Linux Server: Kelebihan, Performa dan Rekomendasinya

linux server

Jika berbicara tentang server, Linux server adalah salah satu yang penting untuk kamu ketahui selain Windows. Server ini menawarkan banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh server lainnya. 

Perlu kamu ketahui juga bahwa kelebihan Linux membuatnya banyak menjadi pilihan sistem operasi di berbagai perangkat, tidak hanya komputer. Akan tetapi, juga untuk smartphone, kulkas, mobil, smart TV, dan lain sebagainya. 

Lantas, apa yang membuat server ini menjadi sangat terkenal dan memiliki banyak pengguna?

Apa Itu Linux Server

Melansir dari laman RackSpace, Linux server adalah jenis server yang berjalan di atas sistem operasi Linux. Linux sendiri memiliki sifat open source sehingga memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. 

Banyak yang menggunakan jenis server ini terutama untuk bisnis yang membutuhkan biaya murah untuk mengirimkan konten dan layanan pada konsumen. Cara kerja server ini juga terbilang unik dan berbeda dari Windows. 

Cara kerja Linux server berbeda dari Windows dimana sepenuhnya akan berbasis pada perintah. Tidak heran kalau kemudian server ini jadi pilihan yang tepat untuk kamu yang lebih membutuhkan fungsionalitas dan kinerja yang optimal. 

Cara kerja yang efisien dan efektif ini juga membuatnya sangat baik untuk multitasking. Linux server bisa menangani banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan dengan kinerja yang baik.

Kelebihan Linux Server 

Inilah beberapa kelebihan dari Linux server:

1. Keamanan yang Baik 

Pertama, keamanan Linux server terbilang sangat tinggi. Pasalnya, setiap aplikasi yang ada di Linux akan membutuhkan hak akses atau otorisasi dari administrator yang berbentuk kata sandi. 

Cek Konten Lainnya:
5 Panduan Optimasi SEO Off Page yang Mudah dan Tepat

Jika tidak ada kata sandi, maka aplikasi ataupun virus tersebut tidak akan bisa masuk ke dalam server Linux yang ada. 

2. Kinerja 

Keunggulan lain dari Linux adalah dari segi performa atau kinerja. Performa Linux server terbilang sangat baik dan juga stabil. Selain itu, server ini juga terbilang ringan karena tidak memerlukan resources yang tinggi. 

3. Skalabilitas 

Keuntungan Linux server lainnya bisa kamu rasakan terutama untuk kebutuhan bisnis. Linux bekerja dengan teknologi cloud yang bisa membuat skalabilitas untuk bisnis jadi lebih fleksibel. 

4. Privasi 

Linux juga menawarkan sistem privasi yang lebih aman daripada lainnya. Contohnya adalah Windows yang biasanya akan mengumpulkan data pengguna. Sementara Linux tidak akan melakukan hal tersebut. 

5. Open Source 

Terakhir, Linux menawarkan sistem yang sifatnya adalah open source. Artinya, kode sumber dari server ini mudah tersedia. Siapa saja bisa memodifikasi, berkontribusi, dan mendistribusikan kode Linux. 

Jenis-Jenis Linux Server 

Linux server memiliki beberapa jenis berbeda yang menawarkan karakteristik dan kelebihan tersendiri. Inilah beberapa jenis tersebut:

1. Red Hat Enterprise Linux 

Pertama, ada jenis Red Hat Enterprise Linux atau RHEL. Salah satu keunggulan dari tipe ini adalah menawarkan keamanan yang sangat baik untuk tingkat server. Kamu juga bisa mengatur RHEL dengan mudah. 

Baik itu di lingkungan server fisik ataupun virtual seperti Hyper V, Cloud, dan VMware. Server ini juga menawarkan dukungan yang baik untuk Cloud, data, dan visualisasi lainnya. 

2. Gentoo 

Jika kamu sudah memiliki bekal pengetahuan terhadap server VPS Linux secara mendalam, maka Gentoo bisa jadi pilihan yang tepat. Karena tipe yang satu ini memang membutuhkan pemahaman teknis lebih dalam daripada lainnya. 

Ketika menggunakan Gentoo, kamu harus lebih banyak hands on terhadap server. Di satu sisi, tentu ini akan sangat fleksibel karena kamu mendapatkan kontrol yang lebih leluasa, Sob.

Cek Konten Lainnya:
6 Penyebab Server Down dan Cara Mengatasinya

Akan tetapi, di sisi lain adanya Gentoo mungkin jadi pilihan yang kurang cocok bagi yang masih pemula. 

3. Ubuntu 

Ubuntu adalah salah satu tipe Linux yang sangat populer. Alasan yang membuat Ubuntu populer adalah proses instalasinya yang mudah, tampilan antar muka yang intuitif, serta punya dukungan komunitas yang luas. 

Ubuntu juga menawarkan beberapa variasi yang berbeda, seperti Ubuntu Server, Xubuntu, Kubuntu, dan Ubuntu Desktop.

4. Fedora 

Tipe ini terkenal dengan server yang menawarkan inovasi dan juga stabilitas. Kamu bisa mendapatkan lingkungan desktop yang modern dan berbasis PostgreSQL Database Server. 

Fedora sangat cocok sebagai pilihan untuk bisnis dengan skala yang besar dan sudah mapan serta menginginkan platform yang tidak hanya aman, tetapi powerful. 

5. OpenSUSE 

OpenSUSE adalah Linux server yang bersifat open source, aman, dan juga stabil yang merupakan produksi dari SUSE. Dulunya, server ini memiliki nama SUSE Linux kemudian berganti menjadi OpenSUSE. 

Jenis server ini sangat cocok untuk para developers yang ingin menjalankan server mereka sendiri dengan mudah. Kamu bisa menggunakan server ini dengan sistem uji coba 60 hari gratis, baru setelah itu berbayar. 

Nantinya, kamu juga akan mendapatkan dukungan teknis dan layanan yang beragam dari layanan berbayar tersebut. Seperti dukungan prioritas dan dedicated engineer. 

6. Debian 

Debian juga menjadi salah satu Linux server yang hadir dengan sistem open source. Pada server ini kamu bisa menemukan lebih dari 50.000 packages yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan. 

Server ini menawarkan kekuatan kinerja dan tingkat keamanan yang baik. Banyak perusahaan, lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, dan organisasi non profit yang menggunakan server ini karena kelebihannya. 

7. CentOS 

Terakhir, ada jenis Linux server yang bernama CentOS. Ini juga merupakan server yang sifatnya open source dan kompatibel dengan Red Hat Enterprise Linux. CentOS bisa menjadi pilihan server yang stabil dan bebas biaya untuk pelanggan. 

Cek Konten Lainnya:
Cloud Server Indonesia - Murah & Terbaik

Kamu bisa menggunakannya untuk kebutuhan bisnis berkat fitur-fiturnya yang beragam, termasuk fitur pembaruan secara reguler dan tingkat keamanan yang baik. 

VPS Server Linux Terbaik dari Jagoan Hosting 

vps

Memilih server yang tepat memang sangat penting untuk memastikan website dan aplikasi senantiasa berjalan lancar tanpa hambatan. Oleh karena itu, dalam memilihnya kamu juga tidak bisa sembarangan, Sob. 

VPS Hosting terbaik yang bisa kamu dapatkan adalah dari Jagoan Hosting. Dengan VPS ini, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti personalisasi spesifikasi dan storage up to 20.000 GB. 

Selain itu, kamu bisa memperoleh data transfer up to 10 Gbps dan unmetered bandwidth. Ada beberapa pilihan paket layanan yang bisa kamu pilih, yaitu Nebula, Galaxy, Universe, dan Multiverse. 

Semua layanan ini memiliki harga dan spesifikasi yang berbeda sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari Rp100.000 sampai Rp300.000 per bulan, kamu bisa mendapatkan server yang stabil dan kuat. 

Jadi tunggu apalagi? Segera percayakan kebutuhan servermu ke VPS murah dari Jagoan Hosting sekarang juga! 

FAQ 

Mengapa Linux digunakan sebagai server? 

Alasan pemilihan Linux untuk server adalah karena kinerjanya yang stabil, aman, bisa bekerja di platform dengan sistem operasi berbeda, open source, dan stabil. 

Apa fungsi server?

Server memiliki fungsi untuk melayani atau mengeksekusi permintaan data dari sebuah komputer klien. Nantinya proses akses data itu akan menggunakan protokol FTP. 

Ubuntu server buat apa? 

Fungsi Ubuntu server adalah untuk banyak sekali tujuan. Mulai dari database, aplikasi, server website, virtualisasi data, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
biaya cloud server indonesia
Read More
Ini Biaya Cloud Server Indonesia & Rekomendasinya
Menawarkan berbagai keunggulan, cloud server makin banyak dipilih oleh berbagai perusahaan maupun bisnis rintisan. Salah satu faktor yang…
Server Sekolah Mudah Dihack
Read More
7 Penyebab Server Sekolah Mudah Dihack
Server dihack tidak heran sangat membuat frustasi banyak orang. Jika server anda dihack, kemungkinan besar website pun akan…