Mengenal Google Shopping: Manfaat, Fitur dan Cara Pakainya

google shopping

Sebagai pebisnis online, kamu harus tahu platform Google Shopping ads, loh. Pihak Google memberikan solusi terbaik untuk siapa pun yang menjalankan bisnis ini. 

Apalagi, beberapa tahun belakangan banyak banget masyarakat yang suka belanja secara online. Selain praktis, belanja online juga punya segudang keunggulan yang lain. 

So, kegiatan belanja online yang terus menjamur bukan hanya menguntungkan bagi para penjual, tapi juga bagi para pembeli. Hanya saja, persaingan di bisnis online juga tergolong sengit. 

Sehingga, menuntut kamu untuk tetap bisa bersaing dengan kompetitor. Adapun salah satu cara yang bisa kamu coba ialah dengan menggunakan layanan satu ini. 

Pengertian Google Shopping

google shopping

Google Shopping merupakan platform belanja online kepunyaan Google. Platform ini memungkinkan para pengguna untuk menemukan produk-produk sesuai dengan kebutuhan mereka di e-commerce atau toko online terbaik dan kredibel di dunia.

Menariknya, kamu bisa menemukan produk-produk tersebut cuma di satu tempat doang, loh. Kamu bisa menggunakan layanan mereka dengan sangat mudah, seperti dengan mengetik nama produk yang kamu cari di menu pencarian Google.

Setelah itu, bakalan ada beberapa opsi, kan? Seperti berita, gambar, atau yang lainnya. Nah, kamu perlu mengklik yang tab shopping saja. Letak tabnya ada di bagian bawah kolom pencarian. 

Dengan demikian, informasi yang muncul adalah produk-produk sesuai dengan kata kunci yang sudah kamu masukkan. Tampilannya ya seperti marketplace biasanya. Kamu akan menemukan beberapa informasi. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Direct Marketing? Manfaat, Jenis, dan Kelebihan

Mulai dari gambar produk, kemudian deskripsi lengkapnya, sampai dengan link marketplace tempat kamu bisa menemukan dan membeli produk tersebut. Bahkan, kamu juga bisa menemukan ulasan produk, loh.

Manfaat Google Shopping

Secara umum, manfaat layanan ini terbagi menjadi dua. Pertama, manfaat Google Shopping bagi pembeli, dan kedua manfaatnya untuk bisnis. Kita bahas keduanya, ya.

1. Manfaat Google Shopping untuk Pembeli

Fitur ini mempunyai beberapa manfaat. Sebagai pembeli, kamu akan memperoleh beberapa manfaat, seperti:

  • Mendapatkan pengalaman berbelanja online yang bener-bener menyenangkan. 
  • Membuat proses pencarian dan pembelian barang menjadi lebih efisien, karena nggak perlu buka aplikasi-aplikasi belanja online satu per satu. 
  • Bisa membandingkan harga dari satu platform dengan platform lain.

2. Manfaat Google Shopping untuk Bisnis

Selain bermanfaat untuk pembeli, layanan ini juga memiliki manfaat untuk bisnis. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bakalan kamu peroleh sebagai pebisnis online:

  • Membantu kamu melakukan pemasangan dengan mudah dan cepat, plus sesuai budget. Lantaran fitur ini menggunakan sistem iklan cost per click. 
  • Bisa meningkatkan traffic toko. 
  • Meningkatkan konversi penjualan bisnis. 
  • Membuat jangkauan bisnis lebih luas.

Dari beberapa manfaat di atas, bisa kita simpulkan, bahwasanya layanan ini akan membuat produk kamu dikenal oleh lebih banyak orang. Secara tidak langsung, ini bisa meningkatkan angka penjualan. 

Cara Menggunakan Google Shopping 

Setelah memahami beberapa hal di atas, pasti banyak dong di antara kamu yang tertarik menggunakan layanan Google Shopping, kan? Nah, kamu bisa banget ikuti step by step berikut ini untuk menggunakannya. 

1.  Buat Akun atau Daftar

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat akun atau daftar dulu. Lantas, bagaimana cara daftar Google Shopping? Cara membuatnya gampang banget. 

Dalam hal ini, kamu bisa buat akun lewat Google Merchant Center. Platform satu ini yang bakalan memungkinkan para pebisnis untuk mengelola dan juga mengunggah produk-produk yang pengen kamu promosikan di layanan Google satu ini. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Infografis? Jenis, Manfaat dan Cara Membuat

Jadi, tinggal akses aja platform tersebut, kemudian tinggal klik menu daftar gratis. Berikutnya, bisa ikuti saja instruksi di layar. Biasanya, kamu diminta untuk mengisi beberapa informasi terkait dengan bisnis yang didaftarkan. 

Dalam proses pendaftaran, pastikan kalau semua data yang mereka minta sudah terisi dengan baik dan benar, ya. 

2. Siapkan Informasi Produk

Setelah itu, kamu bisa mempersiapkan dulu informasi seputar produk yang akan ditawarkan. Kamu perlu mempersiapkan informasinya sesuai dengan format yang sudah ada di dalam Google Merchant Center. 

Adapun beberapa informasi yang harus dipersiapkan ialah judul atau nama produknya, kemudian deskripsi produk, gambar, harga, sampai dengan url produk kamu. 

Usahakan untuk mengunggah gambar yang kualitasnya bagus. Hal ini supaya algoritma Google bisa memverifikasi toko kamu. Semakin bagus fotonya, akan semakin besar kemungkinan terberfisikasi sebagai toko yang kredibel. 

Nah, kamu juga harus pastikan bahwa foto produk sudah sesuai ketentuan. Seperti nggak ada watermarknya, logo, teks, atau latar berwarna yang gelap. Fotonya juga nggak boleh ngeblur. 

3. Masukin Data ke Google Merchant Center

Langkah berikutnya adalah memasukkan data ke dalam layanan Google Merchant Center. Caranya:

  • Buka dulu Google Merchant Center, dan masuk ke akun kamu. 
  • Klik menu produk.
  • Klik menu tambahkan produk, atau bisa juga klik menu upload file. 
  • Isi semua data atau informasi produk secara lengkap. 
  • Klik menu simpan.

4. Hubungkan ke Google Ads dan Buat Campaign

Selanjutnya, kamu bisa hubungkan Google Merchant Center ke Google Shopping Ads. Tujuannya adalah untuk membuat iklan. Kamu bisa buat Google Ads sendiri, atau bisa juga dengan menggunakan jasa, ya. 

Lalu, buat kampanye produk yang bakalan kamu jual dengan Shopping Campaign. Pembuatan Shopping Campaign ini bisa lewat Google Merchant Center atau Google Ads, kok.  

Cek Konten Lainnya:
LOGO TERMAHAL DiDunia, nomor 5 Anda Tidak akan Mengiranya.

Jika menggunakan Google Merchant Center, kamu bisa pilih yang menu Linked Account, kemudian klik menu create Google Shopping Campaign. 

Sementara kalau memakai Google Ads, tinggal klik menu campaign di beranda. Lalu, bisa pilih tujuan promosi sesuai keinginan. Kamu bisa pilih yang meningkatkan traffic, penjualan, atau yang lainnya.

5. Atur Budget 

Terakhir, tinggal atur sendiri budget sesuai keinginan. Kamu bisa menggunakan yang standar shopping campaign atau iklan smart shopping campaign. 

Nah, menarik, kan? Selain bisa memaksimalkan layanan Google Shopping, kamu juga bisa memaksimalkan website untuk promosi, loh. Apalagi, banyak banget manfaat yang bakalan kamu peroleh jika membuat website untuk bisnis. 

Dalam pembuatan website, kamu bisa beli hosting dan domainnya di JagoanHosting. Kami merupakan salah satu penyedia layanan domain dan hosting yang terkenal dan sudah dipercaya banyak orang. 

Banyak penawaran menarik yang bakalan kamu dapatkan, salah satunya adalah penawaran harga yang terjangkau. Sehingga, bakalan lebih hemat budget. Murah, tapi nggak murahan, loh.

Yuk, kembangkan bisnis kamu dengan membangun websitenya, dan percayakan domain serta hostingnya kepada Jagoan Hosting Indonesia, sekarang!

FAQ

Apa saja fitur dari Google Shopping?

Salah satu fitur menarik dari Google Shopping ialah fitur yang akan memberikan informasi seputar produk-produk yang lagi viral atau trending.

Apa saja produk layanan Google?

Adapun beberapa produk layanan Google yang bisa menunjang bisnis kamu ialah AdMob, AdSense, Analytics, hingga Google Shopping.

Apa saja iklan di Google Ads?

Jenis iklan di Google Ads meliputi kampanye shopping, aplikasi, display, video, performa maksimal, dan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Hobi Jualan Online? Kamu Wajib Tahun 5 Cara Terampuh Agar Bisnismu Berkembang Pesat
Maraknya toko online memberikan peluang besar untuk siapapun mengembangkan hobi ataupun karir mereka sebagai pebisnis online. Ada banyak…