Ini Perbedaan Web Server dan Web Hosting

Perbedaan Web Server dan Web Hosting
Perbedaan Web Server dan Web Hosting

Mengenal perbedaan web server dan web hosting merupakan langkah penting di dunia IT, terutama saat ingin membuat website. Kedua istilah ini terlihat sama, tetapi masih banyak yang salah paham dalam mengetahui pengertiannya.

Kedua istilah ini merupakan elemen penting untuk menjalankan sebuah website. Sekali lagi, keduanya memiliki pengertian yang sangat berbeda. Apakah kamu sering bingung seperti apa perbedaan yang mencolok antara web server dan web hosting, Sob?

Memahami kedua istilah ini lebih dekat bisa dibilang menjadi dasar untuk membuat website sebagai rumah digital. Dengan begitu, website kamu akan berjalan secara mulus dan memberi pengalaman terbaik bagi visitor.

Lantas, apa saja perbedaan web server dan web hosting? Artikel ini akan membantu kamu memahami lebih dekat kedua istilah ini secara tuntas sampai akhir. Sebelum itu, mari kita bahas pengertian masing-masing.

Apa Itu Web Server?

Pada dasarnya, server dapat berupa software, hardware, atau keduanya secara bersamaan. 

Sebagai sebuah software, server akan menjalankan fungsi sebagai pengontrol akses agar masuk ke dalam network dan resource di dalamnya.

Artinya, web server merupakan sistem komputer yang menjadi pengantara untuk mengirimkan hasil dan menerima permintaan. 

Maka dari itu, server sebagai hardware akan terhubung ke jaringan internet dan bertukar file dan data lain.

Contoh simpelnya, kamu biasa mengetik sebuah URL di browser internet. Nantinya, web server akan menerima permintaan kamu melalui HTTP dan mencari file halaman terkait dari URL itu. 

Kemudian, sebuah file berupa laman akan muncul di browser.

Cek Konten Lainnya:
33+ Tema WordPress Gratis (Pilihan Terbaik) di 2024

Berdasarkan hal ini, tujuan utama dari web server untuk menyimpan berbagai data dalam bentuk file di sebuah website. 

Nantinya, server tersebut akan melakukan broadcast di internet sesuai permintaan.

Kemudian, web server tersedia menjadi beberapa jenis atau bisa dibilang produk. Berikut adalah beberapa produk web server yang sering terpakai di dunia IT:

Apa Itu Web Hosting?

Sementara itu, web hosting merupakan jenis layanan yang berperan sebagai tempat penyimpanan data bagi sebuah website. Secara harfiah, server berperan besar dalam proses hosting sebuah web.

Walau begitu, web hosting telah memiliki berbagai hardware seperti halnya komputer, yakni hard disk, prosesor, dan RAM. Semua hardware tersebut akan mendapatkan penyesuaian dalam penyimpanan di rack server.

Tidak hanya itu, web hosting juga akan menyediakan akses ke server melalui internet bagi pengguna. Berkat perannya, data dari sebuah website akan tampil di web browser seluruh pengguna secara online.

Bahkan, web hosting juga berperan penting agar keamanan data tetap terjamin. Terlebih, penyedia web hosting akan selalu memberi layanan dukungan pada setiap pengguna.

Berikut adalah beberapa jenis web hosting populer:

  • Shared hosting: Sebuah jenis hosting di mana setiap pengguna berbagi server dalam satu hosting. Cocok untuk pemilik pemula yang memiliki website baru dan belum banyak traffic.
  • VPS Hosting: Jenis hosting di mana pengguna memiliki space server secara dedicated dan dapat mencegah dampak akibat traffic tinggi di website lain.
  • Cloud hosting: Jenis hosting berbasis cloud dengan resource seperti VPS dan melibatkan beberapa server jarak jauh. Teknik penggunaannya cukup mudah seperti shared hosting karena resource ter-manage penuh oleh penyedia hosting.
  • Dedicated hosting: Sebuah jenis hosting yang dimiliki oleh satu server secara eksklusif. Memiliki resource lebih besar dan kemampuan menampung traffic begitu tinggi. Pengguna juga mendapat kebebasan untuk mengelola server sesuai kebutuhan.
Cek Konten Lainnya:
Pakai Server Luar Negeri Aja Lah!

Sekali lagi, web hosting memiliki fungsi utama sebagai penyimpanan data. Maka, pengguna internet bisa mengakses berbagai file baik dalam bentuk teks, script, gambar, dan video yang tersimpan di sebuah website.

Perbedaan Web Server dan Web Hosting

Kamu sudah memahami apa pengertian dasar dari web server dan hosting, Sob? Sekarang, saatnya untuk mengetahui apa saja perbedaan yang paling mencolok sebagai berikut:

1. Fungsi dan Tujuan

Kamu tentu sudah mengetahui fungsi dan tujuan dari pengertian kedua istilah ini, bukan? Nah, fungsi dan tujuan dari web server dan web hosting jelas berbeda, Sob.

Web server pada dasarnya memiliki fungsi yang terkait dengan browser. Saat sebuah server menerima permintaan dari HTTP, nantinya file yang tersimpan itu akan terproses dan terkirim pada browser pengguna.

Lain halnya dengan web hosting yang merupakan layanan penyedia storage dan akses internet menuju server. Artinya, sebuah web hosting akan membuat sebuah website bisa terakses oleh setiap pengguna.

Secara tujuan, server akan terpakai untuk melakukan hosting lebih dari satu website. Sementara itu, web hosting berfokus pada pembuatan dan keberlangsungan sebuah website agar bisa tetap terakses oleh pengguna.

2. Resource

Dari resource, web server menyediakannya secara dedicated. Namun, hal ini tergantung seperti apa tipe dan konfigurasi server itu sendiri.

Web hosting memiliki resource berupa hardware seperti storage, RAM, dan CPU. Mayoritas jenis web hosting akan mengalokasikan sebagian dari seluruh hardware ini pada sebuah website.

3. Kepemilikan dan Kontrol

Secara kepemilikan, pembuat website dapat memiliki web server-nya sendiri. Tidak cukup sampai di situ, mereka juga dapat melakukan pengelolaan secara independen.

Sebaliknya, web hosting umumnya sudah milik oleh penyedia layanan. Mereka akan menyediakan layanan agar pemilik website dapat menyewa sebuah hosting. Namun, kontrolnya lebih terbatas dan bergantung pada jenis layanan.

4. Layanan

Secara layanan, web server memudahkan standarisasi coding, kustomisasi setting sesuai kebutuhan, dan instalasi. Semuanya bisa dilakukan oleh pembuat website secara mudah tanpa hambatan.

Cek Konten Lainnya:
14+ Program Afiliasi Terbaik dengan Komisi Fantastis

Sedangkan web hosting berfokus untuk memastikan sebuah website berjalan secara mulus. Maka, mereka akan berfokus dalam memaksimalkan performa, keamanan, dan dukungan teknis lain.

Itulah berbagai perbedaan web server dan web hosting yang harus kamu ketahui, Sob! Sudah paham apa saja perbedaan yang paling menonjol dari dua istilah ini. Jangan sampai salah apalagi tertukar saat ingin membuat website-mu sendiri ya!

Dapatkan Web Hosting dengan Performa Terbaik di Jagoan Hosting!

web hosting

Ingin web hosting murah dan masih dengan performa terbaik agar kebutuhan online fleksibel? Jagoan Hosting menyediakan web hosting yang sudah tersertifikasi kelas dunia dengan infrastruktur digitalisasi terbaik.

Dengan hanya mulai dari Rp25.000 per bulan, kamu bisa terbantu untuk meluncurkan sebuah website. Setiap fitur dan layanan sudah terspesifikasi dengan dukungan untuk berbagai kebutuhan aktivitas online-mu, Sob!

Dapatkan web hosting dengan performa maksimal dari Jagoan Hosting sekarang juga!

FAQ

Apa perbedaan web server dan web hosting paling mendasar?

Pada dasarnya, web server berupa software atau hardware yang berperan untuk menyimpan dan mengirimkan file sebuah website pada pengguna. Sementara web hosting berfokus pada layanan penyedia storage dan resource sebuah server.

Apa layanan yang tersedia di web hosting?

Sebagai layanan, web hosting berfokus pada kelancaran sebuah website dengan memaksimalkan performa, keamanan, dan aspek teknis lain.

Bisakah saya ambil kendali pada web hosting dan web server?

Kamu bisa mengambil kontrol untuk menjalankan web server. Namun, penyedia web hosting mungkin akan memberikan batasan kontrol tergantung jenis layanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
kesalahan memilih web hosting
Read More
10+ Kesalahan Memilih Web Hosting yang Harus Dihindari
Melakukan kesalahan memilih web hosting ternyata memiliki konsekuensi yang sangat besar. Memang terlihat sepele, tapi bagaimana jika performa…
Kubernetes vs Docker
Read More
Perbedaan Kubernetes vs Docker: Pilih yang Mana?
Sudah tahu apa saja Kubernetes vs Docker? Sebagai developer kamu harus mengetahuinya karena keduanya merupakan teknologi container. Teknologi…