Strategi Organic Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan 

banjir orderan tanpa iklan dengan organic marketing

Di era digitalisasi, setiap pengusaha harus memahami strategi organic marketing. Hal ini bertujuan untuk memudahkan calon pelanggan menemukan brand atau produk pada mesin pencari google. 

Secara mendalam, hal ini dibahas dalam ‘BIT Corner’ bertajuk ‘Rahasia Banjir Orderan Tanpa Iklan’ pada Jumat 31 Mei 2024 melalui zoom meeting. Materi tersebut disampaikan oleh Teguh Widodo, SEO Expert Beon Intermedia. 

Ringkasan kegiatan tersebut akan diulas dalam artikel ini.

Tips Optimasi Website

Sebuah website bisa membantu usaha untuk meningkatkan kepercayaan bagi calon pelanggan. Dalam hal ini, harus melakukan optimasi agar pengunjung website bisa semakin meningkat.

Selain itu, website juga berfungsi untuk memberikan edukasi dan mempermudah pelanggan mendapatkan berbagai macam informasi.

Pada platform ini, pengusaha bisa memberikan kontak berupa email maupun WhatsApp untuk mempermudah komunikasi dengan pelanggan. Hal ini juga bisa memudahkan pengusaha untuk mengumpulkan database pelanggan. 

Menggunakan website sebagai platform yang lebih terjangkau dan efisien. Sebab, pelaku usaha bisa mengendalikan isi konten dan keperluan untuk berjualan.

Optimasi Website Organik Gratis

Menurut Teguh, harga iklan digital setiap tahun terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data, harga cost per mille cenderung naik. Sementara, untuk optimasi website, biayanya akan lebih murah, bahkan gratis.

Untuk optimasi website organik bisa dilakukan jangka panjang untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan seiring waktu. Sehingga, bisa membangun kredibilitas secara organik dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. 

Tips Riset Kata Kunci

Dalam membangun website organik, pelaku usaha harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Tips sederhananya adalah, kata kunci harus relevan dengan bisnis. Biasanya, orang akan cenderung kesulitan jika kata kunci semakin pendek. Sebab, volume penggunaan akan jauh lebih besar.

Cek Konten Lainnya:
Service Secrets: 9 Jurus Pelayanan Khas Indonesia

Sebab, semakin tinggi volume pencarian, tingkat kesulitan persaingan kata kunci yang tinggi. Tentunya, persaingannya sangat ketat. 

Salah satu cara yang lebih mudah adalah memilih kata kunci yang longtail, mengandung tiga sampai empat suku kata. Sebab, tingkat persaingannya jauh lebih rendah. 

Dalam melakukan riset kata kunci bisa menggunakan tools tertentu, ada yang berbayar dan gratis. Misalnya ahrefs, semrush atau google suggest.

Saat menentukan keywords, harus mengandung kata kunci tertentu. Misalnya, buying transaksi ada kata-kata ‘murah atau diskon’ dan sejenisnya. 

Tentunya, dalam membangun website, laman yang untuk memberikan informasi dan edukasi dan iklan harus terpisah. Untuk laman yang digunakan untuk iklan, bisa menggunakan subdomain.

Kenapa Harus Optimasi Website

Optimasi SEO website secara organik sangat penting untuk memastikan bahwa situs web dapat ditemukan dengan mudah oleh mesin pencari dan pengguna internet. Dengan meningkatnya ketergantungan pada pencarian online untuk menemukan informasi, produk, dan layanan, visibilitas di hasil pencarian menjadi krusial. 

Optimasi organik membantu meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian, yang dapat menghasilkan peningkatan lalu lintas tanpa biaya iklan yang tinggi. Selain itu, strategi optimasi yang baik dapat meningkatkan kualitas dan relevansi konten, yang pada gilirannya meningkatkan pengalaman pengguna. 

Ketika pengguna menemukan situs yang mudah dinavigasi dan memberikan informasi yang mereka butuhkan, mereka lebih mungkin untuk tinggal lebih lama, berinteraksi dengan konten, dan kembali lagi di masa mendatang. 

Hal ini juga membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas bisnis, karena situs yang muncul di halaman pertama hasil pencarian sering dianggap lebih dapat dipercaya. Selain itu, optimasi organik memberikan keuntungan jangka panjang dibandingkan dengan iklan berbayar yang hanya efektif selama durasi kampanye. 

Cek Konten Lainnya:
Facebook Marketing: A Step by step to get your first Rp 100juta

Dengan kata lain, investasi dalam SEO organik adalah strategi berkelanjutan yang dapat memberikan manfaat terus-menerus. Dengan persaingan yang semakin ketat di dunia digital, optimasi website secara organik menjadi esensial untuk tetap relevan dan kompetitif dalam pasar online.
Itulah strategi organic marketing untuk meningkatkan traffic website. Baca artikel kami lainnya, yah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
17 tahun jagoan hosting
Read More
17th Jagoan Hosting: House Warming Dihadiri Komunitas & Startup
Jagoan Hosting Adakan House Warming Untuk Silaturahmi Antar Komunitas dan StartupJagoan Hosting adakan house warming pada Sabtu, 6…
iNDONESIA MARKETEERS FESTIVAL
Read More
[Event] Indonesia Marketeers Festival: Grow Your Sales, Wow Your Service
Setelah sukses tiga tahun berturut-turut menggelar Indonesia Marketeers Festival (IMF) di 17 kota utama di Indonesia, telah menjadikan…