Mengenal Hotjar, Ini Fitur dan Cara Menggunakannya

Hotjar
Hotjar

Setelah sebelumnya membahas tools bernama microsoft clarity, kali ini, sob kita akan membahas alternatif lainnya yang juga layak kamu pertimbangkan yaitu hotjar.

Bagi kamu yang mungkin masih merasa asing di telinga ketika mendengar nama ini maka wajib sekali menyimak artikel berikut sampai habis : 

Apa Itu Hotjar?

hotjar
hotjar

Hotjar adalah sebuah tools untuk keperluan web yang memang didesain untuk memberikan gambaran terkait perilaku pengunjung saat mengakses website-mu.

Kemampuan ini timbul tidak lepas dari tools yang memiliki fitur lengkap yang mampu  menyajikan data secara kualitatif/berbentuk angka. Dengan begitu akan sangat membantu kamu dalam menganalisis sudah seberapa baik interaksi elemen-elemen dalam website dengan pengunjung. 

Fitur Hotjar

Apa sajakah fitur-fitur dalam hotjar ini yang membuatnya bisa melakukan hal-hal yang luar biasa seperti yang sudah disebutkan di atas? Temukan jawabannya di bawah ini sebagaimana dijelaskan oleh website resmi hotjar :  

1. Fitur Heatmap

Fitur heatmap dalam hotjar yang akan memberikan data ke mana saja tadi seorang pengunjung bergerak, melakukan klik, melakukan scroll. Lewat data-data tersebut kamu bisa memperoleh informasi berupa : 

  • Elemen mana yang paling sering dan paling minim pengunjung berinteraksi.
  • Di bagian mana kira-kira pengunjung menemui eror yang membuat mereka jadi harus melakukan klik dengan cepat secara terus-menerus.
Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Toko Online dengan WordPress (8 Langkah Mudah)

Semua data-data di atas akan langsung sistem tunjukkan secara real time sehingga perbaikan kualitas website menjadi lebih efektif.

2. Fitur Recording

Lewat recording, seolah kamu dapat menempatkan dirimu dalam posisi pengunjung. Melihat seperti apa perjalanan mereka secara lebih detail saat mengakses website-mu. Langsung melihat apa masalah yang mereka temui sehingga perbaikanpun lebih cepat kamu laksanakan. 

3. Fitur Survey

Sebagaimana namanya, hotjar memiliki fitur survei supaya kamu dapat mengumpulkan segala kritik dan saran dari customer. Mengerti dengan jelas pengembangan/peningkatan yang sebenarnya mereka inginkan dalam layanan website-mu.

Fitur ini membuat kamu tidak usah bersusah payah membuat kuesioner dari awal. Cukup pilih dan pakai pengaturan yang sistem sediakan, kuesionermu sudah jadi dalam sekejap mata.

4. Fitur Mencantumkan Feedback

Selain lewat survey, kamu pun bisa memperoleh masukan dari pengunjung dalam hotjar lewat fitur feedback. Di sini kamu akan melihat secara gamblang bagaimana penilaian mereka terhadap website-mu secara umum, halaman tertentu, atau pada elemen spesifik tertentu. 

Bandingkan skor feedback yang telah pengunjung berikan lalu pisahkan sesuai kategori mana yang sudah memuaskan dan yang masih perlu peningkatan. 

Kelebihan dan Kekurangan

Dengan semua fitur yang ada di dalam tools tersebut apakah lantas menjadikannya sempurna tanpa cacat cela?

Tentu saja tidak karena itu mari menyelami lebih dalam soal kelebihan dan kekurangan untuk membuat pertimbanganmu sebelum memilih tools ini lebih matang. Mari simak uraiannya dari fullsession 

Kelebihan Hotjar

1. Instalasi yang Cepat dan Mudah 

Cukup dalam dalam hitungan menit kamu sudah bisa mengaplikasikan tools hotjar tanpa perlu pusing-pusing sama sekali. Semua prosesnya benar-benar singkat, padat, dan jelas. 

2. Opsi Integrasi

Demi menjalankan fungsinya menemukan insight website dengan lebih optimal, tools sudah terintegrasi dengan tools-tools ternama lainnya seperti 

  • Slack
  • Segment
  • Hubspot
  • Google
  • Optimize
  • Omniconvert
  • Optimizely
  • Zapier
Cek Konten Lainnya:
11+ Template Website Coffee Shop Paling Keren untuk Kafe

Integrasi ini membuat setiap data dapat kamu lihat cukup dalam 1 platform saja, tidak perlu pindah-pindah ke platform lain. 

3. Mudah Pemula Pelajari

Tidak perlu membayangkan akan menghadapi kerumitan beraneka rupa yang membuat sakit kepala. Hotjar begitu ramah untuk pemula untuk menjamin kamu yang baru mulai pakai bisa memahami dengan cepat bagaimana sistem pengoperasiannya. 

Terimakasih kepada panduan dan tutorial yang juga telah tersedia untuk membantu kamu belajar.

4. Memberikan Laporan Secara Visual

Tools akan membantu kamu menganalisis lalu lintas website melalui serangkaian dashboard interaktif yang menyajikan data soal perilaku pengunjung secara real time. Lebih spesifiknya di sini adalah melaporkan seperti apa orang-orang berinteraksi dengan website.

Kemudian dari situ, bisa kamu jadikan ide pengembangan yang lebih bagus mengenai apa yang pengunjung inginkan supaya pengalaman akses mereka lebih menyenangkan.  

5. Pengembangan Secara Berkelanjutan 

Tim developer hotjar  rutin melakukan update pada software-nya melalui menambahkan fitur baru maupun mengupgrade fitur-fitur lama. Dengan begitu kualitasnya akan tetap terjaga dan relevan secara jangka panjang. 

Kekurangan Hotjar

1. Hotjar tidak kompatibel dengan aplikasi seluler

Jika aplikasi yang kamu buat berbasis smartphone maka tools ini tidak direkomendasikan karena memang tidak kompatibel. 

2. Hotjar Bisa Menjadi Mahal Seiring Pertumbuhan Website/Aplikasi Kamu

Hotjar pada dasarnya memungkinkan setiap orang mendapatkannya dengan gratis. Tapi seiring dengan pertumbuhan website yang akan berbanding lurus dengan kompleksitasnya, kamu pasti butuh pengembangan ke versi berbayarnya. Ini yang menyebabkan harganya bisa jadi cukup mahal. 

3. Kamu tidak dapat membuat laporan khusus

Kamu tidak dapat membuat laporan khusus tentang :  

  • Rangkuman data dari beberapa elemen di halaman tertentu 
  • Pembuatan laporan khusus yang berfokus pada satu elemen halaman tertentu.

4. Opsi Kustomisasi Survey Masih Tingkat Dasar

Hotjar tidak menawarkan opsi kustomisasi lanjutan untuk fitur survey. Saat ini, kamu hanya dapat mengubah warna latar belakang, warna tombol, dan warna font atau menambahkan logo kamu.

Cek Konten Lainnya:
12+ Kriteria Website User Friendly yang Wajib Diketahui

Terlepas dari berbagai kelebihan yang hotjar miliki, pertimbangan juga kekurangannya terutama ketidak kompatibelan dengan smartphone. Alasannya karena seperti yang kamu tahu saat ini kecenderungan user lebih suka mengakses informasi melalui smartphone/

FAQ

1. Bagaimana cara menggunakan fitur survei dan polling di Hotjar?

  • Buat Survei atau Polling: Gunakan antarmuka Hotjar untuk membuat survei atau polling dengan pertanyaan yang relevan.
  • Sesuaikan Tampilan: Sesuaikan tampilan dan posisi survei atau polling di halaman web.
  • Tetapkan Pemicu: Tentukan kapan dan di mana survei atau polling akan muncul kepada pengguna.
  • Kumpulkan Data: Analisis tanggapan pengguna yang terkumpul melalui dasbor Hotjar.

2. Bagaimana Hotjar menangani privasi dan keamanan data?

Hotjar mematuhi peraturan privasi data seperti GDPR dan CCPA. Data yang dikumpulkan dianonimkan dan dilindungi dengan standar keamanan tinggi. Hotjar juga memungkinkan Anda untuk memasker konten sensitif yang tidak ingin direkam atau dianalisis.

3. Bagaimana cara mengintegrasikan Hotjar dengan alat lain?

Hotjar dapat diintegrasikan dengan berbagai alat dan platform lainnya, seperti Google Analytics, Optimizely, HubSpot, dan Slack. Integrasi ini memungkinkan Anda untuk menggabungkan data dan wawasan dari berbagai sumber untuk analisis yang lebih komprehensif.

4. Di mana saya bisa mendapatkan bantuan atau dukungan untuk Hotjar?

  • Dokumentasi Resmi: Hotjar menyediakan dokumentasi yang komprehensif di situs resmi Hotjar.
  • Pusat Bantuan: Pusat bantuan online Hotjar menawarkan panduan dan solusi untuk masalah umum.
  • Dukungan Pelanggan: Untuk masalah teknis, Anda dapat menghubungi tim dukungan pelanggan Hotjar melalui email atau chat.
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
aplikasi penghapus iklan
Read More
5 Rekomendasi Aplikasi Pemblokir Iklan Terbaik
Pernahkah kamu merasa terganggu dengan adanya iklan yang seliweran di web browser maupun aplikasi yang terunduh di Android-mu?…
nextcloud
Read More
Mengenal Nextcloud: Fitur, Fungsi dan Kelebihannya
Melakukan penyimpanan data saat ini menjadi semakin praktis berkat adanya software cloud storage. Lebih mantapnya lagi kini pun…