Cara Membuat Logo Perusahaan dan 5 Tipsnya

cara buat logo perusahaan

Logo perusahaan merupakan pilar utama untuk mengenalkan perusahaan kepada konsumen. Logo sebagai identitas merek penting untuk kamu desain dengan cermat, Sob! Terus gimana cara buat logo perusahaan yang hasilnya bagus?

Desain logo dapat memberikan impact besar pada persepsi merekmu. Untuk mendapatkan logo yang sesuai, kamu harus memahami pasar, karakter konsumen, dan citra perusahaan.

Pentingnya Membuat Logo Perusahaan

Logo perusahaan berfungsi sebagai elemen visual merek yang mengkomunikasikan nilai-nilai produk kepada konsumen. Logo ini menjadi simbol agar merek dikenal dan menarik perhatian.

Selain itu, logo memberikan kesan pertama sebelum pelanggan mengenal produk perusahaan. Dari logo inilah pelanggan bisa menentukan apakah akan lanjut mencari tahu produk atau beralih ke merek lain dengan logo lebih menarik.

Pada akhirnya, logo sebagai kesan pertama berpengaruh mendorong konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Itulah sebabnya kamu perlu membuat logo yang mudah diingat, clean, dan timeless.

Cara Membuat Logo Perusahaan

Untuk membuat logo perusahaan, terdapat beberapa langkah penting yaitu sebagai berikut.

1. Memahami Identitas Merek (Brand Identity)

Logo semestinya bisa mencerminkan value perusahaan. Kamu perlu memahami identitas merek sebelum membuat logo. 

Dalam cara buat logo perusahaan ini, logo sama pentingnya dengan bisnismu. Melalui elemen visual yang berkesan, konsumen bisa tertarik.

Dalam mengidentifikasi brand, kamu perlu melihat target konsumen terkait dengan karakteristiknya. Buatlah logo yang bisa berkesan sehingga langsung mudah diingat oleh konsumen.

Cek Konten Lainnya:
Bangunlah kedekatan dengan calon pelanggan Anda dengan menggunakan kalimat sederhana ini

2. Mencari Inspirasi

Setelah paham seperti apa identitas merek dan citra yang akan kamu tampilkan, selanjutnya kamu perlu mencari inspirasi ide. Tujuannya untuk menggambarkan merek dan memberi kejelasan pada penafsiran logo nantinya.

Kamu bisa bertukar pikiran atau meminta saran mentor terkait kesesuaian visi perusahaan dengan logo. Misalnya cerminan objek tertentu, penggunaan warna, simbol, karakter, atau aspek lain mana yang sesuai dengan citra perusahaan.

Bagian cara membuat logo usaha online ini memang terkadang cukup memakan waktu lama. Sebab, inspirasi bisa datang dari mana saja. Kalau lagi kamu cari, kadang malah nggak muncul, kalau nggak dicari malah datang sendiri inspirasi tersebut.

Apakah kamu ingin logo yang minimalis? Logo dengan gabungan simbol yang lebih kompleks? Logo dengan desain abstrak dan tata letak trendi? Kamu harus menentukan konsepnya sekarang.

Setiap elemen dalam logomu juga perlu memiliki arti. Tujuannya agar memberi kesan mendalam ketika konsumen mencari tahu identitas merek bisnismu ini.

4. Menentukan Font dan Sketsa Warna

Cara buat logo perusahaan selanjutnya yakni menentukan font dan sketsa warna. Keduanya merupakan elemen penting yang perlu kamu pikirkan matang-matang.

Pilihlah font sesuai gaya desain yang ingin kamu sampaikan. Misalnya font datar untuk kesan minimalis dan simpel. Selanjutnya, pilih warna pada logo. Pemilihan warna bisa kamu sesuaikan dengan citra perusahaan, yang penting harus konsisten.

Kamu pasti memperhatikan bahwa logo setiap perusahaan memiliki bentuk yang berbeda-beda. Ada yang berbentuk bulat, segitiga, kotak, spiral, abstrak, dan sebagainya. 

Nah, kamu juga perlu memilih bentuk yang cocok lalu mengintegrasikan elemen yang kamu pilih sebelumnya. Kalau belum sesuai, coba ganti atau perbaiki elemennya lagi.

Membuat logo perusahaan gratis bisa kamu lakukan sendiri menggunakan aplikasi desain populer. Hal terpenting, prinsipnya kamu paham elemen desain seperti warna, penekanan font, bentuk, siluet, dan lainnya.

Setelah semua elemen terintegrasi, periksalah logo hasil buatanmu. Lalu, minta feedback kepada tim sebagai evaluasi. Kamu juga wajib mengajukan hasil desain tersebut kepada atasanmu.

7. Sempurnakan Hasil

Inilah langkah terakhir dalam langkah membuat logo perusahaan secara online. Kamu tinggal menambahkan sentuhan akhir dengan cara mengedit atau memoles elemen yang masih kurang pas. 

Cek Konten Lainnya:
Dear Guru, Simak 6 Kiat Sukses Kelas Online!

Perhatikan kualitas desain logo, pastikan hasilnya HD. Selain itu, jangan lupa duplikasikan logo ke berbagai format seperti format berwarna dan hitam putih untuk menjaga desain tetap konsisten.

Itulah sejumlah cara runtut untuk membuat logo perusahaan. Sekarang pasti kamu sudah memiliki gambaran yang lebih baik untuk mulai mendesain logomu sendiri kan?

Tips Membuat Logo Perusahaan

Langkah membuat desain logo perusahaan memang terlihat simpel. Namun, pada kenyataannya, kamu bisa kesulitan menentukan elemen apa yang cocok untuk logo perusahaanmu. Nah, berikut beberapa tips agar membuat logo yang berkesan:

1. Satu Gambar Seribu Kata

Alih-alih menulis banyak kata dalam logo, kamu bisa menggantinya menggunakan gambar. Seperti istilah mengatakan satu gambar seribu kata. Cukup satu gambar, kamu bisa menafsirkan banyak hal.

Tulisan pada logo bahkan sebaiknya hanya nama perusahaan atau merek saja. Kalau makna yang kamu tuju bisa dikomunikasikan dengan gambar, pakai gambar saja, ya!

2. Logo dengan Space Kosong

Sebaiknya kamu memakai ruang kosong untuk menjaga desain tetap clean. Contoh membuat nama logo dan merek perusahaan misalnya perusahaan gym. Kamu bisa menaruh gambar gerakan gym di bagian tengah, lalu bawahnya nama perusahaan.

Logo tersebut cukup simpel dan masih banyak space tersisa. Desain minimalis ini membuat tampilan logo clean, tapi cukup berkesan.

3. Bayangkan Desain Logo pada Tempatnya

Misalnya kamu pemilik kafe dan baru membuat logo perusahaan. Kamu ingin menempelkan logo tersebut pada setiap cangkir. Bayangkan penempatan logo pada cangkir minuman di kafemu.

Apakah penampilan logo sudah pas? Kalau belum, kamu bisa memperbaikinya, entah dari segi bentuk atau elemen font. Cara buat logo perusahaan penting sebagai evaluasi desain logo yang kamu buat.

4. Ciptakan Kesan Visual dengan Warna

Warna pada logo sangat penting, bahkan merupakan elemen paling berharga. Warna bisa mempengaruhi psikologis seseorang. Itulah sebabnya kamu perlu paham arti setiap warna, pastikan sesuai konsep perusahaanmu.

Kalau kita perhatikan, perusahaan seperti Pepsi mengubah logo beberapa kali sepanjang operasionalnya sampai sekarang. Artinya, kamu tidak perlu takut kalau nantinya ingin mengganti logo.

Cek Konten Lainnya:
Payment Gateway - Definisi, Contoh & Cara Kerjanya

Perubahan logo bisa dipengaruhi oleh pembaruan agar relevan dengan value perusahaan. Yang terpenting kalau ingin mengubah logo di kemudian hari, lakukan secara bertahap, jangan membuat perubahan drastis yang membingungkan konsumen.

Itulah cara buat logo perusahaan dan tipsnya agar logo berkesan. Sekarang saatnya kamu mengeksplorasi brand identity dan mulai merancang konsep logo. Tidak perlu terburu-buru karena proses penemuan ide logo justru akan berkesan.

Sudah Buat Logo Perusahaanmu? Kini Saatnya Buat Website Profesional!

Sudah punya logo perusahaan? Langkah berikutnya adalah membuat website perusahaanmu!

Dengan Web Hosting dan Beli Domain dari Jagoan Hosting, kamu bisa membuat website yang profesional dan menarik. Jangan lewatkan kesempatan untuk memperkenalkan perusahaanmu secara online!

Kenapa harus memilih Jagoan Hosting? Karena kami menawarkan:

  • Kecepatan dan Keandalan: Server kami cepat dan selalu tersedia untuk memastikan website kamu selalu online.
  • Keamanan Terjamin: Data kamu aman dengan proteksi berlapis dari kami.
  • Support 24/7: Tim kami siap membantu kamu kapan saja.
  • Harga Terjangkau: Paket yang sesuai dengan budget dan kebutuhanmu.

Jangan tunggu lagi, segera buat website perusahaanmu dengan Jagoan Hosting sekarang juga!

FAQ

Warga logo perusahaan bisa mempengaruhi persepsi pelanggan. Sebaiknya kamu pilih warna yang mencerminkan identitas merek, pastikan warna konsisten dengan citra perusahaan.

Berapa lama waktu untuk membuat logo perusahaan?

Waktu pembuatan logo tergantung kompleksitas desain dan proses revisi. Namun, umumnya proses pembuatan logo memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu.

Apa saja aplikasi untuk membuat logo perusahaan?

Beberapa aplikasi populer untuk membuat logo antara lain Canva, Adobe Illustrator, LogMaker, dan sebagainya. Tools pada aplikasi ini menyediakan template dan fitur desain yang mudah kamu gunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
memecahkan masalah pelanggan
Read More
4 Langkah Memecahkan Masalah Pelanggan yang Efektif
Dalam banyak kasus, memecahkan masalah pelanggan yang efektif menjadi hal yang sangat sulit karena kamu perlu melakukan manuver…
Otomasi Industri
Read More
Otomasi industri: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Penerapan
Sob, pernah dengar tentang otomasi industri gak? Well, akhir-akhir ini kata-kata ini lagi happening banget di kalangan para…