Jagoan Hosting Diskusi Tentang Kebutuhan Kurikulum Industri 

Jagoan Hosting Diskusi Tentang Kebutuhan Kurikulum Industri

Jagoan Hosting Diskusi Tentang Kebutuhan Kurikulum Industri di Politeknik Negeri Malang (Polinema) kampus Lumajang. Disini, Full Stack Programmer Jagoan Hosting memberikan pemahaman mengenai potensi pekerjaan di bidang teknologi informasi kepada mahasiswa. 

Selengkapnya, baca artikel ini yah!

Tren Teknologi Terkini

Seiring berjalannya waktu, teknologi terus berkembang. Kekinian, terdapat update terbaru mengenai digitalisasi, antara lain:

Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) adalah cabang dari ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan sistem yang dapat melakukan tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia.

AI mencakup berbagai teknologi seperti machine learning, natural language processing, dan computer vision, yang memungkinkan mesin untuk belajar dari data, mengenali pola, membuat keputusan, dan bahkan berkomunikasi dengan manusia. 

Dengan AI, perangkat dan aplikasi dapat menjadi lebih cerdas dan mampu beradaptasi secara otomatis berdasarkan informasi yang mereka terima.

Internet of Things (IoT)

Internet of Things (IoT) adalah konsep di mana berbagai perangkat fisik terhubung ke internet dan mampu mengumpulkan serta bertukar data. Perangkat ini bisa mencakup segala sesuatu mulai dari alat rumah tangga, kendaraan, hingga perangkat industri. 

Dengan konektivitas ini, IoT memungkinkan otomatisasi dan peningkatan efisiensi dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari dan industri. Misalnya, smart home devices dapat diatur dan dipantau melalui aplikasi smartphone, dan sensor pada mesin pabrik dapat memberikan data real-time untuk pemeliharaan preventif.

Big Data Analytics

Big Data Analytics merujuk pada proses pemeriksaan sejumlah besar data yang beragam untuk mengungkap pola tersembunyi, korelasi yang tidak terlihat, dan wawasan lainnya yang dapat membantu pengambilan keputusan bisnis. 

Cek Konten Lainnya:
Jagoan Poin untuk Pelanggan Setia, Bikin Untung Nggak Main-Main!

Data yang dianalisis bisa berasal dari berbagai sumber, termasuk media sosial, transaksi penjualan, sensor, dan banyak lagi. Dengan teknik analitik yang canggih, perusahaan dapat mengidentifikasi tren pasar, memahami perilaku konsumen, meningkatkan operasional, dan bahkan mengembangkan produk baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Cloud Computing

Cloud Computing adalah model komputasi di mana sumber daya komputasi seperti server, penyimpanan, dan aplikasi disediakan melalui internet. Alih-alih menggunakan server fisik dan infrastruktur lokal, pengguna dapat mengakses dan mengelola sumber daya ini dari mana saja melalui internet. 

Cloud computing menawarkan fleksibilitas, skalabilitas, dan efisiensi biaya, karena perusahaan tidak perlu berinvestasi besar dalam perangkat keras dan perangkat lunak sendiri. Layanan cloud biasanya dibagi menjadi tiga kategori utama: Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS), dan Software as a Service (SaaS).

Potensi Pekerjaan

Terdapat beberapa potensi pekerjaan baru yang mengikuti perkembangan zaman, antara lain:

Remote Working

Banyak perusahaan yang mengadopsi model kerja full remote dan hybrid dengan tetap mengedepankan kolaborasi.

Cyber Security

Dengan banyaknya bisnis yang melakukan transformasi digital, maka pengamanan data dan sistem diperlukan untuk menghindari dari ancaman siber.

Software Engineer

Back-End Developer

Back-End Developer adalah seorang programmer yang fokus pada pengembangan dan pemeliharaan sisi server dari sebuah aplikasi atau situs web. Mereka bekerja dengan database, server, dan aplikasi yang tidak terlihat oleh pengguna akhir, memastikan bahwa semua fungsi dan logika berjalan dengan lancar.

Front-End Developer

Front-End Developer adalah seorang programmer yang mengkhususkan diri dalam pengembangan sisi klien dari sebuah aplikasi atau situs web, yang berhubungan langsung dengan tampilan dan interaksi pengguna.

Full Stack Developer

Full Stack Developer adalah seorang programmer yang memiliki keahlian di kedua sisi pengembangan, baik back-end maupun front-end. Mereka mampu menangani seluruh spektrum pengembangan aplikasi atau situs web, dari desain antarmuka pengguna hingga logika server dan database. 
Artikel tersebut merupakan ringkasan Jagoan Hosting Diskusi Tentang Kebutuhan Kurikulum Industri. Ikuti terus event kami.

Cek Konten Lainnya:
Jagoan Hosting Partisipasi di Bimtek Perlindungan Data 

-->
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
mebiso talk april
Read More
Event: How to increase your sales with BukaLapak
Apakah Anda masih penasaran dengan sistem pemasaran via Buka Lapak, yaitu salah satu marketplace besar yang namanya sedang…
strategi bisnis era digital
Read More
Tips Menyusun Strategi Bisnis di Era Digital dengan Website
Dalam era percepatan teknologi, pelaku usaha wajib memiliki strategi bisnis di era digital. Ini menjadi hal yang krusial…