Ketahui Pengaruh Web Hosting ke Performa SEO

pengaruh hosting ke seo

Setiap situs web memerlukan penyedia layanan web hosting untuk memberikan pelayanan bagi pengunjung. Hosting akan optimal dengan SEO. Lalu, apa pengaruh hosting ke SEO?

Situs web yang optimal memungkinkan mesin pencari untuk menjelajahi, mengindeks, dan menilai halaman-halaman situsnya dengan efektif, Sob. Akhirnya, engagement secara organik pun meningkat.

Mengenal Web Hosting

Web hosting berperan penting dalam dunia digital. Web hosting menyediakan ruang di server untuk menyimpan file situs web seperti gambar, video, HTML, dan CSS. File-file tersebut bisa kamu akses secara online.

Hosting dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai jenis seperti shared hosting, VPS (Virtual Private Server), dan dedicated server hosting. Pilihan hosting tergantung pada kebutuhan situs web milikmu.

Pengaruh Hosting ke SEO

Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah hosting dapat mempengaruhi SEO? Jawabannya adalah ya!

Memilih web host yang buruk dapat memiliki efek merugikan pada peringkat SEO. Waktu downtime server yang sering dapat menurunkan peringkat SERP dan meningkatkan tingkat bounce. Hal ini secara negatif mempengaruhi otoritas situs.

Situs web dengan waktu pemuatan yang tinggi juga dapat menyebabkan tingkat bounce yang tinggi dan peringkat mesin pencari yang lebih rendah.

Pilihan web host dapat secara signifikan mempengaruhi kesuksesan SEO. Web hosting menentukan pengalaman pengguna, kecepatan situs, waktu tidak aktif, keamanan data, dan lainnya. Semua aspek ini mempengaruhi peringkat situs kamu di mesin pencari.

Faktor-Faktor Web Hosting yang Mempengaruhi SEO

pengaruh web hosting ke seo

Beberapa faktor hosting web dapat mempengaruhi kinerja SEO situs web, khususnya di bagian Technical SEO. Berikut ini beberapa faktor yang krusial.

Cek Konten Lainnya:
Cara Pasang Iklan di Instagram Ternyata Mudah, Lho! Begini Caranya

1. Kecepatan Halaman

Kecepatan halaman atau waktu loading adalah faktor penting. Mesin pencari seperti Google memberikan prioritas pada situs web yang memuat lebih cepat. Situs web yang loadingnya cepat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. 

Kalau layanan hosting web milikmu lambat, hal itu dapat menyebabkan tingkat bounce yang lebih tinggi. Alhasil, kamu mendapat peringkat yang lebih rendah pada halaman hasil mesin pencari (SERP).

2. Batasan Hosting

Beberapa penyedia web hosting memberlakukan batasan tertentu yang dapat berpotensi mempengaruhi kinerja SEO. Misalnya, batasan jumlah pengalihan yang bisa mempengaruhi navigasi dan pengalaman pengguna situsmu. 

Biar nggak kejadian, kamu harus memilih layanan hosting yang support semua fungsi standar yang kamu inginkan. Contohnya seperti di Jagoan Hosting yang nggak ada batasan pada paket hosting.

3. Lokasi Server

Lokasi server web host juga bisa mempengaruhi peringkat website di mesin pencari. Kalau servernya jauh dari lokasi target pengunjung, hal ini bisa membuat website loadingnya lama dan pengunjung cepat beralih. 

Pengaruh server website ke SEO perlu kamu perhatikan terutama kalau menargetkan pasar geografis tertentu. 

Hosting situs web milikmu pada server di negara yang sama dengan audiens target dapat meningkatkan waktu muat dan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

4. Waktu Tidak Aktif

Waktu tidak aktif atau waktu ketika situs web berada dalam keadaan aktif, adalah faktor penting dalam hosting. Nggak ada host yang dapat menjamin waktu tidak aktif 100%. 

Meski begitu, kamu bisa memilih penyedia hosting yang andal agar situs mengalami downtime minimal.

Downtime yang sering dapat menyebabkan pengalaman pengguna buruk. Akhirnya berakibat pada pada SEO situs web. Waktu tidak aktif yang sering juga dapat memengaruhi cara Googlebot menjelajahi situs web dan kontenmu.

5. Uptime

Selain downtime, uptime juga penting. Uptime adalah waktu aktif server yang mana saat itulah server bisa diakses pengguna. Nilai uptime berupa persentase. Semakin besar nilainya, semakin bagus web hosting tersebut.

Cek Konten Lainnya:
9+ Manfaat Website untuk Bisnis agar Lebih Sukses

Uptime penting untuk SEO karena website yang sering down itu nggak bakal terindeks mesin pencari. Jadi, pastikan web host-mu bisa memberi uptime yang tinggi biar website-mu selalu bisa pengguna akses kapan saja.

6. Keamanan

hosting yang aman

Jaminan keamanan itu penting juga buat SEO. Mesin pencari biasanya lebih suka meningkatkan peringkat website yang aman daripada yang berisiko keamanannya. 

Kalau websitemu kena hack, bisa-bisa peringkatnya langsung turun drastis. Oleh karena itu, pilih web host yang punya proteksi bagus untuk melindungi website-mu dari serangan cyber.

7. Sertifikasi SSL

Pengaruh hosting ke SEO bisa kamu lihat dari keberadaan Sertifikat SSL (Secure Sockets Layer). Sertifikat SSL memastikan pertukaran data yang aman antara server situs web milikmu dan browser pengguna. 

Adanya sertifikat SSL juga membangun kepercayaan dengan audiens. Sejak tahun 2014, sertifikat SSL telah diakui sebagai faktor untuk meningkatkan peringkat SEO dan keamanan situs.

8. Hosting yang SEO Friendly

Saat memilih web host, pertimbangkan faktor-faktor seperti waktu tidak aktif, kecepatan muat halaman, lokasi server, dan sertifikasi SSL. 

Hindari shared hosting karena mungkin kurang memiliki kecepatan dan keandalan dan dapat berdampak negatif pada peringkat SEO. Sebagai gantinya, pilih penyedia yang menjamin setidaknya 99,99% waktu tidak aktif dan menawarkan sertifikasi SSL gratis.

Memilih Hosting Terbaik

Mengingat bagaimana web hosting mempengaruhi SEO, penting untuk memilih penyedia layanan hosting yang andal. Berikut beberapa kriteria hosting yang ideal untukmu, Sob.

1. Sistem Manajemen Konten yang Portabel

Sistem manajemen konten dari situs web penting karena dapat membuat pengalaman pengguna menjadi produktif atau membosankan saat mengunjungi situs. Pilihlah web host yang menawarkan sistem manajemen konten yang mudah kamu gunakan.

Kamu bisa menemukan banyak web host yang layak. Instal CMS open-source untuk memastikan situs web nggak terkunci saat melakukan upgrade. Pertimbangkan sistem manajemen konten WordPress dengan berbagai fiturnya.

2. Bandwidth Tinggi

unlimited hosting

Pengaruh hosting ke SEO salah satunya karena waktu loading. Oleh karena itu, kalau kamu ingin meraih peringkat lebih tinggi di SERP, pilihlah layanan web hosting dengan bandwidth tinggi seperti di Paket Hosting Murah Serba Unlimited di Jagoan Hosting.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Schema Markup? Cara Menerapkan & Pentingnya bagi SEO

Bandwidth merujuk pada seberapa cepatnya menerima dan mengunduh informasi untuk pengguna dalam satu detik. 

Bandwidth tinggi akan memastikan kecepatan, waktu aktif, dan pengalaman pengguna yang lebih baik saat jumlah pengunjung meningkat. Sementara bandwidth rendah memiliki potensi untuk menangani hanya beberapa pengunjung pada satu waktu. 

Penyedia layanan web hosting umumnya menyediakan paket hosting berdasarkan bandwidth dan penyimpanan. Buatlah estimasi realistis tentang berapa banyak lalu lintas yang kamu harapkan; lalu pilih paket hosting yang sesuai. 

3. Skalabilitas dan Kemampuan Fungsional yang Lebih Tinggi

Web hosting yang ramah SEO dapat beradaptasi dengan mudah. Dengan begitu, kamu bisa mempertahankan SEO situs sambil memenuhi permintaan bisnis dalam kapasitas yang berbeda.

Pastikan untuk melakukan pemeriksaan reguler terhadap kebutuhan bisnis dan basis pelanggan yang berkembang pesat. Tujuannya untuk menyesuaikan web hosting tetap sesuai.

buat website pakai jagoan hosting

Mengoptimalkan kinerja situs berkontribusi dalam meningkatkan pengalaman pengguna yang berdampak pada peningkatan SEO. Untuk itu, pengaruh hosting ke SEO sangat besar sehingga wajib kamu perhatikan.

Pastikan untuk memilih penyedia hosting yang andal dan paham mengenai SEO seperti layanan dari Jagoan Hosting. Dengan begitu, layanan hosting yang kamu pilih telah SEO friendly, Sob.

FAQ

Jenis hosting apa yang SEO Friendly?

Hosting SEO friendly biasanya berupa hosting privat, bukan sharing. Namun, kamu bisa menyesuaikan lagi dengan kebutuhanmu.

Bagaimana cara tau spesifikasi hosting yang saya butuhkan?

Kamu bisa melihat paket hosting dari penyedia hosting andal seperti Jagoan Hosting. Dengan begitu kamu bisa mendapat spesifikasi yang sesuai kebutuhan.

Apa ada faktor lain untuk meningkatkan SEO selain dari web hosting?

Tentu ada faktor eksternal yang mempengaruhi SEO. Misalnya seperti backlink dari website lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Apa fungsi hosting?
Read More
Apa Fungsi Hosting? Inilah 5 Fungsi Utama Hosting
Pasti banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya apa fungsi hosting? Apakah hosting adalah sesuatu yang sangat penting untuk website? Apakah…
perbedaan shared hosting dan dedicated hosting
Read More
Perbedaan Shared Hosting vs Dedicated Hosting, Pilih Mana?
Memiliki website dengan performa optimal untuk menyimpan file dengan keamanan tingkat tinggi menjadi keinginan setiap blogger. Oleh karena…