Branding Website: Cara Penerapan dan Contohnya

branding website

Branding website adalah kegiatan yang sangat penting untuk para pemilik situs lakukan. Terutama jika situs tersebut berkaitan dengan bisnis, lembaga, organisasi, atau individu yang ingin eksis di dunia maya. 

Hal ini juga tidak terlepas dari fakta bahwa keberadaan website sangat krusial saat ini. Tidak hanya sebagai media untuk membagi informasi, website juga memiliki kekuatan yang besar sebagai media promosi. 

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memahami seperti apa cara branding website yang tepat. Dengan begitu, website bisa semakin terkenal dan efektif sesuai dengan kebutuhan. 

Pengertian Branding Website 

Melansir dari laman Bynder, branding website adalah sebuah usaha untuk menciptakan identitas website yang berbeda dengan yang lain secara konsisten. 

Proses branding tersebut akan memanfaatkan berbagai elemen desain untuk menciptakan tampilan website yang unik dan mudah untuk pengguna ingat. Tujuan utama dari website branding adalah untuk tampil berbeda. 

Beberapa komponen utama yang bisa kamu gunakan dalam proses branding website adalah logo, tipografi, user experience (UX), palet warna, dan juga pesan. Memang sekilas terlihat bahwa visual adalah segalanya dalam website branding. 

Akan tetapi, perlu kamu ingat bahwa strategi branding website yang efektif lebih dari sekedar memanfaatkan unsur visual saja, Sob. Kamu juga harus menyeimbangkan tampilan tersebut dengan user experience (UX) secara keseluruhan. 

Cek Konten Lainnya:
7 Cara Membangun Brand yang Kuat dan Mudah Diingat

Kamu juga harus bisa menciptakan kepribadian dan nilai yang selaras dengan website. Jika kamu bisa menciptakan branding yang konsisten, maka tidak hanya tampil beda, tapi juga bisa membangun citra yang positif untuk para pengunjung. 

Alasan Pentingnya Menerapkan Branding di Website 

Melakukan branding untuk website juga bukan tanpa alasan. Karena sebagai pemilik, kamu bisa berpotensi mendapatkan banyak manfaat dari usaha tersebut. Inilah beberapa alasan pentingnya website branding: 

1. Mempertegas Kredibilitas Usaha 

Kamu tentu ingin publik semakin mengenal usaha yang kamu miliki kan, Sob? Jika iya, maka branding jadi hal penting yang harus dilakukan. Karena dengan cara ini, kamu bisa meningkatkan kredibilitas usaha kepada para konsumen. 

Kredibilitas ini bisa terbentuk dari desain dan informasi yang ada di website. Semakin baik desain dan informasi tersebut, maka semakin bagus pula penilaian pengunjung website. 

2. Promosi Lebih Efektif 

Website yang memiliki branding kuat juga secara tidak langsung memudahkan proses promosi. Karena dengan website yang baik, publik bisa semakin mengenal website dan segala kampanye produk lewat website bisa berjalan dengan lancar. 

3. Jadi Media Interaksi dengan Pelanggan 

Sebuah website yang baik juga akan membantu memudahkan interaksi dengan pelanggan. Karena dengan memanfaatkan website ini, pelanggan bisa melakukan banyak hal sekaligus. 

Mulai dari melakukan transaksi, mencari informasi soal produk, mendapatkan informasi mengenai promosi, sampai menyampaikan keluhan atau pertanyaan. 

Cara Menerapkan Branding di Website

Tidak sulit untuk menciptakan branding yang kuat untuk website. Inilah beberapa cara penerapan yang bisa kamu lakukan:

1. Identifikasi Target Audiens 

Pertama, identifikasi terlebih dahulu siapa target audiens bisnismu. Cari data mengenai jenis kelamin, demografi, pendidikan, lokasi, dan sebagainya. Ini sangat bermanfaat agar kamu bisa menciptakan strategi promosi yang efektif. 

2. Perhatikan Desain dan Logo Website 

Tentukan desain seperti apa yang ingin kamu terapkan untuk website. Dalam penentuan desain ini kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal seperti niche, kebutuhan, dan juga audiens. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Customer Journey? Langkah, Manfaat & Contohnya

Setelah berhasil merumuskan desain dengan jelas, maka jangan lupa untuk membuat logo yang bagus. Logo ini sangat penting karena berfungsi sebagai identitas website. 

Oleh karena itu, buatlah logo yang bisa mencerminkan kepribadian dan identitas website secara keseluruhan. Selain itu, sesuaikan juga logo dengan desain website supaya terlihat selaras dan enak dipandang. 

3. Sesuaikan Layout Website

Tips penerapan branding di website yang tidak kalah penting selanjutnya adalah soal layout atau tata letak. Tata letak sangat penting untuk memastikan pengunjung bisa menggunakan website dengan nyaman. 

Selain itu, kemudahan navigasi pengunjung terhadap website juga kamu tentukan dengan layout. Oleh karena itu, sebisa mungkin tata website dengan baik dan mempertimbangkan kenyamanan pengguna. 

Seperti misalnya dengan menempatkan headline dengan baik, menyisipkan tagline di bagian kiri, dan penempatan tombol lainnya. 

4. Dukung dengan Pemilihan Warna dan Gambar yang Baik 

Gambar dan warna juga menjadi pertimbangan yang sangat penting dalam melakukan branding website. Sebaiknya pilihlah warna dan gambar yang bagus supaya bisa menarik perhatian pengunjung website. 

Pemilihan warna ini nantinya bisa kamu terapkan untuk tombol navigasi, latar belakang atau background website, ataupun tulisan. Sementara untuk gambar, kamu bisa memilih gambar yang berkaitan dan bisa mempertegas isi website. 

5. Konten yang Berkualitas

Tampilan visual untuk sebuah website memang penting. Akan tetapi, jangan kemudian kamu melupakan kualitas konten, Sob. Karena konten adalah kunci dari sebuah website. 

Orang akan berkunjung ke websitemu untuk melihat dan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, pastikan konten yang kamu berikan memang berkualitas, relevan, informatif, dan juga lengkap. 

Nantinya kamu juga bisa menggunakan berbagai jenis konten di website. Mulai dari teks, video, blog, atau infografis. Optimalkan juga dengan SEO (Search Engine Optimization) supaya visibilitas online semakin meningkat. 

6. Manfaatkan Platform Lainnya 

Terakhir, untuk menunjang website branding, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai platform digital lainnya, seperti email dan sosial media. Ini sangat penting agar lebih banyak audiens yang mengenal website. 

Cek Konten Lainnya:
15+ Contoh Company Profile, Isi dan Cara Membuatnya

Contoh Penerapan Branding Website yang Sukses 

Ada sejumlah contoh penerapan branding di website yang sukses di Indonesia, seperti:

1. Gojek 

Pertama, kamu bisa melihat branding Gojek yang sangat optimal pada website mereka. Kunci dari bagusnya website Gojek terletak dari pemilihan warna yang tepat, logo yang bagus, responsif, dan SEO friendly. 

Tata letak website juga tergolong sangat baik dengan tampilan yang modern dan juga sangat informatif. 

2. Traveloka 

Branding Traveloka adalah logonya yang sangat khas dengan bentuk burung dan warna biru. Hal ini juga mereka terapkan pada website sehingga terlihat sangat menarik. 

Tata letak juga sangat baik dan terwujud dalam navigasi menu dan informasi lengkap yang tersaji untuk kebutuhan pengunjung website. Kamu juga bisa melihat bahwa Traveloka menggunakan gambar untuk mempercantik tampilan website.

3. Netmedia 

Terakhir, ada website Netmedia yang terlihat sangat profesional, modern, dan memiliki banyak sekali konten informatif. Secara keseluruhan website Netmedia bisa menampilkan identitas Net sebagai media penyiaran yang modern. 

FAQ 

Apa maksudnya dengan branding? 

Branding adalah sebuah usaha atau upaya untuk membangun dan memperkuat identitas merek atau brand. Tujuannya agar bisa memberikan perspektif yang baik untuk konsumen dan membuat brand semakin terkenal. 

Apa fungsi website digital branding? 

Branding website memiliki beberapa fungsi yang sangat vital untuk website. Mulai dari mempertegas kredibilitas usaha, membuat promosi semakin efektif, dan sebagai media interaksi dengan pelanggan. 

Apa saja contoh branding website yang efektif?

Beberapa contoh branding yang efektif pada sebuah website adalah website Gojek, website Netmedia, website Traveloka, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
perbedaan scrum dan agile
Read More
Mengetahui Perbedaan Scrum dan Agile
Scrum dan agile. Dua kata ini adalah istilah yang sudah sangat akrab di telinga para pekerja bidang teknologi…
cara membuat website di wordpress
Read More
Cara Membuat Website di WordPress dalam 9 Langkah
Artikel ini akan membahas panduan cara mudah membuat website di WordPress dengan produk Insta dengan mudah. Bikin website…