Mengenal Sistem Informasi Desa, Manfaat dan Contohnya

Sistem Informasi Desa
Sistem Informasi Desa

Penerapan digitalisasi kini tidak hanya terbatas pada layanan bisnis dengan konsumen tetapi juga ada di tingkat pedesaan. Disebut dengan sistem informasi desa (SID) yang fungsinya untuk memberikan layanan kepada masyarakat desa. 

Seperti apa bentuk dari SID? Kamu yang tertarik mengembangkan desa ke ranah digital wajib cek manfaat dan juga contohnya ini. 

Apa Itu Sistem Informasi Desa

SID adalah perangkat alat baik itu lunak maupun perangkat keras yang tujuannya mendukung sumber daya manusia serta jaringan di pemerintah desa. 

Penerapan SID merujuk pada UU Desa Pasal 86 tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan. 

Pasal tersebut menjelaskan bahwa desa memiliki hak mengakses informasi melalui sistem informasi yang dikembangkan Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota. 

Merujuk dari UU ini maka sistem informasi desa adalah bagian terpenting dalam mengembangkan desa. Bentuk dari SID sendiri bisa bermacam-macam mulai dari website, aplikasi, media sosial atau papan informasi di setiap desa. 

Dalam dunia digital maka sistem informasi desa adalah perangkat lunak seperti yang berbasis web atau aplikasi hingga sosial media. Berkat adanya SID ini kinerja pemerintah desa jadi lebih mudah, efisien dan transparan. 

Manfaat Sistem Informasi Desa Berbasis Web

SID online berupa website desa lebih sering dipilih karena mampu memberikan banyak manfaat. OpenSID merupakan perangkat untuk menciptakan SID berbasis web tersebut. 

OpenSID adalah aplikasi SID yang dibuat terbuka yang pengembangnya merupakan komunitas peduli SID. Kamu bisa menjalankan openSID lebih mudah menggunakan server OpenSID yang tersedia di Jagoan Hosting. 

Cek Konten Lainnya:
4 Cara Membuat Link WA Langsung ke Chat Pribadi, Mudah!

Beragam pilihan paket VPS server di Jagoan Hosting bisa kamu pilih menyesuaikan skala website desa nantinya. Apabila berhasil menciptakan SID online berbasis website maka manfaat berikut akan didapatkan:

1. Efisiensi Kinerja Kantor Desa 

Data kependudukan suatu desa cukup banyak seperti data kependudukan, surat menyurat dan lainnya. Hal ini membuat kinerja kantor desa menjadi lambat ketika menggunakan cara manual. 

Adanya SID membuats kinerja kantor desa menjadi lebih cepat dan efisien. Semua data sudah terintegrasi sehingga aksesnya lebih cepat. Manfaat lainnya adalah untuk meminimalisir kesalahan baik itu pengambilan, mencetak atau pengisian data. 

Misalnya, staf kantor desa hendak memberikan layanan surat menyurat bagi warga. Pembuatannya kini lebih cepat karena pengisian data secara otomatis dan bisa langsung dicetak.

2. Transparansi Kinerja Pemerintah Desa 

Manfaat sistem informasi desa juga berhubungan dengan transparansi kerja dari pemerintah desa. Informasi kinerja pemerintah desa dapat diakses dengan mudah melalui website sehingga tepat sasaran. 

Contohnya, ketika pemerintah desa memiliki proyek pembangunan atau perbaikan jalan. Perlu adanya informasi mengenai rincian pengelolaan dana pembangunan tersebut beserta progres pengerjaannya. 

Transparansi ini dapat membangun kepercayaan masyarakat desa terhadap pemerintah yang transparan menjalankan tugasnya. Pemerintah desa pun bisa melaksanakan tugas dengan lebih baik. 

3. Sarana Informasi bagi Masyarakat Desa 

Akses informasi terkait program pemerintah desa akan tercatat secara elektronik yang mudah diakses. Kapan saja masyarakat desa membutuhkan informasi ini bisa mengaksesnya secara langsung. 

Mulai dari informasi mengenai data kependudukan, perencanaan program tertentu, aset atau anggaran dalam suatu program. Informasi adalah hal terpenting bagi warga desa mendapat kesempatan mengenal tempat tinggalnya dengan baik. 

4. Memudahkan Pelayanan Publik 

Keluhan pelayanan publik tingkat desa yang lama masih sering muncul. Hal ini berkaitan dengan birokrasi yang cukup panjang sehingga warga harus menunggu lama untuk akses surat menyurat, data kependudukan dan sejenisnya. 

Selama penerapan sistem informasi desa melalui website berjalan, pelayanan publik bisa berubah menjadi cepat. Warga tidak lagi menunggu lama untuk mengurus kepentingannya. 

Cek Konten Lainnya:
Privacy Policy: Pengertian, Fungsi & Cara Membuatnya di Blog

Misal, seorang warga yang ingin mengubah data di KTP kini tidak harus menunggu berhari-hari. Warga bisa mengakses perubahan data melalui website desa dan datang ke kecamatan untuk melakukan cetak langsung. 

5. Meningkatkan Partisipasi Publik terhadap Pembangunan Desa 

Kemajuan pembangunan desa tidak terlepas dari partisipasi masyarakat. Berkat penggunaan SID, warga bisa menyampaikan aspirasi maupun keluhannya secara langsung. 

Hal ini berkaitan dengan informasi program desa yang transparan akan memudahkan warga mengawal kegiatannya. Masyarakat bisa menyampaikan keluhan atau aspirasi melalui forum diskusi online atau komentar di website desa. 

Seluruh manfaat ini, bisa kamu peroleh jika menggunakan CMS website desa Open SID di JagoanHosting!

Contoh Aplikasi Sistem Informasi Desa

Peran SID kini begitu besar bagi setiap desa di Indonesia agar tidak ada lagi desa tertinggal. Bukan hanya informasi seputar desa tetapi juga informasi yang berasal dari pemerintah pusat juga bisa disampaikan. 

Sampai saat ini sudah cukup banyak desa di Indonesia yang menerapkan SID. Beberapa contoh sistem informasi desa berbasis web dan aplikasi adalah sebagai berikut:

1. Puspindes.pemalangkab.go.id

Website Pusat Pengembangan Informatika dan Desa di Kabupaten Pemalang ini memiliki banyak fungsi. Pertama, menyediakan layanan informasi desa, kedua adalah untuk membantu menyiapkan SDM pengelolaan SID seperti pelatihan. 

Beberapa inovasi desa seperti peta desa, radio desa, dan VOIP desa yang merupakan teknologi telepon murah juga tersedia. Puspindes merupakan salah satu contoh sistem informasi desa yang begitu bermanfaat. 

2. Muara.desa.id

Website resmi dari desa Muara di Tangerang memiliki beragam informasi penting seperti identitas desa, pemerintah desa, kependudukan hingga wilayah administratif. Melalui website ini warga juga bisa mengakses layanan surat. 

Informasi mengenai keuangan desa, monitoring fasilitas publik di desa, bahkan pengelolaan kepemilikan aset tanah warga maupun desa juga tersedia. Muara Desa merupakan contoh SID dengan menu paling lengkap. 

3. Prayungan-bjn.desa.id

Pemerintah desa Prayungan di Bojonegoro juga sudah mengadopsi SID dengan menciptakan website ini. Di dalamnya terdapat informasi APBDesa sesuai tahun anggaran, informasi pelayanan, regulasi hingga dari pusat, desa atau kabupaten. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Augmented Reality? Mengenal Teknologi AR & Contohnya

Sebagai sistem informasi desa, website ini sangat membantu masyarakat desa Prayungan mengakses informasi lengkap. Menariknya lagi website ini juga memiliki informasi struktur organisasi pemerintahan desa. 

4. Kertamulya-padalarang.desa.id

Website desa Kertamulya yang ada di Bandung Barat ini menjadi sumber informasi warga desa mengenai kinerja pemerintahan. Baik itu data jumlah penduduk, layanan desa, hingga pembangunan desa memiliki tampilan yang sederhana. 

Masyarakat bisa mengakses website ini dengan mudah untuk memperoleh informasi secara lengkap. Informasi agenda kegiatan desa untuk warga juga muncul secara rutin untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. 

Makin Mudah Bikin Sistem Informasi Desa dengan CMS Terbaik!

opensid
opensid

Cara membuat sistem informasi desa tidak terlalu sulit. Cukup dengan mengakses aplikasi openSID kemudian memasangnya di perangkat. Sisanya adalah membuat database dan mengelola SID dengan tepat agar informasinya akurat. 

Selama perawatannya tepat maka masyarakat dan staf desa bisa memperoleh manfaat dari SID. Supaya SID menjadi lebih lancar kamu harus tepat dalam memilih server karena berhubungan dengan data yang cukup banyak dan terintegrasi. 

VPS server di Jagoan Hosting selalu menjadi solusi untuk menciptakan sistem informasi desa yang bebas hambatan. Kamu bisa memilih paket VPS juga sesuai kebutuhan. 

Yuk, Dapatkan Server OpenSID di JagoanHosting biar semua manfaat SID bisa kamu dan masyarakat desa dapatkan! 

FAQ

Apakah openSID berbayar? 

Software openSID tidaklah berbayar alias gratis. 

Apa saja yang termasuk dalam SID?

Komponennya meliputi data desa, data pembangunan, kawasan perdesaan, informasi yang berkaitan dengan pembangunan desa. 

Apa kesulitan dalam penerapan SID?

Keterbatasan akses internet, kurangnya SDM dan minimnya pemahaman desa menjadi hambatan terbesar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Control Panel HestiaCP
Read More
Mengenal Control Panel HestiaCP dan Fiturnya
Panel kontrol pada sebuah sistem web hosting bukan cuma sekedar pemanis untuk memanjakan visual pengunjung yang mengakses. Bisa…
localhost
Read More
Apa itu Local Host? Definisi, Contoh dan Fungsinya
Local host adalah salah satu istilah pemrograman yang sangat penting dalam proses pembuatan website Sob! Keberadaannya bermanfaat dalam…