Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress

Spam komentar dapat merusak kesan pertama pengunjung website, sehingga penting bagi pemilik website untuk mengatasinya. Bagi pengguna WordPress, ada banyak tools yang bisa digunakan, seperti plugin anti-spam, yang membantu memblokir atau menyembunyikan spam sebelum terlihat oleh pengunjung. Meski tidak bisa sepenuhnya dihilangkan, langkah-langkah ini efektif memperlambat masuknya spam.

Untuk memperdalam pemahaman tentang proteksi website dari spam, Kamu bisa membaca lebih lanjut tentang praktik keamanan website atau mengeksplorasi dokumentasi plugin anti-spam yang tersedia di WordPress.

 

Cara Mendeteksi Komentar Spam

Cara mengenali komentar spam bisa dilihat dari beberapa ciri khas. Sebagian besar spam ini dibuat oleh bot otomatis dan mudah dideteksi. Namun, ada juga spammer yang lebih cerdik, di mana mereka mempekerjakan orang untuk meninggalkan komentar yang terlihat normal. Biasanya, spammer ini menggunakan nama yang terdengar seperti nama asli, sehingga lebih sulit difilter.

Trik lain yang sering digunakan adalah menyalin komentar dari situs lain dan menambahkan tautan di dalamnya. Agar lebih mudah mengenali komentar spam, berikut ciri-cirinya:

  • Komentar berisi tautan.
  • Komentar singkat tanpa relevansi yang jelas dengan postingan.
  • Komentar tidak berkaitan dengan topik yang dibahas.
  • Penggunaan bahasa yang berbeda dengan bahasa postingan.

Membersihkan komentar spam adalah bagian dari maintenance WordPress. Oleh karena itu, jika Kamu menggunakan WordPress, penting untuk melindungi kolom komentar dengan berbagai cara untuk memblokir komentar spam.

Kurangi Jumlah Tautan yang Diizinkan

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya bahwa sebagian besar spam komentar dirancang untuk menambahkan tautan di bagian kolom komentar website Kamu. Maka dari itu salah satu cara menghilangkan komentar spam adalah dengan membatasi tautan di komentar website Kamu.

Cara ini bisa memperlambat spammer dalam menimbulkan ketidaknyamanan yang berpotensi mengganggu pengunjung website lainnya, untuk menerapkannya ikuti saja beberapa langkah di bawah ini:

Langkah 1: Masuk terlebih dahulu ke halaman dashboard WordPress.

Langkah 2: Masuk ke halaman pengaturan dengan klik Pengaturan/Settings > Diskusi/Discussion.

Langkah 3: Cari bagian Comment Moderation.

Langkah 4: Di kolom Comment Moderation (yang ditandai dengan kotak merah) Kamu bisa mengurangi jumlahnya menjadi nol, sehingga nantinya tidak ada yang bisa berkomentar dengan tautan.

Langkah 5: Setelah selesai melakukan perubahan di bagian moderation, klik Save Changes.

Selesai, dengan cara ini Kamu sudah bisa mencegah spammer untuk mengirimkan link berbahaya mereka. Hanya saja tidak hanya spammer yang tidak bisa menyisipkan tautan, pengunjung website Kamu juga tidak bisa menyisipkan tautan di komentarnya.

Menambahkan Kata-Kata Tertentu ke BlackList

Umumnya komentar spam mengandung banyak kata kunci yang mudah dikenali. Dengan memasukan kata kunci tersebut ke dalam BlackList, komentar spam secara otomatis tidak akan muncul di website Kamu karena sudah terblokir.

Bagaimana caranya? Caranya adalah Kamu hanya perlu membuat “BlackList” dari setiap kata kunci yang umum digunakan untuk spam dan nantinya situs Kamu akan menandai serta memblokir setiap komentar yang berisikan kata kunci tersebut agar tidak ditampilkan di website.

Caranya hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

Langkah 1: Masuk terlebih dahulu ke halaman dashboard WordPress.

Langkah 2: Masuk ke halaman pengaturan dengan klik Pengaturan/Settings > Diskusi/Discussion.

Langkah 3: Cari kolom Disallowed Comment Keys .

Langkah 4: Masukan beberapa kata kunci yang menurut Kamu adalah kata kunci yang sering digunakan spammer.

Sehingga ketika ada komentar yang mengandung salah satu dari kata tersebut, komentar tersebut akan secara otomatis masuk ke tempat sampah. Tentu saja hal ini penting untuk memilih kata kunci yang tepat, agar tidak menghapus komentar dari pengunjung website yang sah.

 

Batasi Hak Komentar

Salah satu tujuan besar bagi para spammer adalah mengirim spam komentar di banyak halaman pada situs website. Salah satu cara agar spammer tidak sembarangan memberikan komentar di setiap halaman di website Kamu adalah dengan membatasi hak komentar.

Caranya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Login ke halaman dashboard WordPress.

Langkah 2: Klik menu Pengaturan/Settings > Diskusi/Discussion.

Langkah 3: Cari menu Other comment settings.

Langkah 4: Centang kotak yang memiliki label Users must be registered and logged in to comment.

Selesai, sekarang Kamu sudah membatasi hak komentar. Sehingga hanya orang yang terdaftar di website Kamu saja yang bisa memberikan komentar.

Demikian tutorial mengenai Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress. Kalau Sobat Jagoan masih bingung dengan tutorial di atas, Sobat Jagoan bisa menghubungi admin Jagoan Hosting lewat Live Chat ataupun Open Tiket ya Sob! Semangat Sob!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Related Posts
Cara Atasi Fatal Error Allowed Memory Size of Bytes Exhausted

Pengantar Pernahkah kamu mengalami pesan "Fatal error: Allowed memory size of 33554432 bytes exhausted" saat kamu mencoba upload sebuah gambar Read more

Tutorial Mengatasi Fatal Error Undefined Function Is_network_admin()

Pernahkah kamu mengalami error seperti di bawah ini? "Fatal error undefined function is_network_admin()" Biasanya error ini muncul saat kamu melakukan Read more

Tutorial WordPress – Memastikan Keamanan WordPress Anda

WordPress Logo Hai, Sob! kamu pasti gak asing dengan penggunaan WordPress. Tapi, tahukah kamu, jika WordPress Read more

Tutorial WordPress – Menginstal Plugin Backup pada WordPress

Tahukah kamu, resiko kehilangan data kadang menghantui, begitu juga dengan hacking. Terlebih jika kamu menggunakan WordPress, bisa dikatakan rentan oleh Read more