11+ Contoh Email Penawaran Produk dan Cara Buatnya

contoh email penawaran produk

Halo, Sob! Sedang mencari contoh email penawaran produk untuk strategi marketing bisnis kamu? Bisa banget cek narasi yang pas banget buat nawarin produk lewat email di artikel ini.

Memakai email marketing buat nawarin produk bisnismu itu bagus, loh. Laman SiteSeeker menjelaskan soal pemasaran lewat surel ini bisa memberikan dampak positif buat bisnis.

Utamanya karena metode ini mampu membuat bisnismu bisa tetap terhubung dengan setiap audiens. Selain itu, juga mampu menjangkau calon konsumen secara real-time. Itu sebagian keuntungan dari email marketing. Lainnya? Banyak!

Pentingnya Membuat Email Penawaran Produk

Sedikit mengetahui poin keuntungan ketika menawarkan produk dengan email marketing, mungkin belum membuatmu sadar bahwa upaya ini begitu penting. Selain keuntungan di atas, ini juga yang bisa kamu dapatkan:

  • Mendulang traffic website bisnis kamu
  • Tetap terhubung dengan pelanggan loyal
  • Bisa membangun relasi dengan pelanggan
  • Komunikasi yang terpersonalisasi
  • Hemat budget
  • Mendapatkan hasil data lebih cepat
  • Jauh lebih efektif dari sosial media
  • Bisa diotomatisasi

Nah, dengan menghasilkan paragraf terbaik dari bisnismu untuk memasarkan produk lewat email, maka keuntungan di atas bisa kamu peroleh.

Contoh Email Penawaran Produk dengan Formula Terbaik!

Sekarang, waktunya langsung belajar ke contoh email marketing penawaran produk. Sudah ada formulasi terbaik yang bisa menjadi referensimu. Penasaran? Ini contohnya:

Contoh Email Marketing Penawaran Produk

Subject: Penawaran Produk (A) Spesial Dear (Nama penerima)

Selamat pagi dari (Nama perusahaanmu)!

Kami memahami begitu penting untuk merawat kulit di kehidupan sehari-harimu. Maka, dengan bangga kami ingin mengenalkan produk spesial kami sebagai solusi terbaik untuk kebutuhan kulit lebih glowing dan bersih.

Ada bahan-bahan terbaik yang telah diseleksi demi mendukung kualitasnya, ada kandungan yang mampu menahan dampak langsung terkena sinar matahari, dan kami menjamin dalam dua bulan, kulitmu bisa berubah drastis.

Dengan bangga pula, kami ingin memberikan apresiasi pada pelanggan setia yang hanya kami berikan pada penerima email satu ini:

  • Prosentase diskon terbaik (Sebutkan prosentasenya)
  • Gratis produk ABCD

Jika ingin memanfaatkan kesempatan email penawaran ini, langsung kunjungi website (Domain website perusahaan) dan gunakan kode promo ini (Kode Promo).

Contoh Surat Penawaran Lewat Email untuk Kerja Sama

“Subjek: Offering Perjanjian Kerja Sama

Isi Email:

Kepada PT. Abadi Jaya

Kami PT. Maxlift Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penyewaan alat berat demi kebutuhan proyek. 

Lewat email ini, kami ingin mengajak kerja sama untuk memilih kami sebagai supplier alat berat untuk semua kebutuhan proyek.

Pilihan alat berat yang kami miliki sangat bervariasi. Lebih detailnya, kami akan melampirkan dokumen atas spesifikasi dari semua alat berat yang ada. Bisa juga dengan cek maxliftindonesia.com jika ingin memahami pengalaman kerja kami.

Hormat Saya Robert Tampubolon

CEO PT. Maxlift Indonesia”

Contoh email marketing penawaran produk alat berat ini bisa juga kamu konsep dengan subjek ‘Kerja Sama’ untuk memperhalus upaya penawaran produk.

Cek Konten Lainnya:
10 Tips Meningkatkan Performa Pengiriman Email Bisnismu

Contoh Email Penawaran Harga

Ingin menawarkan harga spesial? Cobalah memakai contoh email offering satu ini:

Dear (Nama Klien),

Terima kasih atas minat pada perusahaan kami dan sudah menghubungi untuk memperoleh penawaran harga produk. Kami sangat menghargai upayamu dan dengan bahagia, kami akan memberikan informasi harga.

Berikut brosur harga barang yang diminta:

  • Kusen aluminium: Harga Satuan: Rp2.000.000. Jumlah order minimum: 5 unit
  • Meja makan aluminium: Harga Satuan: Rp5.000.000

Harga dalam brosur masih belum termasuk cost pengiriman dan penanganan. Estimasi pengerjaan dan pengiriman hingga sampai rumah, kurang lebih 2 minggu setelah mengkonfirmasi pesanan.

Salam Hangat, (Namamu)

Contoh Email Permintaan Penawaran Harga

Selain beberapa contoh di atas, kamu juga bisa kok menggunakan referensi satu ini jika tetap ingin menanggapi permintaan atas penawaran harga yang klien inginkan:

Dear Klien kami tercinta,

Kami menulis ini berdasarkan hati yang penuh kebahagiaan untuk merespon permintaan atas penawaran harga terbaik dari kami. Berikut detail harga terbaik yang bisa kamu pilih:

  • Televisi LED UHD 4K: Rp4.500.000
  • Laptop Acer: Rp6.239.000
  • Pembuat kopi Pod K-Cup: Rp1.524.000

Besar harapan kami untuk segera mendapatkan respon atas permintaan selanjutnya agar pesanan bisa segera kami proses.

Terima kasih

(Namamu)”

Contoh Email Penawaran Produk dalam Bahasa Inggris

Dear (client name),

Thank you for your support of our toothpaste company. We are happy to offer you the best offer on toothpaste products at special prices. Here the list of price we could offer for you:

Total Advanced Toothpaste:

  • Unit price: Rp25.000

MaxFresh Crystal Toothpaste

  • Unit Price: $37.400

If you are interested in this product, you are entitled to the following benefits:

  • 5% discount for orders above IDR 230,000
  • 10% discount for orders above IDR 470,000
  • 15% discount for orders above Rp. 975,000

Not including shipping costs, but we ensure the price remains affordable. Regards,

(Your name)

Dengan contoh email penawaran produk yang berbahasa Inggris ini, mungkin produkmu bisa menjangkau pasar yang jauh lebih luas sampai ke luar negeri.

Contoh Email Penawaran Produk ke Perusahaan

“Subject: Kerja Sama Kepada,

PT. Matahati

Izinkan kami memperkenalkan diri sebagai usaha yang telah cukup lama bergerak dalam bidang penyuplai kebutuhan alat tulis kantor/ATK. Perusahaan kami melayani beragam kebutuhan dan jenis usaha dari skala kecil hingga besar.

Dengan kelengkapan ATK yang tersedia, kami bisa membantu siapa saja dengan harga serta kualitas ATK terbaik. Baiknya kunjungi jenis produk dan katalog lengkap di website kami www.matahatiatk.com.

Lewat email ini, kami bermaksud mengajak kerja sama yang memposisikan PT. kami untuk menyuplai berbagai kebutuhan ATK.

Hormat Saya William Julianto”

Contoh Email Follow Up Penawaran Produk

Jika kamu butuh contoh email penawaran produk untuk follow up, maka contoh ini bisa digunakan, Sob:

“Subjek: Sudahkah kamu membaca penawaran kami?

Halo, teman.

Saya dari perusahaan A yang menawarkan produk terbaik untukmu ke email, ingin bertanya. Apakah telah menerima dan membaca setiap penawaran dari kami? Adakah pertanyaan yang menyangkut kebutuhan khusus dan ingin kamu diskusikan?

Kami ingin memastikan jika penawaran yang ada, telah sesuai dengan anggaran dan kebutuhanmu. Jika tertarik dengan setiap penawaran dari kami, bisa langsung menghubungi saya kembali lewat email ini atau lewat nomor telepon perusahaan.

Terima kasih,

(Namamu)”

Contoh Email Menawarkan Kerjasama ke Perusahaan Lain

Masih belum cukup dengan beberapa contoh email untuk menawarkan kerja sama di atas, Sob? Kalau belum, mari simak contoh lainnya:

“Kepada Yth,

Pimpinan PT Jaya Sejahtera

Kami merupakan PT Desain Sampoerna yang berfokus dalam bidang jasa marketing dengan kelengkapan layanan. Mulai dari produksi iklan, logo, iklan, sampai dengan urusan bahan-bahan promosi cetak.

Dengan adanya email ini, maka izinkan kami menawarkan proposal kerja sama dengan perusahaan yang tengah Bapak/Ibu pimpin ini dalam hal jasa branding.

Portofolio dan hasil kerja kami sudah tersedia lengkap di www.desainsampoerna.com jika ingin melihat kualitas dan kinerja kami.

Terima kasih,

(Namamu)”

Email Blast untuk Menawarkan Produk dari Duolingo

Metode email blast tentu sama dengan email marketing. Bedanya, blast mengacu pada upaya mengirim email dengan narasi yang sama kepada banyak orang sekaligus. Jika ingin melakukan ini, maka contoh email dari Duolingo ini bisa jadi referensi:

Cek Konten Lainnya:
5 Cara Email Blast agar Open Rate Tinggi dan Contohnya

Duolingo menjadi aplikasi edukatif jika ingin belajar berbahasa asing hanya lewat ponsel pintar. Dalam newsletternya, bisa kamu jadikan contoh email penawaran produk yang begitu menarik.

Ada burung hantu yang menjadi ikon khasnya, plus teks singkat untuk motivasi menjadikan newsletter satu ini jadi tampak sederhana tapi tetap menarik.

Contoh Email Marketing dari Bank Jago

Tahu Bank Jago? Mereka mengeksekusi email untuk kebutuhan penawaran produknya dengan sangat baik. Contohnya ini:

Email di atas, isinya mengenai promosi yang tengah mereka langsungkan dan dikirim pada semua pengguna layanan. Jika pakai Bank Jago, maka bisa dapat email promosi satu ini.

Email Promosi di Hari Ulang Tahun dari Zalora

Salah satu metode untuk menjaga hubungan dengan pelanggan bisa dengan cara ini. Email ulang tahun bisa menjadi contoh yang begitu menarik.

Isi email penawaran produk ini cuma ucapan selamat ulang tahun serta promo khusus untuk dapat diskon sebagai hadiah ulang tahun pelanggannya. Mengeratkan hubungan dengan cara ini, mampu tingkatkan loyalitas dari pelangganmu, loh!

Email Marketing dari BlueBird

Udah tahu BlueBird yang perusahaan taksi itu, kan? Jika udah tahu, mereka pernah mengirimkan email semacam ini. Di sini, BlueBird memberikan informasi jika mereka sedang mengadakan promo dalam aplikasinya.

Dari email ini juga, mereka sekaligus mengabarkan bahwa BlueBird juga mengadakan kerja sama GoPay yang jika membayar tarif dengan GoPay, maka kamu bisa dapat cashback plus diskonnya dengan kode promo.

Contoh Email Penawaran Produk dari Bibit

Udah tahu perusahaan Bibit, kan? Mereka juga menerapkan strategi email marketing. Lengkap juga kok contoh di atas. Ada CTA dan ada informasi penerbitan SBN Ritel yang memang menjadi produk utama mereka.

Cara Membuat Email Penawaran Produk

Berencana membuat email penawaran produk kamu sendiri? Jika iya, sebaiknya pahami metode pembuatannya agar kata-kata dan kalimat yang kamu pakai berbeda dengan yang sudah kami contohkan. Jika penasaran, ini caranya:

Harus Jelas Ketika Menuliskan Subjek

Metode pertama dalam pembuatannya pastinya dengan menulis subjek secara jelas. Kamu mungkin telah mengamati beberapa contoh email penawaran produk di atas, ada satu ciri khas yang tidak pernah terlewat: penulisan subjek.

Benar jika penulisannya harus jelas karena dengan menuliskan subjek, artinya kamu telah mengutarakan tujuan utama dari terkirimnya email tersebut.

Pakai kalimat yang sederhana ketika menulis subjek agar pihak yang menerimanya tidak mengabaikan email yang kamu kirim.

Perkenalkan Siapa Kamu

Dalam struktur email penawaran produk pada umumnya, setelah penulisan subjek ada pengenalan diri.

Pengenal ini begitu penting, apalagi jika kamu baru saja mengirim email untuk pertama kali. Wajib banget mengirim ini agar kamu mendapatkan notice terbaik dari pihak yang mendapatkan email.

Bisa langsung menyebutkan perusahaan, namamu, bahkan juga posisimu. Kemudian, barulah dilanjut dengan menyampaikan apa yang kamu atau perusahaanmu inginkan.

Tujuan dari tahapan ini adalah memberikan dampak dan kesan positif untuk bisnis kamu ke depannya.

Barulah Sampaikan Apa Tujuanmu

Dalam pengiriman email, sudah tentu ada tujuan atas upaya yang kamu lakukan. Nah, setelah mengenalkan diri dan maksud dari email, barulah tujuan spesifik bisa kamu sampaikan setelahnya.

Cek Konten Lainnya:
10+ Penyedia Email Gratis, Selain Pake Gmail

Penerima email mungkin saja tak memiliki banyak waktu buat baca. Maka, pertimbangkan pakai kata-kata dengan kalimat langsung, padat, dan informatif.

Langsung sampaikan saja dengan jelas. Harap perhatikan juga kesopanan ketika menuliskannya.

Re-check

Sebelum kamu mengirim, ada baiknya melakukan re-check atau pengecekan dua langkah karena ini berguna untuk memastikan tak ada kesalahan dari segi penulisan.

Pastikan juga jika tak terdapat kesalahan penulisan subjek, nama penerima, dan juga isi dari setiap kalimat yang kamu tulis.

Saat telah yakin dengan semua isi dalam email, maka silakan kirim langsung email ke penerimanya dan tunggulah balasan positif dari mereka.

Tips Menulis Email Penawaran Produk

Sudah paham, kan, soal tahap penulisan atau cara pembuatannya? Sekarang, baru nih bisa kamu cek cara terbaik jika ingin email penawaran produk kamu jadi lebih baik dan menarik:

Berikan Tampilan Responsif

Maksud dari tips ini adalah kamu wajib memperhatikan tingkat kenyamanan dari penerima ketika akan membacanya.

Email yang kamu buat, wajib sesuai dengan tampilan pada berbagai device. Nah, untuk caranya bisa dengan memaksimalkan resolusi dari tampilannya agar dalam kualitas tinggi dan terbaik.

Apa saja jenis device yang kamu gunakan, maka pastikan jika menyertakan gambar, grafik, atau warna di dalamnya harus berkualitas baik.

Bijaklah dalam Memilih Kata

Memperhatikan pemilihan kata juga sangat berpengaruh terhadap kualitas dari email yang kamu kirim.

Bijaklah memilih kata dengan cara memaksimalkan metode copywriting ketika ingin mengirim email.

Kata-kata di subjek bisa jadi hook agar orang yang menerimanya bisa langsung memperhatikan email yang kamu kirimkan.

Tak menggunakan kata dengan kerumitan dan sulit dimengerti juga menjadi poin plus agar lebih mudah memahami pesanmu.

Rangkaian kata yang kamu bangun dalam email sebisa mungkin tak membingungkan setiap pembaca.

Bubuhkan Call-to-Action

Selanjutnya, elemen penting tambahan yang bisa kamu coba adalah membubuhkan Call-to-Action/CTA.

Maksud dari CTA ini berupa tombol atau bisa juga hyperlink yang dapat terhubung secara langsung ke laman website bisnismu.

Penggunaan dan pembubuhan CTA akan membuat audiens terdorong melakukan sesuatu. Pelajarilah soal CTA untuk mendapatkan pemahaman yang jauh lebih baik.

Tentukan Jenis Email Sedari Awal

Dari berbagai macam contoh email penawaran produk yang sudah kami siapkan, kamu mungkin paham betul bahwa jenis emailnya berbeda-beda dan memang bervariasi.

Sebelum mengirim dan memformulasi emailnya, penting menentukan jenis email dari awal. Apakah ingin jenis email newsletter, email ulang tahun, penawaran khusus, atau juga promosi.

Penting memperhatikan ini sesuai dengan target dan tujuan audiens yang menerimanya.

Itulah yang bisa kami bahas soal contoh email penawaran produk sampai dengan tahapan pembuatannya. Semoga tipsnya juga membantu, ya!

Buat Email Penawaran Produk Lebih Profesional

email bisnis

Kamu ingin penawaran produkmu terlihat lebih profesional dan terpercaya?

Dengan Email Hosting dari Jagoan Hosting, kamu bisa meningkatkan citra bisnismu hanya dengan satu langkah mudah!

Bayangkan calon pelangganmu menerima email dari domain bisnismu sendiri, bukan dari layanan email gratisan. Ini akan:

  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan
  • Menunjukkan keseriusan bisnismu
  • Memberikan kesan pertama yang positif
  • Meningkatkan peluang konversi penjualan

Jangan tunggu lagi! Tingkatkan citra profesional bisnismu sekarang juga dengan Email Hosting dari Jagoan Hosting.

FAQ

Apa pentingnya email marketing?

Demi memformulasikan email terbaik dan terpersonalisasi. Bisa juga untuk tetap terhubung dengan klien/pelanggan/audiensmu.

Bagaimana cara membuatnya?

Cukup perhatikan penulisan subjek, perkenalan diri, penulisan tujuan, dan juga bubuhkan CTA demi membuat penerima melakukan sesuatu.

Apa saja jenis email promosi?

Ada limited time offers email, newsletter, product launch email, giveaway email, seasonal campaign, dan banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
aplikasi email marketing
Read More
12+ Aplikasi Email Marketing Terbaik di 2024
Aplikasi email marketing membuat pengiriman pesan promosi dan kampanye marketing jadi jauh lebih mudah. Hal tersebut sangat menguntungkan…
Bisnis Offline ke Online
Read More
8 Cara Mudah Jadikan Bisnis Offline ke Online
Pada zaman industri 4.0 digitalisasi bisnis harus dilakukan, Kamu harus menjadikan bisnis offline ke online untuk terus bersaing.…