10+ Cara Website Masuk Halaman Pertama Google

cara website masuk halaman pertama google

Website menduduki urutan pertama Google sepertinya sulit. Namun, setidaknya ada cara website di halaman pertama Google yang bisa kamu implementasikan. Ini bisa membantu website kamu banyak pengunjung loh!

Sebagai pemilik website tentu ingin punya website yang selalu muncul di halaman pertama pencarian Google. Terutama website bisnis, hal ini penting untuk branding dan menarik minat orang memakai produk atau jasa kamu.

Tak perlu pesimis! Bagi kamu yang kesulitan mengelola website menembus halaman pertama Google. Ada cara efektif agar website atau blog kamu berada di peringkat teratas Google. Simak penjelasan di bawah ini!

Mengapa Posisi Halaman Pertama Google Penting?

Website di peringkat atas halaman pencarian Google menjadi tujuan yang banyak pemilik website inginkan. Bagi website bisnis ketika berada di halaman pertama Google maka peluang bisnis pun terbuka lebar.

Semakin tinggi peringkat, semakin besar orang-orang menemukan website kamu sehingga trafik website menjadi ikut meningkat. Oleh karena itu, perlu cara website di halaman pertama Google yang tepat.

Halaman pertama Google merujuk pada posisi website berada di antara 1 sampai 10 hasil pencarian. Jika website berada di rentang posisi tersebut, maka kemungkinan pengguna membuka halaman website kamu.

Itulah sebabnya, posisi website berada di halaman pertama hasil pencarian Google sangat penting. Apalagi pengguna cenderung memiliki hasil yang muncul di posisi teratas, sehingga website perlu optimasi yang benar.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ranking Website di Google

Sebenarnya untuk mencapai posisi halaman pertama pencarian Google, membuat konten yang menarik saja tidak cukup. Ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi peringkat website, di antaranya sebagai berikut:

Backlink atau tautan balik punya peran penting pada sebuah website yakni untuk membantu muncul di peringkat atas pencarian. Meski begitu, tidak semua backlink mampu mengantarkan situs web di peringkat atas.

Oleh karena itu, pakai backlink yang berkualitas dan memenuhi dua unsur berkaitan yakni relevansi dan kepopuleran. Semakin relevan backlink, semakin menambah nilai peringkat website yang kamu kelola.

2. Kecepatan Akses Website

Kecepatan akses website menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi peringkat website di mesin pencarian Google. Semakin cepat aksesnya, semakin banyak orang mengunjungi website kamu.

Cek Konten Lainnya:
Instagram Reels: Fitur Baru & Kelebihan dibandingkan TikTok

Oleh karena itu, pastikan kamu memeriksa kecepatan website dengan tools. Jika kecepatan akses website cenderung lambat, maka kamu bisa mencari referensi cara meningkatkan kecepatan website agar optimal.

3. Keamanan Website

Faktor peringkat website juga bisa dipengaruhi oleh jenis URL yang digunakan. Secara khusus, URL bisa dengan mudah di crawl dan dijangkau mesin pencarian Google jika berisikan konten yang relevan.

Selain itu, URL dengan https punya tingkat keamanan yang bagus sebagaimana disebutkan John Mueller dari Google. Meski https bukan faktor yang memutuskan akan terindeks atau tidak, tetapi ini berpengaruh.

4. Tampilan Mobile Friendly

Salah satu faktor yang mempengaruhi ranking web di Google selanjutnya adalah tampilan website mobile friendly. Hal ini karena lebih banyak orang mengakses website dari handphone dibandingkan PC atau laptop.

Faktor ini juga menjadi salah satu cara website di halaman pertama Google yang bisa kamu maksimalkan. Meskipun dari handphone, tetapi akses harus cepat dan nyaman saat pengguna membuka website kamu.

5. Pengalaman Pengguna Website

Pengalaman pengguna juga termasuk dalam faktor yang bisa mempengaruhi ranking website. Website berkualitas tentu bisa memberikan pengalaman berkesan bagi pengguna dan betah berlama-lama di website kamu.

Oleh karena itu, pastikan kamu membangun website responsive dan simple untuk membuat pengguna nyaman. Jangan terlalu banyak iklan popup yang mengganggu pengguna, serta perhatikan kecepatan website!

Cara Website di Halaman Pertama Google

Tujuan membangun website itu sendiri adalah sebagai media untuk mempromosikan produk atau jasa bagi pemilik bisnis. Namun, ada juga website untuk tujuan berbagi informasi yang memberi manfaat bagi pembaca.

Oleh karena itu, agar website kamu mudah ditemukan atau ada di halaman pertama Google, penting mengetahui cara website di halaman pertama Google. Berikut caranya yang bisa kamu maksimalkan. Yuk, simak!

1. Perhatikan Nama Domain

Sebelum kamu membangun website, pertama yang harus kamu perhatikan adalah pemilihan nama domain. Hal ini bisa memberi pengaruh yang cukup signifikan pada peringkat website di mesin pencarian Google.

Google mungkin akan mengalami kesulitan menampilkan hasil pencarian jika nama domain website asal-asalan. Oleh karena itu, pilih nama domain yang unik dan pastikan pengguna mudah mengingatnya.

2. Optimasi Konten Website

Adapun salah satu cara masuk halaman pertama Google yang cukup efektif adalah optimasi konten. Cara optimasi konten pada website yakni dengan fokus pada SEO on page dengan bantuan plugin SEO website.

Dasar SEO on page sendiri mencakup judul halaman relevan, struktur sub judul, meta deskripsi, keyword, permalink/url, dan sebagainya. Pengaturan SEO ini bisa membantu website tampil di peringkat atas Google.

3. Relevansi Konten Website 

Website yang kamu bangun harus relevan dengan konten yang akan kamu buat. Artinya, konten harus sesuai dengan tujuan membangun website. Jika website bisnis, maka konten berisikan tawaran produk atau jasa.

Sebenarnya website bisnis juga tidak melulu soal jualan, tetapi bisa berisi konten berupa jawaban dari pertanyaan yang terkait dengan produk dan jasa. Terpenting konten harus relevan sesuai tujuan membangun website.

Cek Konten Lainnya:
SEO Marketing: Manfaat dan Strateginya

4. Melakukan Riset Keyword

Riset keyword adalah salah satu cara agar postingan muncul di halaman pertama Google. Dengan riset keyword, kamu akan mendapatkan keyword yang sering digunakan dan dicari oleh pengguna internet.

Setelah mendapat keyword yang banyak orang mencarinya, lalu tempatkan keyword secara natural dalam konten website. Selain itu, penggunaan jumlah keyword tidak berlebihan karena bisa merusak kualitas konten.

5. Rutin Update Konten

Cara website di halaman pertama Google selanjutnya adalah rutin update konten. Dengan kamu selalu memproduksi konten, peluang website muncul di halaman pertama mesin pencarian Google terbuka lebar.

Secara logika, ketika kamu membuat konten setiap hari, maka akan semakin banyak halaman website kita terindeks Google. Dengan begitu, peluang website kamu berada di peringkat atas Google semakin besar.

6. Membuat Tautan Internal 

Menyematkan tautan internal merupakan salah satu kiat dalam strategi SEO on page. Kamu bisa menautkan internal link pada konten dengan link yang relevan sesuai topik atau tema konten yang kamu bahas.

Dengan menautkan internal link juga sebagai petunjuk kepada Google bahwa konten website kamu benar-benar ada. Internal link juga bisa membantu website tampil di urutan teratas mesin pencarian Google.

7. Memasang SSL Certificate

Memasang SSL certificate merupakan salah satu cara agar blog tampil di halaman pertama Google. Google merekomendasikan website dengan SSL certificate dan menempatkan di halaman pertama pencarian.

SSL certificate berfungsi sebagai sistem keamanan situs web saat terjadi pertukaran data. Jika tidak terpasang SSL certificate, maka mesin pencarian akan memberikan peringatan agar berhati-hati mengakses website tersebut.

8. Membuat Sitemap Website

Sitemap merupakan file berisikan daftar semua halaman pada website. Dengan adanya sitemap, ini memungkinkan terjadinya proses crawling lebih cepat sehingga website lebih mudah terindeks oleh Google.

Biasanya, sitemap ini terdiri dari beberapa jenis seperti sitemap XML untuk peta situs, sitemap image untuk gambar berkaitan dengan SEO, dan sitemap video untuk mengetahui konten video di dalam website.

Penempatan inbound link merupakan salah satu cara website di halaman pertama Google. Inbound link sendiri adalah tautan pada website lain yang mengarah ke website kamu atau disebut juga sebagai backlink.

Ketika kamu ingin mendapatkan inbound link, pastikan pilih link yang berkualitas dan relevansi dengan konten website kamu. Kemudian, perhatikan juga traffic sumber unbound link dan page authority atau domain.

Broken link bisa mempengaruhi pengalaman pengguna website dan peringkat website di mesin pencarian Google. Google akan menurunkan ranking website yang terdeteksi punya link rusak atau halaman 404 not found.

Oleh karena itu, perbaiki link rusak pada website kamu agar tak menjadi masalah. Apabila kontennya sudah tidak tersedia, maka sebaiknya hapus saja broken link tersebut agar tidak muncul lagi di halaman pencarian.

Cek Konten Lainnya:
Pengertian Backlink, Manfaat, Fungsi & Cara Dapatnya

11. Membuat Konten Berkualitas

Cara agar sebuah website bisa naik ke halaman pertama Google selanjutnya adalah membuat konten berkualitas. Buatlah konten dengan topik yang relevan dengan target audiens dan buatlah konten evergreen.

Selain itu, perhatikan pula jumlah kata dalam konten yang kamu buat. Biasanya, konten yang terindeks ada di halaman pertama Google memiliki jumlah di atas 1000 kata dengan struktur SEO yang tepat.

12. Kualitas Tampilan Website

Tampilan website menjadi faktor penting dalam penilaian Google di mesin pencarian. Buatlah tampilan website yang menarik dan sesuai dengan pengalaman pengguna, ini sebagaimana aturan algoritma terbaru Google.

Selain itu, buatlah tampilan website yang mobile friendly. Sebab, saat ini banyak orang lebih sering mengakses internet dari HP. Pastikan tampilan website kamu nyaman di mata dan tombol navigasi yang jelas.

13. Manfaatkan Fitur dari Google

Cara website di halaman pertama Google selanjutnya yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur dari Google. Biasanya, pada mesin pencarian Google tersedia fitur untuk memaksimalkan performa website atau blog.

Salah satu fitur yang bisa kamu gunakan yakni Google Analytics yang berguna untuk menganalisa performa konten. Selain itu, ada fitur Google Search Console yang berguna memudahkan pencarian konten website.

14. Memiliki Website Sendiri

Dengan memiliki website sendiri, baik itu website personal atau website bisnis, kamu bisa mengoptimalkan cara agar website tampil di halaman pertama Google. Lantas, bagaimana cara membangun website?

Jika kamu belum paham membangun website, kamu bisa cek Tutorial Bikin Website. Kamu bisa membuat domain dan hosting website dengan mudah sesuai dengan kebutuhan kamu.

Dapatkan Performa SEO Terbaik agar Masuk Halaman Pertama Google

Ingin websitemu tampil di halaman pertama Google?

Dengan hosting cepat dan aman dari Jagoan Hosting, performa SEO websitemu akan meningkat drastis!

Bayangkan websitemu memuat dengan kecepatan kilat dan selalu terlindungi dari ancaman cyber. Pengunjung puas, kamu pun tenang!

Jangan tunggu lagi! Tingkatkan performa SEO websitemu sekarang dengan Jagoan Hosting

Itulah beberapa cara website di halaman pertama Google dan menaikan ranking di Google dengan melakukan optimasi. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, optimalkan situs web kamu agar bisa masuk urutan teratas di Google!

FAQ

Apa pentingnya website di halaman pertama Google?

Peringkat website berada di halaman pertama Google sangatlah penting karena pengguna cenderung memilih website di urutan teratas hasil pencarian.

Apa yang mempengaruhi ranking website di Google?

Adapun faktor yang mempengaruhi ranking website di Google, yaitu kualitas konten, kecepatan, tampilan website, keamanan, dan  pengalaman pengguna.

Bagaimana cara website masuk halaman pertama Google?

Cara website masuk halaman pertama Google, di antaranya riset keyword, optimasi konten SEO, tautan internal, rutin update konten, dan pakai fitur Google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
bing webmaster tools
Read More
Bing Webmaster Tools: Cara Daftar, Verifikasi dan Penggunaan
Bing adalah salah satu search engine selain Google yang banyak digunakan. Nah, salah satu upaya agar website kamu…
pengaruh hosting ke seo
Read More
Ketahui Pengaruh Web Hosting ke Performa SEO
Setiap situs web memerlukan penyedia layanan web hosting untuk memberikan pelayanan bagi pengunjung. Hosting akan optimal dengan SEO.…