Ini 12+ Modul Odoo yang Tersedia untuk Bisnis

modul odoo
modul odoo

Ada banyak sekali modul Odoo yang bisa digunakan perusahaan dalam pengelolaan bisnis. Bahkan kamu bisa mendapatkannya dengan sangat mudah.

Bagi kamu yang belum tahu, Odoo adalah sebuah software bisnis yang meliputi e-commerce, penagihan, akuntansi, manufaktur, gudang, manajemen proyek, dan manajemen stok menjadi satu kesatuan.

Software ini telah membantu banyak perusahaan dalam mengelola proses dan manajemen bisnis dengan lebih mudah, cepat, dan efisien. Tidak sekedar itu saja, Oddo juga bersifat open source dan cocok untuk perusahaan apa saja.

Modul Odoo yang Tersedia untuk Bisnis

Setidaknya ada 13 modul yang ada pada aplikasi Odoo yang dapat kamu manfaatkan yaitu.

1. Finance & Accounting

Modul pertama yang terdapat di aplikasi atau software Odoo adalah finance atau keuangan dan accounting atau akuntansi. Kamu dapat memanfaatkan modul ini untuk mencatat pemasukan, pengeluaran, termasuk perhitungan laba perusahaan.

Selain itu, pencatatan utang, piutang, rekonsiliasi bank, manajemen kas, dan pajak semuanya bisa dilakukan melalui modul yang satu ini.

2. Inventory

Inventory atau inventaris jika diartikan adalah persediaan. Tentu saja perusahaan harus memiliki persediaan produk yang akan dijual kepada konsumen.

Nah, persediaan stok ini harus tercatat dan terlacak dengan baik melalui sistem. Jangan sampai ada perbedaan antara data dengan kondisi yang sesungguhnya.

Melalui modul inventory pada Odoo ini, kamu dapat melacak seluruh stok produk milik perusahaan. Kamu akan tahu barang-barang apa saja yang sudah mulai berkurang sehingga perusahaan harus menyediakan stoknya lagi.

3. Sales

Daftar modul Odoo selanjutnya adalah sales. Sesuai dengan namanya, modul satu ini tentu saja sangat berguna bagi sales perusahaan.

Cek Konten Lainnya:
Mengenal Odoo, Fitur, Kelebihan dan Cara Menggunakan

Pasalnya, melalui modul ini, sales dapat mengelola akses penjualan seperti  CRM, POS, kontak, sewa, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua data penjualan pasti tercatat dengan rapi dan minim kesalahan.

4. Employees

Modul Odoo yang tersedia selanjutnya adalah employees. Arti dari employees sendiri adalah karyawan.

Jadi, modul employees sangat berguna bagi HR perusahaan. Sebab, modul ini dapat membantu proses pencatatan kehadiran karyawan. Termasuk juga cuti, libur, dan kalender.

Melalui employees, HR dapat mengakses jadwal karyawan dengan lebih mudah dan akurat. Tidak ada lagi cerita karyawan tidak masuk justru tertulis masuk.

5. Manufacturing

Manufacturing merupakan salah satu modul pada Odoo yang berhubungan langsung dengan manufaktur. Di dalamnya ada beberapa kategori yaitu MRP II, Manufacturing Orders & BOM, Maintenance, Quality, dan PLM.

Salah satu kategori penting yang ada di modul manufacturing yaitu Manufacturing Orders & BOM, berfungsi untuk manajemen produksi dan komposisi barang produksi.

MRP merupakan singkatan dari Manufacturing Resources Planning sebagai aplikasi untuk manajemen manufaktur. PLM (Product Lifecycle Management) adalah kategori yang berfungsi untuk melakukan manajemen terhadap siklus produk.

6. Project

Modul project ini berfungsi untuk mengelola project bisnis dengan lebih mudah dan efisien. Kamu dapat mengelola proyek dengan banyak tampilan dalam satu tools seperti Gantt Chart, kalender, grafik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Modul project memiliki tampilan yang modern dan pastinya sangat mudah untuk kamu pahami. Siapapun pasti tidak akan kesulitan menggunakannya.

Selain itu, modul satu ini juga terintegrasi dengan beberapa modul lainnya seperti sales, faktur, pemasaran, dan tanda tangan).

7. Website

Perusahaan tentu saja membutuhkan website sebagai salah satu media promosi. kamu dapat membuat dan mengelola situs perusahaan melalui modul yang satu ini.

Kamu tidak perlu capek-capek ngoding, karena semuanya bisa dibuat secara otomatis. Cukup drag dan drop saja, pasti website bisa langsung terbuat.

Tidak hanya website saja, melalui modul aplikasi Odoo ini, kamu juga bisa membuat ecommerce, blog, hingga forum.

Cek Konten Lainnya:
Online Marketing Adalah: Ini Panduan Lengkapnya bagi Pemula

8. Marketing

Jika modul sales sangat berguna bagi divisi sales perusahaan, maka modul marketing sangat bermanfaat bagi divisi marketing. Sebagaimana kita ketahui, divisi ini berurusan langsung dengan pemasaran.

Tim marketing bisa melakukan pemasaran dengan mudah dan efektif hanya berbekal tools sederhana saja. Di dalamnya terdapat fitur untuk mengelola kampanye email, sosial media, dan marketing automation.

Tidak sekedar itu saja, kamu juga bisa melihat data hasil kampanye untuk memastikan apakah sudah memenuhi target atau belum. Jika belum, tentu saja bisa menjadi bahan evaluasi.

9. Helpdesk

Helpdesk merupakan salah satu modul di Odoo yang sangat membantu bagi customer service. Kamu dapat memanfaatkannya untuk memberikan layanan bantuan kepada klien atau konsumen.

Modul helpdesk pada Odoo memiliki fitur yang dapat mengelola tiket dukungan. Selain itu, helpdesk bisa membuat kamu mampu untuk memberikan layanan yang efektif.

Komunikasi dengan klien atau pelanggan pun menjadi lebih lancar dengan adanya modul ini. Pelanggan pun tidak akan kecewa karena perusahaan memiliki helpdesk yang baik.

10. CRM

CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management. Dalam bahasa Indonesia artinya adalah Manajemen Hubungan Pelanggan.

Modul ini dapat mengatur hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Perusahaan dapat menawarkan kembali produknya ke pelanggan yang sama supaya mendapatkan repeat order.

Modul CRM sangat membantu bagi tim sales untuk mengelola kontak pelanggan. CRM juga terintegrasi dengan modul email sehingga sales tetap bisa menghubungi pelanggan tersebut melalui email dengan sangat mudah.

11. Purchase

Modul pada software Odoo selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan yaitu purchase. Tentu saja perusahaan harus melakukan pembelian untuk mendukung operasional perusahaan, nah modul inilah yang bisa membantumu.

Sebagai contoh, perusahaan yang bergerak di bidang IT pasti sangat membutuhkan laptop atau komputer. Kegunaan modul purchase supaya supaya perusahaan bisa melacak vendor atau supplier laptop atau komputer tersebut.

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu Customer Retention? Keuntungan & Strateginya

Selain itu, modul purchase dapat melacak faktur penerimaan barang dari supplier. Semua data pembelian barang akan tercatat dengan baik melalui satu aplikasi.

12. Productivity

Untuk membuat kinerja perusahaan semakin produktif sehingga bisa mendapatkan keuntungan, modul productivity bisa kamu gunakan. Di dalamnya terdapat berbagai fitur seperti discuss, calendar, dashboard, dan notes.

Fitur discuss berfungsi untuk melakukan komunikasi antar sesama tim dalam melakukan segala aktivitas bisnis. Kalender bisa kamu gunakan untuk penjadwalan meeting karyawan.

Fitur notes dapat kamu manfaatkan untuk membuat list atau daftar apa saja yang akan dilakukan tim pada hari ini. Kalau semua tertulis dengan baik, pastinya tidak akan ada yang lupa atau terlewat.

13. Fleet Management

Modul fleet management berkaitan langsung dengan armada atau kendaraan perusahaan. Setiap perusahaan pastinya membutuhkan kendaraan untuk kegiatan operasional.

Kondisi kendaraan perusahaan dapat kamu cek langsung melalui modul fleet management. Kalau memang ada masalah pada kendaraan, pada akhirnya bisa segera teratasi.

VPS Hosting Odoo
VPS Hosting Odoo

Ketiga belas modul Odoo tersebut hanya sebagian dari banyaknya modul yang tersedia di Odoo untuk menjalankan bisnis kamu. Sekarang kamu bisa mendapatkan paket Odoo sudah lengkap dengan hostingnya.

Banyak pilihan paket yang tersedia dan tentu saja dengan harga terjangkau. Kamu pun bisa mengelola bisnis secara online dengan nyaman dan aman. VPS Hosting Odoo siap pakai tersedia di Jagoan Hosting.

FAQ

Apakah Odoo itu gratis?

Odoo memang gratis karena bersifat open source. Hanya saja, Odoo juga memiliki versi berbayar.

Untuk Odoo yang gratis apakah gratis selamanya?

Ya, gratis selamanya bukan hanya satu tahun pertama saja.

Apakah Odoo bisa digunakan di smartphone?

Ya, Odoo juga bisa kamu akses lewat smartphone bahkan ada aplikasinya di Google Play Store.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
omni channel
Read More
Apa itu Omni Channel? Strategi & Bedanya dengan Multi Channel
Istilah omni channel marketing dalam dunia marketing maupun dunia bisnis pastinya sudah tidak asing lagi. Karena, omnichannel banyak…
contoh email follow up
Read More
12+ Contoh Email untuk Follow Up Customer dan Tips Buatnya
Klien tidak memberi kabar sesaat setelah kamu mengirimkan invoice? Tenang, ada banyak contoh email untuk follow up customer…