Mengenal CakePHP, Ini Fitur dan Keunggulannya

CakePHP
CakePHP

Bagi kamu yang ingin coba-coba belajar coding pasti langsung merasa kebingungan saat harus memilih framework karena jenis yang tersedia begitu banyak.

Oleh karena itulah, sob artikel berikut akan mencoba memperkenalkan salah satu framework bagus yang patut kamu coba yaitu cakePHP dalam beberapa poin di bawah ini :

Apa Itu Cakephp ?

cakephp

Sesuai dengan definisi dari letmi-ITB  CakePHP  adalah salah satu framework yang cocok untuk pemula. Alasannya karena tools ini berbasis open source yang bisa diakses secara cuma-cuma

Dalam pemakaian sehari-hari biasanya CakePHP juga merupakan opsi yang seorang developer pakai untuk mengembangkan aplikasi bersistem RAD (Rapid Application Development). Sistem  yang memampukan suatu aplikasi yang kamu kembangkan  menjadi lebih kompleks.

Keunggulan CakePHP

Tentu saja kelebihan-kelebihan yang berpotensi kamu nikmati dari CakePHP tidak berhenti pada apa yang sudah poin sebelumnya jelaskan. Itu baru sekilas saja karena sebenarnya menurut UpStackHQ masih banyak manfaat lainnya seperti : 

1. Fleksibilitas Bahasa yang Tinggi

Sifatnya yang open source bukan hanya membuatnya dapat diakses siapa saja. Namun hal tersebut juga menyebabkan framework tidak terpaku pada beberapa bahasa saja sebaliknya ia mampu mengakomodasi berbagai jenis. Manfaat yang membuat developer bisa lebih kreatif dalam memakai setiap fitur yang ada di sini dengan optimal.

2. Kode yang Bisa Dipakai Berulang Kali

Aspek kelebihan lainnya dari CakePHP adalah kode yang dapat kamu pakai berulang kali. Kode yang sejenis ini benar-benar membantu meningkatkan efisiensi yaitu mempersingkat waktu untuk menulis kode baru. Tidak perlu lagi menulis dari awal, bisa langsung kamu pakai dalam berbagai kondisi. 

Cek Konten Lainnya:
Kenali Perbedaan Software Developer dengan Software Engineer!

3. Komunitas yang Aktif 

Framework berikut juga memperoleh dukungan komunitas yang besar dari sejumlah programer yang memang memiliki passion yang besar dalam platform ini. Situasi tersebut begitu menguntungkan terutama bagi pemula. Jika menemui kesulitan, akses kamu bertanya dan memperoleh solusi sangatlah luas.  

Di samping itu lewat komunitas, kamu pun dapat mengikuti perkembangan paling up to date yang terjadi di sini. 

4. Keamanan yang Terjamin

Terakhir manfaat yang tidak kalah pentingnya dari CakePHP terletak pada jaminan keamanannya. Terbukti dari frameworknya ini, sob yang mampu menampilkan validasi data dan menambahkan kode dengan cepat dan aman untuk pengembangan website. 

Dengan begitu, developer jadi lebih mudah untuk memproteksi program dari masalah-masalah tertentu sambil memastikan aplikasi tetap aman demi menjaga kepercayaan user.

Fitur Utama CakePHP

Keunggulan yang framework ini miliki tidak lepas karena memiliki fitur-fitur luar biasa berikut : 

1. Fitur Pengontrol

Fitur pengontrol dikenal dalam fungsinya untuk mengelola alur berpikir aplikasi. Masing-masing pengontrol yang ada di sini dapat : 

  • Menyediakan berbagai fungsionalitas
  • Mengambil dan memodifikasi data dalam tabel memakai model variabel register dan  objek yang dipakai ulang dalam fitur “view”. 

Secara lebih spesifik, dalam sistem CakePHP, penamaan file dan kelas adalah begitu krusial. Oleh karena itu, cara penamaan file jadi sangat berdampak untuk keoptimalan kerja dari fitur pengontrol . Sebagai contoh, suatu model produksi akan diproses oleh ProductsController.

Dalam kondisi ini, pengontrol yang cocok harus  dinamai dengan file products controller.php, dan nama modelnya adalah product.php.

2. Fitur Pemodelan

Fitur pemodelan merupakan penggambaran aktual dari beberapa tabel database yang dipakai dalam CakePHP untuk data akses.

Tabel-tabel tersebut menciptakan koneksi dengan database yang kamu miliki dan menampilkan query jika pengontrol memberikan instruksi dan menyimpan data dalam database tersebut. 

Cek Konten Lainnya:
30+ Topik, Tema & Judul Blog yang Menarik (Sering Dikunjungi)

Secara umum biasanya, fitur pemodelan dipakai untuk mengakses segala sesuatu yang menyimpan data seperti file, rekaman LDAP, momen iCal, atau barisan dalam sebauh file CSV.

3. Fitur Views

Sesuai namanya fitur views berperan untuk mempresentasikan tampilan suatu konten pada user. Semua variabel yang ada dalam fitur semacam array dan objek-objek lainnya direkam memakai pengontrol. 

Oleh karena fungsinya yang sebatas untuk menampilkan itulah, fitur views tidak bisa mengakomodasi logika bisnis yang terlalu kompleks. Jadi tidak mengherankan kalau pengontrol yang kamu pakai sifatnya sangatlah basic 

Perbedaan CakePHP dengan Framework PHP Lainnya

Supaya pemahamanmu terhadap CakePHP semakin luas maka tidak ada salahnya kamu mengetahui perbandingannya dengan framework lain. Di sini yang akan menjadi perbandingannya adalah laravel, anywhere menguraikannya sebagai berikut :

1. Perbandingan Dari Segi Keamanan

  • Laravel

Untuk penilaian secara umum, laravel masih dipertimbangkan sebagai framework yang aman. Contohnya, ia memiliki sistem otentikasi yang memungkinkan pemilik project mengaksesnya. 

Kamu pun masih bisa menambahkan tingkat keamanan dengan menyematkan force HTTPs, mengurangi query mentah, memperbaharui versi, dll.  

  • CakePHP

Secara umum jika mengacu pada keamanan, CakePHP mempunyai sistem keamanan yang lebih baik daripada laravel. Salah satu alasannya bisa dilihat framework itu yang menggunakan fitur CSRF (cross site request forgery). Fitur yang membuat kamu dapat menghindari serangan hacking dan juga menambah proteksi lewar enkripsi dan dekripsi.  

2. Perbandingan Dari Segi Performa

  • Laravel

Laravel memiliki rekam jejak performa  yang sempurna khususnya apabila kamu harus berurusan dengan project dalam skala besar. 

Performa yang bagus ini juga bisa kamu harapkan karena dalam framework laravel terdapat fitur-fitur penunjang seperti sistem backup, dokumentasi yang detail, dan plugin-plugin lainnya. 

  • CakePHP

Jika membandingan kinerja, CakePHP lebih cepat dibandingkan Laravel, cakupan proyeknya yang lebih kecil .

Selain itu karena CakePHP tidak menawarkan proses pengikatan data adalah alasan tambahan mengapa ia menawarkan kecepatan yang lebih baik. 

Cek Konten Lainnya:
9+ Template Website Portal Berita Online Siap Pakai

Dari aspek kelebihan dan perbandingan antara CakePHP dengan laravel, membuatnya layak sekali masuk dalam pertimbanganmu. Walaupun ia memiliki fitur yang luar biasa mantap tapi juga tetap ramah pemula. 

Onlinekan Project Codingmu di Jagoan Hosting

cloud hosting for developer

Siap untuk menghidupkan proyek codingmu secara online?

Langsung saja, dengan hosting developer-friendly dari Jagoan Hosting, kamu bisa meluncurkan proyekmu dengan mudah dan tanpa ribet.

Pilih Jagoan Hosting untuk:

  • 🔧 Performa Optimal: Hosting yang dioptimalkan khusus untuk para developer, membuat proyekmu berjalan dengan lancar dan cepat.
  • 🔒 Keamanan Terjamin: Proteksi tingkat tinggi untuk melindungi proyekmu dari serangan cyber yang tidak diinginkan.

Ayo, jangan biarkan proyekmu tertunda lagi! Mulai sekarang dengan Jagoan Hosting dan lihat bagaimana proyekmu terwujud dengan mudahnya!

FAQ

1. Bagaimana cara menginstal CakePHP?

  • Persyaratan sistem: Pastikan kamu memiliki PHP versi 7.2 atau lebih baru dan server web seperti Apache atau Nginx.
  • Composer: Instal Composer jika belum terpasang. Composer adalah alat manajemen dependensi PHP.
  • Menginstal CakePHP:
install cakephp
  • Gantilah my_app_name dengan nama aplikasi kamu.

2. Bagaimana struktur dasar direktori CakePHP?

  • /src: Berisi kode sumber aplikasi (Model, View, Controller, dll).
  • /templates: Berisi file tampilan (template) untuk aplikasi.
  • /config: Berisi file konfigurasi aplikasi.
  • /logs: Menyimpan log aplikasi.
  • /tmp: Menyimpan data sementara seperti cache.
  • /vendor: Berisi dependensi yang diinstal oleh Composer.
  • /webroot: Direktori publik yang diakses oleh web server.

3. Di mana saya bisa mendapatkan dokumentasi dan dukungan lebih lanjut tentang CakePHP?

Dokumentasi resmi CakePHP tersedia di book.cakephp.org. Untuk dukungan komunitas, kamu dapat bergabung dengan forum diskusi, mailing list, atau channel IRC CakePHP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
SQL Injection
Read More
Pengertian SQL Injection, Cara Kerja, Contoh & Cara Mengatasi
SQL injection adalah salah satu jenis ancaman kejahatan dalam dunia digital atau sering kita sebut dengan istilah cyber…
Perbedaan Typescript vs Javascript, Mana yang Dipilih_
Read More
Perbedaan Typescript vs Javascript, Mana yang Dipilih?
Tentu jika mendengar nama javascript, kamu khususnya yang berkecimpung di dunia pemrograman sudah tentu tidak asing.  Tidak mengherankan…