Cloud Hosting Managed Indonesia Terbaik

cloud hosting managed

Kebutuhan terhadap cloud hosting memang semakin besar di Indonesia seiring perkembangan teknologi. Tidak heran kalau kemudian ada banyak sekali jenis layanan cloud, salah satunya adalah cloud hosting managed. 

Sayangnya, masih cukup banyak pengguna website yang belum memahami apa itu managed cloud hosting. Padahal dengan menggunakan layanan ini, kamu bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan. 

Nah, supaya lebih jelas, yuk simak informasi selengkapnya tentang cloud hosting managed di artikel berikut ini, Sob! 

Mengenal Cloud Hosting Managed 

Sebelumnya, perlu kamu ingat lagi bahwa cloud hosting adalah layanan web hosting yang menggunakan sumber daya dari beberapa server sekaligus. Tujuannya adalah untuk menyeimbangkan load atau beban dan mempercepat kinerja website. 

Secara umum, dalam cloud hosting data website akan tersimpan di beberapa server. Dengan cara kerja seperti ini, kamu bisa mendapatkan tingkat perlindungan data dan redundansi data yang lebih baik. 

Sementara itu, dari laman Cyfuture Cloud, cloud hosting managed adalah layanan hosting dimana pihak yang mengelola adalah pihak ketiga. Tidak hanya mengelola, mereka juga akan mengawasi infrastruktur, keamanan, dan aspek teknis lainnya. 

Dengan layanan managed hosting ini, kamu hanya perlu memilih paket dan sistem operasi yang kamu sukai saja. Untuk urusan lainnya bisa kamu serahkan kepada pihak ketiga untuk mengelolanya. 

Pihak ketiga dalam hal ini adalah administrator yang terampil dan merupakan pilihan dari perusahaan hosting website. Tugas maintenance yang harus kamu lakukan juga bisa menjadi jauh lebih sedikit. 

Kelebihan Managed Cloud Hosting

Ada banyak sekali kelebihan yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan layanan ini. Berikut adalah kelebihan-kelebihan tersebut:

Cek Konten Lainnya:
Nginx vs LiteSpeed vs Apache, Web Server Mana yang Terbaik?

1. Jaminan Keamanan dan Expert 

Ketika menggunakan full managed hosting, kamu bisa lebih fokus pada bisnis karena penyedia hostinglah (expert) yang akan mengelolanya secara penuh. Hal ini membuat keamanan jadi lebih baik yang bisa kamu dapatkan di Dedicated Hosting dari Jagoan Hosting.

support dedicated hosting

Selain itu, umumnya penyedia layanan hosting juga akan melakukan beberapa tindakan yang penting untuk website seperti:

  • Pembaruan OS 
  • Penyaringan spam 
  • Konfigurasi terhadap firewall perangkat lunak 
  • Pemindaian virus secara rutin 

Pengelola juga akan melakukan audit secara berkala terhadap website untuk memastikan kinerja dan keamanannya. Alhasil, website pun bisa menjadi jauh lebih aman. 

2. Pemantauan Server Berkala 

Cloud hosting managed akan melakukan pemantauan server secara berkala. Hall ini memungkinkan deteksi dini terhadap adanya resiko keamanan yang bisa saja menyerang website. 

Ini tentu tidak akan kamu dapatkan kalau memilih unmanaged cloud hosting. Jikalau kamu ingin mendapatkan pemantauan server berkala, maka kamu harus menyewa tim teknologi yang memang memiliki ahli di bidang server. 

3. Meringankan Beban Biaya Operasional 

Saat memutuskan untuk menggunakan unmanaged cloud hosting, maka kamu harus siap dengan banyak biaya tersembunyi, Sob. Karena kamu harus mengeluarkan biaya untuk kebutuhan perawatan dan pengelolaan server. 

Akan tetapi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi jika menggunakan layanan cloud hosting managed. Karena dalam biaya yang kamu bayar, segala kebutuhan perawatan dan pengelolaan server sudah tercakup di dalamnya. 

4. Back Up Data 

Kamu juga tidak perlu khawatir akan kehilangan data saat menggunakan hosting managed server. Sebab, layanan ini akan melakukan backup data secara otomatis. 

Selain itu, penyedia layanan juga akan memiliki strategi khusus untuk mencegah adanya kehilangan data. Hal ini tentu tidak akan kamu peroleh jika menggunakan layanan unmanaged hosting. 

5. Dukungan Pelanggan yang Baik 

Terakhir, cloud hosting managed juga akan memastikan kamu untuk mendapatkan dukungan pelanggan yang baik. Kamu bisa menghubungi layanan pelanggan tersebut 24/7. 

Umumnya penyedia jasa hosting akan menyediakan beberapa pilihan kontak yang bisa kamu pilih. Mulai dari via teks, telepon, sampai live chat. Para staff juga akan bekerja dengan baik untuk melayani setiap keluhan atau pertanyaan seputar server.

Cek Konten Lainnya:
11+ Plugin Membuat Tampilan Website Under Construction

Tips Memilih Managed Hosting 

Ada banyak sekali penyedia layanan managed hosting yang bisa kamu temukan di Indonesia. Meski begitu, sebaiknya jangan asal pilih, Sob. Karena tidak semuanya bisa memberikan pelayanan yang maksimal. 

Supaya tidak salah pilih, inilah beberapa pertimbangan yang bisa kamu terapkan saat memilih penyedia cloud hosting managed:

1. Layanan yang Mereka Berikan 

Pertama, pertimbangkan layanan yang penyedia cloud managed hosting berikan. Hal ini sangat penting untuk memastikan layanan tersebut bisa memenuhi kebutuhanmu di masa sekarang ataupun di masa depan.

Karena bisa saja kedepannya kamu ingin mengembangkan website sesuai dengan skala bisnis. Jika mereka tidak bisa mengakomodasi perkembangan ini, maka sebaiknya pilihlah jasa penyedia lainnya. 

2. Keamanan 

Penting bagi penyedia layanan hosting untuk bisa memberikan jaminan keamanan atau security yang baik, terutama dari serangan virus, hacker, ataupun akses berbahaya lainnya. 

Hal ini sangat penting untuk melindungi websitemu. Oleh karena itu, pastikan bahwa penyedia tersebut bisa memberikan jaminan keamanan yang baik, seperti pemantauan secara berkala dan adanya update software secara rutin. 

3. Pengalaman dan Reputasi 

Kemudian, pilihlah penyedia layanan managed VPS hosting yang sudah berpengalaman dan reputasi yang baik. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa mereka memang bisa memberikan layanan yang memuaskan. 

Kamu juga bisa melihat review dan testimoni dari pelanggan lain yang menggunakan provider tersebut. Penilaian tersebut bisa menjadi bahan yang sangat berguna sebelum kamu memilih penyedia tersebut. 

4. Lihat Dukungan Pelanggan 

support managed hosting

Bagi sebuah cloud hosting managed, dukungan pelanggan adalah segalanya. Oleh karena itu, pilihlah jasa penyedia yang bisa memberikan dukungan layanan dengan baik. 

Hal ini sangat penting untuk memastikan kalau ada kendala atau permasalahan di server, mereka bisa mengatasinya dengan cepat. Sebaiknya pilihlah provider yang menyediakan dukungan pelanggan 24/7. 

5. Transparansi 

Terakhir, pilih penyedia layanan managed cloud hosting yang transparan, baik dari segi biaya maupun layanan apa saja yang mereka miliki. Hal ini sangat penting untuk mencegah adanya biaya tersembunyi yang bisa saja dibebankan. 

Cek Konten Lainnya:
Sedang Mencari Hosting Indonesia? Intip Dulu Tips-Tipsnya

Rekomendasi Managed Hosting Indonesia

VPS Managed

Jika kamu mencari penyedia managed dedicated server web hosting terbaik, maka Jagoan Hosting adalah jawabannya. Kami memiliki layanan VPS Managed yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan bisnis maupun personal. 

Ada beberapa pilihan paket yang bisa kamu pilih sesuai dengan skala bisnis dan juga budget, yaitu:

  1. VPS Diamond (Rp900.000 per bulan): cocok untuk kebutuhan bisnis dengan fasilitas yang komprehensif.
  2. VPS Jade (Rp1.500.000 per bulan): cocok untuk kebutuhan bisnis dalam skala yang lebih besar dengan layanan kelas atas dan fasilitas yang lengkap. 
  3. Custom VPS (Tarif tergantung kebutuhan silahkan konsultasikan dengan CS): cocok untuk kamu yang membutuhkan server fleksibel dengan konfigurasi dan resource sesuai kebutuhan. 

Dengan VPS Managed dari Jagoan Hosting, kamu bisa lepas dari urusan teknis pengelolaan server yang cukup rumit dan mendapatkan performa terbaik. Kamu akan merasa seperti memiliki tim teknis sendiri dengan layanan ini, Sob. 

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan bantuan penuh dalam pengelolaan server, 100% Dedicated Resource, dan gratis biaya lisensi software untuk manajemen server. 

Jadi, tunggu apalagi? Percayakan kebutuhan cloud hosting managed di Jagoan Hosting sekarang juga!

FAQ

Kenapa cloud hosting managed penting?

Dengan layanan ini, kamu bisa menikmati server website yang stabil dan prima tanpa perlu repot mengurus urusan teknis. Karena segalanya akan dikelola oleh pihak penyedia hosting. 

Apakah biaya cloud managed hosting mahal?

Besaran biaya hosting ini memang lebih mahal daripada unmanaged. Tapi, tentu akan sebanding dengan kemudahan yang kamu peroleh. 

Apa rekomendasi cloud hosting terbaik?

Jagoan Hosting menyediakan layanan VPS Managed yang bisa menjadi pilihan terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
hosting ISO 27001 dan 9001
Read More
Web Hosting Indonesia dengan ISO 27001 dan ISO 9001
hosting moodle
Read More
Hosting Moodle Siap Pakai untuk Ujian Online Sekolah