Domain Email: Contoh, Kelebihan dan Tips Memilih

domain email

Sob, sudah akrab dengan domain email? Tidak jauh berbeda dengan kamu yang ingin memiliki panggilan unik, keberadaan dari domain ini juga jadi identifikasi menarik untuk alamat email kamu.

Munculnya teknologi canggih custom email domain bisa jadi salah satu alternatif bisnis agar terlihat lebih professional, loh. Pasalnya, melalui kustomisasi ini kamu bisa membangun branding dan meningkatkan sistem keamanan secara tidak sadar.

Nah, biar lebih detail lagi membahas mengenai domain untuk email. Kali ini kami sudah merangkum materinya secara rinci pada pembahasan artikel berikut ini.

Pengertian dan Contoh Domain Email

Email merupakan media penting untuk melakukan komunikasi atau transaksi secara profesional. Bagi pemilik usaha, khususnya bisnis besar dengan jangkauan luas dan kerja sama dengan beberapa pihak.

Maka, email menjadi media paling krusial yang wajib perusahaan miliki. Namun, sekarang ini tengah muncul custom email. Lantas, apa sebenarnya domain email itu apa?

Menarik kebelakang, secara pengertian domain email adalah alamat email yang nantinya akan muncul setelah simbol ‘@’. Kamu bisa custom nama yang unik sehingga menjadi ciri khas tersendiri.

Biasanya, alamat email yang dicustomisasi ini akan mencerminkan branding atau bisnis yang sedang kamu bangun. Contohnya apabila kamu seorang penulis konten, maka bisa mengatur email menjadi [email protected].

Contoh domain email ini sebenarnya sangat banyak sekali. Setiap penggunanya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Tentunya dengan spesifikasi unik dan menjabarkan tentang dirinya sendiri ataupun branding perusahaan.

Macam Domain Email

Memiliki banyak sisi unik yang wajib dimanfaatkan, khususnya bagi pelaku usaha yang ingin membangun branding. Domain email sendiri dikategorikan menjadi dua macam, antara lain:

Cek Konten Lainnya:
Ini Saran Jasa Pembuatan Website Toko Online Terbaik 

1. Top-Level Domain (TLD)

TLD merupakan penyebutan yang ada di akhir alamat email. Contohnya “.com”, “.id”, “.net”, dan beberapa TLD lainnya. Secara ketersediaan, TLD ini cukup banyak sekali. Kamu bisa cek beberapa contoh yang umum digunakan yaitu:

  • .com: untuk tujuan umum atau komersial
  • .id: biasanya untuk individu ataupun organisasi dan perusahaan yang ada di Indonesia
  • .net: paling sering digunakan untuk provider internet dan jaringan
  • .gov: khusus untuk instansi pemerintah
  • .edu: untuk institusi pendidikan
  • .org: bagi perusahaan atau organisasi non profit

2. Country Code Top-Level Domain (ccTLD)

Jika TLD adalah akhir dari penyebuat alamat email, maka ccTLD merupakan jenis TLD yang mewakili nama negara tertentu.

Seperti “.id” yang mewakili Indonesia, “.jp” untuk Jepang, dan “.us” untuk Amerika Serikat. Pemakaian ccTLD ini akan membantu menunjukkan lokasi ataupun target dari audiens situs website.

Kelebihan Menggunakan Domain Email

Ketika kamu memutuskan untuk menggunakan domain email, maka ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan. Pasalnya, untuk membuat pasti kamu harus mengeluarkan biaya.

Nah, fasilitas yang domain ini sediakan sendiri pun pastinya berbeda dengan email gratis pada umumnya. Lantas, apa saja kelebihan pemakaiannya? Berikut penjabaran detailnya:

1. Media Branding Perusahaan

Berbeda dengan email gratisan, menggunakan email custom akan membantu kamu untuk melakukan branding perusahaan.

Pasalnya, dengan menyelipkan nama perusahaan di badan email akan membuat penerima pesan langsung tahu pengirim pesannya melalui nama domain.

Meskipun tidak spesifik dan terkesan sederhana, tetapi ini bisa jadi langkah tepat untuk branding, loh. Secara tidak sadar, penerima pesan akan mengingat nama perusahaan yang mengirimkan email.

2. Meningkatkan Kredibilitas

Membangun kredibilitas kepada pelanggan adalah hal yang sangat baik. Bagaimana caranya? Tentu dengan membuat domain email.

Pasalnya, saat kamu membuat email gratis untuk bisnis, tentu mengundang kecurigaan pelanggan karena bisa saja penipu menyamar. Sehingga, email kamu akan dimasukkan ke dalam folder spam.

Hal ini akan berbeda dengan memiliki email domain, selain meningkatkan rasa percaya kamu juga sedang membangun kredibilitas perusahaan.

3. Kapasitas Penyimpanan Besar

Berikutnya, domain pada email memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar daripada email gratisan. Jika menggunakan email gratisan kapasitas penyimpanan hanya tersedia 15GB untuk Google Drive dan Google Photos.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Email Bisnis yang Profesional dan Kredibel

Maka, berbeda dengan email custom yang memfasilitasi penyimpanan hingga 100GB. Jadi, kamu tidak perlu khawatir penyimpanan penuh, ya.

4. Bebas Iklan

Kemudian, manfaat lain dari domain satu ini adalah adanya layanan bebas iklan. Hal ini akan membuat tampilan email kamu terlihat lebih bersih dan rapi.

5. Bisa Melakukan Backup Email

Selanjutnya, kelebihan yang wajib kamu pertimbangkan adalah adanya fasilitas backup. Bagi perusahaan besar, fasilitas backup ini sangat penting karena minim resiko data hilang.

Cara Membuat Domain Email Sendiri

Mau coba buat domain email melalui Gmail dengan setting POP3 dan SMTP? Ini langkah-langkahnya:

1. Masuk ke Akun Gmail

Jika kamu ingin custom email melalui Gmail, maka harus membuat atau sign up terlebih dahulu. Pastikan kamu sudah memiliki akun Gmail terlebih dahulu, ya.

2. Pilih Setelan

Apabila sudah berhasil masuk, lanjutkan ke menu Settings di bagian pojok kanan atas dan klik lihat semua setelan. Nantinya, kamu akan diarahkan ke menu baru.

3. Klik Menu Akun dan Impor

Pada menu Akun dan Impor, kamu bisa menemukan link untuk menambah akun email. Klik dan kamu akan masuk ke menu tambahkan. Ketikkan alamat email domain yang kamu inginkan. Contohnya [email protected].

4. Lakukan Konfirmasi

Setelah berhasil, kamu dapat memilih Import Email dari akun saya lainnya (POP3). Pilih berikutnya.

5. Atur POP

Kemudian, saatnya untuk mengatur POP dengan mengisi beberapa kolom yang kosong. Seperti nama pengguna dan kata sandi (gabungan huruf dan angka).

Nantinya, server POP akan memasukkan nama domain sendiri. Sebelum menggunakannya, kamu bisa membeli domain terlebih dahulu. Port isi dengan 110 dan centang pengaturan email yang kamu inginkan.

6. Tambahkan Akun

Setelah itu, pilih Tambahkan Akun > klik Ya, saya ingin mengirim email sebagai [email protected]. Nantinya, akan muncul kembali halaman baru dengan melakukan centang.

7. Kirim Email Melalui Server SMTP

Di sini, kamu harus melengkapi beberapa kolom kosong seperti Server SMTP, Port, Nama Pengguna, Sandi, Klik dengan TLS dan tambahkan akun.

8. Kode Verifikasi

Terakhir, kamu akan mendapatkan kode verifikasi email dengan domain custom. Klik tombol verifikasi. Setelah itu, domain email kamu akan terhubung dengan Gmail.

Tips Memilih Nama Domain Email

Ingin punya email custom tapi bingung bagaimana cara memilihnya? Yuk ikuti rangkuman tips di bawah ini:

  • Pertama, sesuaikan dengan nama yang kamu inginkan. Apakah untuk kepentingan pribadi, bisnis, ataupun organisasi.
  • Gunakan TLD yang sesuai (.com, .id, .org, .edu) ataupun ccTLD (seperti .id untuk Indonesia).
  • Pastikan memilih nama domain yang mudah diingat. Sebaiknya pilih nama pendek, mudah diingat, dan memiliki makna.
  • Cek ketersediaan domain di situs penyedia seperti Jagoan Hosting. Lakukan pertimbangan alternatif apabila pilihan kamu tidak tersedia.
  • Gunakan nama yang profesional. Jangan munculkan nama humor atau mengandung bahasa kekanak-kanakan.
  • Cantumkan merek apabila diperlukan. Jadikan domain sebagai branding yang efektif.
Cek Konten Lainnya:
Email Perusahaan Penting? Ini 5 Alasan Anda Harus Punya!

Demikianlah informasi mengenai domain email yang sebenarnya memiliki banyak manfaat tetapi jarang orang ketahui. Yuk, manfaatkan sekarang juga, bangun branding dan dapatkan kesuksesan bisnis dengan custom email yang professional.

Dapatkan Domain Email di Jagoan Hosting Sekarang

performa email hosting

Apakah kamu ingin meningkatkan kredibilitas bisnismu dengan email yang terlihat profesional? Saatnya beralih ke Email Hosting dari Jagoan Hosting!

Dengan Email Hosting dari Jagoan Hosting, kamu bisa mendapatkan domain email sendiri yang akan membuat bisnismu tampak lebih terpercaya dan profesional.

Bayangkan kesan yang akan kamu tinggalkan dengan alamat email yang mencerminkan identitas bisnismu.

Kenapa kamu harus memilih Email Hosting dari Jagoan Hosting?

  • Keamanan Tinggi: Data emailmu terlindungi dengan enkripsi terbaik.
  • Penyimpanan Besar: Nikmati kapasitas penyimpanan yang luas untuk semua kebutuhan email bisnismu.
  • Support 24/7: Tim ahli kami siap membantu kapan pun kamu membutuhkannya.
  • Integrasi Mudah: Sesuaikan emailmu dengan berbagai perangkat dan aplikasi yang kamu gunakan.

Jangan tunggu lagi, tingkatkan kredibilitas bisnismu sekarang juga!

Dapatkan domain emailmu di Email Hosting Jagoan Hosting hari ini!

FAQ

Apakah harga domain email mahal?

Tergantung dari kapasitas penyimpanan dan fasilitas yang diinginkan.

Berapa estimasi biaya domain email?

Mulai dari Rp10.000 per bulan.

Di mana tempat membeli domain email terpercaya?

Kamu bisa cek di Email Hosting di Jagoan Hosting untuk detail pembelian paket layanan dan fasilitas yang ditawarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara membuat website
Read More
Cara Membuat Website Sendiri dari Nol Tanpa Coding
Ingin memiliki sebuah website, tapi tidak tahu bagaimana cara membuatnya? Well, cara membuat website sebetulnya sangat mudah, Sob.…
domain
Read More
Inilah Pengertian Domain, Fungsi & Jenisnya
Domain adalah nama unik yang diberikan guna mengidentifikasi server komputer agar lebih mudah diingat daripada menggunakan IP (Internet…