Cari Jasa SEO Website? Baca Panduan ini Dulu!

Jasa SEO Website
Jasa SEO Website

Sekedar memiliki website saja belum cukup untuk membuat bisnis mendatangkan keuntungan. Biasanya, pengelola website menggunakan jasa SEO untuk meningkatkan traffic terlebih dahulu.

Barulah setelah traffic alias pengunjung website banyak dan stabil, kamu bisa mulai mendapatkan peningkatan keuntungan. Sumbernya sendiri bisa beragam, bisa dari penjualan produk maupun sponsor dan iklan.

Simak lebih lanjut, ya, biar makin paham soal jasa SEO website dan manfaatnya.

Apa itu Jasa SEO?

Mengutip dari Semrush Blog, SEO (Search Engine Optimization) merupakan serangkaian proses yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencarian demi mendapatkan lebih banyak traffic organik.

Nah, jasa SEO adalah layanan optimasi mesin pencari untuk meningkatkan visibilitas dan ranking website dalam hasil halaman pencarian. 

Layanan dari jasa SEO website mampu mendongkrak traffic organik dan mengarah pada peningkatan konversi. Artinya, layanan ini bakal bikin web mendapatkan lebih banyak pengunjung yang berpotensi menjadi pembeli.

Layanan ini mencakup penerapan strategi SEO, meliputi riset keyword, optimasi SEO on-page, pembuatan konten, penyusunan link, dan SEO teknis.

Biasanya, layanan tersebut ditawarkan oleh agensi khusus digital marketing, freelancer, atau bisa juga dilakukan oleh tim marketing perusahaan.

Manfaat Menggunakan Jasa SEO

Menggunakan jasa SEO profesional bisa memberikan banyak manfaat bagi bisnis, lho, Sob. Berikut beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan Visibilitas

Jasa SEO membantu perusahaan mengoptimasi website sehingga bisa meraih ranking yang lebih tinggi pada laman hasil pencarian. 

Cek Konten Lainnya:
Optimalkan Bisnis dengan Facebook Shop, Ketahui dulu Fiturnya

Dengan begitu, visibilitas dari website bakal meningkat. Alhasil, calon pembeli lebih mudah untuk mengakses produk atau layanan yang bisnis kamu tawarkan.

2. Meningkatkan Traffic Organik

Traffic organik mengacu pada pengunjung website yang terdiri dari pengguna internet yang melakukan pencarian dengan kata kunci relevan. Jadi, mereka merupakan pengunjung yang lebih potensial melakukan pembelian.

Penggunaan kata kunci relevan dan optimasi berbagai elemen on-page maupun off-page memungkinkan jasa SEO terbaik mampu mendatangkan lebih banyak trafik organik. Hal ini mengarah pada tingkat ROI (Return of Investment) yang lebih tinggi.

3. Unggul dari Persaingan

Website yang teroptimasi dengan baik bisa membuat bisnis stand out dalam persaingan. Hal tersebut karena penggunaan jasa SEO membawa peluang lebih tinggi untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.

Selain itu, optimasi SEO juga mampu membantu bisnis untuk menjaga kesuksesan dalam jangka lama.

4. Kredibilitas yang Lebih Baik

Pengguna internet biasanya menganggap website dengan rangking tinggi pada laman pencarian sebagai web yang lebih kredible dan terpercaya.

Sehingga penggunaan jasa SEO bermanfaat membantu bisnis untuk membangun reputasi online yang solid. Reputasi ini berperan krusial demi mendapatkan kepercayaan pelanggan.

5. Efektif Secara Biaya

SEO termasuk salah satu strategi digital marketing yang paling efektif. Strategi ini menargetkan pengguna internet yang secara aktif melakukan pencarian tentang produk atau layanan relevan.

Berkat itulah, SEO bisa menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi dan biaya akuisisi pelanggan yang lebih rendah.

Cara Kerja Jasa SEO

SEO bekerja dengan mengadakan riset keyword (kata kunci) secara menyeluruh. Tujuannya yaitu untuk memfokuskan kata kunci pencarian yang umum digunakan oleh pengguna internet.

Kemudian, jasa SEO akan mengintegrasikan keyword ke berbagai elemen dalam konten website. 

Mesin pencari seperti Google menggunakan berbagai karakteristik website untuk memahami informasi yang terkandung di dalamnya. 

Oleh karena itu, dengan mengoptimalkan konten secara efektif dan mengembangkan konten baru, mesin pencari bisa menunjukkan website milikmu ke pengguna internet. Sehingga terjadi peningkatan traffic dan penjualan.

Penerapan berbagai strategi SEO lain seperti membangun backlink dapat memastikan  aspek teknis dari website juga teroptimasi. Hal ini membantu pengguna internet bisa mengakses website dengan cepat dan responsif.

Cek Konten Lainnya:
Cloud Computing Indonesia Terbaik - Berbagai Solusi Kebutuhan

Layanan yang Ditawarkan di Jasa SEO

Jika kamu tertarik menggunakan jasa SEO, maka penting untuk mengenal dulu apa saja jenis layanan yang tersedia.

Kenapa begitu? Alasannya simple, Sob. Supaya kamu bisa menjangkau target audiens dengan lebih efektif. 

Berikut beberapa jenis layanan yang biasanya jasa SEO tawarkan:

1. SEO On-Page

Layanan ini mengoptimasi setiap halaman web untuk mendapatkan ranking lebih tinggi pada mesin pencarian. Jenis layanan ini meliputi optimasi keyword, meta tag, optimasi konten, optimasi gambar, link internal, dan struktur URL.

2. SEO Off-Page

Banyak jasa SEO murah yang juga menawarkan layanan SEO off-page. Layanan ini meliputi berbagai strategi untuk meningkatkan ranking web pada halaman pencarian di luar website. 

Contohnya link building, content marketing, dan marketing media sosial.

3. SEO Teknikal

Layanan yang satu ini menangani aspek teknikal website yang mempengaruhi ranking pada mesin pencari. Biasanya, meliputi optimasi kecepatan web, responsivitas mobile, memperbaiki crawl, dan sebagainya.

4. SEO Lokal

Layanan SEO lokal berfokus mengoptimasi website untuk area geografis tertentu saja. Jadi, layanan ini lebih cocok untuk bisnis yang menargetkan pelanggan lokal.

Adapun strategi SEO dalam layanan ini meliputi optimasi keyword lokal, pembuatan konten menyesuaikan pengunjung lokal, dan optimasi daftar Google My Business.

Jasa SEO Indonesia umumnya juga menawarkan layanan SEO lokal. Jenis layanan ini meliputi optimasi ranking website untuk keyword kompetitif dengan volume tinggi terkait industri.

Layanan ini ideal untuk bisnis yang tidak perlu mengadakan pertemuan dengan pengunjung atau klien secara langsung. Dengan kata lain, target audiens bisnis tidak harus terbatas pada wilayah tertentu.

5. SEO E-Commerce

Jenis layanan ini bertujuan mengoptimasi website e-commerce sehingga bisa meraih ranking tinggi dalam pencarian terkait produk. Strategi yang diterapkan meliputi optimasi laman produk, riset keyword produk, dan optimasi laman kategori.

Tips Memilih Jasa SEO

Sudah punya gambaran mau pakai jenis layanan SEO mana? Kalau begitu, langkah selanjutnya adalah menemukan jasa SEO terpercaya.

Cek Konten Lainnya:
Deface Website? Cara Mencegah & Mengatasinya

Yuk, intip tips untuk memilih jasa SEO berikut:

1. Cek Portofolio SEO

Terlepas mau pakai jasa SEO berupa agensi maupun freelancer, langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu mengecek portofolio. 

Portofolio berisi catatan pengerjaan proyek yang mereka tangani. Jadi, kamu bisa mengetahui kualitas dari layanan SEO dari portofolio. Kamu juga bisa mencari tahu klien yang pernah menggunakan jasa tersebut.

2. Jenis Layanan SEO yang Tersedia

Sebelum memusingkan harga jasa SEO, sebaiknya kamu mengecek dulu jenis layanan apa saja yang tersedia. Tujuannya untuk memastikan bahwa terdapat jenis layanan sesuai yang kamu butuhkan.

3. Lama Pengerjaan

Penerapan strategi SEO membutuhkan waktu yang cukup lama sampai bisa membuahkan hasil. Rata-rata kamu baru bisa melihat hasil setelah 1 tahun. Meski begitu, ada pula yang menawarkan optimasi SEO dalam waktu lebih singkat.

4. Harga Layanan

Pertimbangan selanjutnya yaitu biaya jasa SEO. Kamu perlu memilih penyedia jasa yang menawarkan harga sesuai dengan ketersediaan budget. Supaya mendapatkan harga terbaik, maka kamu bisa membandingkan dulu beberapa penyedia jasa.

5. Baca Ulasan Pelanggan

Kamu bisa mempertimbangkan pakai jasa SEO bergaransi untuk mendapat jaminan kualitas pengerjaan. Selain itu, ada baiknya untuk membaca ulasan dari pelanggan sebelumnya untuk memastikan kualitas layanan.

FAQ

Apakah jasa SEO yang mahal pasti lebih bagus?

Tidak pasti. Biaya tidak selalu mengindikasikan kualitas layanan yang lebih baik. Meski begitu, ada baiknya kamu mewaspadai penyedia jasa yang memberikan iming-iming harga murah.

Seperti apa ciri layanan SEO yang bagus?

Penyedia layanan SEO yang bagus memiliki bukti catatan kesuksesan dan memberikan laporan secara transparan. Hal ini bisa kamu lihat dari portofolio.

Bagaimana cara menemukan jasa SEO terbaik?

Ada beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan agar bisa memilih jasa SEO terbaik, seperti reputasi, testimoni klien, dan bukti catatan kesuksesan layanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
hosting indonesia
Read More
Mulai lah gunakan big data untuk kemajuan bisnismu
Apakah kamu sudah tau apa itu big data? Menurut wikipedia, big data adalah istilah yang digunakan untuk merujuk…
Jasa Pembuatan Website Travel Agent
Read More
Jasa Pembuatan Website Travel Agent Paling Recommend
Jasa pembuatan website travel agent merupakan sebuah layanan yang bergerak untuk membuat sebuah halaman pemasaran untuk bisnis travel…