Mengenal Red Hat Enterprise Linux dan Fungsinya

Red Hat Enterprise Linux
Red Hat Enterprise Linux

Untuk keperluan sistem operasi pada komputer kantor, tidak selalu harus pakai microsoft windows. Red hat linux pun bisa menjadi pilihan yang juga tidak kalah bagusnya.

Namun mungkin khususnya bagi kamu yang masuk golongan generasi Z tidak familiar dengan nama yang satu ini. Oleh karenanya artikel berikut akan memberikan penjelasannya buat kamu.

Apa Itu Red Hat Linux?

Red hat di sini menunjukkan nama developer yang membuat operating system linux tersebut. Dalam pengembangannya kini, red hat linux banyak dipakai dalam skala perusahaan  karena mampu menawarkan : 

  • Proteksi keamanan yang memadai
  • Kinerja yang lebih stabil
  • Dukungan dalam jangka waktu yang panjang
  • Fitur yang lengkap. 

Sejarah Linux Redhat

Dalam perjalanannya, red hat linux pertama kali pencanangan pembuatannya adalah pada tahun 1994 oleh Marc Ewing dan Bob Young. Baru kemudian software tersebut diperkenalkan secara resmi untuk komersial tahun 2002 dengan berbasiskan sistem fedora linux dengan label RHEL 3.0 . 

Tiga tahun berselang sang developer meluncurkan versi terbaru yang dinamai RHEL 4.0 yang disertai dengan fitur-fitur penunjang seperti : 

  • Kompatibilitas dengan sistem x86_64
  • Upgrade kapasitas memori
  • Upgrade dukungan pada sistem file.

Selanjutnya di tahun 2010, muncullah versi 6.0. Developernya di sini menyertakan dukungan untuk memungkinkan sistem memiliki teknologi virtualisasi dan sistem file Btrfs.

Kemudian developer red hat diambil alih oleh IBM tahun 2019. Mulai dari titik inilah, produk red hat linux mulai didistribusikan lebih masif untuk pasar orang-orang umum maupun perusahaan.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu MongoDB? Keunggulan, dan Cara Install di Windows

Adapun perusahaan yang pernah memakai operating system tersebut bergerak di bidang : kesehatan, teknologi, pelayanan pemerintahan, finansial, dll. 

Fungsi Linux Redhat

Berikut merupakan fungsi-fungsi dari linux redhat yang akan kamu dapatkan saat memakainya dalam komputermu : 

1. Menjadi Solusi Untuk Instalasi Yang Kompleks

Fungsi yang satu ini hadir lewat layanan yang disebut sebagai “insight”. Layanan yang dipakai untuk menganalisis penyebab masalah sistem dan kemudian menanganinya.

Apalagi sekarang dengan dirilisnya versi 8.5, developer menambah update baru seperti compliance, remediasi, dan vulnerability pada layanan insight tersebut. 

Harapannya dengan itu akan meningkatkan efisiensi perusahaan dalam mengoperasikan software red hat khususnya dalam ekosistem cloud. .

2. Meningkatkan Upgrade Dari Kontainer

Kontainer adalah unsur paling krusial dalam pengembangan program modern untuk mengelola ekosistem cloud dengan lebih baik lagi. Terutama pada versi red hat linux 8.5 yang sistem sudah ter kontainerisasi supaya sistem kemudian bisa dioptimasi dengan : 

  • Penciptaan gambar yang lebih cepat melalui rootless OverlayFS
  • Integrasi native yang memiliki cgroup2 untuk menggunakan sumber daya secara lebih efisien
  • Penganalisisan orisinalitas gambar container

3. Membuat Sistem Operasional Cloud yang Lebih Praktis 

Saat lingkungan IT modern tersebar di beberapa public cloud, lingkungan virtual, private cloud, on-premise server dan perangkat edge, pengalaman operasional IT menjadi lebih kompleks.

‘Untuk membantu mengatasi kerumitan tersebut dan memperluas keterampilan tim operasional IT, baik yang baru maupun senior, RHEL 8.5 kini mendukung system role baru di Red Hat Enterprise Linux.

Cara Install Redhat Linux

Setelah melihat manfaat-manfaat dari red hat linux di atas, apakah kamu tertarik memakainya dalam sistemmu? Jika mari pelajari cara instalnya berikut berdasarkan website redhat berikut  : .

  1. Pilih “instal red head enterprise linux” pada tampilan menu lalu tekan tombol enter. 
  1. Tunggu sampai installer dari red hat yaitu “Anaconda” mulai berjalan. Kemudian pilih bahasa dan wilayah regionmu lalu tekan “continue”.
  1. Sebelum proses instalasi , sistem akan menampil ringkasan instalasi di bagian tengah layar dengan konfigurasi pilihan sebagai berikut :  
  • Pilihan Tanggal dan Waktu : di sini isikan wilayah di mana kamu berada dan kota terdekat. Selanjutnya klik “done” untuk kembali ke ringkasan instalasi. \
  • Pilihan layout keyboard : dalam pengaturan ini gunakan tombol + dan – untuk menambah maupun mengurangi suatu komponen dalam keyboard. Sementara jika kamu mengaktifkan berbagai macam layout keyboard maka pindahkan layout favoritmu ke daftar paling atas memakai tombol . .
  • Pilihan Destinasi Instalasi. Kamu pilih target disk mana dalam komputermu yang akan menjadi tempat penyimpanan red hat linux. . Berikan tanda centang ke tempat yang kamu mau. 
  • Pilhan Jaringan dan Nama Host. Untuk mengaktifkan konfigurasi jaringan geser tombol yang berada di samping tulisan “ethernet”. Tombol ini tepat ada pojok kanan atas .  Sementara jika kamu perlu mengupdate konfigurasi interface jaringan maka tekan “configure”. 
  1. Jika sudah melakukan pengaturan maka kini segera tekan tombol biru di pojok kanan bawah yang bertuliskan “ mulai instalasi”. 
  1. Proses penginstalan red hat linux akan dimulai dan layar konfigurasi akan sistem tampilkan 
  2. Selama proses instalasi jangan lupakan untuk : 
  • Memilih  Root Password dengan memasukkan password yang kamu pada kolom yang tersedia lalu tekan “konfirmasi”
  • Menentukan Identitas User : masukkan nama lengkap user, jika perlu lakukan pembaharuan otomatis pada nama user. Masukkan password untuk validasi identifikasi user 
Cek Konten Lainnya:
Ciri-ciri VPS Server Paling Oke Untuk Bisnis Kamu!

Jika instalasi selesai Reboot maka  : 

  • Apabila kamu menginstal server menggunakan lingkungan berbasis server GUI maka setup proses menata aplikasi akan dimulai secara otomatis.
  • Terima persetujuan lisensi
  • Lakukan pendaftaran sistem 
  • Jika kamu memilih basis lingkungan lain selama instalasi kamu harus login ke sistem sebagai user dan mendaftarkan sistem secara otomatis akan menempelkan berlangganan. 

Begitulah tadi perkenalan soal red hat linux, mulai dari definisi, fungsi dan cara instalnya. Apabila kamu tertarik segera ikuti petunjuk yang ada supaya bisa pasang software ini sendiri dalam perangkat PC-mu. 

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya di Blog Jagoan Hosting! Temukan tips dan trik terbaru yang bisa bantu kamu mengoptimalkan website. Yuk, baca sekarang dan terus update wawasan digital kamu!

FAQ

1. Apa perbedaan antara Red Hat Linux dan Red Hat Enterprise Linux (RHEL)?

Red Hat Linux adalah pendahulu dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Red Hat Linux yang asli dihentikan pada tahun 2003 dan digantikan oleh RHEL, yang merupakan versi komersial dan didukung penuh oleh Red Hat dengan dukungan berbayar dan langganan.

2. Apakah Red Hat Linux gratis?

Red Hat Enterprise Linux (RHEL) adalah produk komersial yang memerlukan langganan berbayar untuk dukungan dan akses ke pembaruan perangkat lunak. Namun, Red Hat menawarkan CentOS Stream, yang merupakan distribusi berbasis RHEL yang tersedia secara gratis dan didukung oleh komunitas.

3. Bagaimana cara memperbarui dan mengelola sistem RHEL?

Anda dapat menggunakan alat yum atau dnf untuk mengelola paket perangkat lunak dan memperbarui sistem. Red Hat Satellite juga tersedia untuk mengelola lingkungan RHEL skala besar dengan otomatisasi dan orkestrasi.

4. Apa itu Red Hat Satellite?

Red Hat Satellite adalah solusi manajemen sistem yang memungkinkan organisasi untuk mengelola dan memperbarui sistem RHEL dalam skala besar secara efisien. Ini menyediakan alat untuk provisioning, konfigurasi, patching, dan audit keamanan.

Cek Konten Lainnya:
Inovasi Terbaru: Cloud VPS Indonesia Yang Super Canggih!

-->
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
.net framework
Read More
Mengenal Apa Itu .NET Framework, Fungsi, dan Cara Kerjanya
Selain Framework PHP, istilah .NET Framework tidak asing terdengar dalam ilmu komputer. Software ini memiliki peran dalam menjalankan…
harga vps terbaik dan termurah
Read More
Harga VPS Murah se-Indonesia, Fitur Anti Abal-abal
Cari-cari harga VPS yang murah tapi kualitasnya nggak berbanding lurus sama kemurahannya? Jangan ragu lagi, fix banget kamu…