20+ Contoh Digital Marketing untuk Sukeskan Bisnis

contoh digital marketing

Contoh digital marketing sekarang ini banyak dipraktikkan oleh pengembang bisnis baru atau pun perusahaan besar. Mengingat fungsinya yang signifikan dan efektif sekali dalam mengembangkan bisnis.

Apalagi sekarang ini sudah memasuki tahapan manusia melek terhadap perkembangan teknologi. Sehingga, hampir setiap aspek yang berkembang berlomba untuk memanfaatkan kecanggihan media digital, seperti pemasaran.

Lantas, tahukah kamu apa itu digital marketing dan contohnya? Mari cari tahu informasi selengkapnya di bawah ini, Sob. 

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah upaya pemasaran baik jasa maupun barang dengan memanfaatkan teknologi digital seperti media sosial, search engine optimization (SEO), dan juga email marketing.

Pemakaian digital marketing ini dinilai lebih unggul daripada iklan seperti radio, televisi, pamflet dan juga billboard. Sebab, jangkauannya lebih luas dan hasil berbasis datanya akurat.

Dalam membangun sebuah bisnis, paham seperti apa contoh digital marketing sangat membantu Kamu dalam memantau minat konsumen terhadap produk yang beredar di pasaran.

Berdasarkan analisa inilah, Kamu sebagai pengusaha bisa dengan mudah melakukan strategi bisnis kedepannya seperti apa.

Contoh Digital Marketing

Biar lebih jelas pembahasan mengenai contoh penerapan digital marketing seperti apa, berikut beberapa yang dapat Kamu jadikan referensi.

1. Sosial Media Marketing (SMM)

Pertama, ada SMM atau sosial media marketing yang bisa Kamu pilih untuk pemasaran secara digital.

Proses pemasaran bisnis, jasa, ataupun produk dengan media ini memanfaatkan jaringan sosial seperti Twitter, Facebook, TikTok, dan juga Instagram.

Keempat media sosial ini banyak diburu sebab memiliki pengguna terbesar dengan perkembangan sosial media yang pesat. Sebagai seorang pebisnis, pastikan Kamu menguasai trend yang sedang berkembang di sosial media.

Jadikan, tren tersebut sebagai taktik pemasaran tanpa mengeluarkan biaya cukup besar. Seperti mengikuti tren musik di TikTok. Tampilkan produk atau jasa yang Kamu tawarkan dengan backsound musik yang sedang menjadi trending topic.

2. Email Marketing

Contoh campaign digital marketing yang tidak kalah menarik untuk kamu ikuti adalah email marketing. Bagi pebisnis professional, email adalah alat komunikasi yang sangat penting.

Terbukti, melalui email marketing pemasaran produk bisa berjalan dengan efektif. Bahkan, berdasarkan beberapa data pemanfaatan email marketing mampu menghasilkan rata-rata 40x ROI (4000%) dengan pelanggan lebih dari 60%.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Chat GPT? Manfaat & Cara Menggunakannya

Melalui media satu ini, kamu sebagai pebisnis bisa menjelaskan secara detail mengenai produk yang ditawarkan. Bagi kamu yang bergerak di bidang jasa juga bisa dapat menerangkan layanan apa saja yang bisa diberikan kepada klien.

3. Pay-Per-Clicks Ads (PPC)

Berikutnya taktik pemasaran yang sedang tren dan sudah dipakai oleh banyak perusahaan adalah Pay-Per-Clicks Ads (PPC). Mode kerja iklan PPC dengan membayar setiap clicks yang telah dilakukan.

Salah satu contoh PPC yang tengah populer sekarang ini adalah Google Ads.

4. Content Marketing

Content Marketing merupakan strategi pemasaran yang fokus pada perencanaan, pembuataan, serta pendistribusian konten kepada audiens dengan mendorong tindakan yang menghasilkan keuntungan merupakan contoh konten digital marketing.

Konten marketing ini melewati proses pembuatan dan penyebaran konten secara relevan dengan memiliki nilai serta konsistensi dalam menjangkau targetnya.

5. Website Marketing

Sob, pastinya kamu sudah tahu kan apa itu website? Website ini merupakan Kumpulan halaman dengan informasi tertentu yang mudah diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja melalui akses internet.

Mudahnya akses pada website membuat halaman ini sering menjadi pilihan pebisnis untuk memasarkan konten usahanya. Bahkan, website juga punya peran bisnis dalam membangun profesionalisme perusahaan.

Melalui website marketing ini, perusahaan bisa menampilkan informasi penting untuk membantu konsumen mengetahui bisnis, menjadi ladang promosi yang hemat, serta memudahkan bisnis untuk dijangkau banyak orang.

digitalisasi bisnis pakai jagoan hosting

Tingkatkan strategi digital marketingmu dengan langkah sederhana: miliki website profesional!

Jagoan Hosting memberikan solusi lengkap dengan layanan web hosting dan domain yang andal. Dengan layanan kami, Anda bisa menghadirkan bisnis mu secara online dengan mudah.

6. Influencer Marketing

Influencer marketing menjadi contoh strategi digital marketing berikutnya. Strategi ini berjalan di mana brand akan bekerja sama dengan influencer atau seorang Key Opinion Leader (KOL) yang punya peran untuk mempengaruhi orang lain di medsos.

Menggunakan teknik ini, influencer dengan kemampuan mempengaruhi akan membantu pengikutnya untuk mengambil keputusan pembelian. Namun, sebelum itu pastikan memilih influencer yang relevan dengan brand kamu.

7. Affiliate Marketing

Kemudian, ada contoh digital marketing lainnya yaitu affiliate marketing. Program ini memberikan komisi kepada affiliate yang berhasil mempromosikan produk atau jasa melalui jalur digital, seperti media sosial ataupun website.

Affiliate marketing sendiri dinilai sangat mudah sebab siapa pun bisa menjadi marketer-nya. Hanya saja perlu diingat bahwa untuk bisa sukses sebagai affiliate, maka kamu perlu memiliki media tertentu untuk mempromosikannya.

8. Video Marketing

Perkembangan teknologi sekarang ini menjadi bentuk konten digital yang sangat berpengaruh dan paling populer. Apabila kamu melakukannya dengan cara yang benar, pemasaran melalui video akan memberi dampak positif pada bisnis.

Hanya saja sekarang ini konsumen mudah merasa bosan dengan konten yang biasa saja. Sehingga, konten video menarik sangat berpengaruh besar terhadap daya tarik konsumen, apalagi jika video tersebut meningkat pada mesin telusur.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Mikrotik? Fungsi, Jenis, Manfaat & Cara Setting

9. Mobile Marketing

Dalam membangun sebuah bisnis Kamu membutuhkan kreativitas tinggi dan melihat kebutuhan pasar. Saat ini pengguna handphone jauh lebih banyak dibandingkan PC atau laptop.

Mengingat handphone bisa orang tua pakai, sedangkan mengoperasikan laptop tidak semua orang dapat melakukannya. Oleh karena itu, kamu bisa mengusung pemasaran dengan mobile marketing.

Pemanfaatan ini dengan cara mengoptimalkan website atau strategi marketing perusahaan untuk perangkat mobile. Contohnya seperti menggunakan SMS marketing, mobile-friendly website, hingga push notifications.

10. Remarketing

Berikutnya Kamu juga bisa memanfaatkan remarketing sebagai contoh digital marketing yang efektif di era teknologi sekarang ini. Pasalnya, dengan media ini kamu bisa menampilkan iklan kepada orang yang mengunjungi website.

Selain itu, media ini juga memungkinkan pelanggan untuk melakukan interaksi dengan produk atau layanan yang kamu sediakan. Saat ini, contoh remarketing yang berkembang pesat adalah Facebook Ads dan Google Ads.

11. Chatbots

Siapa yang tidak mengenal chatbots? Jenis pemasaran satu ini paling banyak pebisnis gunakan dalam website perusahaannya. Keberadaan chatbots memungkinkan pelanggan berkomunikasi kapan pun.

Apalagi chatbots memberikan layanan pelanggan selama 24/7 serta menjawab pertanyaan umum yang klien lontarkan. Keberadaan dari chatbots sendiri sebenarnya memudahkan admin perusahaan dalam berinteraksi bersama klien.

Sebab, mereka bisa fokus menjawab pertanyaan-pertanyaan menjurus yang tidak diatur di dalam chatbots. Selain di website, kamu bisa menemukan chatbots di aplikasi WhatsApp (terutama WhatsApp bisnis) dan juga Facebook Messenger.

12. Template Video TikTok

Daripada platform media sosial lainnya, saat ini TikTok menjadi platform populer nomor satu dengan jumlah unduhan terbanyak.

Adanya platform satu ini memungkinkan kamu untuk meningkatkan brand awareness kepada pembeli melalui aplikasi TikTok. 

Di sini, kamu juga bisa membuat template video TikTok serta beberapa challenge agar bisa menentukan campaign yang tepat.

Salah satu contoh digital marketing campaign dengan memanfaatkan template video TikTok ini bisa menjadi salah satu cara optimal dan dapat kamu implementasikan sebagai media pemasaran.

13. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan bentuk usaha untuk memunculkan visibilitas bisnis secara gratis pada website perusahaan. Untuk menerapkan konsep ini maka pebisnis perlu memiliki website user-friendly dengan penyesuaian branding.

Jangan lupa lakukan riset keyword dan targetkan konten bisnis kamu muncul di SERP.

14. Search Engine Marketing (SEM)

Selanjutnya ada juga SEM yang berfokus pada iklan berbayar di mesin pencari. Cara kerjanya dengan membeli traffic, sehingga apabila ada yang klik iklan di website kamu, kamu perlu membayar mesin pencari.

Fungsi dari SEM sendiri cukup krusial dalam membantu website kamau untuk muncul di halaman pertama mesin pencari.

15. Gamification

Kemudian, ada salah satu contoh konsep digital marketing yang sangat unik tetapi signifikan dalam pemasaran yaitu gamification. Konsep ini mengusung pemakaian game dalam strategi marketingnya dalam meningkatkan keloyalan konsumen.

Kamu bisa menemukan contoh pemasaran ini dalam interactive quizzes atau gamified loyalty programs.

Cek Konten Lainnya:
Meningkatkan Kualitas Akun Instagram Lewat Feed? Lakukan 5 Tips Berikut!

16. Voice Search Optimization

Hal yang belum banyak terpikirkan oleh pengusaha adalah mengoptimalkan website perusahaan dengan keberadaan mesin pencari. Melalui voice search optimization, pelanggan di website tidak perlu mengetik pencariannya.

Pelanggan hanya perlu melafalkan kata kunci long-tail atau natural language.

17. Endorse Channel YouTube

YouTube saat ini seakan menjadi pengganti televisi. Fungsinya yang cukup krusial dalam menyampaikan informasi terkini dengan beragam live streamingnya membuat pengguna YouTube terus meningkat.

Bahkan, beberapa youtuber juga menampilkan konten menarik sehingga mendapat penonton tinggi serta engagement yang besar. Melihat kondisi ini, sebagai pebisnis kamu seharusnya menjadikannya sebagai peluang.

Lakukan endorse di channel youtube yang memiliki potensi. Nantinya produk atau layanan kamu akan lebih cepat dikenal banyak calon pembeli. Tentunya kamu juga perlu melakukan pengemasan marketing secara menarik, ya.

18. Local SEO

Mengusung kinerja yang tidak jauh berbeda dari SEO pada umumnya kamu juga bisa memanfaat local SEO sebagai upaya untuk meningkatkan visibilitas bisnis dalam pencarian lokal.

Fokus target dari bisnis ini adalah pelanggan di lingkungan sekitar kamu. Media ini paling cocok untuk kamu yang mengusung usaha kuliner di satu daerah, atau bisnis seperti resort dan hotel.

Beberapa sistem yang bisa kamu manfaatkan seperti keberadaan dari building local backlinks, Google My Business listing, dan creating location-specific content.

19. Public Relations (PR)

Berikutnya ada public relations (PR) sebagai salah satu contoh digital marketing lainnya. Adanya public relations ini membantu kamu untuk menyebarluaskan bisnis melalui bantuan media atau publikasi berita.

Cara pemasaran satu ini paling cocok menargetkan usia 30-40 tahunan. Mengingat orang dengan usia matang paling senang membaca berita dibandingkan informasi umum lainnya seperti di media sosial.

Beberapa contoh public relations ini seperti press release.

20. Virtual Reality (VR) and Augmented Reality (AR)

Pengembangan digital marketing sekarang ini sangat pesan, dengan kecanggihan teknologi kamu bisa memanfaatkan VR dan AR untuk memberikan pengalaman yang menarik dan interaktif bagi pelanggan. Seperti AR filters dan VR product demos.

21. Instagram Influencer

Terakhir, contoh digital marketing yang banyak perusahaan gunakan adalah Instagram influencer. Memanfaatkan seorang selebgram untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa adalah teknik pemasaran yang efektif di era sekarang ini.

FAQ

Apa manfaat digital marketing?

Menjangkau pasar lebih luas serta menjadi media pendekat antara perusahaan dan pelanggan.

Pilar dalam digital marketing apa saja?

User-journey, jalur digital, dan konten kreatif.

Apa contoh digital marketing yang paling efektif?

Tergantung pasar yang kamu tuju. Misal menargetkan anak muda maka bisa memilih konten marketing yang memanfaatkan sosial media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Apa itu UTM Link
Read More
Apa itu UTM Link? Fungsi dan Cara Buatnya
Menjadi seorang blogger atau pemilik website, tentu kamu ingin melakukan analisa mendalam terkait trafik konten. Salah satunya dengan…
remarketing
Read More
Apa itu Remarketing? Contoh dan Bedanya dengan Retargeting
Dalam dunia pemasaran online, remarketing atau pemasaran ulang menjadi hal penting sebagai strategi demi menarik pelanggan. Strategi ini…