yang bisa dikembangkan lagi.

Manfaat Belajar Cyber Security

Mengingat teknologi sudah semakin canggih, banyak lapangan pekerjaan yang berfokus pada ranah tersebut. Hal ini termasuk naiknya permintaan pekerja dengan skill cyber security.

Memang, perusahaan sangat membutuhkannya sebagai tindakan perlindungan data agar tidak mengalami serangan cyber.  Ini menjadi penting agar perusahaan tidak mengalami kerugian.

Setelah kamu belajar cyber security secara tekun, terdapat berbagai manfaat lain yang menguntungkan. Kamu akan memiliki peluang mendapat pekerjaan di perusahaan besar, terutama yang berkecimpung di ranah teknologi.

Kamu juga dapat membantu perusahaan untuk memperkuat keamanan bisnis dan melindungi data pelanggan. Otomatis, perusahaan akan mempertahankan citra mereka pada publik dengan menambah kepercayaan pada pelanggan.

Jangan lupa pula bahwa ancaman cyber bisa semakin beragam dan rumit pada masa depan. Untuk itu, kamu bisa bersiap dengan menajamkan skill cyber security sebagai persiapan.

Demikianlah pembahasan cara belajar cyber security mudah dari nol. Pastikan kamu ikuti semua langkahnya demi kesempatan kerja yang luas.

Oh iya, bagi kamu yang ingin dapet hosting dan domain murah sekaligus berkualitas, Jagoan Hosting bisa jadi pilihan, Sob. Yakin nggak bakal kecewa. 

FAQ

Mengapa skill cyber security banyak menjadi incaran?

Cyber security dapat mencegah berbagai kejahatan cyber yang memicu kerugian seperti pencurian identitas dan hilangnya data penting.

Apakah harus memiliki background IT untuk belajar cyber security?

Tidak perlu! Kamu hanya perlu belajar cyber security dengan tekun. Mempelajari setiap elemen dengan tepat, menyusun portofolio, dan memperoleh sertifikasi dapat memudahkan kamu untuk berkarier.

Adakah kemampuan wajib tertentu untuk mempelajari skill cyber security?

Kamu harus memiliki skill pemrograman, analisis risiko, dan pengetahuan terhadap cloud serta enkripsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
perbedaan ssd dan hdd
Read More
8 Perbedaan SSD dan HDD, Manakah yang Lebih Bagus?
Baik SSD maupun HDD sama-sama menjadi spesifikasi utama yang perlu dipertimbangkan ketika kamu ingin membeli laptop atau komputer…
artificial intelligence
Read More
Apa itu Kecerdasan Buatan (AI)? Manfaat dan Contohnya
Artificial intelligence adalah salah satu bukti dari majunya perkembangan teknologi saat ini. Munculnya robot, komputer, hingga kendaraan otomatis…