Apa Itu VPS WordPress? Ini Bedanya dengan WordPress Hosting

Apa itu VPS WordPress
Apa itu VPS WordPress

Apa itu VPS WordPress? Sejauh ini, banyak orang yang masih menganggap VPS atau Virtual Private Server WordPress dan WordPress Hosting itu sama, padahal keduanya berbeda.

Baik VPS dan hosting memang dapat dijadikan tempat penyimpanan website, tapi keduanya ada perbedaan. Sesuai dengan namanya, VPS ini hanya bisa kamu jalankan di WordPress, Sob.

Bagi kamu yang belum tahu, WordPress merupakan platform yang berfungsi untuk membuat dan mengelola situs web. WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) terpopuler di dunia.

Apa Itu VPS WordPress?

VPS WordPress adalah VPS yang bisa diaplikasikan pada situs atau website berbasis WordPress. Atau dengan kata lain, layanan server virtual untuk menjalankan website WordPress.

Jadi, pada WordPress VPS ini berperan sebagai server yang bekerja dengan teknologi virtualisasi. 

Tidak sekedar itu saja, VPS pada WordPress juga bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan file data website dan mengembangkan website baru.

Mulai dari proses penginstalan sampai kamu menggunakan WordPress tersebut, kamu bisa memanfaatkan VPS atau Virtual Private Server selain cloud hosting atau shared hosting.

Kelebihan VPS WordPress

Virtual Private WordPress memiliki banyak kelebihan sehingga sangat cocok kamu gunakan untuk mengelola website di WordPress. Apa sajakah itu?

1. Hemat Biaya

Dari segi harga, Virtual Private Server untuk WordPress masih sedikit lebih terjangkau jika dibandingkan dedicated hosting atau dedicated server. Biaya langganan per bulan atau per tahunnya tidak terlalu mahal.

Hal ini membuat kamu tidak perlu mengeluarkan budget yang terlalu besar untuk membuat dan mengelola website berbasis WordPress.

2. Mudah Penggunaannya

Keunggulan selanjutnya dari Virtual Private Server WordPress adalah sangat mudah digunakan. Tidak perlu seorang ahli, pemula pun sangat bisa menggunakan VPS ini dengan sangat mudah.

Cek Konten Lainnya:
20+ Plugin WordPress Terbaik yang Wajib di Pasang

Virtual Private Server WordPress sangat mudah disesuaikan sesuai kebutuhan. Selain itu, kamu memiliki kontrol penuh dalam penggunaan server virtual tersebut.

3. Bebas dari Shared Hosting

Daripada VPS, memang shared hosting itu harganya jauh lebih murah. Hanya saja, shared hosting itu cukup banyak kekurangannya.

Karena hosting atau server harus digunakan bersamaan dengan website lainnya. Jika website lain bermasalah, maka websitemu juga akan terkena imbasnya.

Nah, hal seperti itu tidak akan kamu dapatkan bila menggunakan VPS. Website yang kamu miliki tidak akan mengalami masalah gangguan seperti itu karena pengguna langsung memiliki kontrol tidak digunakan bersama pengguna lainnya.

4. Bebas Upgrade

Dengan menggunakan Virtual Private Server, kamu bisa upgrade kapasitas server sesuai dengan kebutuhan. Selain upgrade, kamu juga bisa mendowngrade kapasitasnya jika terlalu banyak.

Hal ini sangat mudah dilakukan, cukup menggunakan satu tools atau aplikasi saja. Kamu bisa mengaturnya kapan saja.

Fitur VPS WordPress

Adapun berbagai fitur yang tersedia pada Virtual Private Server WordPress yaitu sebagai berikut.

1. vCPU

vCPU atau Virtual Central Processing Unit pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan CPU yang ada di komputer, yaitu untuk menjalankan instruksi-instruksi dari program atau pengguna.

Hanya saja yang membedakan adalah CPU ini terpasang pada mesin virtual seperti VPS. 

Selain itu, vCPU dapat dibagi ke banyak mesin virtual berbeda, sehingga lebih fleksibel dan lebih efisien dalam penggunaan sumber dayanya.

Jadi, pada VPS ini pasti memiliki fitur Virtual Central Processing Unit dengan fungsi seperti itu.

2. RAM

RAM atau Random Acces Memory adalah tempat penyimpanan data sementara. 

Bagi kamu yang menjalankan website WordPress menggunakan teknologi virtual server, membutuhkan RAM dengan kapasitas yang mencukupi terutama jika memiliki banyak visitor.

Selain itu, semakin besar kapasitas RAM membuat website WordPress kamu tidak mengalami problem walau harus menggunakan semua fiturnya secara bersamaan. RAM akan membantu proses menampilkan informasi website ke pengunjung. 

RAM pada VPS juga ada hubungannya dengan kecepatan website. Semakin besar kapasitas RAM yang ada pada VPS WordPress, membuat akses terhadap website WordPress tersebut menjadi lebih cepat.

3. Main Storage

Fitur selanjutnya yang ada pada VPS WordPress adalah main storage. Adapun fungsi dari main storage ini sebenarnya sama seperti memori internal pada komputer ataupun HP yaitu sebagai tempat penyimpanan permanen.

Cek Konten Lainnya:
6 Plugin Cache Wordpress Terbaik Gratis dan Berbayar

Jadi, semua file website mulai dari tulisan, gambar, video, plugin, hingga source code semuanya tersimpan di dalam main storage.

Apabila website WordPress kamu memiliki banyak artikel di dalamnya, tentu saja sangat membutuhkan VPS WordPress dengan kapasitas main storage yang tinggi.

Dan hal yang tidak kalah penting adalah teknologi penyimpanannya. Untuk saat ini, teknologi terbaik yang sebaiknya kamu pakai adalah SSD, terutama yang jenisnya SSD NVme seperti yang ada pada VPS WordPress dari JagoanHosting. 

4. FIle Backup Storage

File backup storage adalah fitur khusus yang berfungsi untuk menyimpan file backup atau data-data cadangan pada website kami. Setiap pemilik website termasuk website WordPress seharusnya memang rutin melakukan backup.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila suatu saat nanti terjadi major fracture. Jadi, kamu masih mempunyai file backupnya sehingga website bisa kembali aktif.

5. Bandwidth

Bandwidth adalah kapasitas volume data maksimal yang bisa ditransfer ketika proses akses data pada VPS. Sama seperti RAM, bandwidth juga ada hubungannya dengan kecepatan website.

Semakin besar bandwidthnya, maka load website akan semakin cepat. Karena server bisa mentransfer data yang cepat setiap detiknya.

Perbedaan VPS WordPress dan WordPress Hosting

kelebihan vps wordpress

Baik VPS WordPress maupun WordPress Hosting servernya sama-sama bisa dijalankan di CMS WordPress. Akan tetapi, keduanya tetap memiliki beberapa perbedaan.

VPS merupakan server virtual yang berfungsi untuk menyimpan data website. Sedangkan hosting adalah layanan berbasis online untuk menyimpan seluruh data pada website.

Selain perbedaan dasar tersebut, berikut ini perbedaan-perbedaan lain antara WordPress Hosting dan Virtual Server WordPress.

1. Performa

Dari segi performa, VPS WordPress masih lebih baik daripada WordPress Hosting. Dengan VPS, kamu bebas melakukan kustomisasi pada server termasuk upgrade server.

Hal inilah yang membuat performa VPS WordPress bisa menjadi maksimal. Sedangkan untuk WordPress Hosting juga cukup baik secara performa, hanya saja masih lebih baik VPS.

2. Fleksibilitas

Selanjutnya, dari segi fleksibilitas VPS WordPress juga lebih unggul. Pengguna memiliki kontrol penuh dalam mengelola server tersebut.

Cek Konten Lainnya:
Inilah 10+ Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Sementara itu, jika kamu menggunakan WordPress Hosting, kamu tidak memiliki kontrol secara penuh dengan server. Kamu hanya bisa mengatur hal-hal tertentu saja.

3. Keamanan

Baik VPS WordPress dan WordPress Hosting, keduanya sama-sama memiliki sistem keamanan yang baik. Asalkan penggunanya bisa menggunakannya dengan baik dan menjaga kerahasiaan data-data pada server.

Walaupun sama-sama aman, security untuk VPS WP lebih baik selama penggunanya memiliki skill khusus dalam pengoperasiannya.

Tips Memilih VPS WordPress

Dalam memilih VPS untuk kebutuhan website WordPress kamu, sebaiknya jangan asal-asalan. Supaya tidak salah pilih, sebaiknya ikuti tips-tips berikut ini.

  • Pilih VPS dengan uptime yang tinggi atau website dapat visitor akses. Idealnya adalah 99,99%, jika semakin tinggi tentu saja semakin baik.
  • VPS dengan kapasitas bandwidth yang besar itu lebih baik. Sebab, kamu bisa melakukan transfer dalam dalam waktu yang cepat.
  • Pemilihan RAM dan storage harus sesuai dengan kebutuhan website. Tetapi, semakin banyak kapasitasnya maka semakin bagus.
  • Pilih VPS dengan teknologi penyimpanan SSD, bukan HDD.

Demikian penjelasannya mengenai apa itu VPS WordPress dan perbedaannya dengan WordPress. Kembali lagi, semua menyesuaikan dengan kebutuhan.

Jika kamu membutuhkan Virtual Private Server WordPress, ada pilihan terbaik yang bisa kamu pilih yaitu VPS dari Jagoan Hosting. VPS untuk platform WordPress dengan cepat, aman, dan performa terbaik.

vps wordpress

Ada banyak pilihan paket yang tersedia dengan auto installed WordPress server. Jadi, proses penginstalan WordPress berlangsung secara otomatis sehingga kamu tidak perlu repot-repot menginstalnya secara manual.

Onlinekan websitemu sekarang juga tanpa ada masalah. Dapatkan VPS WordPress di JagoanHosting sekarang juga.

FAQ

Kapan waktunya upgrade server?

Kamu bisa melakukan upgrade server jika terjadi lonjakan trafik pada website.

Bagaimana cara melakukan upgrade server?

Upgrade server sangat mudah melalui member area.

Apakah bisa berpindah dari WordPress Hosting ke VPS WordPress?

Tentu saja bisa. Terkait prosesnya, hubungi saja CS Jagoan Hosting supaya dibantu prosesnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
VPS Indonesia terbaik
Read More
VPS Indonesia: Tips Memilih Server Pribadi Yang Bebas Worry
VPS Indonesia – Untuk pemilik website yang jumlah visitor-nya masih belum begitu banyak, layanan hosting memang bisa jadi…
sewa server
Read More
Sewa Server Harga Murah dengan Performa Terbaik
Sebuah website atau aplikasi yang memiliki beban kerja cukup tinggi, tentu akan membutuhkan spesifikasi server yang mumpuni. Itulah…