Cara Memulai Bisnis Reseller Hosting dan Tipsnya

bisnis reseller hosting

Beberapa tahun belakangan, bisnis digital menjadi trend, loh. Banyak yang tertarik menjalankannya. Adapun salah satu bisnis digital yang menarik dan menguntungkan adalah bisnis reseller hosting.

Hosting sendiri merupakan layanan server untuk meletakkan email atau file website di internet. Jika tertarik jualan produk digital, kamu bisa coba reseller hosting saja. Nantinya, kamu perlu menjual hosting ke siapa pun. 

Sebagai pemula, pasti bingung bagaimana cara memulai bisnis ini, kan? Tenang, kami bakalan berikan cara memulai, plus beberapa tips penting yang bakal bikin kamu dapet banyak cuan. 

Bisnis satu ini bisa jadi pekerjaan sampingan atau penghasilan tambahan, loh. Lumayan, kan? Oke, kalau pengen mencobanya, bisa simak ulasan lengkap berikut!

Tentang Bisnis Reseller Hosting

Reseller adalah salah satu jenis bisnis yang banyak dijalankan masyarakat Indonesia. Tentu, kamu sudah nggak asing lagi dengan bisnis satu ini, ya. Sistem kerja bisnis reseller hosting juga nggak berbeda jauh dengan reseller produk lain.

Reseller hosting merupakan perusahaan atau individu yang menawarkan atau menjual kembali hosting dari penyedia web hosting. Sebagai seorang reseller, kamu bakalan memperoleh komisi. 

Komisinya adalah hasil penjualan hosting yang kamu lakukan. Sementara besaran komisinya sangat bervariasi, tergantung dengan syarat serta ketentuan yang ada. 

Sudah bukan rahasia umum, semakin banyak hosting yang berhasil kamu jual, akan semakin banyak juga penghasilan yang kamu dapatkan. 

Sebagai reseller, kamu dapat menentukan sendiri harga hosting. Hal ini supaya keuntungannya semakin besar. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Dedicated Server? Ini Manfaat dan Kelebihannya

Kelebihan Bisnis Reseller Hosting

Kira-kira, apa saja keuntungan menjadi reseller hosting? Sebelum menjalankan bisnis reseller hosting, ada baiknya kalau kamu tahu beberapa kelebihannya. Supaya makin semangat. Berikut beberapa di antaranya:

1.  Simpel dan Gampang Dilakukan

Kelebihan pertama, simpel dan gampang dilakukan. Yes, saat menjadi reseller, kamu bisa menjalankan bisnis yang simpel dan gampang, loh. Caranya cuma sebatas membeli hosting dulu, kemudian tinggal jual kembali. 

Lantas, bagaimana cara mengelolanya? Pada dasarnya, nyaris setiap penyedia hosting mempunyai platform khusus untuk para resellernya mereka. Sehingga, membuat pengelolaan menjadi lebih mudah.

2. Fleksibel

Sebagaimana halnya bisnis lain, bisnis yang satu ini juga tergolong sangat fleksibel. Sangat cocok untuk kamu yang butuh pekerjaan sampingan, untuk menambah pemasukan. 

Lantaran sifatnya yang fleksibel, tidak heran jika banyak yang tertarik menjalankannya, kan? 

3. Biaya Terjangkau

Kelebihan bisnis reseller hosting berikutnya adalah dari segi biaya. Ternyata, paket reseller hosting dibandrol dengan harga terjangkau. Penawaran paket dengan harga terjangkau juga jadi salah satu alasan banyaknya perusahaan yang melirik bisnis ini.

Dengan adanya pilihan paket reseller, kamu nggak perlu repot-repot untuk membeli infrastruktur, teknologi, dan berbagai perlengkapan untuk menyediakan layanan hosting. 

Supaya dapat penawaran paket yang terjangkau, kualitas terbaik, kredibel, dan sudah menjadi langganan banyak masyarakat Indonesia, kamu bisa daftar menjadi reseller hosting di Jagoan Hosting saja.

Ada berbagai pilihan paket reseller hosting dengan harga terjangkau. Mulai dari paket micro, kemudian paket mini, medium, big, sampai giant. Masing-masing dibandrol dengan harga yang berbeda. 

Dengan menjadi reseller hosting di Jagoan Hosting, bakal ada beberapa benefit yang kamu peroleh.

reseller hosting

Seperti free WHM cPanel, kemudian share hosting terbaik, support dan kecepatan layanan, unlimited cPanel gratis, hingga jaminan network uptime 99%. Jadi, tunggu apalagi, yuk gabung menjadi reseller Jagoan Hosting sekarang!

Cara Memulai Bisnis Reseller Hosting   

Sudah mulai tertarik untuk menjadi reseller hosting, tapi bingung cara memulainya? Yuk, simak beberapa cara yang bisa kamu lakukan berikut!

Cek Konten Lainnya:
Cloud Hosting Managed Indonesia Terbaik

1.  Cari Tahu Target Market

Cara memulai bisnis reseller hosting pertama ialah dengan mencari tahu dulu target market kamu. Dalam hal ini, kamu perlu tentukan, atau cari tahu dulu, kira-kira siapa yang bakalan kamu sasar? 

Apakah para web development, pebisnis online, para blogger, desainer, atau yang lainnya. Ini merupakan cara paling dasar, ya. Bahkan, mencari tahu target market bisnis bukan cuma berlaku untuk bisnis reseller hosting.

Namun, juga berlaku untuk pebisnis di bidang yang lain. Mulai dari bisnis kuliner, pakaian, dan yang lainnya.

2. Pilih Penyedia Hosting

Kini, ada banyak sekali penyedia hosting di Indonesia. Setelah mengetahui siapa target market bisnis kamu, sekarang waktunya memilih penyedia hosting yang mana yang bakalan kamu ambil. 

Dalam pemilihan penyedia hosting, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, Sob. Salah satunya adalah tingkat kredibilitas sebuah penyedia hosting. 

Tentu saja, kamu perlu cari dan pilih penyedia yang terkenal dan kredibilitasnya tinggi. Misal, Jagoan Hosting.

3. Pilih Paket Reseller 

Setelah itu, tinggal pilih saja paket reseller yang bakalan kamu ambil. Memilih paket reseller bisa disesuaikan dengan budget, ya. Hal ini karena biasanya tiap penyedia hosting pasti menawarkan beberapa paket pilihan. 

Mulai dari paket yang paling murah, sampai yang paling mahal. Sesuaikan saja dengan kondisi masing-masing.

4. Tentukan Harga 

Langkah berikutnya adalah menentukan harga. Penetapan harga juga termasuk bagian penting dalam sebuah bisnis. 

Lantaran, jika menentukan harga yang lebih tinggi dari harga pasar atau kompetitor, bisa membuat kamu kesulitan mendapatkan pelanggan. Sementara jika menentukan harga yang jauh lebih murah dari kompetitor bisa menyebabkan kerugian.

So, keduanya bukanlah pilihan yang tepat, kan? Maka, kamu harus bisa menentukan harga yang benar-benar pas, supaya memperoleh keuntungan dan dapat banyak pelanggan. 

5. Promosikan Bisnis

Terakhir, tinggal lakukan promosi. Dalam hal ini, kamu bisa promosikan bisnis reseller hosting ke berbagai platform. 

Cek Konten Lainnya:
Hosting untuk Website Portal Berita dengan Performa Handal

Tips Bisnis Reseller Hosting

Oke, setelah mengetahui beberapa cara memulai bisnis reseller hosting, sekarang kamu perlu tahu beberapa tips penting untuk menjalankan bisnis tersebut. Berikut ini beberapa di antaranya:

1.  Selalu Pantau Harga dan Penawaran Kompetitor

Salah satu tips menarik yang perlu dilakukan adalah dengan selalu memantau harga serta penawaran dari para kompetitor. Tujuannya adalah supaya kamu bisa menentukan harga yang tepat. 

2. Promosi Bukan ke Satu Platform Saja

Tips berikutnya adalah dengan melakukan promosi di banyak platform, bukan hanya satu platform. Semakin banyak platform yang digunakan, semakin baik. Lantaran tiap platform mempunyai jangkauan pasar yang sangat luas. 

3. Pilih Provider Terbaik

reseller hosting

Sementara tips lainnya adalah dengan memilih provider terbaik. Adapun salah satu tips memilih provider untuk reseller hosting yang terbaik adalah dengan cek review. Bahkan, cek review adalah hal wajib yang mesti kamu lakukan. 

Dengan ngecek review, kamu bakalan tahu sebagus apa sebuah provider, seberapa jauh jangkauan mereka, siapa saja yang pernah menggunakan provider tersebut, seberapa bagus performa hosting dari sebuah provider, dan yang lainnya. 

Nah, gimana-gimana, menarik sekali, kan? Jadi, itulah beberapa cara memulai bisnis reseller hosting dan beberapa tips simple yang bisa kamu coba. Yuk, langsung lakukan step by step di atas, dan pilih provider terbaik!

FAQ

Apa saja faktor yang harus menjadi pertimbangan saat memilih layanan hosting?

Terdapat 5 hal yang mesti kamu perhatikan, yaitu kecepatan, keamanan, uptime, skalabilitas, dan layanan.

Apa saja jenis layanan hosting?

Adapun beberapa jenis layanan hosting ialah VPS hosting, shared hosting, cloud hosting, managed hosting, dan dedicated hosting.

Apakah menjadi reseller harus mempunyai modal?

Ya, kamu membutuhkan modal untuk menjalankan bisnis menjadi reseller, termasuk reseller hosting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
migrasi hosting
Read More
Ini Cara Migrasi atau Pindah Hosting (Mudah dan Cepat)
Mencari penyedia web hosting yang andal adalah salah satu kunci keberhasilan bisnis online. Namun, tidak mudah memilih penyedia…
jenis web server
Read More
Inilah 7 Jenis Web Server Terbaik dan Contohnya
Saat ini terdapat beberapa jenis web server yang berbeda. Maka, ketika memilih kamu perlu mengingat bahwa masing-masing jenis…