14+ Cara Mendapatkan Banyak Backlink Berkualitas

cara mendapatkan banyak backlink

Selain kata kunci, aspek yang juga tidak kalah pentingnya dalam SEO adalah backlink di mana link website-mu bisa dicantumkan pada konten dalam website orang lain.

Kalau berhasil melakukannya maka mesin pencari akan menilai bahwa websitemu itu terpercaya. Lantas jika demikian bagaimanakah cara mendapatkan banyak backlink?  

Kalau kamu ingin tahu cara mendapatkan backlink maka wajib sekali simak artikel berikut sampai habis. Berikut penjelasan poin per poinnya:  

Pastikan Konten yang Kamu Buat Selalu Menarik dan Berkualitas Secara Konsisten

Yang paling utama dalam cara membangun backlink berkualitas adalah menjaga kualitas konten. Bagaimana orang lain bersedia menjadikan website-mu sebagai referensi jika konten-konten artikel yang ada di situ sama sekali tidak ada isinya.

Dengan demikian dapat disimpulkan kalau kualitas kontenmu akan sejalan dengan jumlah traffic yang masuk.

Adapun salah satu metode untuk  menjaga kualitas artikel yang kamu buat adalah : 

  • Tidak malas mencari referensi penulisan yang valid jadi setiap pernyataan yang ada di dalamnya benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.
  • Jangan cuma rewrite tapi tambahkan pula penjelasan-penjelasan lain yang sekiranya masih relevan dengan topik artikel yang sedang kamu tulis.  

Memberikan Penjabaran yang Sedetail Mungkin Jika Kontennya Berjenis Tutorial 

Untuk poin kedua dari cara mendapatkan banyak backlink berikut bisa dikatakan merupakan pengembangan yang lebih spesifik dari poin pertama. Ini terkhususnya untuk artikel yang berisi mengenai tutorial.

Terkait hal ini konten tutorial  yang bagus idealnya memiliki ciri-ciri ini : 

  • Memiliki panjang artikel yang cukup untuk menjelaskan topik tertentu secara mendetail. Tidak terlalu panjang ataupun pendek, semua terjelaskan dengan padat dan jelas.
  • Membahas topik yang tidak lekang oleh waktu (evergreen), sampai kapanpun pasti akan relate dengan permasalahan yang sedang orang lain hadapi . Alasan konten semacam ini lebih diprioritaskan supaya kamu nanti tidak perlu sering-sering mengupdate konten. 

Memanfaatkan Gambar Infografis

Secara alamiah manusia lebih suka membaca suatu informasi yang disertakan gambar daripada sekedar tulisan saja. Fakta ini disebutkan dalam IFVP bahwa otak manusia 60.000 kali lebih cepat memproses gambar daripada teks saja. 

Oleh karenanya amat direkomendasikan buat kamu mencantumkan gambar-gambar yang sifatnya infografis seperti diagram dalam cara mendapatkan backlink berkualitas gratis.

Selain membuat tampilan artikel jadi lebih menarik, pernyataan yang kamu tuangkan dalam tulisan terasa lebih valid pula. 

Di samping 2 hal  itu, masih ada alasan lain yang membuat kamu sangat membutuhkan infografis :

  • Lebih mudah pembaca pahami
  • Potensi untuk pembaca bagikan ke platform lain lebih besar
Cek Konten Lainnya:
Apa itu Java? Ini Fungsi, Cara Kerja & Contoh

Sering Meninggalkan Testimoni Setelah Memakai Produk Brand Tertentu

Kolom-kolom testimoni yang ada pada suatu brand yang menjual produk tertentu juga bisa menjadi salah satu alternatif cara mendapatkan banyak backlink. Jadi setelah kamu membagikan pengalaman setelah memakai produk suatu brand, mintalah tolong ke brand bersangkutan untuk membagikan testimoni beserta mencantumkan link kontenmu. 

Mulai Memanfaatkan Konten Listicle

Konten listicle merupakan konten yang mencantumkan sejumlah produk atau brand yang disusun dalam daftar sebagai ulasan maupun rekomendasi.

Adapun cara mendapatkan backlink berkualitas melalui konten listicle dimulai dengan mencari konten yang tidak mencantumkan website-mu. Berikut merupakan langkah-langkah untuk melakukan itu : 

  • Gunakan operator pencarian Google untuk mempersempit hasil pencarian berdasarkan target tertentu dengan menambahkan simbol minus (-). Tujuannya agar sistem mesin pencari tidak memasukkan website-mu pada hasil pencarian.  Misalnya, kalau Anda mengetikkan “hasil pertandingan MU Vs Chelsea -goal.com“. Nantinya Google akan menampilkan semua hasil yang tidak menyertakan Behance dalam daftarnya.
  • Setelah itu, hubungi kreator konten yang belum mencantumkan link website-mu dan mintalah melakukannya. Berikan alasan yang menjanjikan dan rasional mengapa website-mu layak untuk turut dimasukkan.
  • Apabila website-mu punya banyak audiens, temukan website yang menyebut brand Anda dalam kontennya tapi belum menaruh link ke website Anda. Dalam hal ini gunakan tool SEO seperti Ahrefs

Menganalisis backlink yang kompetitor punya juga boleh sekali kamu jadikan alternatif cara mendapatkan banyak backlink yang kualitasnya bagus. Adapun cara melakukan analisis tersebut adalah dengan metode link gap, berikut langkah-langkahnya : 

  • Di Ahrefs, akses Site Explorer.
  • Masukkan nama domain kompetitor.
  • Di bagian Backlink Profile, klik Backlinks.
  • Pilih Dofollow dan New.
  • Pilih opsi Live links only.

Dari situ sistem ahrefs akan menampilkan apa saja backlink yang kompetitormu telah kumpulkan beserta kata kunci dan traffic bulanan yang masuk.

Gunakanlah data-data itu untuk mengidentifikasi website high-authority apa saja yang masih masuk dalam niche website yang kamu buat. Setelah itu  hubungi pihak yang telah mencantumkan link kompetitormu tadi.

Selanjutnya sampaikan alasan yang logis mengapa kontenmu lebih relevan dan berkualitas dibandingkan milik kompetitor.

Mencoba Guest Blogging

Cara mendapatkan banyak backlink lainnya yang tidak kalah bagus adalah dengan guest blogging di mana kamu menawarkan jasa untuk menulis artikel kepada website lain.

Oleh karenanya rajin-rajinlah mencari website yang menawarkan kesempatan guest posting. Kamu bisa tahu adanya kesempatan itu lewat pencarian sederhana di Google, menggunakan “keyword target + write for us”.

Kemudian, buka setiap halaman Write For Us yang ditampilkan dalam hasil serta baca aturan guest posting yang pemilik website tentukan. Temukan informasi kontaknya dan kirimkan email yang memperkenalkan diri dan menjelaskan secara detail soal konten artikelmu. 

Cara membuat backlink blog yang mungkin kamu belum tahu yaitu melalui broken link. Maksudnya di sini adalah suatu website yang sudah dihapus, URL diubah, atau nama domainnya telah kedaluwarsa. 

Begini langkah-langakh untuk menemukan link semacam ini : 

  • Buka site explorer di Ahrefs.
  • Masukkan alamat website.
  • Di bagian Backlink Profile, klik Broken. Tool ini akan menunjukkan halaman website yang rusak milik kompetitor.
  • Berbekal informasi ini, hubungi domain yang menaruh link ke kompetitor kamu untuk melaporkan broken link tersebut. Setelahnya berikan saran agar mereka menggantinya dengan link kontenmu yang topiknya sama-sama relevan.
Cek Konten Lainnya:
Strategi Konten dan Iklan yang Tepat Bagi Bisnis Pemula

Bergabung Dalam Suatu Komunitas Bisnis

Sudah tentu saat bergabung dalam komunitas bisnis, kamu bisa belajar dari para ahli untuk mengembangkan bisnis lebih lagi. 

Selain itu kamu  pun dapat memanfaatkannya sebagai cara mendapatkan banyak backlink. Alasannya karena karena website komunitas bisnis  biasanya menyertakan link ke website anggotanya.

Oleh karena itu segeralah mencari dan bergabung dengan  komunitas bisnis di lingkungan. Selanjutnya mintalah tolong  pengelola website-nya untuk menyertakan website-mu  di halaman direktori mereka.

Ikut Serta dalam Forum

Kalau kamu merasa komunitas bisnis terasa terlalu formal maka forum bisa kamu coba karena di sini relatif lebih santai untuk berdiskusi. Di sini jalinlah koneksi sebanyak dan sebaik mungkin karena kesempatanmu menerapkan cara mendapatkan banyak backlink benar-benar terbuka sangat lebar.  

Mulailah dengan menemukan forum yang relevan dalam niche yang menawarkan backlink dofollow. Di samping itu dapat kamu lakukan dengan cek website kompetitor untuk mencari tahu forum mana saja yang menaruh link ke website mereka.

Tenang saja, menemukan forum yang tepat itu sangatlah mudah. Kamu tinggal ikuti langkah-langkah ini

  • Buka Site Explorer Ahrefs dan masukkan website kompetitor.
  • Di bagian Backlinks Profile, klik Backlinks.
  • Pilih Dofollow.
  • Masukkan “forum” di pencarian.
  • Pilih filter Domain name, lalu klik Show Results.

Setelah tool ini menampilkan hasil pencarian yang paling sesuai. Sekarang kamu buat akun di website forum tersebut dan mulailah aktif di sana.

Menjadikan Website sebagai Referensi Jurnalis

Dalam  cara mendapatkan banyak backlink berikut,  kamu perlu terlebih dahulu  membuat konten yang kredibel sebagai referensi bagi website media terkemuka.

Untuk melakukannya, kamu harus bisa mempromosikan konten kepada para jurnalis dan website berita melalui Help a Reporter Out (HARO).

Platform yang akan memfasilitasi  kamu memperoleh koneksi dengan website media yang sedang butuh referensi. 

Bagi kamu yang masih awam dengan website HARO maka perhatikan step by step penggunaannya di bawah ini : 

  • Daftar sebagai sumber lalu pilih salah satu dari tiga paket yang tersedia. Sebaiknya pilih paket gratis dulu agar kamu bisa mempelajari dulu cara kerja platform ini sebelum akhirnya memutuskan untuk upgrade.
  • Setelah mendaftar, kamu akan menerima email dari HARO yang berisi permintaan dari berbagai channel berita. Email ini menginformasikan nama reporter, dari perusahaan mana,  dan persyaratan- persyaratan khusus lainnya.
  • Respons yang paling sesuai dengan permintaan akan dipilih. Nantinya bagi yang terpilih, website berita akan menaruh link konten yang terpilih pada halaman mereka. 

Menggunakan Google Search Console

Cara membuat backlink website yang dicantumkan dalam website semakin mudah berkat kehadiran tools google search console.

Semakin mantap karena tools ini tidak hanya membantu menemukan ruang baru untuk menaruh backlink tapi juga mampu menganalisis profil backlink dan mengidentifikasi adanya error 404. 

Semua itu bisa tools ini lakukan karena punya fitur : 

  • Laporan Coverage. 

Cek laporan Coverage secara rutin untuk melihat apakah ada website yang menaruh link ke halaman yang sudah dihapus atau rusak di website-mu. Jika menemukannya maka segera arahkan ke URL yang benar.

  • Top Linking Sites

Laporan ini menyajikan data tentang website mana yang paling banyak menaruh link yang mengacu ke website-mu. 

  • Top Linked Pages
Cek Konten Lainnya:
Inilah 7 Contoh Header Website Keren Bisa Jadi Inspirasi!

Bagian ini menunjukkan halaman dari website-mu yang menghasilkan backlink terbanyak. Gunakan informasi ini untuk mengidentifikasi jenis konten seperti apa yang paling sesuai untuk membangun link dengan website-website lain secara lebih memadai. 

Memperbaharui Konten-Konten Lama 

Rekomendasi ketiga belas dari cara mendapatkan banyak backlink adalah dengan rutin memeriksa masa relevansi dari tiap-tiap konten dalam website-mu. 

Jika ada artikel yang sudah lama belum kamu perbaharui informasinya maka sekarang lihat berapa banyak backlink yang merujuk ke halam itu.

Apabila ternyata ada cukup banyak konten website lain yang mengambil referensi dari siti  maka ini merupakan aset yang begitu berharga. 

Alasannya karena dari situ kamu bisa mengembangkan artikel baru dengan lebih mudah karena kerangka utamanya sudah ada, cukup mengganti data-datanya dengan yang terbaru. Usaha yang diperlukan tidaklah sebesar membuat artikel benar-benar mulai dari nol. 

Setelah artikel terbaru tersebut telah kamu unggah, hubungi pihak-pihak yang telah mencantumkan backlink dari artikel lama.

Beritahu mereka tentang versi yang diperbaharui supaya mereka juga segera melakukan up to date. Dengan begitu backlink-mu akan naik lagi. 

Membangun Tools Gratis

Membuat tools software gratis, seperti kalkulator atau pembuat template, adalah salah satu cara mendapatkan banyak backlink yang efektif . Begini cara memulainya:

  • Mulailah dengan penelitian kata kunci dan lihat apa yang muncul untuk “template”, “alat”, atau “generator” dalam bidang yang sedang kamu tekuni.
  • Periksa alat mana yang muncul dalam 10 hasil pencarian teratas untuk kata kunci tersebut.
  • Coba cari tahu alat atau generator mana yang saat ini menerima backlink terbanyak.
  • Buat sesuatu yang serupa tetapi jauh lebih baik, misalnya desain yang lebih baik, lebih banyak opsi yang dapat disesuaikan, dll.

Menggunakan Direktori

Menutup pembahasan tentang cara mendapatkan banyak backlink adalah memakai direktori. Cara ini layak kamu coba karena cukup kompeten untuk mengembangkan SEO dan membantu konsumen menemukan bisnismu.

Tentu saja yang dibicarakan di sini bukanlah direktori yang bersifat spam karena justru dapat menurunkan penilaian performa SEO website. 

Adapun contoh direktori yang pantas kamu gunakan seperti Google My Business, Yelp, TripAdvisor serta masih banyak lainnya. 

FAQ

Kualitas backlink akan menentukan peringkat suatu situs web dalam hasil pencarian. Semakin banyak dan berkualitas backlink yang dimiliki suatu situs web, semakin tinggi kemungkinannya untuk muncul di peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Ya, mendapatkan backlink dari situs web berkualitas dan relevan dengan niche website-mu jauh lebih penting daripada hanya berfokus pada jumlah backlink. Backlink dari situs otoritatif cenderung memiliki dampak yang lebih besar pada peringkat SEO.

Backlink dari media sosial biasanya tidak memiliki dampak langsung pada peringkat SEO. Namun, berbagi konten di media sosial dapat meningkatkan kesadaran merek dan memperluas jangkauan konten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cek DA PA blog website
Read More
Cek DA PA Blog & Website serta Cara Meningkatkannya
Sudahkah kamu melakukan cek DA PA blog atau website? Sebagai pemilik website, kamu wajib mengetahui caranya agar performa…
Apa itu Search Engine
Read More
Apa itu Search Engine? Cek Contoh, Pengertian, dan Cara Kerjanya
Siapa sih yang tidak pernah menggunakan Google? Yap, salah satu contoh search engine ini sudah erat di telinga…