Mengenal SAP, Manfaat, Jenis dan Contoh Penerapannya

Systems Applications and Products
Systems Applications and Products

Mengelola perusahaan kini jadi lebih efisien karena tidak perlu lagi dilakukan secara manual dalam buku-buku catatan.

Itu semua berkat kehadiran sebuah software yang dinamakan SAP. Apakah kamu sudah familiar dengan nama tersebut? Jika belum maka terutama buat kamu pemilik bisnis penting memahami konsep sap software tersebut di sini 

Apa Itu SAP?

sap

Systems Applications and Products atau sistem SAP adalah sebuah software yang masih termasuk dalam produk ERP (Enterprise Resources Planning)

Fokus penggunaan SAP di sini adalah membuat kegiatan operasional sehari-hari perusahaan berjalan dengan lebih efisien. Mulai dari pendelegasian tugas dan tanggung jawab, monitoring, dan pengelolaan data. 

Sebenarnya jika menilai dari sejarah, SAP adalah software yang khusus melakukan penataan dalam sistem akuntansi perusahaan. Namun dalam perkembangannya kemudian, developer sudah menjadikannya mampu melakukan banyak hal seperti : 

  • Mengendalikan transaksi yang terjadi dalam perusahaan
  • Mengendalikan sistem produksi dan inventori
  • Melakukan pengaturan pada Sumber Daya Manusia.  

Manfaat SAP

Mengenai apa-apa saja yang bisa dilakukan oleh SAP pada poin  sebelumnya itu hanyalah penjelasan secara umum. Untuk itulah mari kita perdetail dalam pembahasan di bawah ini: 

1. Menciptakan Lingkungan Administrasi yang Efektif

Lingkungan administrasi yang demikian bisa SAP ciptakan karena di sini tersedia ruang penyimpanan yang lapang sehingga planning dan data organizing jadi lebih leluasa. Dua faktor paling utama yang menentukan baik buruknya kualitas suatu sistem administrasi. 

Cek Konten Lainnya:
Melakukan Migrasi Menuju Cloud hosting? Hindari 10 Kesalahan Fatal Ini

Jadi dengan begini, suatu perusahaan bisa segera input dan mengolah data dalam sistem tanpa terkendala sistem komunikasi yang bertele-tele. 

2. Memberikan Proteksi Keamanan yang Lebih Mantap

Kemampuan berikutnya dari SAP adalah mengenai penjaminan masalah keamanan dalam data-data sensitif yang perusahaan miliki.

Alasannya karena sistem sudah diatur agar terenkripsi secara end-to-end. Dalam hal ini perusahaan mendapatkan guarantee bahwa data hanya akan bisa dimasuki oleh pengguna yang tepat. 

3. Mempertahankan Alur Bisnis Tetap Konsisten

Dalam proses memasukkan data apapun ke dalam sistem SAP, semuanya berlangsung secara otomatis sehingga kemungkinan terjadinya kesalahan manusia lebih sedikit. 

Inilah yang kemudian akan memicu bisnis berjalan dalam sistem yang lebih konsisten dan kualitas yang juga stabil.

Contoh SAP

Berikut merupakan bidang-bidang yang sistem pengelolaannya sudah memakai software tersebut : 

1. Bidang Retail

Dalam bidang retail SAP dipakai untuk : 

  • Mengelola persediaan barang dan proses transaksi
  • Melakukan analisis pada perilaku konsumen untuk membantu bisnis memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada mereka. 

2. Bidang Konstruksi

Bila konteksnya dalam perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi, software yang satu ini berguna dalam 

  • Mengatur pembagian tugas dalam proyek
  • Mengontrol alokasi biaya
  • Membuat planning pemakaian sumber daya

3. Bidang Manufaktur

Software ini hadir dalam permanufakturan ditujukan untuk meningkatkan : 

  • Sistem manajemen produksi dan rantai distribusi
  • Quality control

4. Bidang Makanan dan Minuman

Dalam proses yang terjadi dalam perusahaan makanan dan minuman, SAP berperan mengelola prosesnya menjadi lebih optimal. Baik itu proses dalam pembelian bahan baku sampai kepada penyaluran produk jadi. 

Jenis Software SAP

Berdasarkan fungsi dari SAP yang dijelaskan dalam teoretis dan dalam kehidupan sehari-hari bisa dilihat kemampuannya yang begitu luar biasa. Ini semua karena di dalamnya memiliki banyak aplikasi sap yang begitu lengkap seperti : 

Cek Konten Lainnya:
Internet Marketing: Pengertian, Jenis, Elemen dan Strateginya

1. ERP Sales

Fungsi utama : menolong perusahaan melakukan manajemen transaksi dengan efisien. 

Fitur utama : 

  • Fitur customer retention management yang akan membuat kamu memperoleh data penting terkait customer. Misalnya seperti :  detail kontak, riwayat pembelian, preferensi, dan feedback.
  • Fitur supervising
  • Fitur yang terkait transaksi, order, dan distribusi barang. Lewat ini  perusahaan akan memungkinkan untuk mengatur order yang masuk beserta pengirimannya, penentuan harga dan diskon. 

2. ERP Inventory

Fungsi utama : sesuai namanya ERP Inventory dalam SAP akan  membuat perusahaan bisa mengatur stok gudangnya dengan lebih sistematis.  

Fitur utama : 

  • Manajemen penyimpanan bahan baku maupun bahan jadi agar tidak sampai terjadi stok yang kurang atau berlebihan
  •  Manajemen pengawasan jumlah persediaan barang secara riil time
  • Manajemen penyaluran barang untuk menjaga agar tidak sampai ada kehilangan stok barang simpanan. Alasannya karena modul memiliki sistem barcode dan lot, pendeteksian nomor seri

3. ERP Accounting

Fungsi utama : mempermudah perusahaan dalam mengatur finansialnya dengan sistem otomatisasi sehingga jadi lebih kilat dan akurasi tinggi.  

Fitur-fitur utama : 

  • Fitur memberikan laporan keuangan dalam bentuk apapun dengan cepat seperti bentuk neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas secara otomatis.
  • Fitur mengatur sistem pembayaran yang akan menyebabkan perusahaan memanajemen pembayarannya kepada supplier dan customer lebih efisien. 
VPS Hosting Odoo
VPS Hosting Odoo

Kamu butuh solusi instan untuk jalankan software ERP dengan performa terbaik? VPS dengan dukungan Odoo dari Jagoan Hosting adalah jawabannya! Dengan dukungan penuh untuk Odoo, kamu bisa langsung mengaktifkan sistem ERP ini tanpa ribet.

Tidak perlu khawatir soal performa, karena VPS ini hadir dengan kecepatan dan keamanan yang top-tier. Segera gunakan VPS Odoo dari Jagoan Hosting sekarang, dan nikmati kemudahan menjalankan bisnis

Cek Konten Lainnya:
Github: Penjelasan, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

FAQ

1. Apa perbedaan antara SAP dan ERP lainnya?

SAP adalah salah satu penyedia ERP terbesar di dunia, dikenal karena kemampuannya untuk menangani kebutuhan perusahaan besar dengan kompleksitas bisnis tinggi.

Dibandingkan dengan ERP lainnya, SAP menawarkan skalabilitas yang lebih baik dan memiliki solusi khusus industri yang sangat terintegrasi.

2. Apakah SAP hanya digunakan oleh perusahaan besar?

Meskipun SAP banyak digunakan oleh perusahaan besar, SAP juga menyediakan solusi untuk bisnis kecil dan menengah (UKM) melalui produk seperti SAP Business One dan SAP Business ByDesign. Solusi ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang lebih kecil namun tetap menawarkan kemampuan manajemen yang kuat.

3. Apa itu SAP S/4HANA?

SAP S/4HANA adalah generasi terbaru dari suite ERP SAP yang dibangun di atas basis data in-memory, HANA. Ini menawarkan kinerja yang lebih cepat, analisis real-time, dan antarmuka pengguna yang lebih baik dibandingkan dengan versi SAP sebelumnya.

4. Apakah SAP sulit untuk dipelajari?

SAP memiliki kurva belajar yang cukup curam, terutama karena sistemnya yang kompleks dan banyaknya modul yang tersedia. Namun, banyak sumber daya pelatihan, baik online maupun offline, yang dapat membantu mempelajari SAP, termasuk kursus resmi dari SAP dan komunitas pengguna.

5. Berapa biaya implementasi SAP?

Biaya implementasi SAP bervariasi tergantung pada ukuran perusahaan, modul yang digunakan, dan kompleksitas kebutuhan bisnis.

Implementasi SAP bisa menjadi investasi yang signifikan, terutama untuk perusahaan besar, tetapi biasanya memberikan ROI yang kuat melalui efisiensi operasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Apa itu OKR
Read More
Apa itu OKR? Manfaat, Komponen, dan Contoh
Objective Key Results (OKR) adalah salah satu sistem yang diterapkan oleh sebuah perusahaan untuk mengukur tingkat keberhasilan bisnis…
Mau Kuliah Online di Luar Negeri_ Bisa Banget! Ini Dia Situsnya
Read More
Mau Kuliah Online di Luar Negeri? Bisa Banget! Ini Dia Situsnya
Kuliah Online di Luar Negeri- Selama pandemi Covid-19, banyak aktivitas dibatasi dan banyak orang harus menyesuaikan dengan teknologi…