Google Merchant Center: Fitur, Cara Daftar dan Optimasinya

google merchant center

Tahukah kamu apa itu Google Merchant Center? Sebagian pengguna internet masih kurang familiar dengan istilah ini. Tetapi, sesungguhnya salah satu fitur dari Google ini memiliki banyak manfaat, terutama bagi pebisnis.

Karena melalui Google Merchant, jutaan orang dari seluruh dunia bisa menemukan produk Anda. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan apa saja fitur, cara daftar, hingga optimasi dari platform ini.

Apa Itu Google Merchant Center?

google merchant center

Merchant Center adalah platform digital milik Google sebagai tempat menyimpan informasi tentang produk yang dijual. Baik itu yang dijual secara online maupun offline. Platform ini mirip seperti Google Shopping.

Platform satu ini sangat membantu kamu yang berjualan supaya produk bisa ditemukan oleh banyak orang. Tidak hanya itu saja, Pusat Google Merchant juga membantu memberikan cara menawarkan produk yang benar.

Jika kamu mau bergabung, caranya sangat mudah. Kamu hanya membutuhkan akun Google saja dalam proses pendaftarannya.

Fitur Google Merchant Center

Sebelum kami menjelaskan bagaimana melakukan pendaftaran di Google Merchant, alangkah lebih baik jika kamu mengetahui fitur-fiturnya terlebih dahulu. Berikut ini fitur-fitur yang ada pada Google Merchant dan kegunaannya:

1. Manajemen Feed

Manajemen feed dapat kamu manfaatkan untuk membuat feed produk dengan mudah. Metode optimasi ini menawarkan fleksibilitas dan ruang paling besar untuk menskalakan kampanye.

Cek Konten Lainnya:
Anda Harus Tahu! Panduan Pekerjaan di Bidang Jual Beli

2. Koneksi API Langsung

Beberapa platform eCommerce memiliki koneksi API langsung dengan Google Merchant. Fitur ini berguna untuk mengirim secara otomatis data produk ke GMC dan memperbaharuinya.

3. Ekspor Data dari Toko

Ada juga fitur ekspor data yang berguna mengekspor informasi produk ke file feed. Baik berdasarkan ekspor data tunggal atau mengekspor data dengan URL aktif yang terus diperbarui.

4. Beberapa Umpan Produk

Ada fitur umpan produk bagi kamu yang mempunyai lebih dari satu feed untung digabungkan agar mendapatkan semua data . Jadi, kamu bisa menambahkan atribut ke feed yang ada dengan mengupload feed sekunder.

5. Promosi

Promosi merupakan fitur terbaru Merchant Center. Kegunaannya dapat mengatur promosi yang akan muncul di Iklan Google Shopping kamu. Hal ini bisa menjadi keuntungan besar bagi pembeli yang sensitif terhadap harga.

Cara Daftar Google Merchant Center

Adapun cara daftar Google Merchant yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi situs web Google Merchant Center. Buat akun Google jika tidak kamu belum memilikinya.
  • Masuk dengan akun Google kamu, lalu berikan informasi dasar tentang bisnis, seperti nama bisnis dan negara.
  • Pilih jenis bisnis yang paling relevan dari opsi yang tersedia, contoh “Retailer online” untuk toko sepatu online.
  • Verifikasi situs web. Ada beberapa metode verifikasi, seperti menambahkan tag HTML ke kode situs web kamu atau mengunggah file HTML verifikasi ke server situs web. Langkah ini bertujuan membantu memastikan keakuratan data produk.
  • Siapkan opsi pengiriman kamu, termasuk tarif pengiriman dan waktu pengiriman. Informasi ini penting bagi pelanggan untuk mengetahui kapan mereka melakukan pembelian.
  • Langkah selanjutnya, silakan masukkan informasi pajak
  • Tambahkan informasi pembayaran yang valid.

Cara Menggunakan Google Merchant Center

Sedangkan untuk menggunakan Google Merchant, kamu harus mengikuti langkah berikut:

1. Buat dan Optimalkan Feed Data Produk

Feed data produk adalah file terstruktur yang berisi informasi secara detail, dan kamu harus mengoptimalkannya untuk keberhasilan kampanye. Pastikan mencantumkan informasi akurat dan terkini.

Cek Konten Lainnya:
Harga Pembuatan Website Ecommerce, Berikut Estimasinya

2. Konfigurasikan Pengaturan Pengiriman dan Pajak

Pastikan mengatur setelan pengiriman dan pajak dengan benar agar saat pelanggan melihat produk kamu, mereka membaca harga yang benar, termasuk biaya pengiriman dan pajak.

Informasi harga yang akurat membantu pelanggan menentukan keputusan yang tepat dan mengurangi penyesalan pelanggan.

3. Tautkan Google Merchant ke Google Ads

Dalam mengiklankan produk secara efektif, kamu harus menghubungkan akun Google Merchant kamu ke Google Ads.

Cara ini membantu data produk yang telah kamu kurasi dengan cermat di Google Merchant bisa digunakan untuk menjalankan iklan Google Shopping.

4. Tetapkan Anggaran Kampanye

Selanjutnya, kamu bisa menetapkan anggaran kampanye sesuai budget. Semakin besar anggarannya maka semakin besar peluang bisnis kamu dilihat oleh banyak orang.

Sebelum meluncurkan iklan kamu, penting untuk mengetahui anggaran kampanye kamu. Anggaran mewakili jumlah total yang ingin kamu investasikan dalam periklanan.

Ini memastikan bahwa kamu memiliki kendali atas pengeluaran kamu, mencegah biaya tak terduga. 

Dengan menetapkan anggaran yang jelas, kamu dapat mengelola pengeluaran iklan secara efektif saat mempromosikan produk kepada calon pelanggan.

5. Buat Kampanye Belanja Baru

Buat kampanye baru di Google Ads dan pilih “Belanja” sebagai jenis kampanye kamu. Jenis kampanye khusus ini dirancang untuk bisnis eCommerce.

6. Pilih Jenis Kampanye

Tentukan jenis kampanye mana yang paling sesuai dengan sasaran dan keahlian periklanan kamu. Pilih opsi yang ada pada bagian jenis kampanye.

7. Pilih Negara dan Bahasa Target Pelanggan

Memilih bahasa sesuai negara target bertujuan agar menarik perhatian pengguna dan memotivasi mereka untuk mengeksplorasi produk kamu lebih jauh. Hal ini merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan di Merchant Center.

8. Tetapkan Strategi Penawaran

Cara menetapkan strategi penawaran yaitu dengan menyelaraskannya dengan tujuan kampanye. Lakukan yang terbaik agar pemasarannya berjalan lancar.

9. Atur Grup Iklan dan Produk

Cara menggunakan Google Merchant berikutnya, kamu harus menyusun kampanye dengan mengatur grup iklan. Pengkategorian ini membantu kamu mengelompokkan produk serupa.

Pada setiap grup iklan, memungkinkan kamu mengatur lebih lanjut produk ke dalam grup produk. Alhasil memungkinkan kamu bisa menetapkan tawaran unik untuk berbagai produk.

Cek Konten Lainnya:
Kupas Tuntas Agile Development Methods: Dari Tujuan Hingga Prinsipnya

10. Buat Iklan Produk yang Menarik

Penting bagi kamu untuk membuat iklan menarik dan informatif. Iklan merupakan hal pertama yang dilihat calon pelanggan, tentunya harus menarik perhatian dan memberikan detail penting.

Sertakan gambar produk yang berkualitas tinggi, deskripsi persuasif, harga, dan penawaran khusus apa pun. Elemen-elemen ini bekerja sama untuk menarik perhatian pelanggan dan memotivasi mereka untuk mencari tahu produk lebih jauh.

11. Pantau dan Sesuaikan Kampanye Secara Teratur

Cara menggunakan Google Merchant yang terakhir, kamu harus memantau kinerja kampanye dan lakukan penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan hasil. Manfaatkan Google Analytics untuk melacak kesuksesan kampanye.

Cara Optimalkan Google Merchant Center

Sedangkan cara untuk mengoptimalkan Google Merchant Center kamu, yaitu dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Tingkatkan judul produk dengan formula berbeda berdasarkan jenis produk yang kamu jual.
  • Jalankan promosi penjualan.
  • Tampilkan peringkat produk.
  • Tampilkan ulasan pelanggan.
  • Atur konten dengan mengkategorikannya.
  • Tuliskan deskripsi produk yang menarik.
  • Gunakan gambar produk berkualitas.

Google Merchant Center menjadi salah satu alternatif sarana penjualan yang tidak kalah efek dengan online shop lainnya. Selain itu, berkesempatan muncul di pencarian Google sehingga lebih banyak menjangkau target pasar.

Bagi kamu yang belum memiliki website untuk didaftarkan Merchant Center, ada Jagoan Hosting yang siap membantu, Sob. Jagoan Hosting menyediakan layanan domain dan web hosting dengan harga terbaik.

FAQ

Apa perbedaan Google Merchant Center dengan Google Shopping?

Google Merchant adalah tempat untuk mempromosikan produk atau jasa, sedangkan Google Shopping untuk berbelanja.

Apakah ada biaya pendaftaran untuk menggunakan Merchant Center?

Tidak ada biaya tambahan, hanya saja untuk mengiklankan produk kamu harus membayar.

Apakah akun merchant Center bisa dihapus?

Bisa, kamu bisa menghapusnya melalui menu yang tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
email zimbra
Read More
Zimbra Mail Server: Fitur, Kelebihan dan Rekomendasinya
Kalau bicara tentang mail server, apakah kamu tahu apa itu aplikasi Zimbra? Zimbra adalah software open source yang…
contoh email kepentingan bisnis
Read More
6 Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik
Meski terdengar sepele, nyatanya memahami contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik akan sangat membantu kamu untuk terlihat…