Tipe Data MySQL: Ini Contoh dan Cara Mengubah

tipe data mysql

Website atau aplikasi butuh MySQL untuk memanajemen data dengan lebih efektif dan efisien. Nah, agar kamu bisa mengelola data lebih optimal, perlu pengetahuan tentang tipe data MySQL secara detail agar bisa memilih tipe data yang tepat. 

Pasalnya, terdapat beberapa tipe data dengan fungsi yang berbeda untuk setiap kolom. Itulah mengapa pemahaman tentang tipe data ini sangat penting dalam menunjang pembuatan aplikasi yang efisien. 

Apalagi, setiap aplikasi atau website memiliki kebutuhan data yang bervariasi, baik itu data numerik, teks, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang masih awam mengenai jenis data MySQL bisa menyimak pembahasan berikut ini. 

Mengenal Konsep MySQL

Sebelum masuk ke pembahasan utama, alangkah baiknya jika kamu mengenal MySQL dari dasarnya. Dengan begitu, kamu bisa memahami pembahasan selanjutnya dengan lebih mudah. 

Pernahkah kamu mendengar istilah DBMS (Database Management System)? DBMS merupakan manajemen sistem data yang berfungsi menyimpan, mengatur, dan mengamankan data. 

Nah, MySQL termasuk salah satu contoh DBMS yang populer digunakan oleh jutaan pengguna. Kelebihan dari perangkat lunak ini adalah sifatnya yang open source sehingga bisa kamu akses secara gratis. 

Meskipun pemakaiannya gratis, fitur yang ada dalam MySQL cukup lengkap lho, Sob! Sistem manajemen data ini cocok dipakai pemula yang sedang mengembangkan website atau aplikasi skala kecil hingga besar. 

Dalam menyimpan dan memproses data, MySQL menggunakan SQL (Structured Query Language) sebagai bahasa yang berperan mengelola data dalam MySQL. Perlu kamu tahu bahwa data pada perangkat lunak ini tersimpan dalam bentuk tabel. 

Seperti tabel pada umumnya, terdapat kolom dan baris yang memiliki entri berbeda. Nah, untuk mengisi kolom tabel kamu perlu mengandalkan tipe data pada MySQL tergantung dengan kebutuhan data yang disimpan pada kolom tersebut. 

Cek Konten Lainnya:
Perbedaan Cloud Hosting vs VPS, Pilih yang Mana?

Kamu bisa membuat tabel dengan mendefinisikan kolom dan tipe data menyesuaikan kebutuhan data yang ingin tersimpan dalam tabel. Misalnya, kamu ingin menyimpan data dalam bentuk teks, angka, tanggal, dan lain sebagainya. 

Pastikan kamu membuat struktur tabel yang tepat agar integritas data bisa tersimpan dengan baik. Apalagi, struktur tabel yang tepat juga meningkatkan efisiensi penyimpanan data. 

Selain itu, perangkat lunak ini terbagi dalam dua lisensi yakni Free Software dan Shareware. Free software merupakan lisensi yang memungkinkan perangkat lunak diakses secara gratis oleh siapa saja. 

Sementara shareware merupakan lisensi yang membatasi akses tertentu pada perangkat lunak. Saat ini, sebagian besar penyedia server web memakai MySQL untuk mengembangkan aplikasi berbasis website. 

Tipe Data MySQL

Setelah memahami konsep dasar MySQL, berikutnya kamu akan mempelajari tentang tipe data MySQL. Sebelumnya sudah pernah disinggung contoh tipe data ini seperti teks, numerik, hingga tanggal. 

Namun, supaya kamu bisa mendapat gambaran lebih jelas untuk mengisi kolom tabel data nantinya, simak masing-masing tipe data dalam MySQL dan contohnya berikut.  

1. Tipe Data Numerik

Dalam MySQL kamu akan menjumpai tipe data numerik yang terdiri dari integer, bigint, float, hingga double. Setiap tipe data numerik mempunyai rentang nilai yang berbeda, berikut definisinya satu per satu. 

  • INTEGER atau INT merupakan tipe data yang berfungsi menyimpan bilangan bulat. Maksimum penyimpanan bilangan INT yakni sepanjang 11 digit. Di mana, tipe data ini bisa signed atau unsigned


Apabila signed, maka rentang yang diperbolehkan adalah -2147483648 sampai dengan 2147483647. Namun, jika unsigned berarti INT hanya bisa menyimpan antara 0 sampai 4294967295.

  • BIGINT merupakan tipe data yang berfungsi menyimpan bilangan bulat lebih besar daripada yang dapat tipe data INT simpan. Kamu bisa menggunakan tipe data ini untuk menyimpan bilangan yang panjang. 
Cek Konten Lainnya:
Mudah! Cara Cek Versi Python di Windows, Linux, dan MacOS


Rentang nilai BIGINT jika signed adalah -9223372036854775808 sampai 9223372036854775807. Namun, bila unsigned berarti nilai yang tersimpan antara 0 sampai 18446744073709551615.

  • FLOAT merupakan tipe data MySQL yang berfungsi menyimpan nilai desimal dengan presisi tunggal hingga 23 digit. Untuk bilangan negatif, FLOAT bisa menyimpan -3.402823466E+38 hingga -1.175494351E-38.


Sementara, data bilangan positif antara 0, dan 1.175494351E-38 sampai dengan 3.402823466E+38.

  • DOUBLE merupakan tipe data yang berfungsi menyimpan desimal presisi ganda dengan jangkauan -1.7976931348623157E+308 sampai -2.2250738585072014E-308 untuk bilangan negatif.

Sementara jangkauan bilangan positifnya yakni 0, dan antara 2.2250738585072014E-308 sampai 1.7976931348623157E+308.

2. Tipe Data Teks

Selain menyimpan tipe data dalam bentuk angka, MySQL juga memiliki tipe data teks. Contoh tipe data MySQL ini antara lain char, vachar, binary, var binary, dan text. Penjelasan lebih lengkapnya adalah sebagai berikut. 

  • CHAR dan VARCHAR adalah tipe data teks yang berbeda dari segi penyimpanan. Jika kamu mendefinisikan CHAR(5), kolom tersebut akan menyimpan 5 karakter secara konsisten meski kurang dari 5 karakter.

Sementara VARCHAR menyimpan karakter sesuai dengan yang dimasukkan. Misalnya, kamu mendefinisikan VARCHAR(5), tetapi hanya memasukkan 3 karakter, maka yang tersimpan adalah 3 karakter itu saja. Paham kan, Sob?

  • BINARY dan VARBINARY masuk ke macam-macam tipe data pada MySQL yang tidak lagi menyimpan dalam bentuk karakter, melainkan per bit.
  • TEXT adalah tipe data yang menyimpan teks panjang seperti paragraf atau deskripsi. Beberapa kategori TEXT adalah TINYTEXT, TEXT, MEDIUMTEXT, dan LONGTEXT. 

3. Tipe Data Tanggal dan Waktu

Seperti namanya, tipe data tanggal dan waktu berfungsi untuk menyimpan informasi seperti date, time, datetime, dan timestamp. Date merupakan tipe data untuk menyimpan tanggal dan time untuk menyimpan waktu. 

Cek Konten Lainnya:
25+ Website Belajar Coding Gratis, Bayar & Bersertifikat

Sementara, datetime adalah gabungan untuk menyimpan tanggal dan waktu. Lalu, timestamp berfungsi sama seperti datetime tetapi formatnya lebih beragam. 

Cara Mengubah Tipe Data MySQL

Nah, itu tadi adalah beberapa contoh tipe data dalam MySQL yang bisa kamu simak baik-baik. Berikutnya kamu akan mempelajari cara mengganti tipe data di MySQL. 

Mengganti tipe data artinya kamu ingin mengubah apa yang sudah didefinisikan dalam tabel menjadi tipe data yang lain. Hal ini bisa saja terjadi meski tabel sudah terlanjur dibuat. Terkadang, ada beberapa penyesuaian yang perlu dilakukan. 

Supaya tipe data bisa berubah, kamu dapat memanfaatkan perintah ALTER TABLE dan MODIFY COLUMN. Misal, kamu punya tabel “Mahasiswa” dengan kolom “Usia” yang didefinisikan sebagai “VARCHAR” dan sekarang ingin diganti “INT”. 

Berarti kamu bisa mengubahnya dengan cara ALTER TABLE Mahasiswa MODIFY Usia int(2);  

Selain mengubah tipe data MySQL dari VARCHAR ke INT, kamu juga bisa mengubah tipe lainnya selama data tersebut dapat dikonversi ke tipe lain. Misalnya, ingin mengubah tipe data VARCHAR ke TEXT, dan lain sebagainya. 

Jadi, itulah pembahasan mengenai jenis tipe data MySQL yang bisa Sob pahami. Setelah menyimak sampai tuntas, harapannya kamu bisa memakai tipe data yang sesuai untuk mengisi tabel pada MySQL. 

FAQ

Apa hubungan antara MySQL dan SQL?

MySQL merupakan sistem manajemen basis data yang memakai bahasa SQL untuk mengelola data dalam basis data. 

Apa saja tipe data MySQL?

Tipe data numerik, tipe data teks, tipe data tanggal dan waktu, dan lain sebagainya. 

Fungsi MySQL adalah?

Fungsi dari MySQL adalah menyimpan data untuk keperluan website atau aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
HTML gambar
Read More
HTML Gambar: Cara Menambahkan Image di HTML
Masih banyak yang tidak tahu bagaimana cara menggunakan HTML gambar. Dengan memakainya, kamu bisa menambahkan gambar di website…
cek versi laravel
Read More
Cara Cek Versi Laravel Tanpa Ribet
Pengguna setia Laravel wajib tahu bagaimana cara cek versi Laravel sehingga framework PHP ini dapat berfungsi secara maksimal.…