Perbedaan Cloud Hosting vs VPS, Pilih yang Mana?

perbedaan cloud hosting vs vps

Bingung memilih Cloud atau VPS? Kedua hosting ini sebenarnya sama-sama bagus untuk bisnis. Namun, ada beberapa perbedaan Cloud Hosting vs VPS sehingga sulit untuk menentukan pilihan yang paling pas.

Cloud dan VPS merupakan jenis hosting yang sangat cocok digunakan perusahaan skala menengah. Hal ini karena keduanya memberikan kekuatan yang dibutuhkan oleh bisnis yang sedang berkembang.

Daripada bingung pilih yang mana, sebaiknya ketahui apa saja perbedaan hosting VPS vs Cloud serta mana yang lebih bagus, sob? Berikut penjelasannya.

Apa itu Cloud Hosting?

Cloud Hosting adalah hosting yang memanfaatkan jaringan mesin virtual dengan jumlah yang tidak terbatas. Semua mesin virtual ini sangat bergantung pada jaringan dasar server fisik yang terhubung 

Pendekatan cloud hosting menawarkan skalabilitas maksimum dengan distribusi jaringan server yang luas. Penyedia bisa mengalokasikan lebih banyak sumber daya komputasi ke setiap proyek dengan mudah.

Selain menyediakan sumber daya sesuai permintaan, Cloud Hosting dikombinasikan dengan alat lainnya yang bisa otomatis mengalokasikan sumber daya kepada pengguna. Cloud hosting efektif untuk bisnis apapun.

Apa Itu VPS Hosting?

Hosting VPS adalah hosting yang menggunakan teknologi virtual atau hypervisor. Ini berarti satu komputer fisik terbagi menjadi beberapa lingkungan komputasi. Setiap virtual server berfungsi secara independen.

Sifat virtual private server yang terisolasi yang berarti bahwa tiap instance tidak akan mempengaruhi sumber daya server lainnya. Sederhanya, VPS tidak saling berebut kekuatan bandwidth, penyimpanan, dan lainnya.

Cek Konten Lainnya:
Keunggulan Cloud Server, Bikin Website Makin Optimal

VPS Hosting sangat cocok digunakan untuk bisnis dengan skala menengah dengan hosting bersama.

Perbedaan Cloud Hosting vs VPS Hosting

Dengan mengetahui perbedaan Cloud dan VPS, pemilik bisnis tentunya lebih mudah menentukan hosting mana yang akan mereka gunakan. Adapun perbedaan Cloud Hosting vs VPS adalah sebagai berikut: 

1. Performa

Perbedaan pertama antara Cloud dan VPS adalah performa. VPS memiliki performa stabil dan konsisten karena sumber daya dialokasikan secara eksklusif. Performa ini cocok untuk bisnis yang perlu kestabilan.

Sementara itu, performa Cloud Hosting cenderung lebih dinamis. Namun, performa ini bisa menyesuaikan dengan sumber daya sesuai permintaan. Cloud Hosting ideal untuk proyek dengan fluktuasi lalu lintas tinggi.

Secara masalah performa, VPS di atas kertas memang lebih unggul daripada Cloud Hosting karena memiliki performa yang lebih stabil dan konsisten.

2. Kustomisasi

Perbedaan Cloud Hosting vs VPS bisa terlihat pada layanan kustomisasinya. VPS memberikan kontrol penuh. Kamu bisa mengkonfigurasi server sesuai kebutuhan dan mengelola sistem operasi yang digunakan.

Meskipun Cloud Hosting bisa kamu custom sesuai kebutuhan, tetapi hosting ini memiliki batasan akses konfigurasi tertentu. Hal ini bertujuan agar penyedia bisa memberi penawaran yang lebih terstandarisasi.

Secara kustomisasi, VPS memang lebih bebas karena kamu bisa melakukan kustom tanpa batasan, mulai dari inslla sistem operasi hingga panel hosting.

3. Keandalan

Bagaimana perbedaan keandalan Cloud vs VPS hosting? Secara keandalan, Cloud Hosting memang lebih unggul karena redudansi bawaannya.

Cloud Hosting toleran terhadap kesalahan, dan infrastrukturnya memiliki mekanisme failover bawaaan. Ketika server down, layanan tidak akan terganggu karena ada server lain yang akan menggantikan.

VPS Hosting hanya mengandalkan satu server fisik. Apabila server tersebut down, situs web atau aplikasi akan down. Akan tetapi, strategis penyeimbangan beban bisa meminimalisir dampak downtime tersebut.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Nginx? Pengertian, Keunggulan dan Cara Kerjanya

4. Skalabilitas

Skalabilitas merupakan kebebasan klien menyesuaikan sumber daya server agar memudahkan dapat perubahan permintaan. Dalam hal ini, Cloud Hosting secara konsisten lebih unggul dari VPS Hosting.

Cloud Hosting memiliki infrastruktur dan program yang luas dan bisa menyediakan severa secara otomatis sebagai respon pada perubahan beban kerja.

VPS Hosting sangat bergantung pada pengaturan fisik tunggal dan alokasi sumber daya tetap. Ketika kamu ingin lebih banyak sumber daya, maka harus upgrade VPS dengan downtime sementara.

5. Keamanan

Dari semua perbedaan Cloud Hosting vs VPS, keamanan adalah aspek yang cukup penting kamu perhatikan sebelum memilih di antara kedua hosting tersebut.

Secara keamanan, VPS memiliki keamanan lebih terjamin karena hanya memiliki satu server untuk setiap akun. Namun, keamanan oni bergantung pada kemampuan kamu mengelola keamanan situs web.

Berbeda dengan Cloud Hosting yang sistem keamanan hosting ini bergantung pada penyedia layanan. Penyedia Cloud yang besar biasanya memiliki sistem keamanan kuat, termasuk firewall dan enkripsi data.

6. Fleksibilitas

Perbedaan selanjutnya antara Cloud Hosting vs VPS dari segi fleksibilitas adalah terletak pada alokasi sumber daya dari kedua hosting populer ini.

VPS Hosting memiliki fleksibilitas yang terbatas, hal ini karena alokasi sumber daya server bersifat tetap. Dengan begitu, kamu harus bisa memilih sumber daya yang sesuai kebutuhan pada saat awal pemasangan.

Cloud Hosting memiliki fleksibilitas yang unggul karena kamu bisa mengurangi dan menambah sumber daya sesuai kebutuhan. Kamu bisa optimalkan penggunaan sumber daya dan menghemat biaya.

7. Harga

Perbedaan Cloud Hosting vs VPS yang menjadi bahan pertimbagan dan perhatian adalah soal harga. Kedua hosting ini memiliki harga yang berbeda.

VPS Hosting umumnya memiliki harga yang lebih tinggi dari Cloud Hosting. Namun, kamu harus mampu mengelola hosting secara mandiri dan kemampuan teknis tingkat lanjut untuk menyiapkan VPS.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Server Bimbingan Belajar Online

Cloud Hosting memang lebih mahal. Namun, kamu tidak perlu repot mengelolanya sendiri. Hosting ini bersifat fleksibel, kamu bisa fokus mengembangkan website dan menjalankan bisnis kamu.

VPS Hosting vs Cloud Hosting, Pilih Mana?

Tingkatkan Situs Web Kamu dengan Performa Terbaik dari Jagoan Hosting!

Kamu ingin situs webmu berjalan dengan performa optimal? Jagoan Hosting memiliki solusi yang tepat untukmu!

  • Dapatkan kecepatan dan kestabilan tanpa kompromi dengan Cloud Hosting kami.
  • Nikmati kontrol penuh dan skalabilitas yang dibutuhkan dengan layanan VPS kami.
  • Jaminan keamanan data dan uptime tinggi untuk bisnis online kamu.

Mulai tingkatkan performa situs web kamu sekarang juga dengan Jagoan Hosting. Temukan paket yang cocok untuk kebutuhanmu dan rasakan perbedaannya!

FAQ

Apakah Cloud Hosting sama dengan VPS?

Tidak sama. Cloud dan VPS memiliki perbedaan yang terletak pada infrastrukturnya. VPS memiliki satu server fisik, sedangkan Cloud Hosting memiliki server yang saling terhubung.

Apakah VPS lebih murah daripada Cloud?

Secara harga, VPS  lebih tinggi daripada Cloud Hosting. Kamu mungkin akan menemukan penyedia yang menawarkan paket VPS lebih murah dari penyedia Cloud Hosting.

Apakah Cloud Hosting bagus untuk SEO?

Salah satu faktor untuk meningkatkan peringkat utama mesin pencarian atau SEO adalah kecepatan dan uptime. Faktor inilah yang bisa kamu dapatkan di Cloud.

Hosting mana paling tepat untuk kamu?

Pilihan hosting sebenarnya tergantung pada kebutuhan. Sebab, Cloud maupun VPS memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang perlu kamu pahami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Membangun Server Siakad dengan Jagoanhosting
Apa itu Downtime
Read More
Apa itu Downtime? Ini Penyebab dan Cara Ceknya
Sebagai seorang user, pastinya kamu pernah menemukan sebuah website yang apabila dibuka ternyata situs tidak bisa diakses. Nah,…