12+ Cara Meningkatkan Konversi Penjualan Terampuh

meningkatkan konversi penjualan

Konversi penjualan adalah istilah yang dikenal dalam bisnis online. Lebih jelasnya, istilah ini merujuk pada tindakan lanjut dari pengunjung website atau toko online. Selain itu, sangat penting untuk meningkatkan konversi penjualan pada bisnis.  

Mengapa demikian? Sebab, konversi penjualan yang meningkat berarti calon pelanggan potensial melakukan tindak lanjut terhadap suatu produk kamu. Misalnya, membeli. Jadi, tujuan dari strategi pemasaran ini yaitu mendapat pelanggan tetap. 

Dengan begitu, pendapatan bisnis kamu pun bisa meningkat, Sob! Namun, setiap perusahaan memiliki pengukuran konversi yang berbeda-beda, sehingga strategi meningkatkan konversi penjualan ikut bervariasi.  

13 Strategi Meningkatkan Konversi Penjualan

Bagi kamu yang baru terjun ke dunia bisnis online, memang harus melakukan adaptasi khususnya dalam pemasaran. Oleh sebab itu, berikut beberapa cara yang mungkin bisa kamu terapkan untuk menaikkan konversi penjualan agar cuan. 

1. Menargetkan Kembali Pasar dengan Tepat

Salah menargetkan calon konsumen bisa menyebabkan penjualan bisnis kamu menurun. Maka dari itu, langkah yang bisa kamu lakukan adalah memastikan penargetan telah sesuai dengan minat dan kebutuhan produk yang ditawarkan.

Jika target pasar yang kamu tetapkan sudah tepat, peluang konversi bisa meningkat. Selain itu, kamu juga bisa melakukan segmentasi pengunjung website yang memiliki tujuan beragam baik membeli produk atau hanya sekadar iseng membuka. 

Melalui pengelompokan pengunjung tersebut, kamu bisa memberikan perlakuan yang mereka butuhkan. Misalnya, pengunjung yang ingin membeli produk butuh perhatian dari tim untuk konsultasi. 

Cek Konten Lainnya:
Ingin Kerja Produktif? Kantormu Harus Siap Sediakan Fasilitas Keren Ini

2. Melakukan Uji Coba A/B Testing

Berikutnya, kamu bisa mencoba bereksperimen untuk melihat mana yang paling efektif dan terbaik untuk meningkatkan konversi penjualan. Nah, caranya bisa melalui A/B testing. Tahukah Sob apa itu A/B testing?

A/B testing adalah menguji dua versi yang berbeda untuk kamu tampilkan pada website. Selanjutnya, kamu bisa menghitung mana versi yang paling banyak mendatangkan tindakan dari calon pelanggan yang berkunjung. 

3. Mempermudah Pelanggan Menemukan Bisnis Kamu

Seberapa mudah website atau toko online kamu ditemukan dalam internet, bakal mempengaruhi tingkat konversi penjualan. Bayangkan jika website atau toko online kamu sulit untuk pengunjung akses, tentu performa penjualan tidak akan naik-naik. 

Berbeda jika kamu membuat bisnis mudah untuk pelanggan temukan dalam pencarian internet. Besar kemungkinan CTR (Click Through Rate) situs web akan meningkat karena calon pelanggan potensial yang membutuhkan produk. 

4. Menerapkan SEO

Melanjutkan dari upaya menaikkan konversi toko online sebelumnya, terapkan Optimasi SEO (Search Engine Optimization) untuk mempermudah orang-orang menemukan situs web bisnis. 

Tujuan dari SEO sendiri adalah menaikkan peringkat web sehingga bisa muncul di pencarian atas. Cara mengoptimalkan SEO website yaitu dengan rajin-rajin update, meriset kata kunci, dan memberikan visual pada konten. 

5. Mempromosikan Produk Secara Daring

Peluang konversi penjualan produk akan semakin meningkat jika kamu barengi dengan promosi produk secara daring. Saat ini, sudah banyak platform digital yang bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan produk dengan lebih hemat. 

Contohnya kamu dapat membuat konten promosi melalui website maupun sosial media bisnis. Tawarkan penawaran yang menarik seperti promo terkait produk yang kamu miliki. 

6. Membuat Video Marketing

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, konten promosi produk secara daring bisa kamu buat dengan media visual. Baik dalam bentuk gambar maupun video marketing yang menarik audiens

Video adalah media promosi bergerak yang atraktif. Kamu bisa membuat konten video dengan durasi yang tidak terlalu panjang dengan isi ringkas sehingga penonton tidak cepat merasa bosan. 

7. Memanfaatkan Email Marketing

Selain video, cara meningkatkan konversi penjualan juga bisa dengan memanfaatkan email marketing. Apa itu email marketing

Cek Konten Lainnya:
Digitalisasi Bisnis : Saatnya Bisnis Berkembang di Era Revolusi Industri 4.0

Strategi pemasaran ini menggunakan email untuk memberi info terkait produk dan penawaran untuk pelanggan. 

Harapannya brand awareness bisa meningkat dan calon pelanggan potensial bisa semakin yakin untuk membeli produk kamu sehingga tingkat konversi bisa melambung tinggi. 

Kamu harus memastikan isi konten email tersebut informatif dan jelas sehingga dapat menjangkau calon pelanggan lebih luas. 

8. Memberikan Penawaran yang Menarik

Melalui penawaran yang menarik, besar kemungkinan calon pelanggan akan berakhir terbujuk membeli produk kamu. Namun, sebelum mencapai tahap itu, kamu harus memastikan bahwa produk tersebut menjawab masalah konsumen. 

Caranya bisa dengan menuliskan poin-poin mengapa produk kamu harus mereka beli dan lebih unggul dari kompetitor serupa. Tunjukkan keunikan produk yang berbeda dari yang lain sehingga calon pelanggan tertarik membelinya. 

9. Merangkai Kalimat yang Sederhana dan Jelas

Meningkatkan konversi penjualan juga bisa kamu lakukan dengan kalimat yang sederhana dan jelas. Maksudnya, bahasa bisnis yang kamu gunakan sebaiknya tidak bertele-tele dan mengandung kosa kata yang sulit orang awam pahami. 

Cara terbaik untuk menulis kalimat yang efektif yakni dengan susunan kalimatnya yang lugas dan pastinya tidak terkesan kaku. Buatlah kalimat seolah-olah kamu sedang berbicara dengan konsumen yang mengunjungi wesbite. 

10. Menampilkan Ulasan dari Pelanggan Sebelumya

Faktor yang mempengaruhi konversi penjualan agar meningkat salah satunya adalah menampilkan ulasan dari pelanggan sebelumnya. Pasalnya, ulasan yang mereka tinggalkan dapat membantu calon pembeli untuk meyakinkan dirinya. 

Apabila bukti ulasan yang tersemat dalam toko online maupun website kamu benar apa adanya, kemungkinan penjualan meningkat besar. Namun, jika ulasan terbukti tidak benar, bisa-bisa performa penjualan bisnismu menurun. 

11. Menyederhanakan Formulir

Pada website bisnis, umumnya menyediakan formulir yang bisa calon konsumen isi untuk melakukan pendaftaran atau konsultasi. 

Nah, agar calon konsumen tersebut tidak malas mengisi formulir yang panjang, sebaiknya kamu menyederhanakan formulir berisi poin-poin penting. Strategi ini bisa membantu meningkatkan konversi penjualan produk. 

12. Mendesain Website agar Atraktif

Sebagian orang sering lupa untuk mengoptimalkan desain website yang atraktif dalam rangka menggaet calon konsumen. Beberapa kebanyakan hanya mendesain apa adanya sehingga kurang menarik dan komunikatif. 

Cek Konten Lainnya:
Raih Kepuasan Pelanggan dengan 6 Kalimat Ajaib Ini

Oleh sebab itu, usahakan untuk memaksimalkan desain website yang menarik dan bisa orang-orang akses baik melalui device smartphone maupun komputer. 

Pasalnya, kemudahan mengakses website juga menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli produk. 

13. Membangun Kepercayaan

Mempererat hubungan dengan calon konsumen bisa meningkatkan konversi penjualan. Sebab, jika mereka percaya dengan produk yang kamu tawarkan, mereka tidak akan merasa ragu untuk membeli. 

Itulah mengapa membangun kepercayaan sangat penting untuk mendapatkan hati calon konsumen. 

Jadi, cara meningkatkan konversi penjualan bisa coba kamu tempuh dengan menerapkan 13 strategi di atas. Selain itu, tidak ada strategi yang sudah pasti 100% berhasil. Artinya, kamu harus pintar-pintar melihat peluang dalam bisnis online. 

Tingkatkan Konversi Penjualan dengan Website

digitalisasi bisnis pakai jagoan hosting

Jadikan bisnismu lebih kredibel dan mudah ditemukan dengan hosting high performance dan domain profesional dari Jagoan Hosting.

Dengan website yang cepat dan stabil, pelanggan akan lebih mudah mengakses dan mempercayai produk atau layanan kamu.

Bayangkan memiliki website yang selalu online, cepat diakses, dan terlihat profesional. Pelanggan akan merasa lebih nyaman dan percaya pada bisnismu, yang pada akhirnya meningkatkan konversi penjualan.

Web Hosting high performance dari Jagoan Hosting memastikan website kamu selalu berjalan optimal, sementara domain profesional memberikan kesan yang lebih terpercaya dan berkelas.

Jangan tunda lagi! Tingkatkan konversi penjualan kamu sekarang dengan layanan hosting high performance dan beli domain profesional dari Jagoan Hosting.

FAQ

Apa itu konversi penjualan?

Konversi penjualan adalah tindakan lebih lanjut dari calon konsumen terhadap toko online atau website bisnis. 

Bagaimana cara meningkatkan konversi penjualan pada toko online?

Melakukan uji coba A/B testing, mempromosikan produk secara daring, memberikan penawaran menarik, dan lain sebagainya. 

Apa yang bisa dilakukan untuk memperluas pasar?

Menawarkan penawaran menarik yang bisa menjawab masalah dan kebutuhan konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
contoh website perusahaan
Read More
11+ Contoh Website Perusahaan yang Profesional & Keren
Kamu mau membuat website untuk bisnis milikmu, Sob? Maka, menilik beberapa contoh website perusahaan yang sudah ada bisa…
value proposition canvas
Read More
Apa itu Value Proposition Canvas, Komponen & Cara Buatnya
Value Proposition Canvas adalah sebuah metode yang digunakan untuk memahami produk berdasarkan sudut pandang konsumen. Hal ini pada…