Mengenal Domain MY ID: Harga dan Cara Daftarnya

domain my id

Ketika kamu ingin membuat sebuah website, maka domain adalah alat penting yang paling dibutuhkan. Salah satu jenis domain yang paling umum digunakan oleh pemula karena harganya yang terjangkau adalah domain my id.

Domain satu ini pertama kali hadir di tahun 2019 lalu oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia atau PANDI. Keberadaan domain ini sebenarnya untuk usaha mikro yang ingin menjadikan website sebagai strategi pemasaran yang efektif.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi banyak orang ingin beli domain my id sebagai personal website dan portofolio. Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang domain satu ini, kamu bisa lihat informasi lengkapnya pada artikel di bawah ini,

Apa itu Domain MY ID?

Sob, tahu nggak sih kamu apa itu domain my id? Secara sederhana, kamu bisa menjabarkan kalau domain my id adalah salah satu ekstensi dari PANDI yang berhasil dikeluarkan dengan rate pengguna cukup signifikan.

Namun, pada awal pengesahannya, my id lebih banyak digunakan oleh UMKM yang ingin membangun branding melalui situs websitenya.

Peresmian domain ini melihat dari latar belakang usaha mikro Indonesia yang mengalami peningkatan keuntungan dari pembuatan website. Belum lagi dukungan masyarakat yang sangat luas dengan pemakaian internet.

Maka, dapat dipastikan bahwa penggunaan website sebagai media branding usaha mikro memiliki peluang yang sangat besar.

Cek Konten Lainnya:
Ini Cara Membuat Database MySQL di phpMyAdmin, Mudah!

Seiring dengan pemakaiannya yang meluas, domain my id juga banyak dilirik oleh personal blogger karena harganya yang terjangkau dan cukup efektif untuk membangun sebuah website informatif.

Berapa Harga Domain MY ID?

Daripada domain ID lainnya, .myid memang cenderung lebih bersahabat di kantong. Rentangnya hanya berkisar Rp100.000-an.

Salah satu penyedia domain yang menawarkan domain my id dengan harga murah adalah Jagoan Hosting.

Meski begitu, dengan berkembangnya teknologi yang semakin cepat dan pengguna my id yang melejit membuat adanya perubahan harga pada domain satu ini. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena rentang harganya masih sangat terjangkau sekali.

Berdasarkan informasi dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Jagoan Hosting sebagai salah satu penyedia domain populer di Indonesia menerangkan beberapa perubahan yang terjadi per 1 Juli 2024 nantinya.

Di mana, biaya perpanjangan nama domain akan berubah menjadi Rp50.000. Sedangkan untuk harga registrasi domain per 1 Januari 2025 (pendaftaran dan perpanjangan nama domain my.id berubah jadi Rp50.000).

Cara Daftar Domain MY ID

Sob, apakah kamu tertarik mendapatkan domain my id untuk kebutuhan website pribadi atau usaha mikro? Yuk, ikuti panduan daftar domainnya di bawah ini:

1. Pilih Penyedia Domain yang Terpercaya

domain my id

Langkah pertama sebelum kamu mendaftarkan domain, maka pilih dulu penyedia yang terpercaya. Pastikan bahwa penyedia domain merupakan perusahaan yang memiliki reputasi baik dan terpercaya.

Contoh penyedia domain id terbaik dan populer di Indonesia adalah Jagoan Hosting.

2. Cek Ketersediaan Nama Domain

Selanjutnya, untuk mendaftar kamu harus memiliki nama domain terlebih dahulu. Oleh karena itu, periksa ketersediaan nama domain yang kamu inginkan. Manfaatkan tools cek domain di website Jagoan Hosting sebagai penyedia domain.

3. Buat Akun

Berikutnya, kamu bisa membuat akun di website Jagoan Hosting. Nantinya, kamu akan diminta untuk mengisi beberapa informasi penting seperti nama, nomor telepon, dan alamat email.

Cek Konten Lainnya:
Perbedaan Domain .COM vs .ID, Pilih yang mana?

4. Pilih Paket Domain

Apabila sudah berhasil membuat akun, sekarang saatnya untuk memilih nama dan paket domain yang kamu inginkan. Jagoan Hosting menyediakan variasi harga domain sesuai kebutuhan.

Di sini, kamu juga bisa menemukan domain my id murah pada paket yang diberikan.

5. Lakukan Pembayaran

Jika seluruh poin di atas sudah kamu lakukan, kini saatnya untuk melakukan pembayaran. Ada banyak metode pembayaran yang bisa kamu gunakan, mulai dari transfer bank, e-wallet, ataupun pakai kartu kredit.

6. Verifikasi

Selesai melakukan pembayaran, kamu harus memverifikasi informasi kamu. Nantinya penyedia domain – pihak Jagoan Hosting akan mengirimkan email verifikasi ke alamat email yang sudah kamu daftarkan.

7. Proses Selesai

Setelah berhasil mengikuti langkah-langkah di atas, kini domain .my id kamu sudah terdaftar. Sekarang kamu sudah bisa membuat website pribadi ataupun branding pada usaha mikro yang kamu miliki.

Kelebihan Domain MY ID

Sob, penasaran nggak sih apa kelebihan dari domain my id? Biar kamu tahu, berikut beberapa hasil rangkumannya:

1. Harga Terjangkau

Kenapa .my.id banyak sekali digunakan oleh pemula? Karena harganya yang terjangkau dan cocok di kantong pemula. Apalagi jika kamu baru merintis website.

Cukup dengan Rp20.000 saja, kamu bisa menikmati website dengan nama unik sesuai pilihan.

2. Proses Pendaftaran Mudah

Selain murah, domain my id juga menawarkan proses pendaftaran yang mudah. Berada di bawah pengelolaan PANDI, kamu sebagai pengguna cukup menyiapkan email aktif ketika ingin mendaftar my.id. Nggak perlu cantumkan identitas pribadi, loh.

3. Mempunyai Nama Domain yang Bervariasi

Tidak jauh berbeda dari domain ID lainnya, .my.id juga menawarkan berbagai nama yang bagus dan bebas kamu pilih sesuai kebutuhan. Bahkan, kuota .my.id jauh lebih banyak karena penggunanya masih sedikit sekali.

4. Branding Personal

Selanjutnya, kelebihan dari .my.id cocok untuk membangun website professional, loh. Apalagi kamu ingin mempresentasikan dirimu dengan portofolio yang menarik, .my.id bisa jadi salah satu solusi yang tepat.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Website di HP, Mudah dan Praktis Tanpa PC

Tidak heran kalau banyak usaha mikro memanfaatkan .my.id untuk branding. Jika kamu membangun blog pribadi, maka bisa menggunakan domain satu untuk membuat konten relevan. Jangan lupa memaksimalkan kelebihan domain ini, ya.

5. Optimasi SEO Mudah

Berikutnya, kelebihan dari my.id adalah mampu meningkatkan performa SEO. Sehingga, kamu pun bisa melakukan optimasi dengan mudah. Hal ini bisa terjadi karena domain sudah Google akui secara resmi.

Kekurangan Domain My Id

Selain memiliki kelebihan, domain my id juga punya kekurangan yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum membelinya, antara lain:

1. Secara Geografis Terbatas

Pertama, domain satu ini hanya bisa digunakan oleh perusahaan maupun perseorangan yang bertempat tinggal di Indonesia saja. Sehingga, secara bisnis online dengan jangkauan Internasional, My.Id kurang bisa diandalkan.

2. Kalah Terkenal dengan Domain Lainnya

Kemudian, masih jarang sekali orang mengenal dan menggunakan .my.id. Ekstensi ini kalah populer dibandingkan domain lainnya seperti .ID, .COM, hingga .NET.

Sedikit banyak, kondisi ini pastinya mempengaruhi visibilitas dan kredibilitas dari situs website yang kamu bangun di mata pengguna internet.

Nah, demikianlah beberapa pembahasan menarik seputar domain my id yang bisa kamu jadikan pengetahuan tambahan. Untuk menggunakannya baik secara pribadi ataupun kebutuhan bisnis, kamu bisa mempertimbangkan informasi di atas.

FAQ

Domain My id cocok untuk apa?

My Id menjadi salah satu domain khusus yang cocok untuk bisnis, industry menengah, ataupun audiens lokal.

Berapa harga domain my.id?

Rentang harganya hanya berkisar antara Rp10.000 – Rp50.000

Apakah domain my id bisa daftar AdSense?

Bisa. Karena My.Id sudah mendukung penerapan strategi SEO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
domain .id
Read More
Mengenal Domain .ID, Harga dan Syaratnya
Dunia digital telah merambah ke banyak sektor. Tidak hanya untuk pembuatan konten pribadi saja, tetapi perusahaan pun mulai…
cek ip domain website
Read More
Cara Cek IP Domain Website dan Tools Gratisnya
IP website adalah alamat unik yang dimiliki setiap jaringan komputer, baik ponsel, laptop, maupun PC. Karena unik, setiap…