Cloud Service: Definisi, Manfaat, Jenis dan Tipsnya

cloud service

Seperti yang kamu tahu bahwa sistem kerja secara remote yang sudah marak seperti sekarang ini. Dengan demikian, kamu jelas butuh platform yang mampu mempermudah kolaborasi kapanpun dan di manapun. Terkait masalah tersebutlah, kamu membutuhkan yang namanya cloud service.

Seperti apa itu cloud service memangnya ? Bagaimana ia bisa membantumu dalam sistem work from anywhere? Semua pertanyaanmu akan segera terjawab sebentar lagi dalam artikel ini 

Pengertian Cloud Service

Cloud service adalah layanan yang suatu penyedia berikan kepada konsumen yang berbentuk koneksi internet dan cloud computation. Bentuk pelayanan semacam ini bertujuan membuat klien bisa melakukan aktivitasnya dengan lebih praktis dan lebih hemat. 

Contohnya dari segi penghematan, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih seperti pengadaan server untuk menjalankan kegiatannya apabila memakai cloud service.

Jenis Cloud Service

Jagoan cloud menyatakan bahwa cloud service masih terbagi lagi ke dalam beberapa bentuk yaitu : 

Private Cloud

Jenis cloud yang pertama dibahas merupakan yang paling kecil cakupannya. Disebut demikian karena pengoperasian sistemnya terbatas untuk satu perusahaan atau organisasi saja yang terdiri atas beberapa unit atau divisi.

Sifat yang demikian membuatnya juga lebih eksklusif, tidak akan pernah dibagikan dengan perusahaan atau organisasi lain.

Walaupun demikian dalam pengelolaannya sehari-hari, tipe private cloud bukan perusahaan sendiri yang melakukannya. Seringkali justru melibatkan pihak ketiga seperti jasa pengelola atau penyedia jasa cloud service yang di sertai layanan jasa pengelolaan sistemnya. 

Community Cloud

Sesuai dengan namanya, peruntukkan jenis cloud service berikut adalah skala komunitas. Konteks komunitas di sini bisa berupa 2 atau lebih perusahaan atau organisasi tertentu. Terjadi kolaborasi karena memiliki urusan kerja yang sama atau model bisnisnya saling bersinergi satu sama lain.

Sebagaimana private cloud, bentuk  community dapat dikelola sendiri oleh perusahaan yang terkait ataupun memakai bantuan pihak ketiga.  Pengelolaan seperti ini yang membuatnya lebih hemat karena biaya ditanggung bersama-sama antara pihak-pihak yang berkepentingan.

Public Cloud

Jenis cloud yang area jangkauannya sudah menyangkut kepentingan umum sehingga siapapun dari perusahaan atau organisasi manapun dapat mengaksesnya dengan bebas. Sudah aksesnya bebas juga cuma-cuma, kamu tak perlu keluar biaya sepeser apapun. 

Cek Konten Lainnya:
Prosesor Server: Jenis, Spek, dan Rekomendasi Terbaik

Namun bila memang punya kebijakan sendiri, provider public clouder biasanya juga ada yang menetapkan sistem berbayar untuk fitur yang lebih lengkap. Selain itu masih pula terdapat kekurangan dari segi keamanan karena user yang berada di sini juga jauh lebih banyak.

Hybrid Cloud

Tipe hybrid menunjukkan adanya pergabungan antara berbagai jenis cloud service seperti pergabungan  private cloud dengan  public cloud service. Karakteristik yang demikian memberikan keuntungan bagi perusahaan atau organisasi yang memerlukan sumber daya yang lebih rumit dari model cloud lainnya.

Meskipun rumit tapi hybrid memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk melakukan dua jenis interaksi. Interaksi pertama  adalah B2B (business to business) dan juga interaksi B2C (business to customer).

Cara Kerja Cloud Service

Sebuah layanan cloud bekerja dengan menjalankan sistem dengan basis aplikasi atau website secara pada infrastruktur yang telah disediakan oleh pihak penyedia. 

Selanjutnya sistem akan terhubung dengan internet dan hal itu yang membuat user dapat mengakses sistem kapanpun dan di manapun mereka mau. Syaratnya cukup memiliki koneksi internet yang memadai.

Manfaat Cloud Service

Teknologi cloud service memberikan banyak sekali manfaat antara lain : 

Memfokuskan Sistem Penyimpanan Data

Pada kegiatan operasional perusahaan atau organisasi tertentu lakukan, data sudah tentu menjadi aspek yang tidak terpisahkan.  Data yang ada pasti jumlahnya tidak sedikit sehingga kalau sampai ditata dengan tidak rapi maka akan menyusahkan kamu sendiri. 

Suatu saat bila kamu butuhkan untuk urusan tertentu maka kamu masih harus mencari ke sana  kemari dan akhirnya malah buang-buang waktu. Dalam posisi inilah, layanan cloud hadir untuk lebih mensistematiskan pengelolaan data untuk mempermudah pelacakan. 

Menaikkan Proteksi Pada Keamanan Data

Manfaat berikutnya yang tidak kalah penting dari cloud service adalah terkait proteksi. Setiap data yang kamu simpan di situ terjamin memperoleh perlindungan  tingkat tinggi. Sudah terdapat  keamanan berlapis dengan teknologi yan super canggih demi memprioritaskan  keamanan data pengguna.

Biasanya para penyedia layanan yang berhubungan dengan data pengguna juga akan memiliki sertifikat dari badan pengawas yang resmi.

Tujuannya adalah menjadi jaminan bagi user bahwa mereka memang bisa mempercayakan data mereka kepada perusahaan atau organisasi tertentu tanpa khawatir terjadi kebocoran. 

Untuk mendapatkan sertifikat ini tentunya pihak auditor perlu melakukan audit dan pengecekan secara detail demi memastikan penyedia layanan memiliki kriteria yang memenuhi penjaminan perlindungan data user. 

Investasi Untuk Jangka Panjang

Seorang ilmuwan matematika asal Amerika Serikat dari MIT, John McCarthy pada tahun 1969 pernah memberikan pemaparan yang positif terkait layanan cloud. 

Beliau memprediksikan menyampaikan bahwa suatu hari jaringan cloud akan setara seperti listrik dan juga telepon sebagai infrastruktur publik. Mengindikasikan bahwa perannya akan begitu krusial.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu VPS Windows? Ini Kelebihan dan Tips Memilihnya

Prediksi tersebut benar adanya karena bisa kamu lihat kini teknologi cloud menjadi semakin berkembang dengan begitu pesatnya. Teknologi ini masih terus memperoleh upgrade dari para peneliti sehingga ke depannya berpotensi menjadi lebih canggih lagi.

Tips Memilih Layanan Cloud Service

Menggunakan cloud service sedikit banyak pasti akan menguras budget yang kamu miliki. Kamu jelas tidak mau bukan sudah mengeluarkan uang dan ternyata produk yang kamu dapatkan kualitasnya mengecewakan?

Oleh karenanya supaya jangan sampai terjadi membeli kucing dalam karung, mari simak beberapa tips memilih yang baik berikut ini : 

Pahami Seperti Apa Spesifikasi Kebutuhanmu Saat Ini

Tips paling utama dalam menemukan layanan cloud yang sesuai, kamu wajib memahami dulu sampai sejauh mana kebutuhanmu.

Jika hal itu sudah kamu rumuskan dengan jelas maka akan lebih mudah menentukan kira-kira mana jasa yang menyediakan kebutuhan yang sesuai. 

Jangan sekali-kali kamu menghubungi jasa apapun dalam kondisi masih meraba-raba, belum mendapatkan gambaran nanti cloud akan kamu gunakan seperti apa. Dikhawatirkan nantinya kamu malah memperoleh produk yang fiturnya tidak kamu pakai dan tentunya memboroskan budget.

Membuat Perbandingan Antara Fitur Dengan Harga

Hal kedua yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih cloud service berhubungan dengan fitur dan harga yang penyedia layanan tetapkan.

Terkait hal inilah, kamu harus mengumpulkan data dari berbagai provider, tidak cuma berpatokan pada satu pihak saja.

Tujuannya supaya kamu dapat melakukan perbandingan apakah nominal harga yang mereka tetapkan memang sebanding dengan fitur yang kamu peroleh. Dengan begitu akan cukup mempermudah kamu menentukan mana provider yang memang worth it. 

Lihat Bagaimana Performa Suatu Provide Dari Kolom Testimoni

Dalam menilai penyedia layanan cloud apakah memang kompeten, jangan hanya dari fitur dan harga produknya.

Bagaimana kinerja mereka saat handle customer juga merupakan aspek yang penting. Informasi ini salah satunya dapat kamu peroleh dari kolom testimoni dari customer yang sudah pernah memakai jasa mereka.

Perhatikan bagaimana customer-customer tersebut berkomentar soal layanan perusahaan apakah lebih banyak positif atau negatifnya. Di sisi lain jika ada komentar negatif, lihat bagaimana pihak penyedia layanan menanggapinya. 

Pastikan Masalah Sistem Proteksi Keamanan

Keamanan data merupakan aspek yang juga tidak kalah krusial untuk para pebisnis digital jaga karena menyangkut rasa percaya klien.

Selain itu juga mengantisipasi agar pebisnis tidak sampai harus berurusan dengan hukum karena dianggap tidak bisa menjaga data klien. 

Oleh karenanya kamu harus bisa mempertimbangkan dengan  matang saat memilih penyedia cloud service, mana yang benar-benar mampu menjamin keamanan. 

Khususnya keamanan dalam perlindungan data dan informasi lainnya yang bersifat sensitif.  

Secara spesifik keamanan data di sini meliputi 3 parameter yaitu enkripsi data, autentikasi akses, dan pemantauan aktivitas yang memadai.

Perhatikan Apakah Tersedia Backup Data

Kamu tentu tidak mau bukan kalau tiba-tiba cloud yang kamu pakai mengalami kegagalan sistem dan kemudian data-data berharga di dalamnya lenyap begitu saja ?  

Cek Konten Lainnya:
Uptime Server: Definisi, Pengaruh, Cara Hitung dan Tipsnya

Demi mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk semacam itulah, sebaiknya  kamu prioritaskan pada penyedia layanan cloud yang memberikan sistem backup atau restore data. 

Pertimbangkan Masalah Fleksibilitas

Fleksibilitas itu maksudnya seperti apa? Mengapa menjadi salah satu aspek yang turut dipertimbangkan saat memilih cloud service ? 

Jadi makna dari fleksibilitas di sini adalah penyedia  mampu menawarkan layanan yang dapat kamu ubah-ubah sesuai dengan kebutuhanmu saat ini. Baik itu untuk menaikkan atau menurunkan sumber daya. 

Dengan layanan yang fleksibel memungkinkan kamu mengatasi perubahan kebutuhan bisnis dengan mudah.

Di samping itu juga memastikan bahwa sumber daya yang kamu miliki tepat sesuai dengan porsi yang tepat. Jadi tidak sampai membuat budgetmu terbuang untuk hal yang sia-sia.   

Pilih Layanan Cloud Service Terbaik di Jagoan Hosting

cloud service

Bayangkan bisnis bisa berjalan lebih lancar dengan performa maksimal tanpa harus pusing memikirkan urusan teknis. Kini, kamu bisa mewujudkannya dengan Cloud Service dari Jagoan Hosting!

cloud service

Cloud Service kami dirancang khusus untuk memberikan kemudahan integrasi dan konfigurasi, kompatibel dengan berbagai fitur, aplikasi, dan sistem operasi yang sudah sering digunakan. Dengan begitu, kamu dapat fokus pada pengembangan bisnis tanpa repot memikirkan detail teknis.

Maksimalkan performa bisnismu sekarang! Segera coba Cloud Service dari Jagoan Hosting dan rasakan kemudahan yang sesungguhnya.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan model layanan cloud (SaaS, PaaS, IaaS)?

  • SaaS (Software as a Service): Model di mana aplikasi perangkat lunak disampaikan melalui internet oleh penyedia layanan dan diakses oleh pengguna melalui browser web.
  • PaaS (Platform as a Service): Model di mana penyedia layanan menyediakan platform pengembangan dan penerapan perangkat lunak, termasuk infrastruktur, sistem operasi, dan alat pengembangan.
  • IaaS (Infrastructure as a Service): Model di mana penyedia layanan menyediakan infrastruktur IT virtual seperti server, penyimpanan, jaringan, dan mesin virtual kepada pengguna.

Bagaimana biaya layanan cloud ditentukan?

Biaya layanan cloud umumnya ditentukan berdasarkan pemakaian sumber daya, seperti jumlah server yang digunakan, penyimpanan data, lalu lintas jaringan, dan fitur tambahan seperti manajemen keamanan atau pemulihan bencana.

Apa perbedaan antara backup dan disaster recovery dalam konteks layanan cloud?

  • Backup: Proses penciptaan salinan data yang dapat dipulihkan jika data utama rusak, hilang, atau korup.
  • Disaster Recovery: Rencana dan proses untuk memulihkan operasi normal setelah terjadi kejadian bencana atau gangguan serius yang dapat mengganggu layanan IT, seperti kebakaran, banjir, atau serangan malware.
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara mengelola server
Read More
Inilah 3 Cara Lebih Mudah Mengelola Server
Selain cara membuat website, kita juga perlu tahu bagaimana cara mengelola server agar website tetap berjalan dengan stabil.…
uptime server
Read More
Uptime Server: Definisi, Pengaruh, Cara Hitung dan Tipsnya
Sebagai pemilik website bisnis tentu tidak ingin mengalami downtime karena bisa menimbulkan efek kerugian dari sisi pendapatan. Oleh…